silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,320 Comments

  1. Nama : Mia Anitasari
    Nim : 855835982

    Pada kegiatan video tersebut anak kurang memahamihuruf yang sama karena perbedaan huruf b,d,p dan q. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat simbol simbol lambang bilangan. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplorasi dengan huruf yang mirip, agar anak mampu membedakan bentuk huruf p,b,d tersebut. cara guru mengatasinya adalah dengan cara guru harus mengenalkan konsep huruf terlebih dahulu. Anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf-huruf, serta membedakan bunyi dari huruf-huruf.

  2. Nama saya : Nurhayna Hayu Nasution
    Nim. : 878252513
    Berdasarkan vidio tersebut menurut saya untuk pemahaman bagaimana mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf b,d,dan p.Namun anak masih pasif,hanya mendengarkan saja ,tetapi jika seorang guru menggunakan strategi bermain lomba mengelompokkan huruf yang sama,dengan membedakan jika huruf b diberi warna kuning,dan huruf d diberi warna kuning,dan huruf p diberi warna hijau

  3. Nama saya : Nurhayna Hayu Nasution
    Nim. : 878252513
    Berdasarkan vidio anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip menurut saya adalah untuk memberikan pemahaman bagaimana mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf b,d,dan p namun anak tersebut pasif karena hanya mendengarkan saja,tetapi jika seorang guru sebaiknya menggunakan strategi bermain lomba mengelompokkan huruf yang sama,dengan membedakan jika huruf b diberi warna merah,dan huruf d diberi warna kuning,dan huruf p diberi warna hijau

  4. Nama : Nurhayna Hayu Nasution
    Nim. : 878252513
    Berdasarkan vidio yang saya lihat adalah untuk member pemahaman bagaimana mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf b,d dan p.Namun anak pasif hanya mendengarkan saja tetapi jika seorang guru menggunakan strategi bermain lomba mengelompokkan huruf yang sama,dengan membedakan jika huruf b diberi warna merah,dan huruf d diberi warna kuning,dan huruf p diberi warna hijau

  5. Nama : Uswatun Hasanah
    NIM : 858459884
    Solusi yang di berikan di vidio tentang anak yang susah membedakan huruf yang hampir sama sangat membantu untuk kita para guru PAUD. Karena periatiwa ini mungkin hampir selalu dihadapi para guru setiap tahunnya. Namun disini saya akan menambahkan sedikit solusi, setelah melihat vidio tersebut. Pada vidio tersebut,anak diajak untuk menulis diangkasa. Menurut saya, selain menulis diangkasa, anak diberikan kertas warna-warni dan sebuah spidol warna juga untuk menuliskan huruf tersebut diatas kertas. Agar anak lebih semangat lagi untuk belajar.

  6. Nama : Esnaria Sihombing
    NIM : 855851582
    Pokjar : Tapteng

    Dalam vidio ‘Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip’ dapat menginspirasi, dimana guru mengajarkan huruf yang sering tidak dapat dibedakan oleh anak seperti huruf p, b dan d. Guru dalam vidio ini mengajarkan dengan mengucapkan kata yang mirip dengan berulang-ulang. Guru juga menyuruh anak untuk menuliskan.
    Dalam vidio ini, guru mengajar belum berpusat pada anak. Guru hanya mengajar dan anak-anak mendengarkan. Tidak memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya.

  7. Nama : NURUL QOMARIYAH
    NIM : 858813272
    Pokjar : Joyoboyo

    pada video tersebut menjelaskan cara menbedakan huruf yang mirip seperti b,d,p dan sering di tulis terbalik oleh anak pada anak usia 4 tahun.di video ini cara mengatasi permasalahan anak yang menulis huruf terbalik, cara guru mengatasinya adalah dengan cara guru harus mengenalkan konsep huruf terlebih dahulu. Anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf-huruf, serta membedakan bunyi dari huruf-huruf. guru mengajarkan langkah-langkah untuk menulis huruf b,d,p dengan tepat.

  8. Nama : Despi Febrina Sihombing
    Nim : 856093761
    UPBJJ : Medan

    Pada video tersebut terlihat bahwa anak yang sulit dalam membedakan huru-huruf yang terlihat mirip atau hampir terlihat sama dan sering menuliskan nya dengan terbalik , seperti huruf b,d, dan p. untuk mengatasi hal tersebut di video di jelaskan guru terlebih dahulu menjelaskan konsep huruf, kemudian anak juga perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang khas mencirikan huruf-huruf tersebut , serta membedakan bunyi dari huruf-huruf dengan pengucapan yang jelas dan suara yang dapat di dengar anak dengan baik.
    Pada video diatas guru hanya menjelaskan dengan menggunakan konsep, dengan menambahkan beberapa kegiatan bermain yang bermakna mungkin anak-anak akan merasa lebih semangat dan tertarik, dan lebih cepat memahami konsep huruf tersebut.

  9. nama : SRI SUMIATI
    NIM : 857374366
    UPBJJ : BOGOR

    ijin menganalisis video tentang ” anak sulit membedakan huruf yang mirip ” dalam video diatas guru sudah memperkenalkan dengam cara yang menyenangkan hanya saja belum berpusat pada anak karena anak hanya mendnegarkan tanpa anak bisa memilih kegiatan nya sendiri , menurut saya buatlah 3 kegiatan ragam main yang berpusat pada huruf awal p , b, d , dan anak boleh memilih sesuai minatnya , secara keseluruhan sudah baik dan dilakukan secara berulang . tapi agar lebih baik jika diiringi dengan nyanyian seperti , b untuk bola b b b , d untuk domba d d d , p untuk papah p p p . di sertai dengan simbol dan gambar

  10. Nama : Andriyani
    NIM. : 857949981
    UBJJ : Yogyakarta
    Pokjar Muntilan
    PGPAUD Semester 8

    Metode yang sudah dilakukan oleh guru pada video tersebut sudah tepat, yaitu mengenalkan huruf yang mirip dengan pengembangan bahasa yaitu mencontohkan cara menyebutkan huruf, Pengenalan simbol-simbol huruf yang mirip, seperti huruf b d p dengan menuliskannya dan gerakan tubuh anak yg membentuk letak setengah lingkaran. Hanya saja pada video tersebut guru masih terkesan monoton meskipun guru menunjuk anak yang dianggap belum mampu, untuk maju menuliskan di depan ( Papan tulis ).
    Terima kasih

Leave a Reply