silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. penanganan untuk anak yang tidak percaya diri adalah dengan banyak mengapresiasi setiap hal kecil yang dilakukan oleh anak. hal itu akan membuat anak lebih dihargai dan merasa lebih diterima di lingkungannya. dengan itu juga anak akan merasa memiliki power dan tidak sungkan untuk melakukan hal hal yang dia inginkan. dia akan lebih percaya diri dan akan menunjukan dirinya dan semua kemampuannya.

  2. Nama : Ani Mulyani
    Nim : 857509804
    UPBJJ : Bandung
    Dari video pembelajaran tersebut, memberikan pengetahuan kepada kita sebagai guru untuk menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya, guru melakukan pendekatan terhadap anak, memberikan dorongan dengan cara memotivasi anak, dan memberikan saran kepada anak untuk menggambar sesuatu yang di sukai anak yang berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat anak.

  3. Selamat malam…..Bapak Tutor dan Teman Teman sekalian

    Nama Saya : Yunita

    Prodi : PGPAUD

    UPBJJ: UT Samrinda (Balikpapan)

    Ijin menjawab:
    Nama Video:Anak tidak percaya Diri

    Dari video di atas saya dapat pembelajaran bagaimana mengatasi anak yang kurang percaya diri dengan cara sebagai berikut:
    1.Guru dapat menanyakan kepada anak jika masi ragu terhadap tugas yang diberikan
    2.Guru memberikan saran terhadap gambar yang di sukai meskipun tidak sesuai dengan Tema saat itu
    3.Guru memotifasi kreatifitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling di sukai anak
    4.Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak
    5.Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotifasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
    6.Pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling di sukai dan bisa di lakukan oleh anak
    7.Jika diperlukan ajak anak anak untuk menggambar di luar sekolah,hal ini membuat anak anak lebih kreatif dan menghindari anak dari rasa bosan
    Jadi video di atas sangat membantu saya dan rekan rekan guru PAUD

    Demikian diskusi ini saya sampaikan dan buat,atas perhatian Tutor dan Teman-Teman sekalian saya ucapkan terima kasih dan jika ada salah kata mohon di maafkan🙏🙏🙏🙏😇😇😇Selamat Malam…….

    Diskusi di isi oleh:Yunita
    NIM:858463282

  4. Nama : wulan ambar witari
    Nim : 857755486

    Sebagai guru yang mengalami kasus di mana seorang anak tidak percaya diri,sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang sensitif dan mendukung anak agar lebih berani.
    Sebagai penanganan pertama Perlunya pendekatan yang ramah, dimana Guru perlu bersikap lembut dan membangun kepercayaan dengan anak.
    Memberikan pengertian dengan kesabaran, itu akan sangat membantu mereka merasa lebih nyaman untuk berbicara tentang perasaan mereka.
    Berikan nak kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka melalui berbagai kegiatan karya seni seperti menggambar, bermain peran, atau menulis cerita. Ini dapat membantu mereka merasa lebih percaya diri dan mengembangkan keterampilan komunikasi

  5. NAMA: TRIYANA RAHMAWATI
    NIM: 858161497
    JUDUL: Anak Tidak Percaya Diri
    Menurut saya tentang video ini yang dilakukan guru sudah tepat dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Setelah saya amati lebih lanjut guru pada video tersebut sudah menggunakan cara yang tepat yaitu:
    1. Menjadi contoh yang baik
    Guru menggunakan kalimat dengan bahasa dan sikap yang baik.
    2. Memberikan kesempatan anak menyelesaikan masalahnya sendiri
    Guru memberikan kesempatan mewarnai sampai selesai meski hasilnya belum sesuai harapan namun anak tersebut sudah dapat menyelesaikan tugasnya.
    3. Berikan anak memilih dan membuat keputusan
    Contoh pada video ini terlihat pada saat guru menanyakan kepada anak untuk memilih untuk mau menggambar apa yang akan digambar meski tidak sesuai dengan tema pada saat itu.
    4. Mendorong anak untuk berani mencoba dan pantang menyerah
    Guru sudah mendorong anak untuk berani mencoba dengan pantang menyerah. Dengan cara memberikan pujian atas hasil kerja anak dan memberi motivasi.
    Agar dapat meningkatkan rasa percaya diri anak guru harus lebih kreatif dalam memilih metode dan media agar dapat menciptakan pembelajaran yang efisien.

  6. Saya sudah membuka web guru pintar online (UT) saya sudah memilih dua video yang ingin saya cermati dan pelajari. Yaitu yang pertama seri pembelajaran PAUD.

    – Pengembangan sosial emosional, dengan judul anak tidak percaya diri.

    Video yang ditampilkan benar-benar menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara mengatasi anak yang tidak percaya diri. Saya ingin menjelaskan terlebih dahulu, kalau anak tidak percaya diri disebabkan oleh munculnya rasa takut, resah, khawair dan rasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. Oleh karena itu, anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif dan kita sebagai guru kita memiliki peran untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak tersebut dengan kita harus memiliki strategi keterampilan yang optimal.

    Kemudian ada beberapa teknik atau cara yang dijelaskan di dalam video, bagaimana mengatasi anak yang kurang percaya pada dirinya sendiri, adalah sebagai berikut.

    – guru bertanya kepada anak, jika anak terlihat ragu atau bingung sama tugas yang diberikan.
    – guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang anak sukai meskipun tidak sesuai dengan tema yang dilakukan pada saat itu
    – guru harus memotivasi anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menjelaskan apa yang ia gambar, yang ia sukai dan yang ia gambar.
    – Guru harus mengekplorasi potensi anak dengan berperan sebagai pembimbing, motivator dan juga Inspirator bagi anak.
    – mungkin di poin terakhir juga bisa ditambahin dengan guru harus memberikan apresiasi kepada anak.

    Dari video itu, kita sama-sama tau kalau guru itu berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus bisa menjadi pembimbing, motivator, fasilitator, inspirator untuk apapun kegiatan yang dilakukan oleh anak. Terdapat beberapa cara dan penjelasan, benar benar membantu saya.

  7. Nama : Adhinda Pringgandani
    NIM : 877600198

    Dari Video diatas yang berjudul ” Anak Tidak percaya Diri” yang membahas tentang anak tidak percaya diri terhadap hasil belajar yang dikerjakannya. Saya mendapatkan ilmu tentang permasalahan kepercayaan diri anak usia dini. Masalah kepercayaan diri pada anak usia dini memang kerap muncul. Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif karena itu kondisi ini perlu untuk diperbaiki karena anak usia dini merupakan periode penting untuk penanaman rasa kepercayaan diri.

    Dalam video tersebut seorang guru sedang melaksanakan kegiatan menggambar. Dan dari video tersebut saya mendapatkan contoh teknik yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas pada anak

    1. Yang pertama adalah menanyakan kepada anak jika anak masih ragu atas tugas yang diberikan
    2. Kedua memberikan saran kepada anak dalam mengerjakan tugas.
    3. Ketiga memotivasi bahwa anak pasti bisa menyelesaikan tugas yang diberikan dan juga mendorong kreativitas anak dengan cara meminta anak melakukan sesuatu yang paling disukai yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan.
    4. Adalah dengan cara mencoba mengeksplorasi hal yang lain terkait dengan kegiatan yang dilakukan.

  8. Nama : wulan ambar witari
    Nim    : 857755486

    Sebagai guru yang mengalami kasus di mana seorang anak tidak percaya diri,sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang sensitif dan mendukung anak agar lebih berani.
    Sebagai penanganan pertama Perlunya pendekatan yang ramah, dimana Guru perlu bersikap lembut dan membangun kepercayaan dengan anak.
    Memberikan pengertian dengan kesabaran, itu akan sangat membantu mereka merasa lebih nyaman untuk berbicara tentang perasaan mereka.
    Berikan nak kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka melalui berbagai kegiatan karya seni seperti menggambar, bermain peran, atau menulis cerita. Ini dapat membantu mereka merasa lebih percaya diri dan mengembangkan keterampilan komunikasi

  9. Nama : Minda Febianti
    NIM : 857535089

    Dengan adanya video pembelajaran ini memberikan banyak sekali manfaatnya. Saya jadi banyak belajar bahwa menjadi seorang guru itu juga harus banyak bersabar dan harus selalu berusaha memotivasi anak anak agar anak bersemangat mengikuti pembelajaran yang berlangsung, harus bisa membantu mengembangkan perkembangan sosial emosional anak. Salah satu nya yang sering terjadi, anak tidak percaya diri oleh hasil karyanya sebagai seorang guru yang harus kita lakukan bagaimana cara agar anak bisa percaya diri dengan hasil karyanya. sebagai seorang guru juga harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta bermakna agar anak merasa nyaman dan mampu menunjukan kreatifitasnya dengan semangat.
    Terimakasih.

  10. NAMA : RISKA ARIANI
    NIM : 858304402

    Judul : Anak Tidak Percaya Diri
    Seri : Pengembangan Sosial Emosiaonal PAUD

    Dalam Video tersebut sangat membantu saya sebagai seorang guru bagaimana upaya atau mengatasi anak yang tidak percaya diri.
    Adapun upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatif pada anak seperti :
    a. Guru menayakan kepada anak jika anak merasa ragu pada tugas yang diberikan
    b. Guru memberikan saran seperti gambar apa yang ia sukai meskipun tidak sesuai dengan tema
    c. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar yang ia sukai.
    d. Guru mencoba dan mengeksplorasi potensi anak
    e. Melakukan pendekatan dan memberikan motivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
    f. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menerangkan gambar atau coretan apa saja yang ia buat.
    g. Guru Menuliskan judul pada hasil karya anak
    h. Guru juga memberikan kebebasan dalam menggmabar dan saat bedara di luar kelas.
    Masukan dan saran :
    Dalam vido tersebut sangat sudah bagus upaya yang dilaukan seorang guru dalam mengatasi atau menstimulasi anak yang tidak percaya diri.
    Namun lebih baiknya setiap hasil karya anak diberi Reward karena jika anak mendapatkan reward maka kepercayaan dirinya akan meningkat dengan apa yang sudah ia capai. contoh, dengan memberi cap ditangan atau gambar dan lain-lainnya.

Leave a Reply