silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Video ini sangat bermanfaat untuk memberikan ide kreatif dalam mengatasi kesulitan anak dalam membedakan huruf atau angka yang mirip. Saya sangat setuju dengan metode yang digunakan, yaitu dengan permainan visual, perabaan menggunakan media seperti sterofoam, serta pemberian puzzle yang melatih daya ingat anak. Kegiatan ini tidak hanya memperbaiki kemampuan motorik halus, tetapi juga membangun kepercayaan diri anak melalui penguatan positif seperti pemberian stempel bintang. Pendekatan ini sangat inspiratif dan bisa dengan mudah diterapkan di berbagai situasi pembelajaran PAUD.”

  2. Nama : Septia Tri Andriyandhi
    Nim : 856082017

    Video ini sangat bermanfaat untuk memberikan ide kreatif dalam mengatasi kesulitan anak dalam membedakan huruf atau angka yang mirip. Saya sangat setuju dengan metode yang digunakan, yaitu dengan permainan visual, perabaan menggunakan media seperti sterofoam, serta pemberian puzzle yang melatih daya ingat anak. Kegiatan ini tidak hanya memperbaiki kemampuan motorik halus, tetapi juga membangun kepercayaan diri anak melalui penguatan positif seperti pemberian stempel bintang. Pendekatan ini sangat inspiratif dan bisa dengan mudah diterapkan di berbagai situasi pembelajaran PAUD.”

    Sekian terimakasih…

  3. VIDIO ANAK TIDAK DAPAT MEMBENTUK HURUP YANG MIRIF
    Menurut saya pada video du atas anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, terlihat pendidik sangat berusaha agar anak didik dapat memahami dan dapat membedakan huruf b, d dan p. pada video, seorang pendidik sudah terlihat baik dan totalitas dalam menyampaikan materi pembelajaran. namun bagi saya , untuk mengajarkan perbedaan huruf bisa juga menggunakan gambar. contohnya, menggunakan kartu huruf bergambar buah, gambar hewan, gambar sayuran dan bisa juga gambar benda. sehingga anak akan lebih mudah mengingat huruf dari awalannya dan bunyi ejaan huruf tersebut. atau bisa juga anak diajak bermain tebak nama buah dari huruf b, d dan p. maka anak akan merasa senang dan melatih kognitif anak.

  4. Nama: Najwa aspia
    Upbjj : Mataram
    Semester 4 PGPAUD
    Video kali ini memberikan solusi kepada kita untuk cara mengajarkan anak membedakan huruf yang mirip.
    Huruf yang sering anak susah untuk membedakannya adalah b, d, dan p. Sebelum mana mampu menulis huruf dengan tepat, terlebih dahulu anda mengetahui konsep buruk telah lebih dahulu titik anak perlu mengenal simbol-simbol yang menunjukkan ciri dari huruf tersebut
    Ada beberapa langkah untuk mengenalkan kepada anak simbol huruf agar dapat membedakan huruf yang susah untuk dibedakan:
    1. Ajak anak untuk membaca buku bersama, dengan menunjukkan dua kata yang mengandung huruf b, d, dan p.
    2. Menjelaskan kepada anak bahwa dua kata tersebut diawali dengan dua huruf yang hampir titik ulangi beberapa kali sehingga anak mengerti perbedaannya.
    3. Meminta anak untuk menuliskan di angkasa masing-masing huruf tersebut.
    4. Minta anak untuk menulis huruf b, d, dan p di papan tulis.
    5. Memberikan penguatan kepada anak yang sudah berhasil menulis huruf tersebut
    Selain ini dapat dilakukan juga dengan permainan, membuat mainan yang melibatkan huruf b, d, dan p. Seperti permainan mencocokkan huruf, atau mencari huruf yang hilang. Untuk hasil yang maksimal diperlukan pengulangan sehingga anak dapat memperkuat pengetahuannya untuk membedakan huruf b, d dan p.

  5. Nama : Susilawati
    Nim :857133463

    video yang ditayangkan sudah cukup bagus untuk pengetahuan kita kedepannya ,namun didalam video tersebut ada kekurangan dan kelebihannya,diantaranya adalah

    1. Kekurangan
    A.Kekurangan dalam video tersebut guru tidak berfokus pada murid namun lebih berfokus pada pembelajaran yang disampaikan sehingga tidak memberikan kesempatan kepada murid untuk lebih banyak berinteraksi.
    B.Guru bisa memakai alat permainan edukatif untuk memperkenalkan huruf melalui metode bermain dengan menggunakan APE baik dengan kartu Huruf ataupun balok huruf sehingga pembelajaran tidak membosankan,bisa juga murid diajak menulis diatas tepung atau pasir untuk perkembangan motorik halusnya,sehingga anak mudah mengingat pembelajaran yang disampaikan oleh guru

    2.Kelebihannya
    Dengan sistem memperkenalkan perbedaan huruf anak jadi mengetahui antara huruf b,d dan p.
    dengan cara menulis dipapan tulis secara visual anak dapat melihat perbedaan antara huruf P.b dan d

    demikian menurut saya

  6. Nama: Herike Justri Buana
    Nim : 856861658
    Video pembelajaran tersebut sangat bagus dan juga dapat memberikan solusi praktis yang sangat positif.Selain itu video ini juga berpotensi menjadi sarana edukasi yang berguna jika menyajikan informasi berbasis bukti dan strategi yang aplikatif.Edukasi ini membantu mengurangi kekhawatiran berlebihan dan mendorong pendekatan pengajaran yang lebih sabar.Seperti pada video ini terlihat jelas seorang pendidik yang sudah sangat sabar dan totalitas dalam menyampaikan materi seperti mengajak anak menunjukkan dan mengucapkan dua kata yang mengandung huruf b,d,dan p.Mengajak anak membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b,d,dan p misalnya papa Dodi,beli buku,papa Dodi.Meminta anak menulis di angkasa huruf b,d,dan p.Kemudian memberikan penguatan pada anak yang sudah berhasil dan memberikan bimbingan pada anak yang belum bisa melakukan.Mengingat bahwa setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda-beda Mak video ini dapat memberikan inspirasi kepada saya bahwa kesabaran adalah kunci utama dalam mendukung mereka.

  7. 1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan atau pembelajaran yang dilakukan?
     Menurut saya reaksi anak terhadap proses pengembangan atau pembelajaran yang di lakukan, sebagian anak masih terlihat sulit untuk mengikuti penjelasan yang dilakukan guru, meskipun guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, dengan menggunakan media kartu huruf. Sehingga anak hanya fokus mendengarkan saja.
    2. Hal unik apa yang ditemui dalam pengembangan atau pembelajaran di video tersebut?
     Menurut saya hal unik yang ditemui di video saat anak-anak mempraktikkan cara menuliskan huruf “P” di udara, terlihat anak dengan antusias mengikuti arahan guru
    3. Hal apa yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang ada di video tersebut?
     Menurut saya secara keseluruhan media yang digunakan dan metode yang dilakukan guru sudah cukup bagus, hanya saja media yang di gunakan kurang beragam. Dalam mengajarkan perbedaan huruf bisa juga menggunakan kartu bergambar, misalnya guru bisa menggunakan kartu huruf bergambar buah, gambar hewan, gambar sayuran, maupun bisa dengan menggunakan gambar benda. Sehingga anak akan lebih mudah mengingat huruf awalnya dan bunyi bacaan ejaan tersebut.

  8. Nama : KHOLIFAH
    NIM : 857713418

    setelah saya melihat vidio di atas tentang “ANAK TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF YANG MIRIP” menurut saya fidionya bagus, sebelum mulai pembelajaran guru mengajak anak-anak untuk membaca bersama-sama, membaca dua kata yang mengandung huruf b. d. dan p. guru juga menggunakan metode bercerita dengan kata ” papa beli buah” untuk menegnalkan huruf pada anak dan menyuruh anak membaca berulang-ulang sehingga anak mudah untuk memahaminya. guru juga menggunakan metode pemberian tugas yaitu : anak-anak di suruh menulis huruf di papan tulis seperti huruf b dan p.

  9. Nama : Yunita Yuningsih Panyola
    Nim : 859266312

    Cara Mengatasi anak yang kesulitan membedakan huruf (seperti huruf yang mirip bentuknya: b-d-p-q) membutuhkan pendekatan yang sabar, sistematis, dan menyenangkan. Seperti vidio di atas sebaiknya gurunya
    1. Kenali Akar Masalahnya
    Pertama, pastikan kesulitan ini bukan karena:
    – Disleksia (gangguan belajar baca-tulis)
    – Masalah penglihatan
    – Kurangnya stimulasi literasi

    2. Strategi Pembelajaran Huruf
    a. Gunakan Media Visual dan Tactile
    Kartu huruf dengan gambar yang terkait (misalnya, B dengan gambar “bola”).
    – Mainan huruf 3D atau huruf dari pasir/lilin agar anak bisa meraba bentuk huruf.
    b. Latihan Membedakan Huruf
    Buat permainan mencocokkan huruf (matching cards).
    – Beri latihan menulis huruf sambil menyebutkan bunyinya.
    – Ajak anak menelusuri huruf dengan jari (misalnya di pasir, tepung, atau papan tulis).
    C. Fokus pada Huruf yang Sering Tertukar
    Misalnya: b-d, p-q, m-n, u-n.
    – Gunakan trik visual, seperti:
    “b” seperti tongkat dan bola,
    “d” seperti donat dulu lalu tongkat.
    -Gunakan cerita atau gambar untuk setiap huruf.
    3. Jadwalkan Latihan Rutin Tapi Singkat
    Latihan sebaiknya:
    Pendek (10–15 menit) tapi rutin (setiap hari)
    – Dibuat menyenangkan seperti bermain tebak huruf, lagu alfabet, atau aplikasi edukatif.
    4. Beri Pujian dan Hindari Tekanan
    Kesabaran penting. Anak akan lebih mudah belajar jika merasa didukung dan tidak dihakimi.
    Trimksih…

Leave a Reply