silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : Santi lestari
NIM : 857798793
S1 PGPAUD
Menurut saya yang disampaikan guru tersebut sudah bagus tapi ada sedikit kekurangan yaitu anak kurang aktif atau kurang diberi kesempatan untuk bertindak aktif dalam mengenal dan membedakan huruf b, d, dan p.
Media yang digunakan juga bisa di tambah lagi yang lebih bervariatif.
Dan guru mungkin juga bisa melakukan recalling kepada anak” siapa yang masih belum bisa atau paham membedakan huruf b, d, p. Sehingga guru dapat mengevaluasi tingkat keberhasilan pembelajaran tersebut.
Nama : Nisa Amalia
Nim : 858663086
Prodi : S1 PG-PAUD AKPMM Semester 8
1. Dalam video pembelajaran tersebut pokok permasalahannya yaitu bagaimana cara guru dalam mengatasi anak yang belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti halnya b, d, dan p.
2. Kekurangan
Dalam video pembelajaran tersebut media pembelajaran kurang yang di gunakan kurang menarik perhatian anak sehingga ada anak yang fokus dan ada juga anak yang kurang fokus saat proses pembelajaran berlangsung, pada saat proses pembelajaran berlangsung anak hanya menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
Kelebihan
Dalam menyampaikan meteri pembelajaran guru sangat berantusias, guru juga mengulang-ulang materi yang sedang disampaikan hingga mudah dipahami oleh anak, media yang di gunakan oleh guru mudah dipahami oleh anak sehingga anak mudal memahami perbedaan anatara huruf b, d , dan juga p
3. Menurut saya metode yang di gunakan oleh guru sudah sesuai dengan kurikulum perkembangan anak usia dini
4. Saya menggunakan metode yang mudah dipahami dan mudah diingat oleh anak, dan juga memelih strategi yang tepat untuk mengajak anak bereksplorasi menggunakan bahan alam
5. Saya menggunakan media bereksplorasi seperti menggunakan puzzle susun huruf yang menarik dan menyenangkan bagi anak agar proses pembelajaran tidak membosankan dan materi dapat tersampikan secara optimal
Nama : Tuti Yuliawati
NIM : 857467137
Prodi : PGPAUD
Nama : Tuti Yuliawati
NIM : 857467137
Prodi : PGPAUD
Pengulangan untuk menghafalkan huruf b, d dan p seperti yang dilakukan guru dalam vidio tersebut tentu saja baik bagi anak. Akan tetapi, mungkin cara seperti itu tidak akan begitu efektif.
Mungkin jika huruf itu dikaitkan dengan sebuah benda atau gerakan tubuh, itu akan membuat materi yang disampaikan lebih bermakna bagi anak. Anak akan lebih mudah mengingat karena ada gambar yang identik dan mengingatkan siswa pada huruf tersebut.
Contoh : untuk mengingat huruf d kemama menghadapnya. Kita bisa menaruh gambar dadu di sebelah kiri kata “dadu” sehingga anak akan ingat bahwa huruf d menghadap ke gambar dadu. Begitu pula dengan huruf b. Misal dengan kata “bulan”. Setelah huruf b, kita ganti huruf u dengan gambar bulan sabit yang menghadap ke atas. Dengan begitu, anak akan ingat bahwa huruf b menghadap ke gambar bulan. Atau kita juga bisa membuat anak ingat dengan sebuah gerakan. Misal untuk mengingat huruf p. Kita bisa mencontohkan dan meminta anak untuk menirukan huruf p dengan tubuhnya sendiri.
Mungkin cara seperti itu akan membuat anak lebih mudah untuk mengingatnya.
Nama : Emi Rahmah
Nim : 859170847
Prodi: PGPAUD-S1
Pada tayangan diatas ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh guru yaitu:
1. Metode yang dipakae Guru mungkin sedikit membosankan, sehingga anak tidak fokus.
2. Guru dapat menggunakan metode yang lrbih menarik, yang membuat anak menjadi lebih antusias. Misalkan menggunakan benda-benda kongkrit seperti kerikil, kancing baju, pom-pom, batu warna warni dan lain-lain untuk digunakan anak dalam meniru bentuk huruf b, d dan p. Ketika anak mencoba meniru huruf b,d,dan p di angkasa anak tidak akan tahu bagai mana bentuk huruf yang mereka buat. Kalau ingin menggunakan huruf yang ada di kertas, guru dapat meletakkan kertas-kertas berhuruf b, d dan p pada sebuah nampan/wadah yang berisikan pasir, tepung dan lainnya lalu ajak anak berbain game mencari huruf yang di contohkan Bu Guru. Atau guru bisa menuliskan huruf b, d, dan p pada tutup botol plastik bekas, kemudian masukkan tutup botol berhuruf tersebut pada air yang berwarna, ajak anak mencari huruf sesuai yang disebutkan oleh Bu Guru.
Video pembelajaran tersebut guru dalam memberikan pembelajaran agar mudah dipahami anak sudah baik, dimana dalam memberikan pemahaman dengan menyebutkan huruf yang mirip secara berulang – ulang seperti huruf p,d,p dengan menggunakan media dan guru mengajak anak menulis huruf tersebut diangkasa membuat anak semangat mengikuti pembelajaran,namun agar pembelajaran lebih menarik sebaiknya guru menggunakan media kartu bergambar yang lebih menarik seperti huruf b (gambar buaya) huruf d (gambar daun) p (gambar pisang) dengan cara meminta anak satu persatu memgambil gambar dan memita anak menyebutkan huruf yang ada pada gambar tersebut,dengan cara seperti ini anak akan lebih mudah mengingatnya.
Nama: NUR FITRIA MAULIDA
NIM: 859170388
Prodi: PGPAsetelah saya menonton video yang bertema Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip. Maka saya daoat menganalisis bahwa pokok permasalahnnya adalah anak-anak sulit membedakan huruf huruf yang mirip misalnya huruf b, d, p.Cara guru menyampaikan dan menjelaskan terkait perbedaan huruf sangat bagus dan jelas. Misalnya huruf b perutnya di bawah menghadap kedepan, huruf d perutnya di bawah menghadap kebelakang dan huruf p perutnya di atas mengadap kedepan. Dengan penerapan cara ini anak anak cepat memahami dan mengerti penjelaan guru. selain itu juga guru mengajak anak anak berimajinasi dengan menulis huruf tersebut di angkasa atau di udara. dengan hal itu anak anak sangat antusias mencoba membuat huruf b, d dan p di udara. Selain itu juga guru sebaiknya mencoba tekhnik dengan membuat alat praga huruf b, d, p dengan kardus/karton bekas. Setelahitu guru menyuruh anak bergantian untuk menunjukkan huruf b, d, p. Jika anak tersebut benar atau sudah hafal huruf tersebut guru memberikan semacam penghargaan berupa memberikan sticker bintang dan lain lain.
Mama : Nurhayati
Nim : 859171903
Prodi : PGPAUD
Menurut saya Vidio di atas sudah cukup bagus karna guru sudah memberikan pembelajaran yang cukup di mengerti oleh anak-anak di mulai dengan membuat huruf yang mirip,yg belum anak-anak kenal seperti huruf (b,d,p).tapi di Vidio ini guru sudah memberikan cara menulis diatas awan dan di tmbh dengan media gambar.
Guru menggunakan metode yang mudah dan dapat di ingat anak.
Untuk strategi saya memilih yang tepat untuk mengajak anak-anak bereksplorasi dgn bahan alam seperti,membuat dengan tepung terigu,slaim,atau dengan barang bekas seperti menulis huruf dengan karton.
Semoga dengan bahan ini anak-anak dapat cepat mengerti dan belajar dengan baik dan semanga lagi.
Nama : Mafazil uyun
NIM : 859170861
Prodi : S1 PGPAUD
Pada video diatas seorang guru mengajarkan bagaimana cara membedakan huruf “b, d, dan p” misalnya dengan memperlihatkan gambar huruf demi huruf sambil menjelaskan bahwa huruf “b” perutnya didepan bagian bawah, huruf “d” perutnya di belakang bagian bawah dan huruf “p” perutnya di depan bagian atas kemudian setiap anak diminta untuk maju ke depan satu persatu untuk menulisa salah satu huruf. jika dilembaga tempat saya mengajar saya mengajarkan anak-anak dengan cara memberitahukan huruf “b” perutnya di depan, huruf “d” perutnya di belakang dan huruf “p” perutnya di depan bagian atas kemudian saya juga memberikan flash card abjad agar anak-anak mencari huruf “b, d, dan p”, ketika huruf sudah ditemukan kemudian anak-anak diminta untuk maju ke depan untuk menempel flash cardnya di papan tempel yang sudah disediakan dan saya juga meminta beberapa anak untuk menuliskan salah satu huruf tersebut. Divideo ini cara guru menjelaskan kepada anak-anak sudah bagus tetapi posisi duduk yang melingkar sehingga anak-anak yang duduk persis disamping kiri dan kanan guru terlihat kesulitan untuk melihat gambar yang ditunjukkan oleh guru.
Nama : Nidaul hasanah
NIM : 859171516
program Studi PGPAUD
Pada Tayangan vidio tersebut ibu guru sudah memberikan pemahaman kepada anak cara membedakan bentuk Huruf b,d dan p serta pengucapan atau menyebutkan nama masing masing huruf, dengan menggunakan media kartu huruf dan gambar serta menggunakan strategi yang tepat anak diajak bereksplor dengan huruf yang mirip dengan menggunakan gerakan tangan baik menulis di papan secara bergilir sehingga anak lebih mudah untuk menggingatnya