silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : Rusdianti
Nim :857506389
Prodi : S1 PGPAUD
a. Identitas video
Judul Video : anak tidak dapat membedakan huruf
pengembang video : Neti Hernawati
Lopkasi : dalam kelas
Kelompok anak : TK
Ringkasan materi:
Dalam video ini memperlihatkan seorang guru yang sedang berupaya untuk mengenalkan konsep huruf kepada anak-anak terutama dalam mengenalkan huruf yang mempunyai bentuk yang mirip tetapi pengucapan berbeda seperti huruf b,d, dan p, di mana anak selalu mengalami kesulitan dalam mengenal atau membedakan ke tiga huruf tersebut,sehingga guru mengenalkan huruf-huruf tersebut melalui gambar maupun tulisan huruf kemudian guru memberikan tugas kepada anak satu persatu untuk kembali menulis huruf -huruf tersebut di papan tulis depan kelas .
b. guru tersebut sudah melakukan assesment dengan melakukan test kepada anak satu persatu hanya saja guru tersebut dalam melakukan assesment tidak melakukan anekdot berupa catatan ataupun tugas menulis sebagai acuan atau sebagai analisis kepada anak-anak yang dapat di jadikan bukti atau data dalam perkembangan anak.
guru di video tersebut tidak melakukan evaluasi hanya melakukan kegiatan belajar dan mengajar di kelas tanpa memberikan anak-anak tugas yang dapat di jadikan acuan atau mengetahui mana anak yang sudah tahu dan mana anak yang belum tahu dan juga apakah pembelajaran yang diberikan sudah sesuai tujuan atau belum.
c. hal yang harus di perbaiki oleh guru dalam video tersebut adalah bahwa sebaiknya dalam pembelajaran mengenal konsep huruf harus ada APE lain yang menunjang seperti puzzle berbentuk huruf atau bermain kata di mana kata yang hilang di isi oleh anak-anak, bisa juga bermain game tebak kata atau bisa juga menggunakan metode pengenalan huruf dengan bernyanyi.
nama : LILLA WAHYU SEPRIYAN PUTRI
NIM : 858830627
Prodi : PGPAUD AKPMM
dalam vidio tersebut membuktikan guru tersebut sanagt kreatif dalam penegmbangan kognitif anak, menurut saya vidio tersebut sudah sangat baik untuk melakuakn pembelnagan kognitif anak yang susah untuk meghafal huruf maupun anak masih bingung dalam penukisan huruf maupun angka. dalamhal itu melaksanakan kegiatan seperti itu dengan terus mennerus dan berulang anak tersebut akan terbiasa dan akan terlatih dengan sendirinya mka akan anak akan mudah hafal
Nama : Laila Fatma Rosyidah
NIM : (858738396)
Prodi : PG-PAUD BI
Dari video yang telah ditayangkan menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh gurusudah bagus, hanya saja masih terlalu berpusat pada guru sehingga anak terlihat pasif pada saat pembelajaran dan hanya melakukan apa yang diperintahkan oleh guru.
pembelajaran akan lebih berkesan dan pemahaman lebih mudah ditangkap oleh anak apabila anak terlibat langsung dalam kegiatan belajar bagaimana anak mampu membedakan huruf p,b, dan d dengan pemahaman mereka masing-masing dan cara serta kreatifitas masing-masing anak.
Hal yang dapat dilakukan oleh guru tersebut adalah dengan menggunakan metode yang lebih bervariasi dan memberikan keluasan kepada anak untuk berperan aktif mengeksplor pengetahuan mereka. Sehingga guru lebih mudah untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana anak mampu membedakan perbedaan huruf p, b, dan d.
Nama :Risna maya sari
Nim : 856789437
Prodi : S1 PG paud
A. Identitas Video
Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip.
Nama pengembang video : netti Hermawati
Ringkasan video : upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf b,d,dan p. Upaya yang dilakukan dengan membuat huruf seukuran kertas folio.
B. Menurut saya video tersebut sudah baik dalam menjelaskan perbedaan dari huruf b,d,dan p.strategi yang digunakan pun sudah tepat karena anak diajak lasung menuliskan hurufnya di papan tulis.serta media yang digunakan cukup bagus dan menarik untuk menarik minat anak dengan menggunakan kertas folio yang ditulis huruf b,d,dan p nya.
C. Perbaikan dan saran dari video tersebut kertas folio yang ditulis huruf b,d dan p nya masing masing diberikan warna yang berbeda, mengajak anak bermain dengan menempelkan batu buli putih yang kecil ke kertas yang bertuliskan huruf b,d dan p.
Asesmen dan evaluasi yang dilakukan lebih baik apabila dilakukan secara merata kepada anak untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anak tentang huruf b,d dan p serta apa saja perbedaan antara ketiga huruf itu.
Terima kasih
Nama: Makrifatul Hidayah
NIM: 856833293
Prodi: S1 PGPAUD
a. Identitas video
*Judul video: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
*Nama pengembang video : Netti Hermawati
*Ringkasan video:
Upaya seorang guru PAUD untuk mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, b dan d. Sering kali anak menulis huruf p, b dan d dengan terbalik. Salah satu Upaya yang dilakukan yaitu membuat huruf yang besar lalu mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar huruf yang benar disertai pengecohnya (huruf yang terbalik).
b. Menurut saya, dalam video tersebut sudah baik penjelasan untuk mengenalkan huruf. Media yang di gunakan juga sudah bagus, seperti membuat huruf yang besar. Mengenalkan bunyi-bunyi hurufnya. Video pembelajaran tersebut juga sudah bagus karena anak di ajak langsung untuk bereksplorasi mengenal dan membedakan huruf p, b dan d.
c. Yang perlu diperbaiki dalam video pembelajaran tersebut yaitu: Sebaiknya pada awal pembelajaran ada kegiatan pembuka seperti berbaris, bernyanyi, berdoa dan pengenalan tema yang akan dibahas pada kegiatan yang akan dilakukan. Dan sebaiknya pembelajaran yang dilakukan lebih berpusat pada anak. Anak diberikan kesempatan untuk aktif mengeksplorasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan, karena anak akan jauh lebih mudah mengerti/memahami jika anak diberikan kesempatan dan kebebasan untuk mengeksplor kegiatan.
Terimakasih 🙏
Nama : Putu Mas Wina Lestari
NIM : 859034204
Program studi : PGPAUD
Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
Menurut pendapat saya hal yang perlu diperbaiki dalam video cara mengajar ibu netti adalah dilihat dari perencanaan, agar media yang digunakan lebih menarik mungkin bisa menggunakan pasir atau beras, atau biji-bijian lainnya, sehingga nantinya dapat melatih motorik kasarnya, yang sudah barang tentu langsung meraba dan membentuk suatu huruf. Atau dengan metode lain yang lebih menarik lagi dengan dijaman teknologi IT saat ini dengan menampilkan Video Animasi dengan berbagai inovasi animasi transisi dan warna yang beragam sehingga lebih menarik untuk dilihat dan ditonton. Dilihat dari implementasinya atau pelaksanaanya agar mimik wajah dalam penyampaian materi yang diajarkan agar lebih tersenyum agar anak-anak senang melihat penjelasan guru, dan juga model pengajarannya agar lebeih representative, agar terjadi komunikasi anak didik dan guru, sehingga tidak guru saja yang aktif namun anak-anak juga aktif. Dilihat dari Evaluasi anak didik yang sudah berhasil dan benar menuliskan atau mengimajinasikan huruf p,b, dan d agar diberikan reward seperti tepuk tangan, dan pujian.
Terimakasih
NAMA : ROFI’ATUL KHOLIFAH
NIM : 858741212
Prodi : PG PAUD Bi
Assalamu’alaikum wr wb
Menurut saya dalam pembelajaran video diatas untuk pengelanalan huruf yang sulit dibedakan yaitu huruf b d p sudah baik guru mengenalakn huruf tersebut dengan meode tulisan dan memberikan kesempatan anak untuk mengulang kembali. Tetapi menurut saya alangkah baiknya untuk pengenalan dan membedakan huruf bisa di tambahkan dengan di beri gambar dan tulianmisalnya b dengan gambar bola , d dengan gambar domba, p dengan gambar pisang. dengan begitu mungkin anak lebih mudah mengingat dan menghafal huruf.
Terima kasih
Nama : Ratna Kristanti
NIM : 858169936
PGPAUD BI
judul: tidak da[at membedakan huruf yang mirip
lokasi : di dalam kelas
kelompok taman kanak kanak.
setelah saya menyaksikan video di atas
pendapat saya: guru dalam video tersebut mengunakan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga kurang efisien. seharusnya guru memilih media yang membuat anak tertarik dan menumbuhkan rasa ingin tau anak. dalam membedakan huruf yang mirip dalam mengajar tidak hanya mengunakan media huruf saja. agar anak dapat membedakan huruf yaitu dengan cara mengunakan karu huruf berwarna dan bergambar. misalnya kita mengenalkan huruf “b” maka kita menggunakan karu huruf b yang bergambar bola. kemudian anak anak di ajak mengucapkan b “bola” kemudian huruf d “dasi” huruf p”pistol”. dengan melihat gambar dan tulisa anak akan mudah mengingat huruf tersebut. kemudian kita mengajak anak anak mencari kata nama hewan /benda yang huruf depannya sama. sebagai guru kita harus pandai pandai mengatur strategi pembelajaran agar percapai tujuan pembelajran.
Nama: Kadek Setiawati
Nim : 859011371
Judul video : Anak tidak bisa membedakan huruf yang mirip
Setelah saya melihat video tentang anak tidak bisa membedakan huruf yang mirip sampai selesai saya merasa termotivasi melihat ibu guru di dalam video. Ibu guru sangat sabar memberi penjelasan tentang huruf yang mirip, tidak ada intruksi yang panjang lebar, menggunakan media yang menarik serta cara mengatasi anak yang tidak bisa membedakan huruf yang mirip sangat bagus. Mudah mudahan dengan video ini guru-guru yang lain juga mendapat pengalaman setelah menonton video ini serta menjadi yang lebih baik. Terima kasih
Nama : Yudita Selviani Telaumbanua
Nim : 835345469
Prodi : 122/PGPAUD S1
Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Dalam video tersebut disajikan masalah bagaimana mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut (Bu Eni) untuk mengatasinya dengan membuat huruf yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk mengambil gambar huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik).
Menurut saya, upaya yang dilakukan Bu Eni dalam video tersebut sudah sangat baik dengan memperlihatkan bentuk-bentuk dari huruf yang mirip lalu menyuruh anak menuliskannya serta memberikan penguatan kepada setiap anak.
Akan tetapi mungkin untuk lebih bisa mengenalkan kepada anak bisa dibantu dengan menggunakan alat permainan huruf-huruf bisa dalam bentuk balok kayu atau apapun yang membentuk huruf-huruf agar anak dapat melihat dengan nyata perbedaan-perbedaan dari huruf tersebut. Kemudian dapat juga dibantu dengan menggunakan gambar-gambar binatang atau tumbuh-tumbuhan yang memiliki awalan huruf-huruf yang mirip tersebut.