silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Anak tidak percaya diri atas hasil belajar yang di kerjaannya.
    Pada anak usia dini masalah kepercayaan diri kerap muncul, anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif.
    Terdapat beberapa tekhnik untuk anak yang tidak percaya diri :
    1.guru menanyakan kepada anak apa yang di sukainya
    2.guru memberikan saran kepada anak walaupun tidak sesuai dengan tema
    3. Guru me motivasi kreativitas pada anak dengan cara meminta anak menggambar sesuatu yang dia sukai
    4.guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa di buat terkait menggambar yang disenangi anak.
    Lakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa menggambar, bisa juga anak menggambar di luar kelas, biarkan anak menggambar apapun yang anak sukai.

  2. Nama :Nur Lindayani
    Nim : 859427557

    Dalam video pembelajaran di atas sangat bermanfaat bagi saya karena dapat memotivasi saya ketika ada anak yang kurang percaya diri.
    Pada video tersebut terlihat guru dengan sabar membimbing anak yang belum bisa menggambarkan dan membebaskan anak untuk menggambar apa saja yang paling di sukainya walaupun tidak sesuai dengan tema yang dilakukan pada hari itu. Ketika ada anak yang belum terlalu percaya diri, guru memberikan pendekatan dengan cara memotivasi bahwa anak juga bisa menggambar sendiri dan meminta anak untuk menggambar yang paling disukai dan bisa dilakukan.

  3. Nama : Abiyyah Alwi Assegaf
    Nim : 859289818

    Menurut saya dari video di atas reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru yaitu anak seperti ragu-ragu, tetapi mau mencoba.
    Kelebihan guru dalam pembelajaran yaitu guru sangat sabar dalam membimbing anak yang tidak percaya diri tersebut, guru yang baik dapat memberikan motivasi untuk anak agar mau menggambar, pendekatannya dengan anak sangat baik dan guru yang dapat menciptakan lingkungan yang baik agar anak tidak jenuh.
    Kelemahan guru dalam pembelajaran mungkin guru tersebut tidak menanamkan kepada anak bahwa setiap anak itu istimewa, tidak mengajak anak untuk menilai diri sendiri dan teman temannya sebagai refleksi. Hal unik yang saya temui dari video pembelajaran di atas yaitu anak yang tidak mudah menyerah dan mau di bimbing guru.
    Upaya yang dapat saya berikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu mungkin sering memberikan apresiasi, beri anak kesempatan untuk memberikan pendapat, dukung minat dan bakat anak, ajarkan cara memecahkan masalah dan mengatasi tantangan dengan cara positif.

  4. Nama : TEKUN TRIANITA MENDROFA
    Nim : 855988164

    Pada anak usia dini, sering sekali kita temui masih banyak anak usia dini yang rasa percaya dirinya masih kurang tertanam dalam diri anak. rasa percaya diri merupakan hal penting yang harus ditanamkan sejak kecil. sebab, hal ini perperan cukup penting bagi masa depan dan tumbuh kembang si anak.
    Berdasarkan tayangan video yang berjudul “anak tidak percaya diri”, Dra. Siti Aisyah, M.Pd. membagikan beberapa teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak, diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan sebagai berikut:
    1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Guru memberikan saran untuk menggambarkan sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    3. Guru momotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak.
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan pada anak.
    5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri. Pada anak yang bermasalah, guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak. Pada beberapa kasus, terutama pada anak yang baru masuk sekolah, anak belum dapat menggambar dengan baik karena motorik halus belum berkembang dengan sempurna, maka gambar anak hanya berupa corat-coret atau berupa garis dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk menerangkan hasil coretan yang telah dibuatnya dan menuliskan judul karya anak tersebut di kertas gambarnya, karena anak belum bisa menulis sendiri.
    6. Jika diperlukan ajak anak-anak untuk menggambar bebas di luar kelas atau menggambar di sekitar sekolah dan biarkan anak menggambar apa pun yang mereka sukai. Hal ini sangat baik untuk mengembangkan daya kreativitas anak dan menghindarkan dari kebosanan.

  5. Nama : Cucu Julaeha
    NIM : 857504994
    Dalam tayangan video di atas yang berjudul “Anak Tidak Percaya Diri” tersebut sangat menginspirasi saya. Tayangan video tersebut berisi beberapa cara/tekhnik yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah kepercayaan diri yang kerap muncul pada anak usia dini, seperti:
    a. Menanyakan kepada anak tentang tugas yang diberikan apakah anak masih ragu bingung / tidak
    b. Memberikan saran, dimana ketika anak tidak mau menggambar sesuai tema, guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai apa yang
    disukainya
    c. Memotivasi kreativitas anak dengan senantiasa mengapresiasi setiap goresan yang sudah dibuat anak
    d. Mengeksplor kreativitas anak dengan memberikan hal lain atau menambahkan pada gambar yang sudah dibuat anak sebelumnya
    e. Melakukan pendekatan pada anak dengan memberikan motivasi bahwa “aku pasti bisa menggambar sendiri” dengan memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar yang paling disukai dan mudah dilakukannya, anak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya, juga senantiasa mengapresiasi dan memberikan reward atas hasil karya yang dibuat anak tersebut, sehingga dengan pendekatan tersebut diharapkan dapat memunculkan dan menambah kepercayaaan diri pada anak.
    Dari tayangan terakhir video pun diperlihatkan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kebosanan pada anak dalam kegiatan menggambar yaitu dengan membawa anak-anak keluar kelas /halaman sekolah , hal ini dapat mengeksplor kreativitas dan imajinasi anak dalam mencurahkan ide menggambar dengan lingkungan sekitar yang dilihat dan disukainya.

  6. Nama : Bernadenta Sihole
    Nim : 859885949

    pada Vidio ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
    anak seusia mereka memang sering tidak percaya diri. karena mereka masih memilih siapa yang akan menjadi teman mereka. dan sesuai yang saya temu ada beberapa tanda anak yang tidak percaya diri yaitu anak sering mengeluh tidak bisa walaupun belum mencoba, ada anak yang hannya diam saja saat di tanyai, ada anak yang merasa takut untuk berbicara. pada hal ini sebagai guru harus lebih banyak memerhatikan anak anak yang tidak percaya diri. dengan memberi pujian, mendorong anak agar lebih berani , memastikan anak merasa nyaman dan melatih anak agar lebih terampil.

  7. NAMA : NI LUH JUNI DARMIASA
    NIM : 859019788

    Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sangat penting dan akan terus mempengaruhi perkembangan anak. Keyakinan dapat digambarkan secara sederhana sebagai keyakinan seseorang terhadap segala kelebihannya, dan keyakinan ini membantunya merasa mampu mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya.
    Berikut beberapa hal yang mungkin bisa guru lakukan dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak.
    1. Menanyakan pertanyaan, Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Memberikan saran, Guru dapat memberikan saran untuk menggambarkan sesuatu yang disukai anak meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    3. Menunjukkan empati, Guru dapat menunjukkan rasa empati kepada anak.
    4. Memberikan kesempatan,Guru dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk memberikan pendapat.
    5. Mendukung minat dan bakat, Guru dapat mendukung setiap minat dan bakat yang dimiliki anak.
    6. Memberikan apresiasi, Guru dapat memberikan apresiasi kepada anak.
    7. Tidak mengoreksi berlebihan, Guru tidak mengoreksi anak secara berlebihan.

    Rasa percaya diri anak dapat dibangun sedini mungkin. Dengan adanya rasa percya dini pada anak, anak akan percaya diri pada kemampuannya dan bertanggung jawab pada dirinya sendiri jika ia yakin bahwa ia bisa melakukannya. Maka dari itu peran guru memang sangat penting dalam hal ini.

    Sekian dan Terimakasih

  8. Nama : Ni Luh Juni Darmiasa
    NIM : 859019788
    Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sangat penting dan akan terus mempengaruhi perkembangan anak. Keyakinan dapat digambarkan secara sederhana sebagai keyakinan seseorang terhadap segala kelebihannya, dan keyakinan ini membantunya merasa mampu mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya.
    Berikut beberapa hal yang mungkin bisa guru lakukan dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak.
    1. Menanyakan pertanyaan, Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Memberikan saran, Guru dapat memberikan saran untuk menggambarkan sesuatu yang disukai anak meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    3. Menunjukkan empati, Guru dapat menunjukkan rasa empati kepada anak.
    4. Memberikan kesempatan, Guru dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk memberikan pendapat.
    5. Mendukung minat dan bakat, Guru dapat mendukung setiap minat dan bakat yang dimiliki anak.
    6. Memberikan apresiasi, Guru dapat memberikan apresiasi kepada anak.
    7. Tidak mengoreksi berlebihan, Guru tidak mengoreksi anak secara berlebihan.
    Rasa percaya diri anak dapat dibangun sedini mungkin. Dengan adanya rasa percya dini pada anak, anak akan percaya diri pada kemampuannya dan bertanggung jawab pada dirinya sendiri jika ia yakin bahwa ia bisa melakukannya. Maka dari itu peran guru memang sangat penting dalam hal ini.
    Sekian Dan Terimakasih

  9. Nama :Eli sunarti
    Nim :856820494
    Pada video pembelajaran tersebut terdapat beberapa pendekatan guru terhadap anak yang tidak percaya diri.sebagai pendidik kita harus memberikan empati dengan mendekati anak dan memberikan dukungan emosional, yang penting untuk membangun kepercayaan diri anak.
    Motivasi dan Penguatan,Guru memotivasi anak dengan mengakui usaha mereka dan memberikan penguatan positif, yang dapat meningkatkan semangat anak untuk terus belajar.
    Guru memanfaatkan kreativitas anak dengan memberikan pilihan aktivitas dan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, sambil tetap berhubungan dengan tema awal.
    Guru menanyakan jika anak masih ragu atau tidak mengerti, menunjukkan bahwa guru memahami kebutuhan anak dan bersedia menyesuaikan pendekatan pembelajaran.
    Pada pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan seperti Jika guru terlalu fokus pada pendekatan individual, mungkin ada anak lain yang membutuhkan perhatian lebih banyak waktu untuk memahami materi.Pendekatan individual mungkin memerlukan waktu lebih lama dan bisa menjadi tantangan dalam pengelolaan kelas, terutama jika ada banyak anak yang membutuhkan perhatian. penting bagi guru untuk menyeimbangkan pendekatan individual dengan kebutuhan kelas secara keseluruhan dan memastikan bahwa semua anak mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan.

Leave a Reply