silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
Nama : Lilik Nur Kholidah
NIM : 857988407
Setelah menyaksikan video tersebut, ada beberapa tips yang dapat digunakan guru untuk menanamkan rasa percaya diri pada anak, adalah sebagai berikut :
1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu pada tugas yg diberikan
2. Guru memberikan saran kepada anak untuk menggambar apa yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
3. Guru memotivasi atas kreativitas gambaran siswa tentang hal yang disukai anak
4. Guru mencoba megeksplorasi terkait tema yang ditugaskan kepada anak
Ketika hari pertama masuk sekolah biasanya anak belum bisa mengikuti intruksi dan belum bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tugas guru disini memberikan motivasi dan memberikan pujian kepada anak ketika anak sudah mau mengerjakan walaupun hasilnya masih belum sesuai. Hal tersebut dapat membangkitkan rasa percaya diri pada anak sehingga anak memiliki rasa percaya diri dan optimis dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru.
Sekian, terimakasih.
lakukan pendekatan dengan memotivasi
Iin sumarlin
859172367
Setelah menyimak video d atas, saya menjadi lebih paham bagaimana menghadapi permasalahan jika anak kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas yang di berikan guru, seperti yang d alami oleh seorang anak d kelas saya yang selalu takut salah dalam mengerjakan tugasnya, anak tersebut takut melakukan kesalahan karena anak tersebut biasa d marah oleh orang tuanya ketika melakukan kesalahan, jadi anak tersebut menjadi kurang percaya diri setiap melakukan tugas yang di berikan oleh guru.
setelah menyimak video di atas, ada beberapa cara yang dapat digunakan guru untuk menanamkan rasa percaya diri pada anak, adalah sebagai berikut :
1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu pada tugas yg diberikan
2. Guru memberikan saran kepada anak untuk menggambar apa yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
3. Guru memotivasi kreativitas anak
4. Guru mencoba megeksplorasi terkait tema yang ditugaskan kepada anak
sebagai pendidik kita harus melakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi mereka, dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan apa yang telah anak gambar kemudian memberikan pujian untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka.
Nama : Carsiti
Nim :859668816
Judul.: Anak tidak percaya diri
Setelah menyimak vidio
1. Guru dapat menanyakan kepada anak terhadap tugas yang diberikan
2. Guru memberikan saran terhadap sesuatu meskipun tidak sama pada tema pada saat itu
3. Guru memberikan motivasi terhadap anak
4. Guru mencoba mengeskpor tugas menggambar anak
5. Guru melakukan pendekatan kepada anak yang bermasalah pada saat menggambar.
Janti Kurniasih
NIM 857197695
Untuk menangani anak yang kurang percaya diri kita sebagai guru memang harus melakukan mendekatan dan dapat memotivasi anak dalam mengerjakan tugas nya dengan baik. karena memang ada anak yang kurang percaya diri dalam mengerjakan tugasnya dan anak selalu bertanya kepada guru.
Melalui Video tersebut mengenai cara mengatasi anak yang kurang percaya, menurut saya secara pribadi bahwa video tersebut sudah sangat baik. Sebagai guru sangat terbantukan.Hanya saja sedikit yang perlu saya komentari bahwa selain mengatasi rasa kurang percaya diri, sebagai guru juga perlu mengingatkan kepada anak didik cara memegang crayon /alat tulis yang benar pada anak didik, tidak lupa juga kita memberikan pendampingan dan aktif terlebih dahulu agar anak menjadi lebih percaya diri dan merasa nyaman dengan gurunya.
Demikian dari saya sekian dan terima kasih.
Video ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pentingnya membangun keterampilan sosial emosional pada anak-anak usia dini. Salah satu poin yang saya anggap sangat penting adalah bagaimana guru dan orang tua dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan emosional anak. Teknik-teknik seperti mendengarkan aktif dan memberikan umpan balik positif sangat bermanfaat dalam membantu anak-anak merasa dihargai dan dipahami.
Nama : Rani
NIM : 858412831
Judul : Anak tidak percaya diri
Video ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pentingnya membangun keterampilan sosial emosional pada anak-anak usia dini. Salah satu poin yang saya anggap sangat penting adalah bagaimana guru dan orang tua dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan emosional anak. Teknik-teknik seperti mendengarkan aktif dan memberikan umpan balik positif sangat bermanfaat dalam membantu anak-anak merasa dihargai dan dipahami.
NAMA: ANNISAA NUR AL FALAHANI
NIM: 857844923
Pada video ini menampilkan kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas yang sudah terlihat jelas. strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebainya lebih bervariasi. Dan diakhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri. Sangat bagus.
Nama Eny Maryati
NIM : 858464847
Setelah menyimak vidio tersebut pada kasus anak usia dini yang tidak percaya diri akan hasil menggambarnya,ada beberapa teknik yang bisa dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan kreativitas anak misalnya :
1. Guru menanyakan kepada anak jika masih ragu akan tugas yang di berikan.
2. Guru dapat memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak
3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak menggambar sesuatu yang disukai anak.
4. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa di buat terkait dengan tema menggambar yg di tugaskan kpd anak
5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi nahwa anak pasti bisa menggambar sendiri.
terima kasih sudah memberikan contoh2 baik untuk kami sebagi pendidik.semoga sukses selalu.