silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Ni Ketut Titania Ambalika
    NIM : 859019376
    Vidio Pertama Pengembangan Bahasa( anak sulit mengemukakan pendapat )
    1. reksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, anak
    Masih sibuk dengan kegiatan nya Ketika guru menanyakan sesuatu, respon
    anak juga masih kurang.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran, guru
    masih memberikan wajah datar terhadap anak didik, dan setelah
    menenyakan guru tidak melanjutkan atau tidak menanggapi Kembali apa
    yang di lakukan murid
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran, yaitu
    guru mampu berkomunikasi dengan semua murid, guru juga
    memperlihatkan hasilkarya anak didiknya kepada teman yang lain
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut dari gurusaat
    melaksanakan pembelajaran, keunikan guru dalam menanyakan kesukaan
    muridnya , kemampun
    5. upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kwalitaskegiatan
    pembelajaran berikutnya, dengan guru atau pendidik tidak meninggalkan
    murid begitu saya , mengajak bicara murid sesuai dengan kondisi kelas .

  2. Nama : Endang Saputri
    Nim : 855729303
    Sikap guru dalam video tersebut sudah benar, untuk menumbuhkan sikap percaya diri pada anak memang harus melalui pendekatan agar anak merasa nyaman pada lingkungan sekolah dan teman-temannya, apa lagi pada saat awal masuk sekolah, anak perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan bertemu dengan teman-teman yang memiliki berbagai karakter. Tindakan tersebut sudah cukup bagus dengan cara pendekatan, memotivasi, dan mengapresiasi hasil belajar anak dengan memberikan pujian bahwa hasil miliknya sudah bagus dan memberi saran yang memotivasi agar anak lebih percaya diri dan bersemangat.

  3. Nama:Emvi Sumarni
    Nim:856821615
    Pokjar:kaur
    Assalamualaikum wr.wb
    Pada vidio diatas saya dapat memahami bahwa pada vidio itu , terlihat anak yang tidak percaya diri akan kemampuannya dalam menggambar karena terlihat dari cara anak yang tidak bisa menggambar apa yang disuruh ibu gurunya.maka dari itu guru harus mendampingi atau memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar tersebut.ibu guru juga harus selalu memberikan semangat dan mendampingi anak tersebut supaya kepercayaan diri pada anak akan tumbuh.guru juga dapat membebaskan anak untuk menggambar diluar kelas supaya daya imajinasinya akan lebih berkembang dan ide-ide kreatif nya akan muncul karena sejatinya anak akan terus berkembang melalui stimulasi yang tepat oleh orang tua dan gurunya.
    mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Guru melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak
    Stimulasi yang dilakukan dengan tepat akan berpengaruh pada hasil yang lebih baik sehingga kepercayaan diri anak akan terus meningkat dan berkembang.
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum

  4. ##Anak tidak percaya diri

    Anak yang tidak percaya diri bisa mengalami berbagai masalah dalam aspek akademis, sosial dan emosional.
    Adapun penyebab rasa tidak percaya diri yaitu, kesehatan mental, keterampilan sosial, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, perbandingan sosial dan media teknologi.
    Adapun strategi untuk meningkatkan percaya diri pada anak yaitu pujian dan pengakuan, mendengarkan dan empati, lingkungan keluarga yang mendukung, sekolah yang ramah anak.

  5. Anak tidak percaya diri

    Anak yang tidak percaya diri bisa mengalami berbagai masalah dalam aspek akademis, sosial dan emosional.
    Adapun penyebab rasa tidak percaya diri yaitu, kesehatan mental, keterampilan sosial, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, perbandingan sosial dan media teknologi.
    Adapun strategi untuk meningkatkan percaya diri pada anak yaitu pujian dan pengakuan, mendengarkan dan empati, lingkungan keluarga yang mendukung, sekolah yang ramah anak.

  6. Menurut saya, video tersebut di atas merupakan video yang dapat memberikan informasi, pengalaman dan memeberikan wawasan kepada saya pada saat kegiatan
    pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru agar dapat menstimulasi anak untuk meningkatkan kepercayaan diri anak sudah tepat.
    kegiatan pembelajaran seperti ini harus di contoh dan diterapkan pada kelas tempat seorang guru mengajar untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.
    kegiatan ini juga harus dilakukan secara konsisten agar peningkatan perkembangan yang ingin di capai dapat di peroleh secara optimal

  7. Nama : Desti kusmawati
    Nim: 856820881
    Dari vidio di atas yg dapat saya simpulkan bahwa untuk mengatasi ank tidak percaya diri yaitu dg cara pendekatan kpd anak ..memberikan saran kepada anak apa yg akan anak buat seperti menggambar danberikan motivasi kpda anak agar anak semangat dlm bljr .anak jyga di berikan kebebasan mengekplorisasi apa yg ank inginkan dan ingin dia kembangkan contoh dia ingin menggambr rumah maka kita biarkan anak trsb ..dan jng lupa kita sebagai guru membereikan reword setiap tugas yg anak kerjakn bisa berupa ucapan ataupun tanda bintang🙏🏼🙏🏼

  8. Dari vidio ini terlihat guru tidak hanya melihat anak sebagai bagian dari kelompok, tetapi juga memperhatikan kebutuhan dan karakteristik individu anak. dimana dengan memberikan pujian dan motivasi, guru membantu membangun kepercayaan diri anak.

  9. Nama: Riska Putri Solihawati
    NIM : 857491185

    Dari video yang sudah saya tonton tentang anak tidak percaya diri stimulasi atau bantuan dari guru sudah baik yaitu bertanya tentang perasaan anak, memberikan saran dan motivasi kreativitas, serta mengeksplorasi potensi anak dan saya ingin menambahkan apabila ada anak yang seperti di video saat di kelas anak tidak percaya diri kita berikan juga motivasi melalui teman-temanna mengajak semua teman-teman yang ada di kelas untuk memotivasi atau menyemangati ketika ada anak yang tidak percaya diri selain mengajarkan kepedulian pada anak-anak proses menyemangati oleh anak-anak juga akan lebih terasa bagi anak tersebut karena seperti itu dari pengalaman yang saya alami di kelas, anak jadi lebih semangat dan senang bergaul dengan teman-temannya dibandingkan sebelum teman-temannya menyemangati juga, serta catatkan anekdot dan asessmen untuk anak tersebut untuk melihat perkembangan berikutnya.
    Demikian tanggapan saya
    Terima kasih

  10. Nama : Riska PutrI Solihawati
    NIM : 857491185
    Dari video yang saya tonton tentang anak tidak percaya diri stimulasi atau dorongan yang diberikan oleh guru baik yaitu guru bertanya tentang perasaan anak, memberikan saran dan memotivasi kreatifitas anak serta mengeksplorasi potensi anak, saya ingin menambahkan dengan pengalaman saya saat dikelas ada anak yang tidak percaya diri saya mengajak teman-teman di kelas untuk menyemangati anak tersebut dan hasilnya anak tersebut menjadi lebih percaya diri dan lebih ceria, serta lebih bahagia saat bermain dengan teman-temannya karena dari sikap ini anak diajak untuk peduli dengan teman di sekitarnya ketika ada yang tidak percaya diri dan saling membantu satu sama lain
    Demikian
    Terima kasih

Leave a Reply