silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama: Laila Hilaliah
Nim: 858326311
PGPAUD UT Banjarmasin
Video ini membahas topik yang sangat penting dalam pengembangan kemampuan membaca anak usia dini, yaitu kemampuan membedakan huruf yang mirip. Video ini memberikan penjelasan yang mudah dipahami tentang mengapa anak-anak kesulitan dalam membedakan huruf-huruf yang mirip, seperti “b” dan “d”, “p” dan “q”, atau “m” dan “n”.
Video yang di tampilkan sudah sangat menarik dan sangat memotivasi.
Nama : Dian safitri
Nim : 859816002
Video ” Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip ” saya sangat terinspirasi dengan metode pembelajaran yang di gunakan video tersebut karena cara tersebut sangat memudahkan anak dalam membedakan huruf yang hampir mirip, apalagi anak – anak yang susah untuk mencerna apa yang di ucapkan oleh guru metode yang di gunakan tadi dengan memperlihatkan tulisan kepada anak – anak seperti contohnya ” beli buku ” dan anak – anak di suruh mengulang – ulang kata itu .
Nama : Via Sandita
Nim : 858023524
didalam video tersebut mengandung ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita, sehingga bisa menerapkan ke anak didik kita yang sering kali sulit membedakan huruf b dan d
Nama : Rita siti maryamah
Nim : 857649691
alhamdulillah saya sudah menonton video pembelajaran tersebut dan menurut saya Video ini sangat bermanfaat serta menginspirasi bagi kami sebagai guru anak usia dini, karena dengan menonton video tersebut saya mendapatkan gambaran bagaimana cara mengajarkan cara/metode dalam membedakan huruf yang mirip kepada anak dalam pembelajaran.
Masukan dan saran, mungkin dalam video tersebut dapat dijelaskan lebih detail terutama dalam pemahaman cara membedakan huruf yang mirip dengan media yang menarik dan unik supaya anak lebih tertarik.
sekian terimakasih
wassalamualaikum wr.wb.
Nama : Nila Rahamawati M. Saleh
Nim : 856106692
Dari video yang di paparakan di atas bisa di simpulkan bahwa untuk mengajarkan huruf pada anak kita harus mengajarkan bentuk huruf nya, cara penyebutan nya yang benar dan cara mengajarkan nya dengan perlahan2. setelah itu baru kita bisa mengajarkan anak2 untuk membacakanny dengan perkata2.
dengan demikian saya akan menggunakan metode yang ada pada video tersebut untuk saya ajarkan kepada anak didik saya di kelas nanti.
terimakasih.
Nama : Aulia Agistianik Dianika
Nim : 877703848
Pada tayangan video membantu para guru dalam menangani siswa siswi yang belum bisa membedakan huruf yang bentuknya hampir sama. Seringkali ada beberapa anak yang keliru dalam menuliskan huruf karena pemikirannya yang sama dalam melihat huruf q dan p. Namun setelah melihat video pembelajaran ini saya merasa terbantu dan memiliki solusi untuk mengajari anak anak yang masih keliru dalam membesarkan huruf. Terimakasih atas bantuannya dan edukasinya.
Nama ; Dita Alya Putri
Ada banyak sekali cara agar anak dapat membedakan huruf yang mirip sekilas huruf besar dan kecilnya D dan B sama seringkali anak keliru, sebagai guru kita perlu memberikan pemahaman seperti dengan belajar huruf abjad kecil dan besar dulu kita ambil contoh mana huruf yang sekilas mirip dengan huruf lainya biar belajarnya lebih semangat gunakan media belajar seperti stik, playdough, pasir kinestetik untuk membuat macam-macam bentuk huruf atau dengan cara bernyanyi perumpamaan bentuk huruf seperti huruf H kecil seperti kursi dan masih ada banyak lagi.
nama: zahra febri ananta
NIM: 86042132
setelah saya menonton video tersebut yang berisikan tentang cara mengatasi ketika anak tidak dapat membedakan huruf dengan saya menonton video tersebut menambahkan wawasan cara mengenalkan anak huruf dan dapat membedaakan dengan huruf lainnya.
Setelah menonton video, saya melihat bahwa penggunaan media seperti gambar besar dan media sterofom sangat membantu anak dalam mengenali lambang bilangan dan huruf. Namun, variasi media masih terbatas, dan saya rasa dengan menambahkan kartu huruf berwarna atau video edukasi, anak-anak bisa lebih tertarik.
Selain itu, untuk meningkatkan keterlibatan aktif anak, metode seperti lomba pengelompokan huruf atau gerakan tubuh bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. Evaluasi yang lebih merata terhadap pemahaman anak juga penting agar setiap anak mendapat perhatian yang cukup.
Secara keseluruhan, pembelajaran ini sudah baik, namun dengan sedikit inovasi pada media dan metode, anak akan lebih mudah memahami materi.