silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : Eni Rahmawati
nim : 859179148
pada kegiatan video yang saya amati tentang “ANAK TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HURUF YANG MIRIP”
VIDEO tersebut dapat memberiakan inspirasi dalam menambahkan wawsan guru untuk lebih kreatif dalam menghadapi kasus tentang anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan huruf yang mirip, pada video ini pelajaran yang dapat saya petik adalah pembelajaran yang menggunakan metode dimana memberikan kesempatan pada anak untuk membuat bentuk huruf melalui bayangan dan secara langsung menulis dipapan tulis, supaya anak lebih meudah dalam memahami..!
Nama : Eri Fitriana Dewi
NIM : 857654425
Assalamualaikum wr.wb
Video tentang anak kesulitan membedakan huruf yang sama juga terjadi di kelas yang saya ampu. Ada beberapa anak yang sulit sekali membedakan huruf b dan d serta p dan q ..saya sudah berusaha dengan memberikan gambaran seperti b perut dibelakang dan d Perut di depan. Tapi kemampuan anak memang berbeda-beda ada yang bisa mudah paham dan ada yang kesulitan sekali untuk membedakan nya.
Video diatas Alhamdulillah bisa menjadi referensi bagi saya untuk memberikan penjelasan kepada anak untuk memahami perbedaan huruf b,d,p,atau q,serta kadang m dan n. Dan sebagaian metode juga sudah Saya terapkan kepada anak-anak di kelas. Tapi masih saja ada anak yang belum memahami secara tuntas.
Secara keseluruhan video pembelajaran tentang membedakan huruf yang sama sudah bagus..saran dari saya buat suasana lebih senang kepada anak dan guru juga jangan duduk terus posisinya supaya ada suasana yang berbeda.
Demikian komentar dari saya.. terima kasih
Assalamualaiakaum Wr. Wb… saya sangat terbantu dengan cara atau solusi dari vidio diatas karna disekolah kami juga terjadi terkait anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip. sebelum anak dapat menuliskan huruf dengan tepat anak harus dapat mengenal konsep huruf terlebih dahulu anak perlu dikenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf demi huruf, dengan mengajak anak untuk membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b dan d agar anak dapat membedakan bentuk dan bunyi dengan cara yang menyenangkan.
Nama : Nur Hidayah
NIM : 857656128
Dari Vidio “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip” Saya sangat terbantu dengan cara atau solusi dari vidio diatas karna disekolah kami juga terjadi terkait anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip. sebelum anak dapat menuliskan huruf dengan tepat anak harus dapat mengenal konsep huruf terlebih dahulu anak perlu dikenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf demi huruf, dengan mengajak anak untuk membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b dan d agar anak dapat membedakan bentuk dan bunyi dengan cara yang menyenangkan.
Nama: Khairunnisa Anggraeni
NIM: 877795832
Izin menanggapi video di atas, video ini sangat membantu bagi mahasiswa PGPAUD ataupun guru PAUD yang masih mengalami kesulitan ketika mengajarkan anak mengenal huruf yang mirip seperti b, d, dan p. Video ini menampilkan contoh konkret mengajarkan anak membedakan huruf melalui kegiatan yang menyenangkan dan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Guru yang terdapat dalam video juga memberikan kesempatan kepada anak untuk ikut aktif dalam kegiatan membedakan huruf sehingga anak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang menyenangkan. Mengingat kemampuan dasar yang harus dimiliki anak adalah salah satunya kemampuan bahasa seperti membaca dan menulis tentu video ini menambahkan ilmu untuk para guru PAUD termasuk saya melalui tindakan yang sudah pernah dilakukan oleh sekolah tersebut.
Sangat menginspirasi dan menjadikan refensi berkenajutan. terima kasih
Nama Mahasiswa: Natalia Ariyani
NIM: 858006194
UPBJJ Yogyakarta
Dalam video tersebut, guru mengenalkan tiga huruf yang hampir sama yaitu b, d, dan p. Terlihat guru menggunakan media pembelajaran untuk menyampaikan materi. Guru mengajak anak untuk membaca bersama untuk mengenalkan hurufnya. Setelah itu guru juga mengenalkan bunyi masing-masing huruf. Anak-anak dilibatkan untuk menulis di papan tulis, sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan menulis apa yang mereka dengar dan lihat. Saya juga setuju, bahwa memberikan apresiasi kepada anak yang berhasil dan memotivasi anak yang belum berhasil agar selalu semangat untuk mengikuti kegiatan.
Sesudah saya nonton video tersebut, Izin menanggapi video di atas, video ini sangat membantu bagi saya. saya mahasiswa PGPAUD ataupun guru PAUD yang masih mengalami kesulitan ketika mengajarkan anak mengenal huruf yang mirip seperti b, d, dan p. Video ini menampilkan contoh konkret mengajarkan anak membedakan huruf melalui kegiatan yang menyenangkan dan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Guru yang terdapat dalam video juga memberikan kesempatan kepada anak untuk ikut aktif dalam kegiatan membedakan huruf sehingga anak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang menyenangkan.sehingga anak sangat memahaminya. Mengingat kemampuan dasar yang harus dimiliki anak adalah salah satunya kemampuan bahasa seperti membaca dan menulis tentu video ini menambahkan ilmu untuk para guru PAUD termasuk saya melalui tindakan yang sudah pernah dilakukan oleh sekolah tersebut.
Siti Nurjanah
NIM 857878654
Setelah saya menonton mengamati vidio diatas dapat menambah wawasan saya bagaimana cara mengajarkan anak yang kesulitan dalam membedakan huruf yang mirip. Saya akan mencoba menerapkan di kelas saya.
Video ini mengidentifikasi permasalahan umum dalam pembelajaran literasi awal, dimana anak-anak mengalami kesulitan membedakan huruf-huruf yang memiliki bentuk serupa seperti ‘b’ dan ‘d’, ‘p’ dan ‘q’, atau ‘m’ dan ‘w’. Kesulitan ini sering terjadi karena kemampuan persepsi visual dan orientasi spasial anak yang masih berkembang. Metode pembelajaran yang ditampilkan dalam video menerapkan pendekatan multisensori dengan mengombinasikan stimulasi visual, auditori, dan kinestetik untuk membantu anak mengenali perbedaan karakteristik setiap huruf. Teknik ini terbukti efektif karena melibatkan berbagai modalitas belajar anak secara bersamaan.Video mendemonstrasikan penggunaan alat bantu visual seperti kartu huruf berwarna, gerakan tubuh untuk membentuk huruf, dan permainan interaktif yang memungkinkan anak berlatih secara berulang tanpa merasa bosan. Strategi ini membantu memperkuat memori jangka panjang anak terhadap bentuk-bentuk huruf yang berbeda.