silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUDΒ Β mengatasi anak yang belum bisa membedakan hurufΒ Β p, d, dan b. Guru sudahΒ Β baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebutΒ Β Β tampaknya masih sulitΒ Β diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.Β Β Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakanΒ Β guru dalam video ini, anakΒ Β akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan denganΒ Β evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Β Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUDΒ Β mengatasi anak yang belum bisa membedakan hurufΒ Β p, d, dan b. Guru sudahΒ Β baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebutΒ Β Β tampaknya masih sulitΒ Β diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.Β Β Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakanΒ Β guru dalam video ini, anakΒ Β akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan denganΒ Β evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Video tersebut menjelaskan bagaimana guru dapat mengatasi kesulitan anak usia 4 tahun dalam membedakan huruf yang mirip, yaitu huruf b, d, dan p. Hal paling banyak dijumpai guru adalah biasanya anak-anak menulis huruf tersebut secara terbalik. Untuk mengatasi masalah ini, guru di video tersebut menekankan pentingnya mengenalkan konsep huruf terlebih dahulu. Cara yang dilakukan guru tersebut sudah tepat yaitu mengajak anak memahami simbol-simbol yang berbeda yang merepresentasikan setiap huruf serta mengenali bunyi masing-masing huruf. Tambahan, untuk mengatasi kesulitan anak usia 4 tahun dalam membedakan huruf seperti b, d, dan p, guru dapat menggunakan media visual yang lebih jelas ditambah latihan sensorik, seperti menelusuri huruf dengan jari, bermain plastisin membentuk huruf atau menyusun batu-batu membentuk huruf.
Assalamu’alaikum..
Nama Yeni Apriani
Nim 856103199
Setelah saya menonton video ini, saya mendapat tambahan ilmu, ternya selain kita menjelaskan perbedaan huruf anak-anak sangat berpengaruh penting dengan memanggil mereka kedepan dan menuliskan huruf yang sulit untuk dibedakan menurut mereka. Serta sangat menambah semangat buat anak-anak.
Terimakasih..
Nama : Idayatul Fitri
Nim : 855898256
Pada video diatas menjelaskan tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang kesulitan membedakan huruf, pada anak usia 4 tahun. Permasalahan di video tersebut memaparkan anak kesulitan membedakan antara huruf b, d, dan p.
Permasalahan tersebut seperti anak menulis huruf terbalik. Pada video diatas cara mengatasi permasalahan anak yang menulis huruf terbalik, cara guru mengatasinya adalah dengan cara guru harus mengenalkan konsep huruf terlebih dahulu. Anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf-huruf, serta membedakan bunyi dari huruf-huruf.
Pembelajaran dari video diatas mengarahkan guru bagaimana cara mengatasi anak yang kesulitan. Membedakan hurufdengan efektif dan menyenangkan kepada anak.
Assalamu’alaikum
Nama : Ermita
NIM : 856293454
UPBJJ : Padang
Dari video yang saya tonton “anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”, dimana guru dalam video tersebut memaparkan dan interaksi lansung dengan anak membedakan huruf b, d dan p. Guru sudah memaparkan cara menulis huruf baik secara di awang-awang maupun lansung di papan tulis kemudian anak menirukannya kembali. Sebelum anak menulis sebaiknya dikenalkan dengan konsep huruf, mengenalkan konsep huruf pada anak bisa sambil bermain seperti menirukan huruf dengan plastisin. Selain dapat mengenalkan konsep, menirukan huruf bisa juga mengenalkan warna kepada anak dari warna plastisin yang digunakan anak bersangkutan.
Assalamu’alaikum
Nama: Ermita
NIM : 856293454
UPBJJ : Padang
Dari video pembelajaran seri “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip”, dipaparkan bahwa anak sulit membedakan huruf yang mirip seperti huruf b, d dan p. video tersebut memperlihatkan bagaimana seorang guru berinterksi lansung dengan anak untuk mengenalkan huruf tersebut. Interaksi lansung tersebut terlihat dari guru mencontohkan huruh di awang-awang kemudian anak menirukannya, da menulis lansung di papan tulis kemudian anak mempraktekkan lansung. Sebelum menulis huruf hendaknya anak terlebih dahulu dikenalkan konsep huruf. semisal huruf yang mirip tersebut di atas selain dengan interaksi dengan anak, mengenalkannya juga bisa dengan sambil bermain sehingga menyenangkan bagi anak misal bermain plastisin bembentuk huruf yang dimaksud guru juga bisa mengenalkan konsep warna kepada anak dengan warna plastisin yang digunakannya serta dapat melatih motorik kasar anak.
Nama : ASTUTI
NIM : 856488643
Upbjj ut : Pekanbaru
Dari video diatas guru bisa mengulang ngulang untuk membedakan huruf b,d dan p dengan cara bermain, dengan kartu huruf
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Norlena
Nim : 858309583
Tanggapan saya pada video tersebut
Menurut saya anak – anak akan lebih cepat mengerti dengan apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka dengar. Dalam video tersebut ibu guru mengajarkan bagaimana mengenali huruf b,p,d menggunakan kertas yang bergambarkan huruf, menurut saya anak-anak itu lebih cepat jika kita menuliskan hurufnya di papan tulis dan meminta anak-anak untuk mengikuti apa yang kita tulis misalnya huruf b. Kita meminta anak-anak untuk membuat garis lurus terlebih dahulu baru setelah itu parutnya di depan anak-anak lebih cepat mendengarkan apa yang kita ucapkan tapi dengan bentuk tulisan daripada hanya mendengar dan melihat mereka susah untuk menangkap itu kalau di tempat saya mengajar anak-anak akan cepat mengerti dengan mereka lihat dan langsung ditulis jadi saya mengajarkan anak-anak seperti huruf p bikin garis lurus terlebih dahulu baru diberi perut di atas. Sekian tanggapan dari saya saya ucapkan terima kasih.
Assalamualaikum wr wb
Nama: Dewi Yuli Astuti
Nim: 859178218
Izin menanggapi
Dari vidio tersebut guru mengenalkan dan mengajarkan huruf-hurf yang memiliki kemiripan, yaitu b, d dan p. Karena pada umumnya letak kesalahan anak ada pada ke-3 huruf tersebut. Dan guru tersebut sudah mengajarkan dan menyambapaikannya dengan baik, yaitu memperkenalkan huruf dan menjadikan satu kata, seperti pada kata bapak, dadu, dan badak. Akan tetapi metode yang dilakukan ada baiknya dikemas agar menjadi pembelajaran yang asyik dan menyenangkan baik berupa nyanyia atau gerakan, supaya anak-anak dengan mudah memahaminya.
Sekian
Wassalam
Nama: Isnani Rohimah
Nim : 856838902
Pokjar : ketahun
Dari vidio diatas anak kesulitan membedakan huruf yang mirip-mirip.
Seperti huruf b,d,p.
Dalam hal guru harus memberikan cara yang inovatif, kreatif dan efektif untuk memahamkan anak dalam hal membedakan huruf.
Guru terlihat sudah tepat dalam penyampaian metode membedakan huruf-huruf yang terlihat sama.
Assalamualaikum wr wb
Nama: Agustinawati
Nim: 859168263
Pada video diatas menjelaskan tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang kesulitan membedakan huruf, pada anak usia 4 tahun. Anak sulit membedakan huruf yang mirip seperti b,d,p.
Terimakasih atas video ini saya jadi dapat belajar lebih bnyak lagi untuk mengatasi masalah seperti ini. Dan
mungkin akan lebih di kembangkan lagi dengan metode-metode yang lebih baik lagi. πππ