silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Famela Nuansa Fitri
    Nim : 857717913

    Dari video diatas mengenai anak yang tidak percaya diri atas hasil karya sangatlah menarik bagi saya. Dimana ketika anak tidak percaya diri, guru tersebut memberikan saran agar menggambar sesuai dengan keinginannya walau keinginannya diluar tema hari itu. Karena sejatinya memaksakan kehendak anak juga akan mematahkan rasa percaya diri anak karena anak merasa kesulitan namun tetap dipaksa untuk menggambar sesuai tema.
    Seperti di video, kejadian seperti ini pasti sering terjadi, sehingga saya juga memotivasi anak seperti yang dilakukan guru yang ada divideo tersebut. Hari ini juga ada anak didik saya yang kesulitan untuk menggambar binatang yang bisa terbang, sehingga saya menyarankan untuk menggambar yang mudah saja. Ternyata anak tersebut tetap mau binatang tetapi dicontohkan terlebih dahulu oleh saya, ternyata anak tersebut bisa walaupun terakhirnya ditambahi gambar pocong tetapi saya tetap menghargai hasil karya anak tersebut.

  2. Nama : Erlia rista dewi
    Nim : 858557618
    Dalam vidio tersebut di jelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk dapat membantu anak didik untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka, seperti
    – menanyakan kembali tentang tugas yang telah diberikan untuk memastikan anak telah memahami intruksi yang diberikan.
    – memberi saran kepada anak yang nampak kebinggungan dengan projek yang mereka kerjakan
    – memotivasi kreativitas anak dengan menyakinkan bahwa anak mampu
    – eksplorasi potensi anak ajak anak mengerjakan hal lain yang anak sukai
    – pendekatan pada anak karena setiap anak berbeda dalam cara mereka belajar, guru haruslah memahami karakter anak didiknya terlebih dahulu agar anak merasa nyaman dan aman saat bersama gurunya sehingga anak dapat meningkatkan rasa percaya dirinya untuk menunjukkan kreasinya tanpa ada rasa takut terintimidasi dari manapun

  3. NAMA : RARAS ZALSABILA
    NIM : 859417532
    Dari video di atas, disebutkan beberapa macam cara agar pendidik dapat membantu anak dalam mengembangkan bahasa serta rasa percaya diri pada anak :
    1. Dengan mengajukan pertanyaan terbuka.
    Guru bisa mengajak anak berdialog tentang gambar mereka, misalnya dengan bertanya “Apa yang kamu gambar?” atau “Ceritakan tentang gambar ini”. Ini dapat merangsang kemampuan berbahasa anak dan membantu mereka merumuskan pikiran mereka ke dalam kata-kata.
    2. Guru memberikan kebebasan berekspresi.
    Memberi saran menggambar apa yang mereka sukai tanpa batasan yang ketat. Ini memberi anak ruang untuk mengekspresikan ide dan perasaannya dengan bebas, yang bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka.
    3. Mencontohkan penggunaan bahasa yang kaya.
    Saat guru berbicara tentang gambar, gunakan kosa kata yang bervariasi. Misalnya, saat berbicara tentang pemandangan di gambar, guru bisa memperkenalkan kata sifat atau kata kerja baru yang sesuai dengan konteks gambar tersebut.
    4. Memberi kesempatan berkolaborasi.
    Mengajak anak bekerja sama dalam kelompok kecil untuk menggambar atau berbagi cerita tentang gambar mereka. Hal ini dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan percaya diri dalam berinteraksi dengan teman-temannya.
    Dengan pendekatan-pendekatan ini, guru dapat membantu anak-anak tidak hanya dalam mengembangkan bahasa tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam mengekspresikan diri.

  4. Dari video mengenai anak tidak percaya diri, akan memberikan wawasan yg sangat berharga tentang pentingnya membangun kepercayaan diri PD anak usia dini, berbagai faktor yg dapat mempengaruhi rasa percaya diri anak , seperti lingkungan keluarga, interaksi dengan teman sebaya, dan metode pengajaran yg digunakan di sekolah penting bagi org tua dan pendidik utk memahamibahwa setiap anak memiliki potensi unik yg perlu dikembangkan dengan pendekatan yg positif melalui kegiatan bermain yg mendidik dnemberikan pujian dan kesempatan PD anak untuk mencoba hal hal baru, dn kita dapat membantu mereka membangun rasa percaya diri yg kuat dlm menciptakan lingkungan yg mendukung perkembangan kepercayaan diri anak.

  5. Nama : Dwika Puspa Pertiwi
    Nim : 859415729
    Topik : Anak Tidak Percaya Diri

    Dalam video tersebut seorang guru taman kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Video ini sangat menarik guru menerapkan beberapa teknik untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak. Contohnya guru bertanya tentang perasaan anak dan anak mengeluarkan perasaannya mengenai kesulitannya, guru juga memberi saran tentang apa yang anak sukai, selain itu guru juga memotivasi kreativitas anak dengan cara menggambar sesuatu yang paling anak sukai. Guru juga melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri.

    Dengan menonton video ini kami juga ikut termotivasi dengan cara menangani anak yang tidak percaya diri di sekolah.

  6. Nama: Eva Budiarti
    NIM : 857441442
    dari Vidio diatas tampak upaya-upaya guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan menggambar diantaranya:
    1. Memotivasi kreativitas anak
    2. Guru mengeksplorasi potensi anak
    3. Melakukan pendekatan pada anak bahwa anak bisa melakukan menggambar sendiri
    4. Mengajak anak-anak menggambar bebas di luar kelas agar tidak bosan
    5. Memajang hasil karya anak
    hal ini dapat menjadi acuan untuk para guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak, namun dapat ditambahkan juga dengan Kegiatan dimana anak menceritakan gambar yang dia buat di depan teman-temannya agar aspek sosial emosional dan bahasanya lebih berkembang lagi.

  7. Nama : Agni Nurmalasari
    NIM : 857491938

    Pada anak usia dini, masalah kepercayaan diri kerap muncul, anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. Kondisi ini perlu diperbaiki, mengingat anak usia dini adalah periode penting untuk penanaman rasa kepercayaan diri atau self-esteem.
    Berdasarkan tayangan video yang berjudul “anak tidak percaya diri”, Dra. Siti Aisyah, M.Pd. membagikan beberapa teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak, diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan sebagai berikut:
    1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Guru memberikan saran untuk menggambarkan sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    3. Guru momotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak.
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan pada anak.
    5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri. Pada anak yang bermasalah, guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak. Pada beberapa kasus, terutama pada anak yang baru masuk sekolah, anak belum dapat menggambar dengan baik karena motorik halus belum berkembang dengan sempurna, maka gambar anak hanya berupa corat-coret atau berupa garis dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk menerangkan hasil coretan yang telah dibuatnya dan menuliskan judul karya anak tersebut di kertas gambarnya, karena anak belum bisa menulis sendiri.
    6. Jika diperlukan ajak anak-anak untuk menggambar bebas di luar kelas atau menggambar di sekitar sekolah dan biarkan anak menggambar apa pun yang mereka sukai. Hal ini sangat baik untuk mengembangkan daya kreativitas anak dan menghindarkan dari kebosanan.

  8. Nama : Dwika Puspa Pertiwi

    Nim : 859415729

    Topik : Anak Tidak Percaya Diri

    Dalam video tersebut seorang guru taman kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Video ini sangat menarik guru menerapkan beberapa teknik untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak. Contohnya guru bertanya tentang perasaan anak dan anak mengeluarkan perasaannya mengenai kesulitannya, guru juga memberi saran tentang apa yang anak sukai, selain itu guru juga memotivasi kreativitas anak dengan cara menggambar sesuatu yang paling anak sukai. Guru juga melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri.

    Dengan menonton video ini kami juga ikut termotivasi dengan cara menangani anak yang tidak percaya diri di sekolah.

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Rahmiwati
    Nim : 859401713
    Pokjar: Pangkep

    Izin menanggapi
    Masalah kepercayaan diri hampir semua terjadi pada anak usia dini , terutama saat awal semester , dimana anak akan masuk dalam lingkungan serta suasana baru . Disinilah peran seorang guru atau pendidik bagaimana dalam mengelola dan mengatur proses opembelajaran yang menyenangkan yang dapat merangsang dan menstimulasi anak agar dapat berbaur dengan lingkungan barunya .
    Dalam vidio sudah dijelaskan serta dipaparkan jenis kegiatan yang dapat kita gunakan atau terapkan yang dapat memicu meningkatnya rasa percaya diri pada anak.
    Terimakasih

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Rahmiwati
    Nim : 859401713
    Pokjar : Pangkep
    Izin menanggapi
    Masalah kepercayaan diri hampir semua terjadi pada anak usia dini, terutama saat awal semester, dimana anak akan masuk dalam lingkungan serta suasana baru. Di sinilah peran seorang guru atau pendidik bagaimana dalam mengelola dan mengatur proses pembelajaran yang menyenangkan yang dapat merangsang dan menstimulasi anak agar dapat berbaur dengan lingkungan barunya . Dalam video tersebut sudah dijelaskan serta dipaparkan jenis kegiatan yang dapat kita gunakan atau terapkan yang dapat memicu meningkatnya rasa percaya diri pada anak.
    Terima kasih

Leave a Reply