silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Raharningsih
    Nim : 857581853

    Menurut pendapat saya video di atas cara menjlaskan anak sudah cukup bagus.
    Solusi yang mungkin saya terapkan ketika menghadapi hal sperti itu mngkin saya akan mengajarkan anak dalam megenal huruf dengan menggunakan media,seperti yg sudah saya buat yaitu dengan media tutup botol yang saya tempel dengan membntuk pohon literasi/jam dinding sehingga anak ketika mengenal huruf tersebut lebih semangat dan lebih tertarik 🙏🏻

  2. Nama : Rafiqah Syaihany Maarif
    NIM : 859405133

    Assalamualaikum wr.wb
    Dari video diatas guru sedang melakukan pembelajaran yangterkait anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, dari video tersebut guru sedang menjelaskan perbedaan dari huruf abjad b, d, p dan q yang bentuk hurufnya hampir sama. Kenyataanya masih banyak anak yang belum mampu dan masih mengalami kesulitan dalam membedakan bentuk huruf terebut.
    Adapun kelebihan dari metode mengajar yang diberikan guru tersebut:
    Dari vIdeo diatas guru sedang melakukan pembelajaran yang terkait anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, dari video tersebut guru sedang menjelaskan perbedaan dari huruf abjad b,d,p, dan q yang mana huruf tersebut semua hampir sama. Kenyataannya banyak anak yang belum mampu dan masih mengalami kesulitan dalam membedakan bentuk huruf tersebut.

    1. Audio dan intonasi guru yang jelas, penggunaan nada suara yang dapat membantu anak tetap focus dan membedakan intonasi saat menyebutkan huruf yang mirip.
    2. Setiap huruf dibahas hingg 1-2 menit, ini cukup singgat untuk rentang perhatian anak didik.
    3. Penggunaan ulang contoh alami, yaitu guru mengaitkan bentuk huruf “p” dengan paying, “b” dengan bentuk bola, ini membantu ingatan anak secara visual.

    Adapun kekurangan dari cara mengajar guru yaitu:
    1. Pencahayaan ruangan kurang merata
    2. Transisi adengan kaku, perpindahan dari papan tulis ke lembar kerja tanpa efektransisi visual, sehingga terasa loncat dan sedikit membingungkan.
    3. Tidak adanya feedback

    Saran perbaikan
    1. Tambahan teks digital
    2. Gunakan lighting atau lampu tambahan
    3. Sisipkan sesi “coba sendiri”
    4. Akhiri dengan segmen seperti mini kuis
    Dengan penambahan elemen-elemen visual dan interaksi tersebut, video bisa jadi lebih baik dan mendukiung pembelajaran mulitsensori hingga meningkatkan pemahaman huruf yang mirip pada anak PAUD.

    TERIMAKASIH

  3. Assalamu’alaikum
    Nama : Baidar
    Nim : 877797273
    Vidio pembelajaran diatas tentang bagaimana cara mengajarkan huruf yang mirip bentuknya seperti huruf b, d, p dan q. Dimana anak dalam kesulitan mengenal huruf tersebut maka bagus dari vidio dijelaskan caranya denganmelakukan permainan, menulis huruf diudara, membuat kata yang awalan sama bunyinya ini semua dapat saya praktekan di tk saya nanti.
    Harusnya guru lebih dekat lagi dengan anak mengeleksi satu satu atau ada umpan baliknya apa anak sudah paham atau belum .
    Terima kasih 🙏🙏🙏

  4. Nama:Pahriati
    Nim: 858276414
    Analisis vidio berjudul anak tidak dapat membedakan hurup yang mirip.setelah saya menganalisis vidio ini berisi tentang upaya guru yang berupaya untuk mengatasi anak-anak yang yang menulis huruf yang terbaik upaya yang dilakukan guru tersebut adalah membuat lambang bilangan yang cukup besar ,lalu untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar .

  5. Assalamualaikum

    Nama : Mega Yanti
    NIM : 856103221

    Menurut pendapat saya dari video diatas, video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik, cara guru menyampaikan kepada anak sudah bagus. untuk membantu anak supaya bisa membedakan huruf b,d, dan p dengan metode yang disampaikan guru yang mudah dimengerti anak sehiingga membantu anak lebih cepat memahami bentuk-bentuk huruf yang mirip .

  6. Nama : Yeni Apriani
    NIM : 856103199

    Assalamualaikum…Wr..Wb..
    Terimakasih atas video pembelajaran ini yang menurut saya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik,untuk membantu anak agar bisa membedakan huruf yang mirif dengan metode mengenalkan huruf yang mirip dijadikan satu kata-satu kata sehingga membantu anak lebih cepat memahami bentuk -bentuk hurup yang mirip.

  7. Nama : Novy Martio Silitonga
    Npm : 878361184

    Dari pemaparan vidio diatas dapat diketahui bahwa banyak anak yang masih belum bisa membedakan berbagai jenis huruf yang bentukannya sama atau berbalik seperti “b” “d” banyak anak menyebutkan bahwa huruf “b” itu adalah huruf “d” begitu juga “p” dan “q”. Ini menjadi tugas utama guru agar anak bisa dengan lancar membedakan mana huruf “b” dan “d” “p” dan “q”

  8. Nama: Neng Tia Nuur Kholifatul Jannah
    NIM: 859668181
    UPBJJ: Bandung
    PRODI: S1- PGPAUD Semester 4

    Dalam video tersebut menunjukan anak yang masih keliru dalam mengenali huruf yang penulisannya sama, yaitu b,d dan p. Dan untuk cara mengatasinya juga sangat beragam. Di lembaga tempat saya mengajar saya memberikan anak kartu huruf dan sama seperti dalam video saya meminta anak untuk menyusun kata yang memiliki huruf hampir mirip tersebut contoh katanya “dua buku” nah pada kata tersebut huruf d dan b saling berdekatan, jadi diharapkan anak dapat lebih mudah untuk mengenali karena huruf tersebut saling membelakangi. Selain itu juga aktivitas membuat huruf di udara juga sering saya lakukan di lembaga tempat saya mengajar tujuannya untuk bisa meningkatkan imajinasi anak dalam membayangkan huruf yang di tulis.

    sekian terimakasih

  9. Nama : Yofika Waruwu
    Nim. : 859791345

    Setelah saya menonton video diatas sangatlah bermanfaat bagi anak didik dimana bisa membantu mereka membedakan huruf yang mirip contohnya huruf b,d dengan metode yang di sampaikan seorang guru maka mereka bisa membedakan nya

    Terimakasih 🙏

  10. Mohon ijin berpendapat…
    Vidio di atas mengajarkan kepada anak untuk dapat membedakan huruf b, d dan p. Vidio tersebut sangat bagus dan bermanfaat untuk saya. Dapat memberikan inspirasi dalam mengajarkan memahami huruf b, d dan p pada anak didik saya.
    Menurut saya bisa ditambahkan dengan gambar visual sesuai dengan huruf depan dari tiga huruf tersebut. Misalnya untuk huruf “b” Menggunakan gambar bola, huruf “d” Menggunakan gambar dasi, huruf “p” Menggunakan gambar payung.
    Terima kasih..

Leave a Reply