silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Noermavica Yuliatyn
    NIM : 858750347
    Prodi : PGPAUD-BI
    permasalahan anak yang tidak dapat membedakan antara huruf b, d, dan p pada anak usia 4th sudah menjadi fenomena yang sering terjadi di pendidikan PAUD. video ini menyediakan solusi yang tepat bagi guru untuk diterapkan pada anak-anak dalam proses pembelajaran di dalam kelas. langkah-langkah yang dapat ditempuh guru sebagai upaya untuk mengajarkan anak adalah :
    1. Ajak anak untuk membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b, d, dan p. misalnya ‘papa dodo’, ‘beli buku’, dan ‘papa bobo’.
    2. Jelaskan pada anak, bahwa dari dua kata tersebut di awali dengan dua huruf yang hampir sama. ucapkan kata perkata secara berulang-ulang, sampai anak memahami betul perbedaan bunyi dari masing-masing kata yang diawali dengan huruf yang memiliki kemiripan.
    3. Minta anak untuk menuliskan di angkasa masing-masing huruf tadi.
    4. Mintalah beberapa anak untuk menuliskan huruf b, d, dan p di papan tulis.
    5. Berikan penguatan pada anak yang sudah berhasil dan masih memberikan bimbingan pada anak yang masih belum dapat membedakan.

  2. Nama: Nathania Santoso
    NIM: 858753034
    PGPAUD BI

    Setelah saya melihat video diatas, menurut saya pemaparan dan cara untuk mengenalkan konsep huruf kepada anak sudah cukup baik. Guru menjelaskan bagaimana ciri-ciri dari masing masing huruf yang terlihat mirip yaitu huruf b,d dan p. Cara guru untuk mengajak anak-anak untuk menggerakan tangan menulis huruf tersebut cukup baik. Namun, kekurangannya, guru kurang memberikan aktivitas untuk anak-anak. misalnya : menulis diatas pasir, menulis dengan menggunakan cat warna, dan lain-lain. Aktivitas ini memungkinkan bagi anak untuk lebih bisa memahami huruf-huruf yang terlihat mirip tersebut.

  3. Nama : yarnianah
    Nim :856834034
    Pokjar : kaur
    Semester: 2

    Menurut saya cara mengatasi anak tidak dapat membedakan hurup yang mirip yaitu hurup p,d,b untuk mengatasi hal tersebut hurup yang sering di tulis untuk anak dengan hurup p,d,b caranya anak harus dapat mengenal konsep hurup dulu karna hurup tersebut susah untuk anak anak membedakan nya dengan guru mengajak anak membaca hurup p,d,b dengan membuat kata kata papa dodi,beli buku setelah itu jelaskan kepada anak anak dan ucap kan dengan kata perkata pada anak dengan kata perkata sampai anak memahami hurup hurup p,d,b tersebut.
    Mintalah anak untuk menuliskan hurup hurup p,d,b dan tuliskan huruf p,d,b ke papan tulis kalau ada anak yang belum bisa juga berikan arahan dan kuatkan anak agar bisa menulis hurup p,d,b.
    Terima kasih

  4. Nama : Elisabeth Sinona
    Nim : 859287093
    Prodi : S1 PG PAUD

    Menurut saya pada Video diatas yaitu guru sudah baik mengenalkan huruf yang mirip ( b,d,p) pada anak melalui kartu huruf dan penulisan di angkasa dan pada papan tulis,tetapi cara ini juga ada yg bisa tetapi ada belum bisa dimengerti oleh anak yang daya tangkapnya rendah,maka seorang guru paud dalam menerapkan pembelajaran jangan hanya menggunakan kartu huruf dan menulis tetapi memberi pemahaman kepada anak bisa atau lebih mudah lagi melalui media pembelajaran yang dekat dgn anak dan mudah/cepat dimengerti dan diingat sehingga ketika anak lupa ia akan dengan mudah mengingat cara / media sekitar yg sudah pernah diberikan oleh gurunya,misalnya bisa dilakukan guru agar anak mengingat huruf mirip,contohnya guru mengajak anak untuk mengepalkan tangan dan menunjukkan ibu jarinya yang di mulai oleh guru sendiri dengan memperagakan serta meminta anak untuk meniru yg dibuat oleh gurunya.
    Setelah anak mengepalkan tangan dan menunjukkan jarinya guru memberi penjelasan yaitu kepalan yg ada di tangan kiri adalah bentuk huruf b dan kepalan tangan kanan adalah bentuk huruf d dan kepalan tangan kiri atas adalah huruf p.Cara ini sangat mudah sehingga ketika anak lupa dia akan dengan sendirinya mengingat dengan mengepalkan tangan serta menunjukkan jarinya.Cara ini juga membawa anak belajar sambil bermain.

  5. Nama : Fajar Indah Besari
    Nim :857762514

    Tanggapan saya mengenai video di atas yaitu sudah cukup jelas dalam mengajar karena guru telah menjelaskan dengan alat peraga yang cukup. Contohnya dalam memperkenalkan huruf yang mirip guru menggunakan kertas fortofolio yang ada hurufnya, memberi contoh dalam membaca dari rangkaian huruf yang mirip seperti ” papa bobo” secara berunga-ulang , meminta anak menulis di papan tulis.

  6. Nama : Wheny Ayu Septarini
    NIM : 858734747
    Program studi : PGPAUD

    Assalamualaikum
    Menurut saya video tersebut sudah cukup bagus dalam membedakan huruf yang mirip. Akan tetapi mungkin metode pembelajarannya bisa ditambah dengan kartu huruf, membuat huruf dari bahan alam, dll.
    Begitu menurut saya. Terima kasih.
    Wassalamualaikum

  7. Nama : Rizani Rinja
    NIM : 857747883
    Prodi : S1 PGPAUD

    Berdasarkan video yang telah saya lihat, usaha Bu Evi dalam memberikan pemahaman mengenai perbedaan huruf “b d p” sudah bagus. Namun dalam menjelaskannya kurang menarik, karena Bu Evi hanya menggunakan 1 media saja. Alangkah baiknya kalau Bu Evi menggunakan media lainnya seperti flashcard, dan meminta anak untuk menebaknya. Pembelajarannya pun bisa dilakukan sambil bernyanyi, karena melalui nyanyian anak akan lebih tertarik sehingga anak akan lebih bersemangat. Cara penyampaian perbedaan hurufnya juga bisa menggunakan kata kata yang lebih mudah dipahami oleh anak (misal garis tegak, lengkung kasih perut depan unuk huruf b, dsb).

  8. Tanggapan saya dari video tersebut, sangatlah bagus, dimana guru tersebut mengajari anak-anak dengan sangat lembut dan sabar. Dan menjelaskan bagaimana cara membedakan huruf b,d,dan p serta memberi tahu bagaimana mana bunyi seperti “beli buku”.
    Dan satu kelemahan yang saya dapat dari video tersebut adalah: guru mengajarkan anak secara bersamaan, sehingga banyak anak yang tidak fokus dan tidak kondusif dalam belajar.

  9. NAMA : DORA ELIYANA
    NIM : 858451897
    PRODI : S1 PGPAUD

    menurut pendapat saya Dari judul vidio anak yang tidak dapat mbedakan huruf yang mirip mengenai Vidio pelajaran tersebut ya lumayan baik dalam menjelaskan kepada kita untuk mengatasi masalah tersebut dan cara yang di gunakan guru dalam menjelaskan tentang cara membedakan huruf b,d,p sangat bagus dengan cara menjukan abjad sekalian menyebutkan abjad tersebut,dengan gaya tulisan abjad yang di berikan warna, dan guru juga menggunakan teknik membaca dengan setiap kata dengan huruf yang mirip seperti huruf b. Guru juga memberikan contoh kepada anak untuk cara menulis huruf p dengan menggerkan tangan serta anak menirunya dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menulis sendiri dengan menggerakan tangannya .dan anak juga terlihat senang mau mengikuti perintah yang guru sebutkan.
    dari video itu anak-anak ada juga masih ada yang masih kurang fokus sehingga masih harus di ulang lagi atau guru sebaiknya mengajukan tanya jawab atau umpan balik kepada anak-anak.

  10. Nama: Siti Qoniah
    Nim: 857755035
    Prodi: PG PAUD
    Tanggapan saya mengenai video tersebut, guru sudah baik dalam menjelaskan dan membantu anak – anak mengenal perbedaan bentuk dan bunyi dari huruf – huruf yang terlihat mirip yaitu huruf b – d – dan p, guru dengan telaten dan sabar menjelaskan perbedaan huruf tersebut, sehingga anak pun mau mendengarkan dan konsentrasi mendengarkannya.Namum alangkah lebih baik lagi,agar lebih menarik semangat anak dalam belajar bisa mengajak anak dalam sebuah permainan menyusun puzle,seperti mencocokkan huruf pada hewan atau benda yang berawalan huruf p, b, dan d tersebut,agar anak tidak cepat bosan.

Leave a Reply