silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
NAMA : SRI WAHYUNI
NIM : 855895236
Guru harus dekat dengan anak, penuh perhatian, selalu memberikan dorongan dan murah senyum percaya akan kemampuan mereka dan menghargai keunikan anak. anak-anak ini secara alamiah mengembangkan kepercayaan diri untuk berani melakukan sesuatu yang orisinal
Melalui video diatas saya dapat melihat cara dan juga penanganan bagi anak yang merasa belum percaya diri dengan hasil karya yang dimiliki. Rekan guru juga dapat mempelajari dan menerapkannya, agar kita sama-sama semakin maju dan berkembang dalam mendidik anak. Dengan tetap sabar dan tekun memotivasi anak agar berani dan menunjukan kreativitasnya.
Jovita Abigael
858463512
Nama : Demrita Siregar
NIM : 878359281
Prodi : S1 PGPAUD
lewat video ini saya mendapat masukan bagaimana membangun rasa percaya diri pada anak dengan banyak metode.
NAMA : Ima Melati
NIM : 858318568
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, mestipun tidak sesuai dengan tema saat itu, dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. sehingga menyenangkan bagi anak. Video ini yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya, terima kasih sudah berbagi ilmu.
Nama : Hidayatun Nahariyah
Nim : 858538009
Judul : Anak Tidak Percaya Diri
Video tersebut menurut saya sangat bagus dalam memberikan cara untuk menumbuhkan percaya diri anak step by step.saya ingin menambahkan sedikit tentang kegiatan-kegiatan belajar dan bermain selain menggambar,yang dapat dilakukan untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah antara lain:
1.Mengajak anak bermain peran
2.Bernyanyi di depan kelas
3.Bermain ular tangga
Nama: Lika Ibna Mahilsa
NIM: 855831946
Video tersebut menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang menunjukkan pendekatan yang sangat positif dan mendukung dalam menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Berikut adalah beberapa tanggapan terkait sinopsis tersebut:
1) Pendekatan Personal: Guru tampak berusaha mendekati anak secara personal, yang merupakan langkah penting dalam membangun kepercayaan diri anak. Dengan melakukan pendekatan individual, guru dapat memahami perasaan dan kebutuhan anak secara lebih mendalam.
2) Penguatan Positif: Guru memberikan penguatan melalui motivasi dan dukungan. Penguatan positif ini sangat efektif dalam membangun kepercayaan diri anak. Dengan memotivasi anak dan memberikan umpan balik positif, guru membantu anak merasa dihargai dan didukung.
3) Interaksi Aktif: Menanyakan kepada anak apakah mereka masih ragu atau tidak mengerti tugasnya menunjukkan bahwa guru aktif berinteraksi dengan anak. Ini membantu anak merasa didengar dan diperhatikan, serta memberikan kesempatan bagi anak untuk mengungkapkan kebutuhannya.
4) Pengembangan Kreativitas: Dengan meminta anak untuk memilih aktivitas lain yang dapat dilakukan, guru mendorong anak untuk mengeksplorasi kreativitasnya. Ini juga memberikan anak rasa kontrol atas pembelajaran mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan minat mereka.
5) Fleksibilitas dalam Pembelajaran: Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal menunjukkan bahwa guru fleksibel dalam pendekatan pembelajarannya. Fleksibilitas ini penting untuk menjaga minat anak dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
6) Eksplorasi Tema: Mendorong anak untuk mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan menunjukkan bahwa guru mendorong anak untuk berpikir kreatif dan kritis. Ini membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan memperluas pemahaman mereka tentang tema tersebut.
Secara keseluruhan, pendekatan yang digambarkan dalam sinopsis ini menunjukkan praktek pengajaran yang baik, di mana guru mendukung perkembangan emosional dan kreativitas anak, sambil tetap memberikan bimbingan dan motivasi yang diperlukan. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak mengatasi rasa tidak percaya dirinya, tetapi juga mendorong perkembangan holistik yang mencakup aspek kognitif, sosial, dan emosional.
Nama : Riama Juni Wanti Rajagukguk
Nim : 856487111
Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
Menurut saya video ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk guru karena guru dapat lebih belajar tentang cara mengatasi anak yang tidak percaya diri ketika di sekolah. Terlebih kurang nya percaya diri anak terhadap hasil belajarnya. Dalam hal ini guru harus lebih bisa memotivasi anak dalam setiap kegiatan yang dilakukannya agar anak lebih percaya diri nantinya ketika belajar bersama teman-temannya.
Nama : Herlina Gambe
Nim : 858298885
Tayangan Vidio ini sangat cocok untuk saya sebagai pendidik Paud bagaimana saya mengupayakan untuk membagun rasa percaya diri pada anak, saat sedang berada di antara teman-teman yang lain.
Nama : Mufida gani
Nim :858587058
Judul video : anak tidak percaya diri
Menurut saya tayangan video ini sangat besar manfaatnya terutama bagi guru dalam menghadapi anak yg kurang percaya diri, pada video tersebut saya juga sebagai guru banyak belajar cara memotivasi anak untuk lebih kreatif dan dan percaya diri terhadap hasil karyanya .
Terlihat di video ini guru sudah baik dalam mengajar dan membimbing anak, selalu ada di dekat anak ,memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai apa saja yang mereka suka walaupun tidak sesuai dengan tema yang di berikan.
Nama : Mufida gani
Nim :858587058
Judul video : anak tidak percaya diri
Menurut saya tayangan video ini sangat besar manfaatnya terutama bagi guru dalam menghadapi anak yg kurang percaya diri, pada video tersebut saya juga sebagai guru banyak belajar cara memotivasi anak untuk lebih kreatif dan dan percaya diri terhadap hasil karyanya . Terlihat di video ini guru sudah baik dalam mengajar dan membimbing anak, selalu ada di dekat anak ,memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai apa saja yang mereka suka walaupun tidak sesuai dengan