silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Judul : Anak tidak Percaya Diri
Nama : Aini Kurniati
NIM : 857778437
Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa peran guru sangatlah penting dalam membangun rasa kepercayaan diri seorang anak. Guru memberi saran, memotivasi dan mengeksplor potensi anak.
NAMA : NURHAYATI
NIM :856288216
Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
pada video diatas menggambarkan tentang beberapa anak yang tidak percaya diri dalam pelajaran menggambar, dimana pada pelajaran menggambar atau mewarnai anak merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya, hal tersebut terlihat jelas pada video diatas, sehingga guru ikut serta membantu anak untuk menyakinkan bahwa apa yang dilakukan anak tersebut suda baik dan benar. Adapun hal-hal yang dapat menjadikan anak percaya diri diantaranya yaitu :
1. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak,
2. Menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya,
3. Memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan,
4. Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
5. Guru memberikan umpan balik, berupa pujian, pelukan kasih sayang bagi anak yang percaya diri dengan kemampuannya, tentunya hal tersebut akan merangsang anak-anak yang lain untuk bisa seperti temannya yang percaya diri.
6. Guru memberikan reeword atau hadiah sebagai penyemangat agar anak percaya diri dengan karya yang dibuatnya.
Langkah-langkah tersebut tentunya akan sangat membantu anak dalam bersikap percaya diri. Untuk mendukung anak agar percaya dirinya meningkat maka seorang guru tentunya memiliki cara-cara yang jitu agar anak tersebut memiliki sikap percaya diri, salah satunya yang suda dipaparkan diatas.
Beberapa tehnik yang diberikan pendidik agar anak percaya diri
1.menanyakan kepada anak jika anak masih ragu atas tugas yang diberikan.
2.Guru memberikan saran untuk menggambar meskipun gmbar tidak sesuai dengan tema.
3. Guru memotivasi kepada anak untuk menggambar yang disukai
4. Mencoba mengekplorasi mengenai gambar yang dibuat
5. Melakukan pendekatan dengan memotivasi bahwa anak bisa menggambar sendiri.
Ada beberapa kasus pada saat awal masuk sekolah bahwa anak belum bisa menggambar karena motorik halus belum berkembang dengan sempurna. Mereka menggamnar hanya corat coret dan garis. Tugas pendidik adalah mengarahkan agar anak menuliskan karyanya di tulis dkertas gambar.
Nama : Ita Purnama
Nim : 856287658
Judul : Anak Tidak Percaya Diri
Pada video tersebut dijelaskan berbagai teknik menumbuhkan rasa percaya diri anak diantaranya : menanyakan kepada anak apakah masih ragu tentang tugas yang diberikan, menyarankan kepada anak untuk menggambar sesuatu walaupun tidak sesuai dengan tema pada waktu itu, memotivasi kreativitas anak seperti menggambar apa yang paling disukainya kemudian mengeksplorasi potensi anak terkait gambar yang dibuatnya. kemudian guru juga bisa mengajak anak untuk menggambar bebas atau mengajak anak menggambar di luar / di alam.
videonya sangat bermanfaat, saya menemukan cara untuk memotivasi anak dan menumbuhkan rasa percaya diri anak..terima kasih
NAMA : SUHARTIANI
NIM : 859145266
Izin memberikan komentar…
Vidio tersebut membahas tentang ” anak yang kurang percaya diri sehingga menghambat kreativitas dalam belajar “….
kegiatan pengembangan yang digunakan adalah kegiatan menggambar dan mewarnai. dalam kegiatan tersebut anak-anak diberikan motivasi untuk menggambar apa yang mereka sukai, selain itu guru juga terlihat aktif bertanya kepada anak terkait kegiatan yang belum mereka mengerti, selain itu guru juga terlihat memberikan masukan kepada anak untuk menggambar apa yang mereka sukai, hal ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak. selain itu guru juga terlihat aktif mengeksplor kemampuan anak dengan memberikan anak gambar-gambar yang lain, namun masih satu topik. selain itu guru juga terlihat meransang kepercaan diri anak dengan meminta anak untuk bercerita terkait gambar apa yang mereka buat.
dari vidio tersebut saya bisa belajar cara meransang kreativitas serta rasa percaya diri anak, vidio ini sangat bermanfaat khususnya dalam meransang kepercaan diri serta kreativitas anak melalui teknik menggambar dan mewarnai.
NAMA : SUHARTIANI
NIM : 859145266
Izin menjawab… dalam vidio tersebut saya dapat mengambil pembelajaran yang sangat banyak. vidio tersebut membahas tentang cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk meransang rasa percaya diri serta kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai. melalui kegiatan mewarnai anak dapat belajar meningkatkan kepercayaan dirinya. dalam vidio tersebut guru terlihat aktif bertanya kepada anak terkait tugas mana yang belum mereka fahami, selain itu guru juga terlihat aktif memberikan saran kepada anak terkait bagaimana cara menggambar yang baik, guru juga terlihat memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar benda apa yang mereka sukai, hal ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak, selain itu guru juga terlihat menanyakan kembali gambar apa yang anak buat serta meminta anak untuk bercerita, hal ini tentu akan menumbuhkan rasa percaya diri anak.
vidio tersebut sangat menginspirasi serta sangat membantu saya dalam mengembangkan kreativitas anak serta rasa percaya diri anak.
Nama : Winie Wilianurunnisa
NIM : 836486914
Pokjar : Awipari
izin menanggapi. Pada video tersebut, terlihat guru sedang melakukan metode untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak. Dengan kegiatan menggambar. Namun ada anak yang nampak tidak percaya diri pada hasil karyanya. Guru dapat melakukan metode berikut untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. dengan menanyakan kepada anak jika anak masih ragu atas tugas yang diberikan. Guru dapat memberikan saran untuk menggambar meskipun gambar tidak sesuai dengan tema. Guru memberikan motivasi kepada anak untuk menggambar yang disukai olehnya. Guru meminta anak untuk mencoba mengekplorasi mengenai gambar yang dibuat. Dan melakukan pendekatan dengan memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri. Pada anak yang bermasalah, guru dapat meminta anak untuk membuat gambar yang paling disukai dan bisa ia gambar. Selain itu, guru juga dapat memberikan apresiasi pada hasil gambar anak.
Terima kasih
Nama : Nurhayati
Nim. : 859559915
Judul : Anak tidak percaya diri
Pada video ini ada beberapa anak yang tidak percaya diri dimana pada pembelajaran i
ni menggambar dan mewarnai anak tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki,
Oleh karena itu kita sebagai seorang guru melakukan pendekatan dengan anak dengan mengajak anak menggambar sendiri.
Nama: Yosi Anindiyowati
NIM: 857570162
Judul: Anak tidak percaya diri
Pada vidio diatas menggambarkan beberapa anak yg tidak percaya diri atau kurang percaya diri dengan kemampuannya.
Sebagai seorang guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak kita perlu mengapresiasi segala hasil karya anak, memuji apa yg sudah dibuat oleh anak, tidak boleh membandingkan antara anak yg satu dengan yg lain.
mendampingi anak ketika sedang mengerjakan tugas dan mengapresiasi hasil karyanya.
Terimakasih
Di video ” Anak Tidak Percaya Diri” Menjelaskan tentang bagaimana kita membuat anak didik kita menjadi percaya diri seperti di dalam video membahas tentang keterlibatan dalam kegiatan sosial: Dorong anak untuk terlibat dalam kegiatan kelompok atau kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membangun keterampilan sosial mereka dan memberikan rasa keberhasilan dalam berkolaborasi dengan orang lain.
Latihan Komunikasi Positif: Bantu anak untuk berbicara tentang diri mereka dengan cara yang positif. Misalnya mereka bisa diajarkan untuk menggunakan afirmasi positif atau berbicara tentang hal-hal yang mereka nikmati dan kuasai.
Dengan pendekatan yang tepat, anak dapat merasa lebih percaya diri seiring waktu, meskipun ini bisa memerlukan kesabaran dan konsistensi.