silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Setelah menyaksikan video di atas saya bisa menerapkan metode-metode tersebut di dalam kelas sehingga anak-anak bisa lebih percaya diri dan kreatif dalam pembelajaran

  2. Pada Anak Usia Dini, masalah kepercayaan diri kerap muncul. anak yang tidaka percaya diri cenderung tidak kreatif. kondisi ini tentunya perlu di perbaiaki mengingat anak usia dini adalah periode penting untuk menanamkan rasa kepercayaan diri. Dengan demikian, untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini, seorang pendidik harus melakukan berbagai tehnik taitu:
    1. teknik tanya jawab
    2. teknik memberi saran
    3. teknik memotivasi kreativitas anak
    4. teknik mengeksplorasi potensi anak.

  3. Pada anak usia dini, masalah kepercayaan diri kerap muncul. Anak yang tidak percaya diri cenderumh tidak kreatif. Kondisi ini tentunya perlu diperbaiki, mengingat anak usia dini adalah periode penting untuk menanamkan rasa kepercayaan diri pada anak usia dini.
    Dengan demikian, untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini tersebut, seorang pendidik harus melakukan beberapa teknik antara lain:
    1. Teknik Guru menanyakan
    2. Teknik memberi saran
    3. Teknik motivasi kreativitas anak
    4. Teknik mengeksplorasi potensi anak.

  4. Nama: Maria Emilia Indah P
    NIM: 857531533
    Video tersebut berisi teknik untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak seperti guru memotivasi kreativitas anak. Video tersebut sangat bermanfaat dan memberi pengetahuan pada guru yang masih belajar tentang bagaimana cara untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak

  5. Guru telah menggunakan beberapa teknik yang baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas pada anak dalam video yang berjudul ” Anak Tidak Percaya Diri “. Karena pada dasarnya belajar yang diawali dengan paksaan akan membuat anak menjadi tidak nyaman dan jengkel. Maka dari itu, guru perlu menanyakan kegiatan apa yang diinginkan oleh anak untuk memotivasi agar anak dapat menunjukkan rasa percaya diri dan kreativitasnya. Guru juga tidak boleh membandingkan hasil karya anak dengan hasil karya teman-temannya. Untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap hasil karyanya, guru juga dapat mengajak anak agar mau menceritakan maksud dari hasil karyanya yang kemudian memberikan penghargaan berupa kalimat pujian agar anak merasa senang dan puas.

  6. Nama : Siti Nurjanah
    Nim : 858533547
    Sosial emosional I
    Judul : Menumbuhkan rasa percaya diri anak

    Dari video tersebut apa yang dilakukan sangatlah bagus dengan cara menumbuhkan kepercayaan diri anak dapat membantu anak menghadapi konflik dengan sehat, memecahkan masalah secara efektif, membentuk disiplin diri, membangun kontrol impuls dan manajemen emosi, merasakan empati, serta banyak lagi.
    Untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak dapat dilakukan dengan banyak kegiatan salah satunya seperti mencorat-coret dikertas, bermain boneka, mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain, membacakan buku cerita/dongeng kepada anak, menjadi contoh yang baik untuk anak, kenalkan anak pada pengalaman baru yang tentu tetap didampingi hingga anak merasa cukup siap.

  7. Program ini menyoroti pentingnya pendekatan yang sensitif dan berempati dari seorang guru terhadap anak-anak yang sedang mengalami ketidakpercayaan diri dalam proses belajar. Guru tersebut tidak hanya memberikan motivasi secara umum, tetapi juga secara aktif terlibat dalam mengeksplorasi sumber ketidakpercayaan diri anak dan mencari solusi yang sesuai. Dengan mempertimbangkan minat dan keinginan anak, guru mencoba untuk membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan relevan bagi mereka. Melalui interaksi yang hangat dan penuh perhatian, guru membantu anak untuk merasa didengar, dipahami, dan didukung dalam mengatasi rasa ketidakpercayaan diri mereka. Pendekatan ini tidak hanya membantu meningkatkan kepercayaan diri anak dalam hal akademis, tetapi juga membangun hubungan yang positif antara guru dan siswa, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memperkaya pengalaman belajar anak-anak.

  8. NIM : 857994274
    Sangat penting pada pendidikan anak usia dini untuk membentuk karakter anak dengan tingkat paling penting adalah percaya diri. dengan rasa percaya diri, akan akan mau melakukan apapun dan selalu ingin mencoba. maka dari itu guru – guru diharapkan untuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak.

  9. Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk mengatasi anak yang tidak percaya diri yaitu dengan memotivasi kreatifitas anak untuk menggambar sesuatu yang sangat disukai anak,guru berusaha mengeksplore potensi anak dengan mengajak anak menggambar bebas di luar kelas supaya anak tidak bosan di dalam kelas.

  10. Nama : Mega yanti
    Nim : 856103221

    Menurut saya in8 sangat bermanfaat bagi seorang guru, cara menghadapi anak yang tidak percaya menjadi anak yang percaya diri. Contohnya dengan mengajari anak menggambar tentang apa yang anak suka, mengeksplorasi dan memotivasi anak sehingga kepercayaan diri muncul.

Leave a Reply