silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
NAMA : RIMA AFTARINA DEWI
NIM : 8581458356
UPBJJ : PALANGKARAYA
menurut saya apa yang di lakukan guru tersebut sudah sangat baik dan solusinya meminta anak menggambar bebas dapat membantu anak bereksplorasi sehingga anak percaya akan hasil karyanya tersebut , seorang guru menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. pada vidio ini Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak, sehingga anak menjadi lebih percaya diri
Nama : Rosmini
Nim : 858457938
Judul : Anak Tidak Percaya Diri
Dari video pembelajaran ini guru memberikan motivasi dan arahan kepada anak untuk lebih percaya diri dalam kegiatan pembelajaran, di video ini di contohkan dalam kegiatan menggambar guru memberi kebebasan kepada anak untuk berimajinasi, selain itu guru juga melakukan pendekatan kepada anak mengenai apa yang akan di buat, disini guru juga membangun komunikasi dan mengalihkan informasi dari anak sehingga anak mau mengungkapkan atau mengkomunikasikan apa yang di buat atau di kerjakan. Selain itu guru juga bisa melakuakan pembelajaran di luar ruangan sehingga anak akan lebih tertarik, anak tidak bosan dan anak akan memperhatikan pembelajaran yang di berikan guru.
Video pembelajaran ini sangat bermanfaat sekali untuk saya sebagai guru. Karena masalah atau kendala untuk menghadapi anak yang tidak percaya diri ini tentunya memerlukan teknik dan pendekatan untuk menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri pada diri anak.
Nama : Ida Yustiani
NIM : 859513064
UPBJJ : Jakarta
izin menanggapi video yang berjudul “anak tidak percaya diri” bahwa setiap anak memiliki self esteem yang berbeda beda tergantung dengan lingkungan yang membentuknya. anak yang memiliki self esteem yang rendah, cenderung memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah. hal tersebut merupakan suatu tantangan juga bagi pendidik khususnya pada lembaga PAUD. pada video diatas, tedapat beberapa metode yang diterapkan oleh guru antara lain, dengan menanyakan tentang seberapa paham anak terhadap tugas yang diberikan, memberikan saran kepada anak terkait tugas yang diberikan untuk memancing kreatifitas anak, memberikan motivasi atau reinforcement positif kepada anak, menggali potensi anak dan membiarkannya mengeksplor kemampuannya, dan menampilkan hasil karya anak di dalam kelas agar tumbuh rasa percaya diri anak. cara cara tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri anak. selain itu, menurut saya meningkatkan kepercayaan diri anak dapat dilakukan dengan cara mengajak anak berinteraksi dengan memancingnya untuk bercerita tentang apapun yang ingin ia sampaikan, hal ini dapat membuat anak merasa dirinya dihargai, didengar dan dianggap. sehingga akan meningkatkan self esteem anak dan meningkatkan rasa percaya dirinya.
sekian terimakasih
Nama : Erdyana Anggrasari
NIM : 858946093
UPBJJ : UT JEMBER
Pokjar : Genteng A
Prodi : PGPAUD
Izin menanggapi video dengan judul “Anak Tidak Percaya Diri”
Untuk masalah anak tidak percaya diri pada awal semester baru tidak lah hal yang baru. Penanaman percaya diri dalam usia dini sangat penting, dalam video tersebut anak didik tidak percaya atas hasil belajarnya sendiri. Tetapi Guru tersebut tidak tinggal diam, guru tersebut melalukan pendekatan dengan menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan, guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu, guru memotivasi anak untuk menggambar sesuatu yang di sukai, guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak, dan melakukan pendekatan kepada anak untuk motivasi menggambar sendiri.
Dari video tersebut merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan guru untuk menjadikan anak lebih percaya diri atas hasil belajarnya sendiri.
Sekian dan terimakasih.
Nama : Erdyana Anggrasari
NIM : 858946093
UPBJJ : UT JEMBER
Pokjar : Genteng A
Prodi : PGPAUD
Izin menanggapi video dengan judul “Anak Tidak Percaya Diri”
Untuk masalah anak tidak percaya diri pada awal semester baru tidak lah hal yang baru. Penanaman percaya diri dalam usia dini sangat penting, dalam video tersebut anak didik tidak percaya atas hasil belajarnya sendiri. Guru tersebut melalukan pendekatan dengan menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan, guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu, guru memotivasi anak untuk menggambar sesuatu yang di sukai, guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak, dan melakukan pendekatan kepada anak untuk motivasi menggambar sendiri.
Dari video tersebut merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan guru untuk menjadikan anak lebih percaya diri atas hasil belajarnya sendiri.
Sekian dan terimakasih.
Nama: Luminta Intan
Pada video tersebut terlihat bagaimana anak belajar menggambar. Sebagian tidak memiliki kepercayaan diri untuk menggambar, hal tersebut bisa terjadi karna anak tersebut tidak terbiasa menggambar atau kurangnya eksplorasi. Dalam meningkatkan rasa percaya diri anak, mungkin guru dapat membantu anak dalam menggambar, yaitu dengan menanyakan gambar apa yang ia ingin gambar, kemudian guru bersama sama dengan anak akan menggambar objek tersebut. Selain itu, guru juga dapat memotivasi anak dengan memberikan kata kata positif untuk anak agar mereka mau mencoba menggambarkan apa yang ingin mereka gambar, dan kemudian menanyakan gambar apa yang mereka buat serta memuji gambar tersebut. Pujian sangatlah penting, agar anak semakin termotivasi dan kepercayaan dirinya semakin meningkat.
Nama : Mery Kamali
Nim :859413986
Dalam video anak yang tidak percaya diri ini dapat membantu saya untuk mempraktekkan dlm kehidupan sehari hari baik dirumah maupun dilingkungan sekolah sebagai pengajar, dan sebagai pendidik dalam menghadapi anak yang tidak percaya diri kita melakukan pendekatan secara individual, dan menanyakan jika anak masih ragu dalam melakukan kegiatan pembelajaran.kita juga sebagai guru selalu memberikan saran kepada kepada anak untuk melakukan kegiatan yang disukai walaupun sedak sesuai pembelajaran yang telah disiapkan.
Sebagai guru, kita harus mengetahui perasaan anak dalam melukan kegiatan pembelajaran .
Terim kasih atas motivasinya GPO
Nama: Syakila Fauziani Adawiyah
NIM: 859940966
UPBJJ: Jakarta
Mata Kuliah: Media dan Sumber Belajar TK
Komentar: Dari video diatas guru memberi kebebasan kepada anak untuk memilih aktivitas lain yang masih terkait tema, membuka peluang bagi anak untuk bereksplorasi lebih jauh. Hal ini membantu anak mengembangkan kreativitas dan kemampuan untuk berpikir secara mandiri. Motivasi yang diberikan oleh guru membantu anak tetap termotivasi dan tidak mudah menyerah. Guru menunjukkan kepedulian pada perkembangan dan pemahaman anak, yang penting agar anak merasa didukung dan tertantang untuk mencoba hal baru.
Nama : Ramni Ali
Nim : 858588028
Assalamualaikum wr. Wb
Disini saya akan menanggapi terkait video pembelajaran yang barusan saya tonton. Pada menit awal terlihat, seorang guru yang membantu anak pada kegiatan menggambar dalam video ini guru menanyakan hal apa yang ingin di gambar oleh anak tentunya hal ini merupakan salah satu cara guru berkomunikasi dengan anak sehingga meningkatkan kepercayaan diri anak. Hal ini dapat diterapkan bukan hanya pada saat kegiatan menggambar saja. Mengajak anak berkomunikasi dan menanyakan hal-hal yang disukai anak dapat meningkatkan kepercayaan diri anak untuk selalu berkomunikasi dengan guru sehingga anak akan terbiasa memaparkan pendapatnya tanpa rasa takut
Nama : Windiani Razlina
NIM : 856820953
UPBJJ : UT Bengkulu
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional.
Dari video yang sudah saya tonton ada hal-hal yang saya temui yaitu anak tidak percaya diri atas hasil karya yang mereka buat, jika anak tidak percaya diri maka anak tidak dapat mengembangkan kreativitasnya. hal yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak atas karya yang mereka buat adalah dengan melakukan kegiatan menggambar yang disukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema, grur dapat memotivasi anak untuk menggambar sesuatu yang sangat ia sukai, mengeksplorasi potensi anak terkait tema yang sedang ditugaskan, melakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa melakukannya sendiri. pada tahun ajaran baru peserta didik belum dapat menggambar dengan baik karena fungsi motorik halusnya belum terlatih sehingga gambar yang dihasilkan berupa coretan, dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk meceritakan/menerangkan coretannya dan menuliskan judul karya anak tersebut. dan bila perlu guru mengajak anak untuk menggambar diluar kelas atau lingkungan kelas sehingga anak dapat melihat dan menuangkan idenya kedalam gambar hal ini juga dapat mengantisipasi kebosanan.