silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Putri SYifa Nurwana
    NIM : 857511635

    Setelah mengamati video, dimana video tersebut menayangkan kegiatan anak-anak yang sedang menggambar, saya menemukan teknik yang bisa pendidik/guru lakukan pada anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Antara lain sebagai berikut
    • Guru dapat menanyakan kepada anak atas tugas yang telah diberikan
    • Guru memberi saran dan motivasi untuk anak menggambar hal yang lain yang di sukainya meski tidak sesuai tema
    • Guru mencoba mengeksplorasi potensi lain dari diri anak terkait dengan tugas menggambar tersebut
    • Guru melakukan pendekatan dan untuk merangsang kreativitas anak, guru mengajak anak berkeliling di area sekolah/ mengamati lingkungan di halaman sekolah lalu membiarkan anak menggambar sesuai apa yang ia lihat. Selain bisa menyenangkan anak, dengan belajar di luar kelas juga bisa menambah wawasan anak karna belajar dengan bahan bahan yang konkrit.

    Setelah menganalisi video tersebut, saya mendapat ilmu cara menangani anak yang kurang percaya diri atas karyanya. Di lembaga saya mengajar terdapat guru pendamping dan guru kelas. Ketika guru kelas sedang menerangkan materi pada anak dan melakukan kegiatan pembelajaran, guru pendamping akan membantu guru menangai anak yang normal dan anak yag kurang percaya diri atas karyanya.

  2. Nama : Kadek Herlina Dwi Putri
    NIM : 859031832

    Menurut pendapat saya, anak yang kurang percaya diri sangat membutuhkan dorongan positif serta pengakuan atas prestasi yang mereka miliki. Penting bagi mereka untuk berada di lingkungan yang mendukung setiap aspek perkembangan, dengan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana membangun rasa percaya diri. Salah satu cara untuk membantu anak dalam hal ini adalah dengan mendengarkan mereka dengan empati dan memberikan kesempatan untuk berkembang sesuai dengan tahap usia mereka.

    Guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Guru dapat memberikan motivasi, bertanya apakah anak memiliki keraguan atau kebingungan terhadap tugas yang diberikan, serta memberikan arahan yang jelas. Selain itu, guru harus menghargai hasil karya siswa dan memperhatikan kemajuan mereka. Dengan memberikan bimbingan dan masukan yang membangun, anak dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik. Penting juga bagi guru untuk menumbuhkan semangat dalam diri anak, sehingga mereka dapat menampilkan bakat terpendam melalui kegiatan yang menonjolkan kreativitas, yang pada akhirnya akan membuat anak lebih percaya diri.

  3. Nama : Putu Rina Ratna Yanti
    NIM : 859029993

    Izin untuk memberi komentar bunda atas vide pembelajaran yang telah saya tonton.
    Analisis Program Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan Video Pengembangan Bahasa dengan point Anak yang Tidak Percaya Diri

    Program yang Anda gambarkan ini sangat positif dan mencerminkan pendekatan pendidikan anak usia dini yang berpusat pada anak (child-centered). Beberapa aspek penting yang dapat kita lihat dari program ini adalah:
    Pendekatan individual: Guru memperhatikan kebutuhan dan kondisi masing-masing anak, terutama anak yang kurang percaya diri.
    Motivasi dan dukungan: Guru memberikan motivasi dan dukungan positif kepada anak untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.
    Fleksibilitas: Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih aktivitas yang mereka sukai, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
    Koneksi dengan minat anak: Guru menghubungkan materi pembelajaran dengan minat dan pengalaman anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
    Pengembangan kreativitas: Guru mendorong anak untuk berpikir kreatif dan mengeksplorasi ide-ide baru.

    Dampak Positif Program ini bagi Anak:
    Meningkatkan kepercayaan diri: Dengan dukungan dan motivasi dari guru, anak akan merasa lebih percaya diri dalam belajar.
    Meningkatkan motivasi belajar: Ketika anak merasa senang dan tertantang, motivasi belajarnya akan meningkat.
    Mengembangkan kreativitas: Anak akan lebih berani untuk mencoba hal-hal baru dan mengeksplorasi potensi dirinya.
    Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah: Dengan diberikan kesempatan untuk memilih aktivitas dan menyelesaikan tugas, anak akan belajar untuk memecahkan masalah.
    Membentuk sikap positif terhadap belajar: Pengalaman belajar yang menyenangkan akan membentuk sikap positif anak terhadap proses belajar.

    Terima Kasih

  4. Nama :Indri Dai Koling
    Nim:8592886783
    Hasil Analisis Video Seri Pengembangan Sosial Emosional Paud 1
    Judul Video:Anak Tidak Percaya Diri
    1).Bagaimana Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    *Anak merasa senang dan semangat dalam
    menggambar,mewarnai dan menempel hasil karya mereka dipapan.
    2).Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran.
    *Guru belum bisa memberikan reward pada anak yang sudah menggambar.
    3).Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran.
    *Guru sangat sabar dalam membimbing anak-anak.
    4).Hal”unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari saat melakukan pembelajaran.
    -Saat guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai tema saat itu.
    – saat anak bosan dikelas
    Guru juga mengajak anak belajar diluar kelas.
    5).Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang terlihat dalam video ,upaya apa yang anda sarankan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya?
    *Sebaiknya Guru harus lebih melakukan pendekatan dan memotivasi anak untuk selalu percaya diri.

  5. Nama: Siti Nurhayati
    Nim :856837498

    Anak tidak percaya diri akan hasil belajar yang dikerjakannya. Anak tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. Anak usia dini periode yang sangat penting untuk penanaman rasa kepercayaan diri. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan guru untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak. Guru memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak. Ada beberapa kasus terutama pada anak baru masuk sekolah. Anak belum dapat menggambar dengan baik karena motorik halusnya belum berkembang dengan sempurna. Maka gambar yang dibuat anak masih berupa coretan atau berupa garis. Dalam hal ini guru meminta anak untuk menerangkan hasil coretannya dan memberi judul atas gambar yang dibuatnya. Karena anak belum bisa menulis sendiri. Guru juga memberi kebebasan kepada anak untuk menggambar bebas diluar kelas atau sekitar lingkungan sekolah supaya melatih kreativitas anak dan agar anak terhindar dari kebosanan. Terima kasih

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Suci Ade Rahmawati
    Nim. : 856099906

    Dalam permasalahan anak yang tidak percaya diri, memang sering terjadi di dunia pendidikan, terkhusus di PAUD, namun hal tersebut dapat diatasi dengan pendekatan pendekatan seperti yang terpapar didalam video tersebut, dalam hal ini bisa jadi karena disebabkan ketidak nyamanan anak pada lingkungan atau merasa bahwa masih asing pada lingkungan tersebut,
    Kita juga bisa melakukan beberapa hal yang mungkin dapat membuat anak tersebut menjadi percaya diri
    Antaranya
    *Membangun komunikasi: Membangun komunikasi dengan anak dapat membantu meningkatkan rasa percaya dirinya.
    *Memberi pujian: Berikan pujian tulus kepada anak ketika ia melakukan sesuatu dengan baik
    *Memberikan kesempatan: Berikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, memilih, dan membuat keputusan
    *Fokus pada kelebihan anak: Fokus pada kelebihan anak dan hargai ide-idenya
    *Ajak anak melakukan kegiatan favorit: Ajak anak melakukan hal-hal yang ia sukai dan sudah kuasai dengan baik
    *Hindari menyebut anak pemalu: Jangan pernah menyebut anak dengan kata-kata “pemalu” karena hal ini dapat membuat anak merasa ada yang salah dengan dirinya.

    Sekian dari saya terimakasih
    Wassalaualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  7. Nama : Khusnul Khotimah
    NIM : 858309275
    Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Pada video diatas, memberikan saya pemahaman dan ilmu baru dalam menghadapi anak tidak peercaya diri, bagaimana guru dalam video berhasil melakukan peran penting sebagai guru dapam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, memberikan motivasi kepada anak, memberikan pengalaman langsung untuk anak belajar, melibatkan anak aktif dalam kegiatan menggambar dan membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik untuk mengembangkan karya kreatif anak dan menghindari rasa bosan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

  8. Assalamu’alaikum wr.. wb…
    Nama : Nyayu rizki. M
    Nim :855766333

    Dalam vidio tersebut ada beberapa anak yang tidak percaya diri dengan hasil yang di buat nya. Seperti menggambar.
    Guru dalam vidio tersebut terlihat memberikan pengarahan pada anak yang sedang melakukan kegiatan menggamba, Yaitu anak menggambar ikan.
    Guru juga mendampingi dan membantu anak saat menggambar pemandangan gunung.
    Ada beberapa anak yang masih diam saat di ajak guru bercerita mengenai isi pada gambar yang di gambar anak.
    Menurut saya, guru dalam isi vidio tersebut sdh bertindak baik dalam mengajar dan mendampingi anak, namun hanya masih ada perbaikan.ialah, Anak-anak akan tumbuh rasa percaya diri nya jika anak-anak selalu diberi penguatan dan motivasi serta pujian terhadap hasil dari kegiatan anak.

    Terimakasih🙏

  9. NAMA : HERNI DIANA ASTUTIK
    NIM : 858951389

    Judul video : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
    setelah saya melihat video tersebut, percaya diri itu sangat penting untuk anak usia dini,mengapa demikian,karna dengan percaya diri anak bebas untuk berkembang dan berekplorasi.
    apa sih percaya diri itu, menurut saya perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri dimana dalam melakukan tindakan hal-hal yang sesuai keinginannya dengan rasa tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.
    pada anak anak usia dini .masih banyak anak yang rasa percaya dirinya masih kurang tertanam dalam diri anak.dengan tayangan video di atas ada beberapan teknik atau cara menumbuhkan anak yang tidak percaya diri diantaranya :
    1. beri dukungan dan kasih sayang ,pastikan lingkungan dirumah ,sekolah dan pergaulan anak mendukung anak
    2. berikan dorongan kepada anak agar tidak pantang menyerah. dengan memberi kesempatan pada anak untuk dapat menyelesaikan maslahnya sendiri dan membuat keputusan
    3. asah keterampilan anak , berikan kegiatan yang bisa mengasah keterampilan dan pengetahuan anak
    4. memberikan dorongan kepada anak untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya
    5. memberikan kepercayaan kepada anak dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya
    6. fokus juga kepada anak yang memiliki kelebihan
    7. jika diperlukan ajak anak-anak untuk menggambar bebas diluar kelas atau menggambar di sekitar sekolah dan biarkan anak menggambar apa yang anak sukai,hal inin juga sangat baik dalam mengembangkan daya kreativitas anak dan menghindari dari kebisanan

  10. Nama : Aulia Wirda Indah Agustin.
    NIM : 878201058

    Saya percaya bahwa anak-anak yang memiliki rasa percaya diri rendah sangat memerlukan dorongan positif serta pengakuan atas pencapaian mereka. Sangat penting bagi mereka untuk berada dalam lingkungan yang mendukung setiap aspek perkembangan, disertai pemahaman yang mendalam tentang cara membangun rasa percaya diri. Salah satu metode untuk membantu anak-anak dalam hal ini adalah dengan mendengarkan mereka dengan penuh empati dan memberikan peluang untuk berkembang sesuai dengan tahap perkembangan usia mereka. Guru memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan rasa percaya diri anak. Mereka dapat memberikan motivasi, menanyakan apakah anak memiliki keraguan atau kebingungan mengenai tugas yang diberikan, serta memberikan arahan yang jelas. Selain itu, guru juga perlu menghargai karya siswa dan memperhatikan kemajuan mereka. Dengan memberikan bimbingan dan umpan balik yang konstruktif, anak-anak dapat terus berkembang menuju arah yang lebih baik. Penting juga bagi guru untuk membangkitkan semangat dalam diri anak, sehingga mereka dapat menunjukkan bakat yang terpendam melalui kegiatan yang menekankan kreativitas, yang pada gilirannya akan membuat anak lebih percaya diri.

Leave a Reply