silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Nurnaningsih (859170127)
    Tugas : Metode Pengembangan Kognitif
    Guru Dalam memberikan pemahaman dengan menyebutkan huruf yg mirip secara berulang seperti huruf P,b dan d dengan menggunakan media sudah baik, mengajak anak menulis di angkasa menulis di Papan tulis, menggunakan kartu kata yg mengandung huruf p,b, d dengan members warna yg berbeda pada huruf P,b dan d agar siswa dapat membedakan huruf sesuai warna. Namun Ada baikx guru dapat memilih media pembelajaran yg dapat melibatkan siswa secara langsung sehingga siswa lebih aktif dan dapat menarik minat siswa untuk belajar seperti bisa menggunakan Balok Susun siswa di arahkan untuk membentuk huruf p,b dan d dengan balok, dapat menggunakan kartu huruf bergambar seperti P (gambar Pelangi), b ( bebek ) dan d untuk gambar (domba). Lebih banyak menggunakan media yang menarik membuat siswa lebih aktif dan Astusias dalam belajar.

  2. 1.) Setelah saya melihat dan menyimak video pembelajaran tersebut yang menjadi pokok permasalahannya adalah cara guru mengatasi anak yang sulit atau belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti b, d, dan p.
    2.) Kekurangan : Pada saat Guru menyampaikan materi lebih banyak berpusat pada guru, sehingga anak lebih banyak menyimak sehingga kesannya anak pasif.
    Kekurangannya media pembelajaran yang menarik perhatian terhadap anak.
    Posisi duduk yang kurang maksimal, oleh karena itu pembelajaran tidak diminati oleh anak, sehingga anak ada yang fokus dan ada juga yang tidak memperhatikan.
    Kelebihan : Guru sangat antusias dalam menyampaikan materi pembelajaran, mengulang-ulang materi yang disampaikan sehingga anak cepat memahami apa yang disampaikan oleh guru
    Guru memberikan materi sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, menggunakan media kartu huruf secara nyata bukan bentuk animasi sehingga anak mudah memahami perbedaan huruf b, d dan juga p.
    Jika anak belum paham, guru memberikan kesempatan pada anak untuk mereka menulis di papan tulis didampingi oleh guru tersebut.

  3. Nama : HERLIANA
    Nim : 859170664
    Komentar : dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana guru mengajarkan konsep membedakan huruf yang mirip pada anak melalui gambar supaya anak lebih tertarik, untuk dapat membedakannya, guru memperkenalkan lambang lambang huruf berkali kali supaya anak dapat memahami huruf yang mirip tersebut. huruf yang mirip tersebut adalah huruf p,b. dan d yang pemiiliki bentuk huruf yang sangat mirip. ada banyak cara yang dilakukan oleh guru dalam mengenalkan bentuk huruf yang mirip tersbut, salah satunya adalah menulis di awan / udara dengan melatih gerakan tangan anak untuk menulis dan membedakan bentuk huruf yang mirip tadi. selain dengan menulis di udara anak dapat memahami perbedaan huruf tersebut guru meminta anak maju satu pesatu menulis dipapan untuk membedakan huruf yang mirip tersebut yaitu huruf p,b dan d tentunya dengan bimbingan guru.

  4. Anis Matul Syaroh _858836019
    Dalam video anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip yang dilakukan guru sudah benar dengan menggunakan media kartu huruf p,d dan b, akan tetapi terlihat anak masih sulut mengikuti dan hanya mendengarkan penjelasan guru nya. Sebaiknya guru mengajak anak untuk mengelompokkan huruf p,d dan b agar secara langsung anak bisa membedakan nya.

  5. Anis Matul Syaroh _858836019
    Dalam video anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip yang dilakukan guru sudah benar dengan menggunakan media kartu huruf p,d dan b, akan tetapi terlihat anak masih sulut mengikuti dan hanya mendengarkan penjelasan guru nya. Sebaiknya guru mengajak anak untuk mengelompokkan huruf p,d dan b agar secara langsung anak bisa membedakan nya.

  6. Nama : Eva Septian
    NIM : 858837304
    Program Studi : S1 PGPAUD
    Dari video diatas, cara guru memberikan penjelasan tentang membedakan huruf sudah cukup jelas. Dengan media yang sederhana,guru mampu menjelaskan perbedaan huruf dan cara penulisannya. Setelah anak cukup paham, Anak juga diberikan kesempatan untuk maju kedepan sehingga lebih mudah paham.
    Namun, kegiatan pembelajaran kurang membuat lebih aktif, anak hanya menyimak saja.

  7. Nama : Rosvita Wati
    NIM : 857425191
    Program Studi : FKIP PG PAUD Pertemuan Ke : 1
    UPBJJ : Bandung
    Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip

    1. Dari video pembelajaran di atas, pokok dari permasalahan adalah anak-anak yang sulit membedakan huruf yang sama atau mirip seperti b-d-p.
    2. Secara keseluruhan kelemahan dalam pengembangan yang di lakukan dalam video ?
    Dalam video terlihat media yang ditampilkan belum maksimal dan pengelolaan lingkungan yang masih kurang sehingga masih ada anak yang kurang konsentrasi saat kegiatan berlangsung.
    3. Secara keseluruhan kelebuhan dalam pengembangan yang di lakukan dalam video ?
    Kegiatan yang dilakukan sangat cocok untuk anak dalam mengenalkan keaksaraan awal atau konsep huruf, metode yang diajarkan sangat mudah dipahami oleh anak, media baca yang berwarna dengan guru mengulang-ngulang bacaan dapat menjadi penguatan untuk anak dalam membedakan huruf b-d-p.
    4. Hal-hal unik yang di temui dalam video kegiatan pengembangan?
    Saat guru meminta anak kedepan untuk menulis huruf b-d-p ada anak yang menuliskan huruf p dengan sangat besar di papan tulis.
    5.Setelah melihat video pembelajaran di atas, saya akan menggunakan metode yang berbeda yang mudah dan cepat diingat anak, yaitu melakukan kegiatan bermain loncat abjad dengan media tikar abjad/membuat dari kertas lalu di tempel di lantai. Setiap anak meloncat pada huruf yang di instruksikan guru, dan membuat kartu huruf untuk media bermain. Sehingga anak dapat mengelompokkan huruf sesuai dengan bendam

  8. Nama : Rosvita Wati
    NIM : 857425191
    Program Studi : FKIP PG PAUD Pertemuan Ke : 1
    UPBJJ : Bandung
    Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip

    1. Dari video pembelajaran di atas, pokok dari permasalahan adalah anak-anak yang sulit membedakan huruf yang sama atau mirip seperti b-d-p.
    2. Secara keseluruhan kelemahan dalam pengembangan yang di lakukan dalam video ?
    Dalam video terlihat media yang ditampilkan belum maksimal dan pengelolaan lingkungan yang masih kurang sehingga masih ada anak yang kurang konsentrasi saat kegiatan berlangsung.
    3. Secara keseluruhan kelebuhan dalam pengembangan yang di lakukan dalam video ?
    Kegiatan yang dilakukan sangat cocok untuk anak dalam mengenalkan keaksaraan awal atau konsep huruf, metode yang diajarkan sangat mudah dipahami oleh anak, media baca yang berwarna dengan guru mengulang-ngulang bacaan dapat menjadi penguatan untuk anak dalam membedakan huruf b-d-p.
    4. Hal-hal unik yang di temui dalam video kegiatan pengembangan?
    Saat guru meminta anak kedepan untuk menulis huruf b-d-p ada anak yang menuliskan huruf p dengan sangat besar di papan tulis.
    5.Setelah melihat video pembelajaran di atas, saya akan menggunakan metode yang berbeda yang mudah dan cepat diingat anak, yaitu melakukan kegiatan bermain loncat abjad dengan media tikar abjad/membuat dari kertas lalu di tempel di lantai. Setiap anak meloncat pada huruf yang di instruksikan guru, dan membuat kartu huruf untuk media bermain. Sehingga anak dapat mengelompokkan huruf sesuai dengan benda.

  9. Nama : Warisumatri
    Nim : 859171143
    prodi : PG PAUD

    dari vidio di atas dapat saya simpulkan bahwa ; cara guru menjelaskan sudah sangat baik, dan juga bisa dipahami dengan cepat, cara guru memperagakan bentuk huruf juga sudah sangat baik, sehingga anak – anak cukup mudah untuk memahaminya. antusiasme anak -anak juga terlihat ketika di ajak membaca dan menulis huruf di papan.
    hanya saja mungkin ada yang kurang seperti ;
    1. Mengajak anak untuk mengepalkan tangan dan menunjuk ibu jarinya, kita bisa memulainya dengan tangan kita sendiri dan mintalah anak untuk menirukan bentuk kepalan dari jari kita. kepalan yang ada di tangan kiri melambangkan bentuk huruf d, sementarakepalandi tangan kanan melambangkan bentuk huruf b.
    2. Bisa juga di barengi dengan lagu-lagu biar anak semakin antusias dan mudah mengingat.
    3. Bisa sambil bercerita
    4. Bisa juga dengan mengunakan nama anak untuk menulis di papan tulis.
    5. Bisa mengunakan APE/benda – benda sekitar.
    mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, terima kasih,

  10. Nama : Rosvita Wati
    NIM : 857424191
    Program Studi : FKIP PG PAUD
    Pertemuan Ke : 1
    UPBJJ : Bandung
    Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip

    1. Dari video pembelajaran di atas, pokok dari permasalahan adalah anak-anak yang sulit membedakan huruf yang sama atau mirip seperti b-d-p.
    2. Secara keseluruhan kelemahan dalam pengembangan yang di lakukan dalam video ?
    Dalam video terlihat media yang ditampilkan belum maksimal dan pengelolaan lingkungan yang masih kurang sehingga masih ada anak yang kurang konsentrasi saat kegiatan berlangsung.
    3. Secara keseluruhan kelebuhan dalam pengembangan yang di lakukan dalam video ?
    Kegiatan yang dilakukan sangat cocok untuk anak dalam mengenalkan keaksaraan awal atau konsep huruf, metode yang diajarkan sangat mudah dipahami oleh anak, media baca yang berwarna dengan guru mengulang-ngulang bacaan dapat menjadi penguatan untuk anak dalam membedakan huruf b-d-p.
    4. Hal-hal unik yang di temui dalam video kegiatan pengembangan?
    Saat guru meminta anak kedepan untuk menulis huruf b-d-p ada anak yang menuliskan huruf p dengan sangat besar di papan tulis.
    5.Setelah melihat video pembelajaran di atas, saya akan menggunakan metode yang berbeda yang mudah dan cepat diingat anak, yaitu melakukan kegiatan bermain loncat abjad dengan media tikar abjad/membuat dari kertas lalu di tempel di lantai. Setiap anak meloncat pada huruf yang di instruksikan guru, dan membuat kartu huruf untuk media bermain. Sehingga anak dapat mengelompokkan huruf sesuai dengan benda.

Leave a Reply