silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Sukmawati Azis
    Nim : 858576467

    Dari video di atas menggambarkan tentang pentingnya metode pengajaran yang inklusif dan. Responsif terhadap kebutuhan anak, yang dapat membantu mereka merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar, pendekatan ini tidak hanya mendukung perkembangan akademis tetapi juga aspek emosional dan sosial anak.

  2. Selamat pagi, perkenalkan nama Utami Arthauly dengan NIM 860000404, izin untuk memberikan tanggapan video diatas. Dari video diatas guru sudah melakukan apa saja cara untuk menangani anak yang tidak percaya diri seperti menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Dari video diatas kita bisa menerapkan beberapa cara untuk menangani anak yang tidak percaya diri yaitu dengan meminta anak menggambar apapun yang dia sukai walaupun itu tidak sesuai tema, agar tingkat percaya diri anak meningkat.

  3. Jaura Abu Talib
    NIM: 858576481

    Video di atas menggambarkan pendekatan yang baik dan sensitif dari seorang guru taman kanak-kanak dalam menangani anak yang kurang percaya diri upaya guru untuk mendekati anak dan memberikan penguatan positif menunjukkan pentingnya dukungan emosional dalam proses pembelajaran.

  4. Nama: Wulan Sulastri
    NIM : 857514465
    Asal dari : UPBJJ UT Bandung
    Pada video ini guru menentukan tema dan menyampaikan tema kepada anak-anak, namun saat menggambar guru membebaskan anak untuk menggambar bebas meskipun keluar dari tema bermaksud agar anak kreatif dan mengembangkan rasa percaya diri pada anak, video sangat mengedukasi saya sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini bahwa kita bisa menilai anak bukan hanya melihat hasilnya saja tetapi prosesnya bagaimana agar anak percaya diri dengan menanyakan pada anak apakah anak sudah yakin atas hasil karyanya atau mencoba hal baru untuk perkembangan kematangan rasa percaya diri anak

  5. Nama : Nur Rama Yulieta
    NIM : 858426972
    UPBJJ : Samarinda
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    Bagaimana meningkatkan kepercayaan diri anak usia dini ? ada beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri anak usia dini yang bisa dilakukan : memberikan pujiam yang spesifik untuk usaha dan kemajuan anak, bukan hanya hasilnya. berikan kesempatan untuk mandiri melakukan hal hal sendiri sesuai dengan usianya. gunakan bahasa positif yang mendukung dan optimis ntuk mendorong anak. bahasa positif akan membuat mereka merasa dihargai dan diterima.

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Nama :Siti Aysah Lubis
    NIM : 859814159
    UPBJJ : UT Palembang

    Dari video di atas yang sudah saya tonton dengan judul “Anak Tidak Percaya Diri” yang dapat di simpulkan adalah anak diberikan kebebasan untuk menggambar sendiri sesuai imajinasi anak agar melatih kepercayaan dalam diri anak namun banyak juga anak yang tidak bisa berimajinasi jadi guru membantu anak dengan cara pendekatan bertanya gambar apa yang anak sukai, warnanya apa saja, dan memberikan saran agar anak bisa mengerjakan tugas menggambar nya. Guru dalam video di atas juga sudah baik dalam memberikan arahan kepada peserta didiknya dengan cara mengajak anak keluar untuk kelas dan melihat sekeliling sekolah agar dapat bisa menambah Imajinasi anak dalam menggambar bebas.

  7. Nama : Lailatul Badriyah
    NIM : 858976301
    Pokjar : IGTKI Jember
    kepercayaan diri hampir semua terjadi pada anak usia dini, apalagi pada saat awal semester, anak akan masuk dalam lingkungan serta suasana baru yaitu sekolah . Di sinilah peran guru dalam mengelola dan mengatur proses pembelajaran yang menyenangkan yang dapat merangsang dan menstimulasi anak agar dapat berbaur dengan lingkungan barunya .
    Dalam video tersebut sudah dijelaskan serta dipaparkan jenis kegiatan yang dapat kita gunakan atau terapkan yang dapat memicu meningkatnya rasa percaya diri pada anak.

  8. Nama: Munzidah
    NIM: 859810137
    UPBJJ: Surabaya
    Mata kuliah: Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini
    Tindakan atau perlakuan guru atas anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya pada video tersebut sudah tepat. Pada saat anak akan menggambar tapi anak merasa bingung, guru menanyakan anak mau menggambar apa dan selanjutnya memberi arahan supaya anak mempunyai gambaran apa yang akan digambar. Kemudian guru memberi saran kepada anak tentang apa yang akan digambar meskipun tidak sesuai dengan temanya, karena biasanya anak belum bisa mengkaitkan gambaran dengan temanya. Guru harus selalu memotivasi anak dengan apa yang anak sukai dan memberi apresiasi dengan apa yang anak lakukan supaya anak merasa senang. Guru juga berusaha mengeksplor apa yang bisa anak gambar. Pendekatan memotivasi anak sangatlah penting. Guru menanyakan gambar berupa coretan yang tidak jelas kepada anak yang baru masuk sekolah karena motoriknya belum bagus kemudian guru menuliskan judulnya. Hal yang paling menyenangkan adalah guru mengajak anak menggambar dengan langsung melihat objeknya. Kesimpulannya guru harus memberi pengarahan, memotivasi dan memberi apresiasi terhadap hasil karya anak supaya anak senang dan lebih percaya diri.

  9. Nama : lailatul badriyah
    NIM : 858976301
    Pokjar : IGTKI Jember
    kepercayaan diri hampir semua terjadi pada anak usia dini, apalagi pada saat semester awal atau pertama kali bersekolah, dimana anak akan masuk dalam lingkungan serta suasana baru . Di sinilah peran guru atau pendidik bagaimana dalam mengelola dan mengatur proses pembelajaran yang menyenangkan yang dapat merangsang dan menstimulasi anak agar dapat berbaur dengan lingkungan barunya .
    Dalam video tersebut sudah dijelaskan serta dipaparkan jenis kegiatan yang dapat kita gunakan atau terapkan yang dapat memicu meningkatnya rasa percaya diri pada anak.

Leave a Reply