silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan saya JUMRIATI NIM 859442321 Dari video yang saya nonton diatas yaitu tentang anak yang sulit membedakan antara huruf yang mirip seperti b, d, p, q, menurut saya penjelasan yang ada pada video ini sangat bermanfaat untuk saya aplikasikan dikelas saya karena di kelas saya juga beberapa anak didik mengalami hal tersebut. Dari video ini saya sangat terbantu untuk mengatasi masalah ini.
Terimakasih
Asaalamualaikim wr wb
Izin memperkenalkan diri
Nama : Yenny Maharani
NIM : 87783382Q
Izin menanggapi
Dalam video tersebut terlihat ibu guru dengan sabar menjelaskan perbedaan dan ciri-ciri p,b dan d dengan media huruf pada kertas dan menulis di oapan tulis agar anak mampu memahami, tetapi anak terlihat kurang bersemangat karena haya mengajar 1 arah sehingga kurang menarik. Alangkah baiknya ibu guru menggunakan media yang lebih menarik seperti menggunakan plaudoigh, tepung, loose part dalam membentuk huruf yang membuat anak merasa seperti bermain sehingga pembelajaran tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran
Izin menanggapi video pembelajaran anak usia dini tentang cara menangani anak yang tidak dapat membedakan huruf mirip.
Dalam video tersebut, agar anak mudah membedakan huruf yang mirip seperti b, d, dan p, Guru mengajak anak membaca bersama dua kata yang mengandung b, d, dan p, seperti beli buku, papa bobo, dan diulang sampai anak paham dengan perbedaan ketiga huruf tersebut.
Menurut saya, kegiatan tersebut sangat menarik untuk anak, karena guru menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif dan sesuai untuk anak usia dini.
Video di atas memotivasi saya untuk mempraktekkan strategi pembelajaran tersebut di kelas saya, karena kendala susah membedakan huruf yang mirip juga banyak dialami oleh anak didik di kelas saya.
Sekian tanggapan saya, Terima kasih.
NAMA : SHELLA
NIM : 877973949
Assalamualaikum Wr.Wb
Dalam Vidio diatas guru menggunakan metode visual untuk membantu anak membedakan huruf yang hampir mirip seperti b,d.p. Guru juga mengulangi dan mempraktikkan pengenalan huruf dapat membantu anak memperkuat kemampuan membedakan huruf, serta menerapkan strategi bantuan yang tepat, anak dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulisnya secara efektif.
Saran saya agar anak tidak bosan maka gunakan permainan dan aktivitas yang menyenangkan untuk membantu anak belajar membedakan huruf, seperti
menggunakan puzze atau permainan kata
terimakasih
Perkenalkan saya Salamah, Mahasiswa S1 PGPAUD dari UT Jakarta.
Dalam video ini guru berusaha memberikan pemahaman kepada anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b. Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, karena ada beberapa anak yang masih pasif atau diam. Mungkin bisa ditambahkan dengan cara memvisualisasikan huruf agar anak lebih mengerti. Contoh : huruf b = satu perut didepan, huruf d = satu perut dibelakang, huruf p = satu perut diatas.
Atau bisa juga menarasikan huruf dengan metode menyanyi. Contoh : satu perut didepan itulah huruf b, satu perut dibelakang itulah huruf d,
b b b b bebek, d d d d dede, dsb.
Terima kasih.
Nama : Catur yulianti prastiwi
NIM : 877680837
Video ini sangat bagus dan bermanfaat untuk guru dn orang tua anak usia dini .dalam video dijelaskan bahwa anak sering kesulitan membedakan huruf-huruf yang mirip,seperti huruf’b’ dan ‘d’.Hal ini wajar terjadi karena perkembangan anak masih dalam proses belajar.Video ini juga memberikan tips atau cara yang menarik untuk membantu anak,seperti membantu huruf,menggunakan gambar dan belajar sambil bernyanyi.cara-cara ini bisa membuat anak lebih mudah mengenali huruf tanpa merasa bosan .Saya sangat setuju dengan isi video ini.Semoga kedepannya lebih banyak video yang membantu dalam mendidik anak-anak PAUD.
Nama : Catur yulianti prastiwi
NIM : 877680837
Video ini sangan bagus dan bermanfaat untuk guru dan orang tua anak usia dini.Dalam video disampaikan jelas bahwa anak sering kesulitan membedakan hururf-huruf yang mirip,seperti huruf ‘b’ dan ‘d’.Hal ini wajar terjadi karena perkembangan anak masih dalam proses belajar.Video ini juga memberikan tips atau cara yang menarik untuk membantu anak,seperti membantu huruf,menggunakan gambar dan belajar sambil bernyanyi .cara-cara ini bisa membuat anak lebih mudah mengenali huruf tanpa merasa bosan.Saya sangat setujuu dengan isi video ini SEmoga kedepannya lebih banyak video yang membantu mendidik anak-anak PAUD.
Nama : yulia lisiawati
Nim : 877973931
Meskipun video ini sudah sangat jelas dalam menjelaskan cara mengatasi masalah anak yang sulit membedakan huruf mirip, akan lebih bermanfaat jika diberikan lebih banyak contoh teknik atau permainan yang dapat langsung diterapkan oleh guru di kelas. Misalnya, teknik menulis huruf dengan berbagai warna atau bentuk, atau bahkan menggunakan benda-benda fisik untuk memperkenalkan huruf (misalnya, huruf-huruf yang terbuat dari bahan bertekstur untuk diraba).
Assalamualaikum wr wb
Endang susilowati
877961905
Menurut saya video tersebut bagaimana menangani anak yang sulit membedakan huruf b, d dan p, di dalam video juga menjelaskan cara cara membedakan huruf dan melatih y dengan sabar . tepatin dan penuh gembiran biar anak anak merasakan kenyamanan dalam belajar juga,,
Dengan ada ya video tersebut saya dapat pengetahuan tambah lagi,
NAMA : Lina Fernita
NIM : 877632449
Assalamualaikum.
Video ini sangat bagus dan bermanfaat untuk guru dan orangtua dalam mengatasi anak usia dini untuk dapat mengenal, memahami dan membedakan huruf yang mirip seperti huruf b d dan p. Dalam video ini terlihat jelas guru memperagakan dengan cara bernyanyi, cara menulis diawan dan cara menulis dipapan tulis serta cara mengucapkannya dengan benar. Diharapkan anak dapat mengikuti dan mempraktekannya dengan mudah. Saya sangat setuju dengan video ini, semoga kedepannya menjadi lebih baik.