silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : DINIADI NAZARA
    Nim : 856021786
    Judul video : Anak Tidak Percaya Diri
    Video tersebut bisa menjadi pengingat bagi kita untuk membantu anak mengembangkan keterampilan sosial, seperti berkomunikasi dan bekerja sama dengan teman-teman. Kegiatan kelompok bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

  2. Nama: Hana Pertiwi
    Nim: 855765291

    Pada video ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

    Saran saya untuk video ini :
    Sebaiknya guru lebih memperkaya media yang digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar anak.
    Evaluasi juga sangat penting, guru bisa meminta anak menceritakan kembali mengenai hasil belajarnya.

  3. Nama : Mimin Mintarsih
    NIM : 877671458
    Penayangan video tersebut memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pentingnya membangun kepercayaan diripada anak usia dini, berbagai faktor yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri anak, seperti lingkungan keluarga, interaksi dengan teman sebaya, dan metode pengajaran yang digunakan disekolah. penting bagi orang tua dan pendidik untuk memahami bahwa setiap anak memiliki potensi unik yang perlu dikembangkan dengan pendekatan yang positif dan suportif. melalui kegiatan bermain yang mendidik, memberi pujian yang konstruktif, dan memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba hal-hal baru, kita dapat membantu mereka membangun rasa percaya diri yang kuat. video ini sangat bermanfaat sebagai panduan praktis bagi orang tuadan pendidik dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri anak.

  4. Secara keseluruhan, video tersebut sangat berguna dalam menunjukkan bagaimana guru mendukung anak yang tidak percaya diri. Video ini menekankan pentingnya dukungan emosional, motivasi, dan eksplorasi kreatif dalam pembelajaran. Pendekatan ini membantu anak merasa lebih baik dan aktif terlibat dalam belajar.

  5. Nama : YOHANA RIULIATI
    NIM. : 858412286

    seperti didalam vidio guru sudah melakukan pendekatan pada anak yang tidak percaya diri, Berkomunikasi: Ajak anak berbicara, bangun komunikasi, dan rutin berdiskusi.

    a. Berikan kesempatan: Berikan anak kesempatan untuk menyelesaikan masalah sendiri, memilih, dan membuat keputusan.

    b. Berikan pujian: Pujilah anak atas usaha yang dilakukannya.

    c. Berikan afirmasi positif: Beri afirmasi positif kepada anak dengan kata-kata, seperti “anak percaya diri”, “anak pemberani, atau “anak yang membanggakan orang tua”.

    c. Jangan sebut anak pemalu: Jangan menyebut anak dengan kata-kata “pemalu” karena hal ini justru akan membuat anak semakin merasa ada yang salah dengan dirinya.

    d. Dorong anak memiliki cita-cita: Dorong anak untuk memiliki cita-cita dan bayangan masa depan.

    e. Ajarkan anak menghadapi kesalahan: Ajarkan anak untuk menghadapi kesalahan dan bahwa kegagalan bukan akhir segalanya.

    f. Berikan perhatian kepada minat dan bakat: Dukung setiap minat dan bakat yang dimiliki anak.

    g. Berikan masukan yang membangun: Berikan masukan yang membangun kepada anak.

    h. Hindari membanding-bandingkan: Hindari membanding-bandingkan anak dengan orang lain.

  6. Nama: Reni Deswita
    Nim : 856223956
    Judul video : anak tidak percaya diri
    Anak yang tidak percaya diri sering menunjukkan tanda-tanda perilaku yang mencerminkan rasa kurangnya keyakinan terhadap kemampuan dirinya sendiri. Hal ini dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan mereka, seperti interaksi sosial, perkembangan akademis, dan kesejahteraan emosional.
    Dengan cara yang dilakukan oleh guru pada video tersebut dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak.
    Selain itu guru juga dapat melakukannya dengan memberikan motivasi, penghargaan akan usaha dan hasil karyanya, serta memberikan dorongan positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat dalam diri anak untuk terus belajar.

  7. Nama: Heppian Nainggolan
    Nim: 859266376

    Dalam video pembelajaran tersebut, terlihat beberapa pendekatan guru yang positif untuk membantu anak yang kurang percaya diri. Guru menunjukkan empati dengan mendekati anak dan memberikan dukungan emosional, hal ini penting untuk membangun kepercayaan diri anak. Guru juga memotivasi anak dengan mengakui usaha mereka dan memberikan penguatan positif, yang dapat meningkatkan semangat anak untuk terus belajar. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak, guru dapat melakukan beberapa hal: 1. Menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan: Ini menunjukkan bahwa guru peduli dengan perasaan anak dan ingin memastikan mereka merasa nyaman dengan tugas tersebut. 2. Memberikan saran untuk menggambarkan sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu: Ini memberikan fleksibilitas dan kebebasan kepada anak untuk mengekspresikan diri, bahkan jika mereka merasa kesulitan dengan tema yang ditentukan. 3. Meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai: Ini mendorong kreativitas anak dan membantu mereka merasa lebih nyaman dengan tugas menggambar. 4. Mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar: Ini membantu anak berpikir kreatif dan menemukan solusi yang sesuai dengan kemampuan mereka. 5. Memotivasi anak bahwa mereka bisa menggambar sendiri: Guru memberikan dukungan dan keyakinan kepada anak bahwa mereka mampu melakukannya. Jika anak mengalami kesulitan, guru meminta mereka menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan. Untuk anak yang baru masuk sekolah, guru memahami bahwa motorik halus mereka belum berkembang sempurna, sehingga mereka mungkin hanya menggambar coretan atau garis. Dalam hal ini, guru meminta anak untuk menjelaskan hasil coretan mereka dan menuliskan judul karya mereka di kertas gambar. 6. Menggambar bebas di luar kelas: Ini memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan bebas dan mengurangi rasa bosan. Pendekatan guru dalam video ini menunjukkan bagaimana kita sebagai pendidik dapat mendukung anak-anak yang kurang percaya diri dan membantu mereka berkembang.

  8. Nama : Hilda Anita Oebnaman
    Nim : 859274864
    Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri.

    Dalam video ini, saya menemukan bahwa bagaimana peran kita sebagai seorang guru. Kita harus peka terhadap kebutuhan anak didik seperti yang saya temukan dalam video ini dimana guru membantu anak-anak yang tidak percaya diri dalam menyelesaikan tugas. Di sini guru mendekati dan memberikan motivasi kepada anak dengan caranya tersendiri agar anak- anak bisa mempunyai keberanian dan semangat dalam menyelesaikan gambar yang di berikan oleh guru. Situasi ini mengajarkan kepada saya untuk selalu belajar peka pada kebutuhan anak khususnya anak- anak yang tidak punya kemampuan atau percaya diri dalam melakukan suatu pelajaran yang di berikan guru.

  9. Nama : Ni Putu Mila Wangi
    NIM : 859031603

    Ijin memberikan komentar pada video diatas mengenai “Anak Tidak Percaya Diri”
    Suatu pendekatan yang sangat tepat dilakukan oleh seorang pendidik yaitu:
    1. Memberikan motivasi dimana anak usia dini sangat senang diberikan kata pujian dan dukungan sehingga mampu membangkitkan rasa percaya diri anak karena mereka merasa dihargai dan yakin bahwa mereka pasti bisa melakukannya.
    2. Memberikan ruang kepada anak untuk berkreativitas dan bereksplorasi sehingga mereka tidak merasa ragu kalau hal atau sesuatu yang dibuatnya salah dan tidak sesuai dengan keinginan orang lain. Jadi mereka bebas untuk berkreasi sesuai dengan apa yang ada diimajinasinya sehingga mereka tidak pernah memberikan batasan kepada dirinya untuk berkarya.
    Melalui hal – hal diatas secara tidak langsung seorang pendidik sudah membangkitkan rasa percaya diri pada anak, dimana awalnya mereka hanya pendiam dan pemalu. Mulai berani berekspresi, memperlihatkan kreativitas dan yakin bahwa dukungan positif dari orang dewasa dan lingkungan yang positif sangat mendukung karakter anak menjadi lebih baik lagi.
    Terimakasih

  10. Dari vidio diatas, sangat penting menanamkan menanamkan rasa percaya diri anak. Sebagai guru kita harus memahami apa yang di inginkan oleh anak terutama nak yang masih penakut dan malu-malu untuk mengungkapkan perasaan/keingin dan hasil karyanya. Melalui teknik-teknik seperti yang dilakukan guru tersebut dalam vidio sangat membantu anak dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Leave a Reply