silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Nur Rama Yulieta
NIM : 858426972
Video tersebut menunjukkan pendekatan positif seorang guru Taman Kanak-kanak dalam menangani anak yang kurang percaya diri. guru memberikan beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak yaitu dengan cara memberikan saran untuk menggambar apa yang disukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema pembelajaran pada saat itu,Guru berusaha membangun kepercayaan diri anak dengan memberikan motivasi dan dukungan. Melalui pertanyaan terbuka, guru mendorong anak untuk mengekspresikan ketidakpahaman dan menawarkan alternatif aktivitas kreatif, seperti menggambar, yang relevan.
Teknik yang dilakukan oleh guru dalam video ini sangat baik:
1. Guru menanyakan kepada anak apabila masih ragu dengan tugas yang diberikan
2. Guru memberi saran meskipun tidak sesuai dengan tema yangn diberikan
3. Memotivasi kreativitas anak
4. Mengeksplorasi pontensi anak
5. Mengajak anak belajar di luar kelas
6. Memberi kebebasan kepada anak menggambar
Kegiatan lain yang dapat diberikan oleh guru anak:
1. Guru merancang kegiatan kerjasama dalam kelompok agar anak yang tidak percaya diri dapat bergaul dengan teman-temannya
2. Guru mengajak anak bernyanyi bersama
3. Guru mengajak anak bermain bersama di halaman sekolah
4. Selain menggambar, guru dapat mengajak anak-anak tebak gambar atau menirukan suara binatang
Dalam video pembelajaran diatas dijelaskan bahwa penting dalam membangun rasa percaya diri pada anak sejak dini dengan membiarkan anak melakukan kegiatan yang sesuai dengan bakatnya,serta adanya dorongan yg positif dari lingkungan
Nama jakia sampulawa
Nim 855708743
Video diatas menjelaskan bahwa penting sekali membangun rasa percaya diri pada anak sejak dini,dengan memberikan kebebasan anak melakukan kegiatan sesuai dengan bakatnya.
Nama : Xaudiyani Harefa
NIM : 857328266
Pemaparan cara yang diberikan untuk menambah motivasi percaya diri pada anak sangat baik. Guru membimbing, menemani dan memotivasi anak agar percaya diri untuk mencoba. Hanya, menuert saya, dalam video tersebut, guru banyak mengambi alih tugas anak, contohnya memegang tangannya pada saat menggambar, menggambar kolam ikan secara langsung di lembar gamabr anak. Hal ini tentunya menghambat kreativitas anak. Malah sebaliknya, membuat anak tergantung pada orang dewasa di sekitarnya. Baiknya, guru hanya memberikan pertanyaan pemantik/yang menstimulus anak untuk berpikir, dan biarkan anak mengerjakannya. GUru dapat memberikan contoh di lembaran lain bila anak masih bingung.
Nama : Trianita Shahrianti
NIM : 859516385
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dalam video ini menjelaskan kepribadian anak yang tidak percaya diri atas hasil karayanya. Stimulasi yang diberikan oleh guru sudah cukup baik dalam melatih percaya diri anak seperti menanayakan hal yang disukai anak, memberikan dorongan dan motivasi atas karya anak, memberikan saran, berdiskusi untuk mengeksplor kreativitas anak. namun kegiatannya perlu diperluas lagi, tidak hanya satu karya saja seperti mewarnai, namun bisa saja anak diajak untuk memperkalkan diri di depan teman-temannya, bercerita, ataupun bernyanyi untuk mendorong imajinasinya.
Video mengenai Anak tidak percaya diri tersebut, sudah sangat baik. Terlihat guru mencoba menstimulasi anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Stimulasi-stimulasi yang diberikan guru, seperti berupaya mendekati anak, memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak, sudah sangat baik. Tujuannya adalah untuk membantu anak meningkatkan kepercayaan dirinya atas usaha karya yang sedang dikerjakan oleh anak.
Saran yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman saya ketika ingin meningkatkan kepercayaan diri anak, adalah :
1. Guru dapat selalu mengingatkan anak, bahwa berbedapun tidak apa-apa dan karyanya tidak harus bagus. Selama anak-anak sudah berusaha, itu sudah hebat.
2. Untuk kegiatan Menggambar seperti pada video tersebut, dimana guru mengajak anak keluar kelas sehingga anak mempunyai referensi untuk objek gambar anak. Hal ini dapat juga dilakukan guru dengan cara membacakan anak cerita dengan media buku bergambar atau bisa juga dengan bigbook, kemudian setelah kegiatan bercerita, guru dapat meminta anak untuk menggambar apa saja yang terdapat dalam cerita tersebut. Hal ini memungkinkan anak mempunyai referensi untuk objek menggambarnya.
3. kepercayaan diri anak, dapat dilatih melalui pembiasaan-pembiasaan seperti : Guru membuat suasana dan kondisi kelas yang nyaman, guru memberikan perhatian dan kasih sayang, guru selalu memberikan dukungan dan kata-kata yang positif untuk anak, guru membiasakan anak-anak untuk saling memberikan dukungan dan kata-kata yang positif kepada sesama anak, guru menstimulasi anak dengan kegiatan-kegiatan bermain yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, seperti meminta anak untuk maju bernyanyi kedepan kelas.
Untuk melatih anak agar dapat percaya diri dengan apa yang dilakukan oleh anak atau atas hasil karya/ belajar anak, diperlukan waktu serta pembiasaan untuk selalu mendukung dan memotivasi anak dengan lingkungan dan kata-kata yang positif.
Terima Kasih.
Nama: JUNIAR AMRI
NIM: 859426033
Video ini sangat bermanfaat untuk memberikan contoh nyata tentang bagaimana guru dapat mendukung pengembangan rasa percaya diri anak dalam proses belajar. Pendekatan yang digunakan guru, seperti memberikan penguatan positif, mendekati anak secara personal, dan memotivasi dengan opsi aktivitas lain, menunjukkan strategi pembelajaran yang sensitif terhadap kebutuhan individu anak. Guru juga membantu anak mengeksplorasi kreativitasnya dengan tetap mempertahankan tema awal, yang memberikan fleksibilitas sekaligus struktur dalam pembelajaran.
Strategi ini tidak hanya membantu anak merasa dihargai atas usahanya, tetapi juga mendorong mereka untuk mencoba hal baru tanpa takut gagal. Pendekatan ini sangat relevan dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak, terutama dalam membangun kepercayaan diri dan kemampuan mengambil keputusan. Video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru lain untuk menerapkan metode serupa dalam membantu anak menghadapi tantangan dalam belajar, dengan cara yang inklusif dan mendukung.
Anak tidak percaya Diri
Nama : ANANIAH
NIM : 858315483
Video tentang anak tidak percaya diri ini sangat bermanfaat,karena mengenalkan cara-cara bagaimana menghadapi anak tidak percaya diri dalam mengerjakan tugasnya, biasanya ini di alami anak kelompok A karena baru mengenal Pensil dan sebagian anak belum bisa memegangnya. Dengan motivasi dan dukungan serta pujian dari guru anak akan percaya diri. Anak di bairkan mengerjakan tugas yang dia sukai dan bagaimanapun hasilnya harus dipuji oleh guru dan tetap diberi masukan dan arahan agar selanjutnya agar hasil kerja anak lebih baik lagi.
Setelah saya lihat video tersebut dimana seorang guru sangat luar biasa untuk memberikan pembelajaran ke pada anak agar anak dapat percaya diri dan strategi ini sangat membantu perkembangan anak agar anak tidak putus asa untuk percaya diri