silahkan klik iconย  ย  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Dari vidio diatas merupakan upaya guru dalam mengatasi salah satu masalah yang dialami anak (tidak percaya diri,) anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif,tidak percaya akan kemampuannya sendiri Maka upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal ini yaitu :sebagaimana terdapat pada video
    1. Guru dapat menanyakan pada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan
    2. Guru memberikan saran pada anak untuk menggambar sesuatu yang disukai walaupun yang digambarkan keluar dari tema.
    3. Guru memberikan motivasi pada anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak.
    4. Guru dapat mengeksplorasi hal lain yang dapat dibuat terkait gambar yang sedang ditugaskan pada anak.
    5. Lakukan pendekatan pada anak bahwa anak pasti bisa menggambar apa yang ia mau.
    6. Jika diperlukan anak dapat diajak untuk menggambar diluar kelas, dan menggambar bebas adapun yang ia sukai, ini sangat bagus untuk mengembangkan kreativitas anak dan menghindarkan dari kebosanan yang dialami anak.

  2. Nama : Nur Sita Isnaini
    NIM : 858530867
    menurut saya Dari video di atas pentingnya peran guru menjadi motivator untuk anak didiknya agar lebih percaya diri, dengan memberi motivasi setiap anak didiknya untuk berkreasi sesuka hati nya walau apa yang di buat anak tidak/belum sesuai dengan tema yang sedang di sampaikan. hindari komentar negatif agar anak tetap terpacu semangatnya untuk belajar terlebih dahulu dan percaya diri dalam mengeluarkan kreativitasnya, jika sudah baru anak dapat di arahkan.

  3. Saya, Shellvia Chusnul Chotimah ijin menanggapi video yang telah disampaikan ๐Ÿ™๐Ÿผ
    Video yang telah disampaikan diatas sangat bermanfaat bagi saya dan juga para mahasiswa dan guru PAUD yang lain.
    Tidak dapat dipungkiri, meskipun sudah menjadi seorang pendidik anak usia dini terkadang kita merasa bingung bagaimana cara mengatasi anak yang merasa tidak percaya diri, sehingga anak-anak menjadi bosan dan tidak bersemangat selama proses pembelajaran.
    Video tersebut mengajarkan kepada melalui contoh nyata yang dirangkum secara singkat, padat, jelas dan efisien. Sehingga sangat mudah dipelajari dan dipahami oleh kami para pendidik anak usia dini. Bahkan yang telah berusia lanjut sekalipun.

    Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh tim yang telah telah berpartisipasi dalam penyusunan video diatas ๐Ÿ™๐Ÿผ

  4. Saya Difa Rihlati Fadhilah dengan NIM (859655271). Dari video pembelajaran ini, saya menyaksikan Guru yang memberikan saran, motivasi, dan dukungannya terhadap kemampuan anak. Kerap kali, anak merasa tidak percaya diri dengan hasilnya sendiri karena melihat teman yang lain dapat menghasilkan hasil yang lebih bagus darinya. Dalam hal ini, Guru perlu memberikan motivasi kepada anak guna meningkatkan kepercayaan diri anak. Yang dilakukan Guru pada video ini sudah baik, yakni dengan mendorong potensi anak, memotivasi anak, memberi saran dan mengapresiasi anak. Dengan membangun kedekatan kepada anak, anak akan memberikan rasa percayanya kepada Guru, sehingga anak dapat lebih terbuka dan mengkomunikasikan apa yang membuat anak tidak percaya pada dirinya.

  5. Nama: Fajrina Alkafiyah
    NIM: 858967674

    Anak yang tidak percaya diri kebanyakan tidak kreatif dan perlu pendekatan. Dalam Video diatas saya dapat mempelajari tentang Pendekatan yang terstruktur dan responsif terhadap kebutuhan anak usia dini dalam mengatasi masalah kepercayaan diri dan merangsang kreativitas mereka adalah kunci dalam pendidikan awal.

  6. Nama : Elia Santika
    NIM : 857535777
    Video tersebut membahas tentang penyebab dan tanda-tanda anak tidak percaya diri. Video tersebut juga memberikan tips untuk membantu anak agar lebih percaya diri. Masukan video tersebut adalah memberikan informasi yang bermanfaat tentang penyebab dan tanda-tanda anak tidak percaya diri. Saranya adalah video ini akan lebih bermanfaat jika menyertakan contoh konkret tentang bagaimana menerapkan tips-tips untuk membantu anak agar lebih percaya diri.
    Manfaat video tersebut bagi saya adalah mengetahui teknik yang dapat dilakukan bagi guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak.

  7. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama: Agnes Dewi Rusminaya
    Nim: 858532885

    Dari video berjudul “ANAK TIDAK PERCAYA DIRI”
    Menurut saya, sebagai guru kita harus menerapkan sifat percaya diri sejak dini dengan cara mendekati mereka dan mengajak mereka bercerita tentang kegiatan yang dialami sehari-hari dan kita mendengarkan mereka bercerita agar mereka percaya terhadap seseorang yang diajak bercerita. Ajak mereka melakukan sesuatu kegiatan yang dapat mengembangkan sifat percaya dirinya.

  8. Nama : Unawekla Hermina D
    NIM : 857490058

    Tanggapan: bahwa video tersebut menjelaskan strategi guru dalam mengatasi ketidakpercayaan diri pada anak usia dini dengan mengembangkan kreativitas mereka melalui kegiatan menggambar bebas dan mengeksplorasi pengetahuan. Video ini mengilhami guru untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang terbuka di luar kelas untuk merangsang imajinasi anak-anak.
    Saran: guru dapat lebih memperhatikan respons anak, agar dapat melihat perkembangan kepercayaan diri mereka, serta memperlihatkan hasil dari teknik yang diajarkan dalam video untuk meningkatkan kepercayaan diri anak pada hasil karya mereka.

  9. Dalam ini bahwa guru berusaha mendekati siswa utk memberikan penguatan dgn cara memotivasi anak…. Menurut saya pada kegiatan ini guru bisa memberikan kebebasan anak utk berkreasi menurut imajinasinya sendiri, setelah itu guru bisa memberikan apresiasi atau hasil karya nya yg anak buat utk kegiatan selanjutnya guru bisa memberikan tanggapan dan arahan dgn pertyaan pemantik agar anak lebih percaya diri.

  10. Dari tayangan vidio tersebut saya berpendapat bahwa anak yang kurang percaya diri sebaiknya mendapat pendampingan yg seius.dibangun rasa percaya dirinya dan dimotivasi agar terbangun semangat belajarnya.jangan lupa kalimat kalimat pujian agar anak percaya diri.

Leave a Reply