silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : emerensiana kemba
Nim : 859287688
Dari vidio anak tidak percaya diri menjelaskan cara mengatasinya ketika anak tidak percaya diri,,,sebagai seorang guru sangat berperan aktif dalam membimbing anak-anak.guru mencari tau penyebabnya,guru memberi ruang kebebasan bagi anak untuk berkreatif,dan selalu memberi pujian kepada anak.
Nama : Eleonora Christabela Fanny F.
NIM : 8993275
UPBJJ : Jember/ IGTKI
Selamat pagi, izin menanggapi video mengenai “Anak Tidak Percaya Diri”.
Pembelajaran di kelas mengajak anak untuk terlibat aktif. Seperti ketika diajak bermain, menghitung, maupun bernyanyi. Ada kalanya ketika anak diminta bernyanyi bersama, semua anak akan bernyanyi bersama. Akan tetapi, jika diminta bernyanyi sendiri malah tidak bersuara. Hal ini disebabkan kurangnya rasa percaya diri pada anak.
Video “Anak Tidak Percaya Diri” menggambarkan seorang pendidik yang sedang menangani anak yang kurang percaya diri atas hasil belajarnya. Pendidik dalam program ini menggunakan berbagai cara agar anak merasa didukung dan berani mengekspresikan diri. Beberapa cara yang dapat seorang pendidik lakukan agar anak semakin percaya diri, yaitu:
1. Pendidik dapat melakukan pendekatan kepada anak.
2. Pendidik membuka ruang diskusi, sehingga anak yang merasa ragu atau tidak mengerti dapat mengungkapkan perasaannya. Kemudian pendidik dapat mendengar dan mencarikan solusi yang tepat untuk mendukung anak dalam proses pembelajaran.
3. Pendidik dapat memotivasi dan mendorong kreativitas anak dengan mengeksplorasi setiap pemikiran sang anak.
4. Pendidik dapat memberikan saran kepada anak tanpa mengubah kreativitasnya.
5. Memberikan pujian atau reward pada anak yang berani aktif.
Dari cara tersebut, seorang pendidik dapat membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri.
Sekian, terima kasih.
NAMA : HALIMATUS SA’DIYAH
NIM : 858757697
UPBJJ : SURABAYA
JUDUL VIDEO : “ANAK TIDAK PERCAYA DIRI”
MATA KULIAH : METODE PENGEMBANGAN PERILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR ANAK USIA DINI
Assalamualaikum…..
Berdasarkan video tersebut adalah menggambarkan seorang guru menangani anak yang krang percaya diri dalam menggambar pada kegiatan belajar mengajar. Berbagai macam strategi yang digunakan untuk menangani anak yang kurang percaya diri, diantaranya memberikan kebebasan anak untuk menggambar sesuai kreativitas, menanyakan keinginan untuk menggambar, memberikan motivasi dan arahan, serta mengajak anak untuk menggambar di luar kelas, dan menempelkan hasil karya di papan tulis.
Menurut saya strategi tersebut sudah cukup bagus, selain itu kita dapat mengembangkan kepercayaan diri melalui bernyanyi, bertepuk, bergandengan, dan bermain bersama, senam irama, bermain peran, dan fun games lainnya. Kita dapat merangsang perkembangan percaya diri dengan berbicara dengan menatap lembut, menyentuh, dan mengajak anak untuk berdiskusi, dan memberikan pujian hasil karyanya, dan memberikan reward berupa stiker dan bintang atau yang lainnya. Pada dasarnya anak sangat suka bermain, maka buat anak merasa nyaman dan senang saat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan berbagai media sesuai dengan minat anak tanpa disadarinya ia sedang bermain sambil belajar.
NAMA : Adi Wachidin
NIM : 859945094
UPBJJ : JAKARTA
JUDUL VIDEO : “ANAK TIDAK PERCAYA DIRI”
Sebagai penyedia sarana pendidikan, guru tidak hanya memiliki tugas untuk menyampaikan materi pelajaran namun juga membantu anak-anak usia dini membangun karakter dan juga menyelesaikan tugas perkembangan di usianya. Hal ini dapat tercapai jika rasa percaya diri anak berkembang dengan baik, sehingga anak akan lebih siap dan mampu menghadapi segala tugas perkembangan di usianya juga mampu menyerap berbagai macam informasi maupun pembelajaran yang diberikan oleh guru. banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam membangun rasa percaya diri pada anak diantaranya menanyakan kesulitan yang dihadapi anak, lalu memberikan saran yang tepat, memotivasi anak agar muncul kreativitasnya, membantu anak mengeksplorasi potensi yang dimiliki, serta membantu anak untu lebih berani menunjukan kemampuan dirinya. bila cara tersebut dilakukan anak akan terbiasa dan rasa percaya diri anak akan tumbuh seiring berjalanya waktu.
Terimakasih.
Nama : Fatmawati
NIM : 858321297
* Anak Tidak Percaya Diri *
Dari video anak yang sudah saya tonton mengenai anak tidak percaya diri ada hal-hal yang saya temui yaitu anak tidak percaya diri atas hasil karya yang mereka buat, jika anak tidak percaya diri maka anak tidak dapat mengembangkan kreativitasnya. hal yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak atas karya yang mereka buat adalah dengan melakukan kegiatan menggambar yang disukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema, grur dapat memotivasi anak untuk menggambar sesuatu yang sangat ia sukai, mengeksplorasi potensi anak terkait tema yang sedang ditugaskan, melakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa melakukannya sendiri. pada tahun ajaran baru peserta didik belum dapat menggambar dengan baik karena fungsi motorik halusnya belum terlatih sehingga gambar yang dihasilkan berupa coretan, dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk meceritakan/menerangkan coretannya dan menuliskan judul karya anak tersebut. dan bila perlu guru mengajak anak untuk menggambar diluar kelas atau lingkungan kelas sehingga anak dapat melihat dan menuangkan idenya kedalam gambar hal ini juga dapat mengantisipasi kebosanan.
Nama : Fatmawati
NIM : 858321297
Anak Tidak Percaya Diri
Dari video anak yang sudah saya tonton mengenai anak tidak percaya diri ada hal-hal yang saya temui yaitu anak tidak percaya diri atas hasil karya yang mereka buat, jika anak tidak percaya diri maka anak tidak dapat mengembangkan kreativitasnya. hal yang dapat guru lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak atas karya yang mereka buat adalah dengan melakukan kegiatan menggambar yang disukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema, grur dapat memotivasi anak untuk menggambar sesuatu yang sangat ia sukai, mengeksplorasi potensi anak terkait tema yang sedang ditugaskan, melakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa melakukannya sendiri. pada tahun ajaran baru peserta didik belum dapat menggambar dengan baik karena fungsi motorik halusnya belum terlatih sehingga gambar yang dihasilkan berupa coretan, dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk meceritakan/menerangkan coretannya dan menuliskan judul karya anak tersebut. dan bila perlu guru mengajak anak untuk menggambar diluar kelas atau lingkungan kelas sehingga anak dapat melihat dan menuangkan idenya kedalam gambar hal ini juga dapat mengantisipasi kebosanan.
Nama : Dela Nurmalita
NIM : 857524158
Dalam video menjelaskan bahwa anak usia dini masalah tidak percaya diri kerap muncul sehingga anak menjadi tidak kreatif dan kondisi ini sangat perlu diperbaiki.
Biasanya anak tidak percaya diri dengan hasil karya yang dibuatnya. Dan guru berperan untuk meningkatkan percaya diri dan kreativitas anak didiknya. . Cara cara tersebut juga disampaikan dalam video yaitu :
3. Guru menanyakan kepada ana terkait tugas yang diberikan jika anak terlihat ragu
4. Guru memberikan dorongan,saran dan motivasi tentang gambar yang akan diseukai oleh anak
5. Guru mengeksplorasi kemampuan anak dalam embuat kreativitasnya
6. Melakukan mendekatan kepada anak dengan selalu memotivasi mengenai gambar anak
7. Meminta anak meceritakan goresan atau gambar abtstrak yang anak buat.
Solusi yang disamaikan dalam video tersebut sangat membantu guru paud dalam memotivasi dan memberi dorongan kepada anak untuk meningkatkan percaya diri anak.
Nama : Aef Syaeful Bahri
NIM : 859946372
Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
Setelah saya menonton video tersebut, teknik-teknik yg di sebut kan sangat membantu Untuk pembelajaran di kelas jika di terapkan, khusus nya dalam Hal meningkatkan percaya Diri terhadap Anak.
NAMA : selis dayanti
NIM : 856491666
MK : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Dari tayangan vidio tersebut mengajarkan tentang melatih kepercayaan diri anak dengan cara memberikan memberikan kebebas kepada anak dalam memilih kegiatan yang disukainya dan memberikan arahan jika anak kesusahan dalam menegrjakan tugasnya. anak jika di beri pujian/Reward dari setiap karya atau perbuatan baik yang dilakukan anak maka kepercayaan dirinya akan meningkat.
Nama : Nora Santika Sembiring
NIM : 859809569
UPBJJ : MEDAN
Mata Kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional
Judul Video : Anak tidak percaya diri
Pada video ini metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut sudah menunjukkan upaya peningkatan kemampuan percaya diri dan kreativitas anak. Disini guru sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Guru tersebut berupaya mendekati anak, guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Guru sudah memberikan kesempatan dan mendukung minat dan bakat anak untuk menggambar meskipun berbeda dengan tema saat itu . Guru berusaha untuk menjalin komunikasi dengan anak agar anak mau mencoba kegiatan dan meyakinkan anak bahwa anak pasti bisa melakukannya bahkan guru secara langsung membimbing anak untuk memberikan contoh agar anak dapat melanjutkan sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.
Saran dan masukan kepada guru
Guru dapat meningkatkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dengan kegiatan menggambar tersebut . Selain menempel hasil karya anak di papan tulis , guru dapat membuat animasi bergerak melalui animated drawings , disini guru dapat memilih gerakan yang diinginkan dan menampilkannya di laptop atau di infokus menggunakan hasil karya yang sudah dibuat oleh anak sehingga anak-anak akan merasa tertarik, kegiatan menggambar lebih menyenangkan dan semakin menghargai hasil karyanya . Setiap kegiatan yang dilakukan anak dapat diberikan reward berupa pujian sehingga anak akan semakin antusias ,bersemangat dan semakin percaya diri dan kreatif dalam melakukan kegiatan selanjutnya .