silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Ayu Rai Dwi Antini
    NIM : 859042154
    UPBJJ : DENPASAR

    Mohon ijin mengomentari video seri pembelajaran dengan judul “Anak Tidak Percaya Diri” .
    Menurut saya penting sekali menanamkan rasa percaya diri pada anak terutama pada anak usia dini karena pada dasarnya anak yang tidak percaya diri cenderung kurang dalam mengembangkan kreativitasnya. Teknik yang digunakan guru dalam video sangat membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri serta kreativitas anak. Guru tersebut menanyakan kepada anak apabila anak masih ragu terhadap tugas yang diberikan, guru memberikan saran sesuai dengan tema yang diberikan pada saat itu, guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak menggambar sesuatu yang disukainya, guru mengeksplorasi potensi yang dimiliki anak, memberi motivasi anak bahwa anak mampu mengerjakan tugasnya sendiri, guru juga dapat menanyakan pada anak apa yang digambarnya, serta mengajak anak keluar kelas dan menggambar apapun yang disukainya. Video ini sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di masing-masing sekolah.

  2. NAMA : AIDA MAGHFIROH
    NIM : 856102853
    judul video : anak tidak percaya diri
    dalam video tersebut terlihat seorang anak yang tidak percaya diri saat melakukan tugasnya, sebagai seorang guru kita perlu melakukan tindakan kepada anak agar anak tersebut bisa merasa percaya diri contohnya memberikan apresiasi terhadap hasil kerja anak, manfaat yang dapat saya ambil adalah sebagai guru saya jadi paham hal’ apa saja yang perlu dilakukan saat menghadapi anak yang tidak percaya diri.

  3. NAMA : YESEVIYAH KARIM
    NIM : 858954338

    Berdasarkan tayangan video tentang “anak yang kurang percaya diri,” terdapat beberapa langkah penting yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak selama proses pembelajaran. Dalam hal ini, peran guru sangat penting, karena guru memiliki kesempatan langsung untuk memberikan motivasi dan mendorong kreativitas anak, sehingga mereka mampu menghasilkan karya sesuai dengan minatnya. Guru juga dapat memberikan apresiasi berupa pujian atau penghargaan (reward) atas setiap karya yang dibuat anak. Dengan demikian, anak akan merasa bangga terhadap hasil karyanya dan menjadi lebih percaya diri dalam menunjukkan kemampuan mereka.
    Kesimpulannya, anak yang kurang percaya diri dalam belajar cenderung menunjukkan kreativitas yang lebih rendah. Oleh karena itu, guru perlu memberikan dukungan yang tepat melalui beberapa pendekatan, seperti memberikan bantuan ketika anak merasa ragu, memberi kebebasan bagi anak untuk berkarya sesuai minat mereka, serta terus memotivasi dan menginspirasi. Pendekatan yang mendukung dan responsif ini akan membantu meningkatkan rasa percaya diri, mendorong kreativitas, dan menciptakan suasana belajar yang nyaman serta ekspresif bagi anak.

  4. Nama : Dini Trifosa Taga
    Nim : 859266462
    UPBJJ : Kupang
    Pada video seri pembelajaran ” Anak tidak percaya diri ” adalah anak yang cenderung akan menjadi anak yang tidak kreatif.Oleh karena itu sebagi pendidik kita harus mempunyai metode dan strategi dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak,sehingga anak bisa aktif dlam setiap pembelajaran yang dilakukan oleh guru baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
    Cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah :
    – Menanyakan pada anak apakah sudah paham atau belum dengan tugas yang diberikan
    – Memberi saran untuk sesuatu yang tidak disukai anak
    – Memotivasi kreatifitas yang dikerjakan anak
    – Mencoba mengeksplorasi potensi anak atau hal lain yang dibuat anak terkait dengan tugas yang telah diberikan.

  5. Nama: Nur Afti Khosyatilah
    NIM : 856609742
    Video anak yang tidak percaya diri dengan hasil karya nya, didalam Vidio tersebut terdapat tips dalam menangani anak yang kurang percaya diri untuk mengerjakan tugas nya, pendekatan yang dilakukan oleh pendidik dalam Video tersebut sangat menginspirasi kita dalam menangani anak yang tidak percaya diri untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan.

  6. Nama ; sulfitri
    Nim ; 859413574
    Judul vidio : anak kurang percaya diri
    Menurut tanggapan saya tentang vidio di atas yaitu sebangai guru kita harus menunjukan rasa percaya diri dalam diri kita. Anak sering meniru perilaku orang dewasa, jadi tunjukkan sikap positif dan percaya diri dalam berbagai situasi.
    Dengan sabar dan konsisten, anak dapat belajar untuk lebih percaya diri seiring waktu.Dari vidio di atas saya lebuh banyak belajar tentang cara cara menagani anak yang kurang percaya diri

  7. Nama : Annisa
    NIM : 858319814
    UPBJJ : Banjarmasin.
    Menurut saya,video diatas memberikan kita sebuah pembelajaran dan inspirasi bagaimana cara mengatasi permasalahan yang ada disekolah,terutama masalah pengembangan sosial emosional tentang “Anak tidak percaya diri”, video diatas sudah memperlihatkan metode atau strategi yang dilakukan, dengan cara :
    – Guru menanyakan kepada anak secara langsung .
    – Memberi saran kepada anak,apa yang anak sukai.
    – Memberikan motivasi kreativitas anak.
    – Mengeksplorasi potensi yang dimiliki anak.
    Dengan melakukan pendekatan kepada anak, hal ini akan membuat anak merasa percaya diri.

  8. Nama : Siti Nurlailatussa’adah
    NIM : 858308961

    Dalam video tersebut kita menghadapi kasus kurangnya percaya diri pada anak, kita sebagai guru harus bisa berperan aktif dalam pendekatan diri kepada anak, pertama bisa dengan membuat situasi anak nyaman, melakukan pendekatan dengan bertanya dan mengobrol dengan anak tersebut, memberikan motivasi dan masukan terhadapa anak, dan membiarkan anak membuat suatu karya dengan hasilnya sendiri, setelah karya anak selesai beri apresiasi dan rewards kepada anak agar anak merasa dihargai dan perhatikan maka lambat laun akan timbulah rasa percaya sedikit demi sedikit dalam diri anak.

  9. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Siti Rofiqoturrohmah
    NIM : 8557764414
    UPBJJ : Semarang

    Ijin menanggapi video diatas tentang “anak tidak percaya diri” .
    Cara didalam video tersebut sudah sangat tepat dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri yaitu :
    1. Dengan cara guru memberi menanyakan kepada Anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Guru memberi saran dengan menggambar apa yang disukai oleh anak tersebut meskipun tidak sesuai dengan tema, dalam hal ini guru harus bisa untuk aktif dalam kegiatan memotivasi anak agar anak mampu untuk percaya diri.
    3. Guru harus bisa mengeksplorasi gambaran anak.
    Dalam proses ini guru harus bisa memotivasi anak dalam kegiatan menggambar agar anak bisa merasa percaya diri, dan katakan kepada anak kalau anak itu bisa agar dapat memotivasi anak secara perlahan dan Semangat dalam mengembangkan rasa percaya dirinya. Pada usia anak TK ini biasanya motorik halus anak belum berkembang secara penuh, anak menggambar dengan coretan tapi kita memahami bahwa anak menggambar pasti ada artinya, sebagai guru kita coba untuk anak menceritakan apa yang telah di gambarnya agar anak merasa percaya diri.

    Dari video tersebut saya sebagai guru banyak belajar dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri.

    Demikian tanggapan video dari saya.
    Mohon maaf jika masih ada kasalahan dan kekurangan 🙏🏻
    Mohon koreksi dan bimbingannya 🙏🏻
    Terimakasih 🙏🏻
    Wassalamualaikum wr. Wb.

  10. Ni Luh Redy Antari
    859037636

    Menurut pendapat saya tentang vidio tersebut, menstimulasi perkembangan anak yang kurang percaya diri dapat dilakukan dengan memotivasi dan melakukan pendekatan dengan anak dengan bercakap – cakap mengenai hal hal yang anak sukai. mengeluarkan mereka dari zona nyaman dan membiasakan mereka untuk sering bernyanyi di depan kelas, memberikan pujian bermakna terkait hasil karyanya dapat membangkitkan rasa percaya diri pada anak.

Leave a Reply