silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
NAMA : IKA YULIA PURMASARI
NIM :858830824
JUDUL :ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
Dalam vidio tersebut guru sudah sangat baik dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri dengan memberikan motivasi anak membuat gambar yang mereka sukai.Guru juga memberikan pujian terhadap gambar yang mereka buat.Guru juga memberikan ruang terbuka untuk anak mengamati hal yang ada disekitarnya.Guru juga memberikan semangat kepada anak,sehingga anak merasa mampu dan percaya diri terhadap apa yang dia kerjakan ataupun lakukan
Nama = Marliana
NIM = 859948756
Setelah saya melihat video diatas dengan judul ANAK TIDAK PERCAYA DIRI. Saya melihat dalam video tersebut tampak bahwa guru dapat mendekatkan diri pada anak yang bermasalah atau anak yang tidak percaya diri serta cenderung tidak kreatif.
Upaya yang dilakukan oleh guru tersebut bisa menjadi contoh yang baik dalam meningkatkan percaya diri anak, yaitu :
1. Guru menanyakan = guru bertanya kepada anak apakah ada kesulitan, atau apa yang ingin digambar oleh anak, atau bertanya tentang apa saja sesuai kondisi sang anak.
2. Guru memberi saran = guru dapat memberi saran kepada anak agar anak dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi mereka.
3. Guru memotivasi kreatifitas = guru meminta anak untuk menggambar sesuatu yang mereka sukai.
4. Guru mengeksplorasi potensi anak = guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak.
Nama: Syakila Fauziani Adawiyah
NIM: 859940966
UPBJJ: Jakarta
Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Mengajar
Komentar:
Dari video diatas guru memberi kebebasan kepada anak untuk memilih aktivitas lain yang masih terkait tema, membuka peluang bagi anak untuk bereksplorasi lebih jauh. Hal ini membantu anak mengembangkan kreativitas dan kemampuan untuk berpikir secara mandiri. Motivasi yang diberikan oleh guru membantu anak tetap termotivasi dan tidak mudah menyerah. Guru menunjukkan kepedulian pada perkembangan dan pemahaman anak, yang penting agar anak merasa didukung dan tertantang untuk mencoba hal baru.
Bismillah,,,
Nama: Rani Kartika
NIM: 859682824
UPBJJ: Bandung
Dalam video berjudul anak tidak percaya diri, saya sangat terinspirasi untuk melakukan hal yang sama swperti bu guru yang ada di video untuk mengatasi anak yang kurang percaya diri.
Terimakasih
Nama : Leni indriyani
NIM : 857468042
Upbjj : Bandung
Menurut saya, dalam video tersebut guru telah memberikan stimulasi yang cukup baik kepada anak usia dini. Hal ini bisa dijadikan contoh bagi kita sebagai pendamping anak dalam membangun rasa percaya dirinya. Misalnya, di awal kegiatan, guru memberikan dorongan agar anak tidak merasa takut atau ragu untuk mengekspresikan perasaannya melalui gambar. Guru juga memberikan arahan kepada anak yang tampak kurang yakin, dengan menyarankan mereka untuk menggambar hal-hal yang mereka sukai. Dengan begitu, anak bisa lebih fokus dan menikmati proses menggambarnya. Guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi hasil karyanya sendiri dan terus memberikan dukungan positif agar anak merasa mampu melakukannya secara mandiri.
Nama : Miya Yunita
NIM: 857725981
Makul: Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional
Seri: Pengembangan Sosial Emosional PAUD
Judul: Anak Tidak Percaya Diri
Dari video tersebut Guru terlihat menangani anak yang kurang percaya diri untuk mengerjakan tugas. Guru menstimulasi dengan membuat nyaman si anak, Guru juga melakukan pendekatan pada anak dengan memotivasi bahwa anak pasti bisa. Hal ini dapat kita terapkan dilembaga jika ada anak yang kurang percaya diri terkait tugas yang dikerjakan.
Terimaksih.
Nama : ANISA SALWA
Nim : 855860574
Video GPO ini menggambarkan seorang guru TK yang menangani anak yang tidak percaya diri dengan hasil belajarnya. Guru melakukan upaya pendekatan personal dengan memberi motivasi, bertanya jika anak ragu, memberi pilihan aktivitas, dan menyarankan anak menggambar sesuai minat tapi tetap dalam tema.
Hal unik: Guru memberi kebebasan berekspresi sambil tetap mengarahkan sesuai tujuan belajar.
Kelebihan: Pendekatan humanis, membangun rasa percaya diri, fleksibel, mendorong kreativitas anak.
Kekurangan: Membutuhkan waktu dan keterampilan khusus, serta tidak semua anak bisa langsung merespons.
Resolusi: Guru berhasil membimbing anak agar tetap mau mencoba, merasa didukung, dan akhirnya berpartisipasi aktif dalam tugas.
Video ini menekankan pentingnya peran guru sebagai pendamping emosional dalam pembelajaran anak usia dini.
Nama : Najwa Lailal Muna
NIM : 858830358
UPBJJ/POKJAR :Malang/Joyoboyo (Kota Kediri)
Menurut saya, langkah Guru dalam video yang berjudul Anak Tidak Percaya Diri tersebut telah benar.
Memang terkadang untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak harus didekati, ditanyakan apa yang menjadi masalah dan kemudian kita memberikan motivasi serta memberikan ruang kepada anak untuk mengeksplorasi dirinya.
Nama : Yeti Erna Widiyanti
Nim : 859155425
UT. : Mataram
Judul video : Anak tidak percaya diri
Di dalam video tersebut guru cepat membantu anak dan guru juga cepat bertindak untuk membantu dengan pendekatan kepada anak tersebut di ajak perbicararan dan memberikan motivasi kepada anak tersebut
Nama:Engly Lumban batu
Nim:859155131
Upbj:Mataram
Menurut saya langkah guru dalam video yang berjudul anak tidak percaya diri tersebut telah benar,guru telah memberikan stimulasi dengan baik dan benar,contohnya bagi kita sebagai pendamping anak dalam membangun percaya dirinya,misalnya diawal kegiatan guru memberikan dorongan agar anak tidak takut dan ragu untuk mengekspresikan perasaannya melalui gambar, guru juga memberikan arahan kepada anak yang kurang percaya diri dengan menyarankan mereka menggambar apa yang mereka suka