silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : BELA SASTIA NINGSIH
NIM : 858939793
PRODI : S1 PG-PAUD
Judul Video : Anak tidak dapat membedakan huruf yang hampir mirip
Penulis : Neti Hernawati
Kelompok : usia 4-5tahun
Lokasi : Di dalam Kelas
Seri : Pengembangan Kognitif PAUD
A. Di dalam video itu guru mengajarkan anak usia anak 4-5 tahun untuk membedakan huruf yang hampir mirip, yaitu huruf b,d, dan p. Dan ada beberapa cara juga untuk mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf tersebut.Di dalam video itu guru juga mengajak anak untuk berimajinasi menulis di angkasa. setelah anak berimajinasi , guru juga meminta beberapa anak untuk menuliskan huruf b,d, dan p di papan tulis.
B. Menurut saya, guru yang ada di video itu sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. Karena dari segi proses pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran sudah mendukung.
C. Tidak ada yang harus diperbaiki dalam video pembelajaran diatas, karna proses pembelajarannya di dukung dengan menggunakan media(kartu huruf) yang cukup bagus namun hanya kurang beragam dan kurang menarik. misalnya bisa dengan m,engelompokkan huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf d diberi warna merah semua, dan huruf p diberi warna putih.
Judul video penanganan anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip.
Dalam video tersebut strategi yang diberikan guru dalam menangani anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip dengan langkah langkah yaitu mengajak anak untuk membaca dua kata dari huruf b, d, dan p seperti beli buku, papa Dodi, dan papa bobo, dan menjelaskan pada anak bahwa dua kata tersebut diawali dari dua huruf yang hampir sama dengan mengajak anak mengenali perbedaan bunyi dari kata tersebut. Guru juga meminta anak menuliskan di angkasa huruf tadi, dan meminta beberapa anak menuliskan huruf b, d, dan p di papan tulis.
Sarana saya
Guru biasa juga melakukan strategi dengan gerakan badan seperti memegang perut untuk mengenal huruf b, memegang bokong untuk huruf d, dan memegang kepala untuk huruf p, jadi anak bisa mengenal huruf dengan gambar tubuhnya.
Nama : MERLIN
Nim : 818112535
Judul Video : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Setelah melihat video GPO yang berjudul ” Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip”.
Dimana dalam video tersebut, bagaimana seorang guru mengajarkan pada anak didiknya, cara membedakan huruf p, b, dan d. saya sudah setuju dengan cara guru mengajarkan anak dengan memberikan gambar yang sesuai dengan huruf tersebut seperti p= panda, b= bapak , dan d= dadu, serta guru juga mengajak anak untuk meraba huruf tersebut, dan meminta anak menuliskan huruf tersebut diangkasa dan papan tulis.
Adapun kegiatan tersebut masih perlu tambahan kegiatan yang lebih menyenangkan yaitu dengan bermain, sehingga anak-anak merasa tidak belajar tapi bermain. sehingga terciptalah pembelajaran yang bermakna bagi anak-anak.
Guru bisa mengenalkan huruf tersebut dengan lagu dan gerakan
contohnya : huruf p = tiang lampu buncit atas itu huruf p
huruf b= tiang lampu buncit bawah itu huruf b
huruf d= bulan sabit tiang lampu itu huruf d
itulah pendapat saya setelah melihat video GPO yang berjudul” Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip.” terima kasih
Yang dilakukan oleh guru dalam vidio tersebut sudah cukup baik. Dengan memberi penjelasan secara detail perbedaan dari huruf – huruf yang mirip tersebut. Selain itu siswa diminta mempraktekkan secara langsung bagaimana cara menulis huruf. Bukan hanya mengangan – angan saja.
Nama : Ngatoatur Rohmah
Nim : 857605114
a.Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
Nama pembuatan video : Donny Harsabudhi
Lokasi : Di dalam kelas
Kelompok anak : 4-5th
Ringkasan materi : Dalam Video tersebut upaya guru untuk mengatasi anak terbalik saat menulis huruf yang mirip yaitu huruf b,p dan d.Upaya di lakukan membuat huruf seukuran kertas folio.
b. Dalam Video tersebut Guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk Anak usia dini.contoh : guru mengajak anak menulis huruf di udara,mengajak anak menulis huruf-huruf yang memiliki kemiripan seperti huruf b,huruf d dan huruf p.
c. Menurut saya ada sedikit yang harus diperbaiki guru adalah cara guru memberikan pembelajaran masih kurang aktif, belum memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan pendapatnya tentang pembelajaran.
Nama: Sumarni
Nim : 850737851
Prodi : PGPAUD S1
Mengatasi perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
Nama Pengembang Video : Netti Hermawati
Menurut saya, strategi yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sudah baik. Dalam kegiatan mengenal huruf sebaiknya menggunakan kartu huruf yg bervariasi baik dari segi warna maupun ukurannya. Agar anak-anak dapat lebih mengerti dan dapat membedakan antara huruf b, p, dan d.
Terima kasih🙏
Nama: triana sari
Nim : 858305823
Tanggapan saya tentang vidio ini adalah
Vidio ini sangat membantu mengedukasi orang tua untuk mengetahui atau memahami tentang perkembangan anak.
Nama : Fitria Utari
Nim : 856485551
Mengatasi Perkembang Kognitif Anak Usia Dini
Judul video : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
nama pengembang : Netti Hermawati
Menurut saya dalam penjelasan video diatas sudah bagus karena guru menerangkan dengan kertas yang ukuran nya cukup besar sehingga anak dapat melihat dengan jelas huruf yang sedang di terangkan, namun ‘perlu ditambahkan dengan media yang bergambar agar lebih menarik untuk dilihat anak-anak. seperti awalan huruf “b” di beri gambar bola di samping, untuk huruf “d” di beri gambar dadu agar mudah diingat anak.
terimakasih
Nama : Diva gemilang
Nim : 856482112
prodi : PGPAUD S1
Mengatasi perkembangan kognitif anak usia dini
Judu Video : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Nama pengembangan video : Netti Hermawati
Menurut saya, dalam video tersebut guru sudah menjelaskan dengan baik karena guru sudah menjelaskan dengan kertas yang ukurannya sangat besar sehingga anak anak gampang melihat huruf yang di tampilkan oleh guru. namun perlu di tambahkan dengan alat peraga yang nyata maupun dengan bentuk gambar agar lebih menarik.
Yang dilakukan oleh guru dalam vidio tersebut sudah baik. Dengan memberi penjelasan secara detail perbedaan dari huruf – huruf yang mirip/sama tersebut. Selain itu siswa diminta mempraktekkan secara langsung bagaimana cara menulis huruf yang benar. Bukan hanya mengangan – angan saja.