silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. menurut pendapat saya hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajar tersebut guru dapat menggunakan perumpamaan seperti huruf b adalah huruf yang perutnya kembung ke depan, huruf d adalah huruf yang perutnya kembung kebelakang dan huruf p adalah huruf adalah huruf yang kepalanya kembung atau dapat juga menggunakan bantuan media seperti kartu huruf, contohnya huruf b gambar nya bebek, d gambarnya domba, dan p gambarnya pensil sehingga anak lebih mudah membedakan bentuk-bentuk huruf yang hampir mirip. secara keselurahan video tersebut sudah sangat baik namun masih ada beberapa hal masih harus diperbaiki contoh kurangnya penggunaan media yang lebih menarik dalam pembelajar, sehingga anak-anak menjadi senang dan juga mudah mengingat bentuk huruf yang hampir mirip tersebut

  2. NAMA : KHOIRUL UMROH
    NIM : 858731401
    PRODI : PG PAUD BI

    Analisislah video tersebut, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini:
    a. Tuliskan identitas Video yang Anda saksikan, mencakup:
    Judul : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
    Nama pengembang video : Netti Hernawati
    Lokasi : di dalam kelas
    Kelompok : B
    Ringkasan materi : Video tersebut menggambarkan beberapa cara yang dapat digunakan oleh seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

    b. Guru sudah memberikan asesmen pada anak didiknya guna mengetahui sejauh mana pemahaman materi yang sudah disampaikan kepada anak didiknya

    c. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang, alangkah baiknya dengan menambahkan media berupa pasir yakni guru meminta anak untuk menuliskan huruf dia b,p, d di atas pasir. Atau dapat juga menggunakan puzzle kayu huruf yakni anak diminta menyusun huruf yang hampir sama dengan menggunakan puzzle kayu

  3. Nama : Rofa Ghayda
    NIM : 8579713
    Prodi : S1 PGPAUD

    Menurut saya guru dalam video tersebut sudah baik karna mengenalkan konsep huruf dengan memberikan contoh kata. Juga mengajak anak didik untuk membayangkan dengan mengikuti menulis di awang2 (di angkasa). Membuat anak lebih mengingat dengan lekat huruf tersebut.

    Saran dan perbaikan dalam video tersebut baiknya guru lebih banyak lagi menggunakan metode yang menyenangkan agar anak lebih tertarik untuk mengenal huruf2 tersebut. Mungkin dengan menambahkan gambar pada kata yang dikenalkan dengan warna warni yang menarik. Juga bisa dengan menggunakan loosepart untuk mencontohkan huruf2 tersebut, bisa dengan pasir dan tongkat kayu, plastisin yang dibentuk menyerupai huruf, biji bijian atau batu kerikil.

    Assesment dan evaluasi yang dilakukan oleh guru juga sebaiknya mencakup seluruh anak satu per satu. Agar guru mengetahui seberapa paham anak terhadap apa yang sudah disampaikan. Guru bisa meminta anak satu per satu mencontohkan huruf atau membentuk huruf yang sedang dipelajari bersama

  4. Nama : Lenni Pandiaangan
    Nim : 856487129
    Program Studi : PGPAUD S1
    Guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi terhadap anak, seperti kita lihat dalam video untuk melihat perkembangan anak tersebut, guru mengajak anak secara langsung menirukan huruf-huruf yang sulit dibedakan seperti b, d dan p. Dalam Video tersebut yang perlu diperbaiki adalah cara guru membuka materi masih berpusat pada guru dan anak tidak diberi kesempatan untuk mengungkapkan atau berpendapat, penggunaan strategi yang tepat adalah anak diajak untuk bereksplorer dengan huruf yang mirip, agar mampu membedakan bentuk huruf p, b, dan d.

  5. Nama : Ribka Janny
    Nim : 857076317
    Pokjar : Kalideres Jakarta Barat
    Prodi : S1 PGPAUD
    Judul video : anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Nama pengembang video: Netti Hermawati
    Ringkasan video:
    Upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis huruf yang mirip, yaitu b, d, p. Upaya yang dilakukan membuat huruf seukuran kertas folio.
    -Menurut pendapat saya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik dalam memberikan contoh-contoh berupa kertas bertuliskan huruf dan memberikan pengulangan berupa menirukan huruf diatas udara.
    -Yang harus diperbaiki adalah cara/kata pembuka awal disertai dengan anak-anak menyanyikan lagu huruf a,b,c, lalu diulang dengan memberi penguatan huruf b, d, dan p. contoh huruf b bisa kita kasih ilustrasi dengan kata b belakang, d depan, p beri angka 1 lalu beri kepalanya. dan bisa disertai huruf-huruf yang memakai karton berwarna, bisa dengan flash card, atau bisa sambil bermain diatas pasir dengan menuliskan huruf/angka sehingga anak lebih senang.

  6. Nama : Suharni
    NIM : 857976767
    Pokjar : Bantul
    Prodi : PGPAUD S1
    kognitif paud
    Mengenai Video : Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
    Lokasi ; dalam ruang kelas
    kelompok belajar : 4-6 tahun
    Ringkasan materi dalam video : mengatasi permasalahan kognitif anak usia dini. seorang guru untuk mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang sama seperti p,d,b

    B. Dengan melihat dan menyimak video menurut saya asesmen dan evaluasi pada anak melalui menerangkan huruf yang sama tadi. cara mengatasi anak yang masih sulit membedakan huruf p,d,b langkah awal anak harus memahami konsep dan simbol masing-masing huruf setelah itu membaca bersama. dalam video tersebut juga menggunakan metode menulis di awan. sehingga bentuk evaluasi yang diterapkan dalam video tersebut adalah anak dapat mempraktekkan langsung dengan menulis kertas folio dengan ukuran besar dan mewarnainya sehingga anak akan lebih tertarik belajar. bisa dengan kolase memakai kertas warna juga

    C. Video pembelajaran tersebut sudah sangat bagus. Saran saya agar lebih efektif lagi dalam penyampaiannya kita bisa bernyanyi huruf penyusun kata,misalnya huruf p untuk p-a-n-d-a sambil menyebutkan dan bernyanyi,, dengan bernyanyi anak akan lebih mudah mengingat huruf huruf nya

  7. pada video ini guru memberi pemahaman kepafa murid mengenai cara membedakan b punya perut d punya pantat dll cukup membuat murid bisa mengerti…

  8. Nama : hilma
    Nim: 858306864
    Pokjar : hsu
    Upbjj : Banjarmasin
    Prodi:S1 PG paud

    Judul video: seri pengembangan kognitif paud

    Mengenai video “anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Nama penemabang video :netti Hermawati
    Ruang kelas kelompok A usia 4 tahun

    Ringkasan video tersebut diatas: upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang sama seperti p,d,b,guru berupaya membuat huruf dikertas folio dan diwarnai dengan warna yang berbeda.

    Setelah menyimak video tersebut menurut sya assesmen dan evaluasi yang diukan sudah sangat baik ,,akan tetapi jika di lakukan secara merata kepada anak agar mengetahui seberapa jauh pemahaman dan ke aktifan anak tersebut dalam
    mengikuti pembelajaran dan dalam membedakan huruf b,d dan p ,guru juga bisa menanyakan kata apa saja yang berawalan huruf b ,d dan p sehingga menambah kosa kata anak dalam berbahasa serta memahami penggunaan huruf b,d dan p.
    Bisa pula di tambahkan atau di tampilkan gambar bola ,,dadu dan pena jadi huruf depan nya di beri warna cerah dari pada huruf lainnya yang di belakangnya.

  9. Izin menjawab 🙏
    Nama : Fitri Astuti
    NIM : 867816956
    Progdi: PG PAUD S1
    Menurut saya setelah melihat vidio dengan judul’Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip’langkah guru tersebut sudah benar,guru sudah mengajak anak dengan menjelaskan tentang huruf b,p,dan d dengan mengunakan bentuk huruf b,p,d yg besar,yg dibedakan warnanya sehinga anak bisa melihat dengan jelas mana huruf b,p dan d.
    Dan guru juga mengajak anak untuk membuat huruf secara langsung dengan menulis di papan tulis,sehinga anak paham tentang konsep huruf tersebut
    Dengan demikian guru tahu mana anak yg sudah bisa dan anak yg belum paham.guru melakukan bimbingan dan pendampingan kepada anak yg belum bisa membedakan,guru memberikan semangat dan pujian kepada anak yang sudah bisa membedakan.

  10. Nama : Yenny Ayu Damayanti
    NIM : 858743857
    Prodi : PG PAUD -BI
    Judul : Seri Pengembangan Fisik ( Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama )
    Lokasi : Didalam kelas
    Kelompok usia 4 Th
    Ringkasan materi :
    Di dalam video tersebut cara guru mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip seperti huruf P, b dan d sudah sangat bagus. Bu guru sebelum mengajar mengenalkan anak huruf-huruf tersebut dengan menulis di selembar kertas dengan ukuran yang sangat besar. Bu guru juga mengajak anak didiknya untuk mengikuti gerakannya menulis di angkasa. Tak hanya itu, bu guru juga mengajak anak untuk membaca 2 kata yang mengandung huruf yang sama, seperti “ Papa dodi, beli buku, papa bobo” dengan memberi warna pada huruf yang sama sehingga anak-anak mudah mengingat dan membedakannya.

    B. Dalam video tersebut dalam mengevaluasi anak didiknya sudah terlihat dengan adanya unjuk kerja seperti guru mengajak anak untuk membuat huruf secara langsung dengan menuliskannya dipapan tulis. Sehingga guru akan tahu mana anak yang sudah bisa dan mana anak yang belum bisa.
    C. hal yang harus diperbaiki guru adalah guru harus membawa media huruf selain huruf yang ditulis dikertas dengan ukuran yang besar, seperti guru dapat membawa beberapa huruf ( p,b dan d ) dimana huruf P diberi warna merah, huruf b diberi warna biru dan d diberi warna hijau. Jadi sebelum kegiatan dimulai anak-anak diajak bermain mengumpulkan huruf yang sama sehingga anak-anak bisa lebih antusias dan lebih semangat.

Leave a Reply