silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. nama : windi andini seilmy
    nim : 857606986
    prodi : PGPAUD
    Dalam video diatas yang dapat saya simpulkan adalah mendidik anak dengan kasih sayang tanpa kekerasan anak akan lebih mudah mengerti jika iya arahkan dengan nada yang lembut dan memberi anak pujian atau tepuk tangan sebagai apresiasi itu bagus memicu anak tidak melakukan kesalahan yang sama. Menjelaskan dengan cara sederhana agar anak mudah memahami yang ingin disampaikan itu penting jadi anak tau bahwa yang ia lakukan itu salah dan memberi solusi disetiap masalah agar anak mampu berfikir kritis.

  2. Nama : Pipin Ismawati
    NIM :858852615
    Prodi BI-PGPAUD

    Saya sudah menonton video diatas sesuai dengan pertanyaan
    1.Judul : Anak Tidak mau antri saat berbaris
    2. Nama Pengembang Video :Megawati Simanjuntak, SP.,M.Si
    3. Lokasi : di depan kelas
    4. Kelompok Anak : Kelas A
    5. Ringkasan MAteri : Mengajari anak untuk disiplin ketika berbaris sebelum masuk ke dalam kelas, ada abak yang tidakmau bergantian untuk berbaris :dekati anakdnegan kasih sayang, Beri penjelasan secara sederhana, Buat kesepatan jadwal dengan anak, dan memberikan pujianuntuk anakyang tertib.

    Menurut saya guru sudah menerapkan prinsipasesmen dan evaluasi pada anak usia dini yaitu diantaranya kontinuitas, membelajarkan,objektivitas, Strategis dan mempunyai tujuan,Sistematis dan berkelanjutan dan hampir semua baik prinsip khusus maupun prinsip.umum

  3. Bismillaah.. perkenalkan nama saya Yanisman Irtika Ragillia dengan NIM 857495548, Prodi S1 PGPAUD
    Ijin memberikan tanggapan atas video tersebut. Maa syaaa Allah tabarakallaah, alhamdulillaah dengan menonton video tersebut semakin bertambah ilmu saya dalam menangani anak yang tidak mau antri dalam berbaris. Memanglah benar bahwa pendekatan pada anak adalah hal yang paling penting bagi kita para pendidik anak usia dini, berbicara dengan lemah lembut dan bahasa yang sederhana akan memudahkan anak untuk memahami apa yang kita maksudkan. terimakasih ilmunya

  4. Nama : ika puspitaningtias
    NIM : 858169183
    Prodi : PGPAUD
    Menurut saya video diatas sangat menginspirasi saya, guru sdh sangat tepat dlam menangani anak yang tdk mau antri berbaris, guru sangat sabar menghadapai anak dan memberi pengertian tdk melalui kekerasan, guru juga sdh memberi apresiasi untuk anak yang sudah berbaris dengan rapi.

  5. Yang dilakukan guru dalam video diatas sudah benar, guru memberikan pengarahan dan mendekatianak laki-laki yang tidak mau bergantian dengan temannya, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.
    Akan tetapi seharusnya guru menyampaikan jadwal sebelum melaksanakan baris, agar besok ketika baris anak-anak lainnya menjadi tau kalau hari ini jadwal siapa yang memimpin didepan.

  6. Nama : Nani Sumiati
    NIM : 857074313
    Prodi : S1 PGPAUD/AKPMM

    Menurut saya dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam memberikan bimbingan kepada anak-anak untuk menjadi anak yg disiplin sejak dini. Dengan memberikan penjelasan yang jelas dan sederhana dapat dimengerti anak, mendekati anak dengan penuh kasih sayang, dan memberikan pujian terhadap anak yg sudah bisa tertib dalam baris-berbaris agar menjadi lebih disiplin pada saat masuk kelas.
    Guru sudah tepat dalam membimbing anak untuk lebih disiplin dengan memberikan perjanjian kepada anak yang belum bisa disiplin jika hari ini belum bisa tertib besok harus bisa tertib.

  7. Nama : Firlywati Hippy
    Nim : 856323184
    Prodi : PGPAUD
    Menurut saya dalam video tersebut guru sudah sangat membantu dalam penanganan anak yang tidak mau antrian dalam berbaris. Dalam penanganannya, guru tersebut melakukan pendekatan dengan kasih sayang dan memberikan penjelasan sederhana yang bisa di tanggkap oleh anak tersebut. Dan bila anak mau mengikuti tata tertib dalam berbaris maka guru memberikan pujian dengan bertepuk tangan sehingga membuat anak tersebut merasa senang atas perhatian dari gurunya.

  8. nama : milatun anifah
    nim : 857604223
    prodi : PGPAUD
    mengajari anak untuk berbaris dengan rapi dan tertib harus dilakukan dengan penuh kasih sayang dan kesabaran,anak di beri penjelasan terlebih dahulu untuk berbaris yang rapih dan bergantian dengan teman ketika di depan ,memberikan pujian bagi anak yang sudah berbaris dengan rapih,memilih anak yang barisannya paling rapih untuk masuk kelas terlebih dahulu
    dengan vidio ini kita jadi tahu trik trik yang dapat dilakukan ketika anak tidak mau antri atau tertib dalam berbaris

  9. Nama : Dwi karuniawati
    NIM :858860984
    Prodi BI-PGPAUD
    Menurut saya guru sudah menerapkan asesmen dan evaluasi pada anak usia dini yaitu diantaranya kontinuitas, membelajarkan,objektivitas, Strategis dan mempunyai tujuan,Sistematis dan berkelanjutan dan hampir semua baik prinsip khusus maupun prinsip.umum.
    Guru sudah tepat dalam membimbing anak untuk lebih disiplin dengan memberikan perjanjian kepada anak yang belum bisa disiplin jika hari ini belum bisa tertib besok harus bisa tertib.

  10. Nama : Dwi karuniawati
    NIM :858860984
    Prodi BI-PGPAUD
    Menurut saya guru sudah menerapkan asesmen dan evaluasi pada anak usia dini yaitu diantaranya kontinuitas, membelajarkan,objektivitas, Strategis dan mempunyai tujuan,Sistematis dan berkelanjutan dan hampir semua baik prinsip khusus maupun prinsip.umum.
    Guru sudah tepat dalam membimbing anak untuk lebih disiplin dengan memberikan perjanjian kepada anak yang belum bisa disiplin jika hari ini belum bisa tertib besok harus bisa tertib.

Leave a Reply