silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Dari video tersebut terdapat beberapa pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk dapat mengembangkan sosial emosional anak sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan harapan

  2. Nama : Nur Tri Rahayu
    Nim : 859407026
    Dari video tersebut terdapat beberapa pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk dapat mengembangkan sosial emosional anak sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan harapan.

  3. Nama: Natalia Ariyani
    NIM: 858006194
    UPBJJ: Yogyakarta
    Prodi: PGPAUD
    Dalam video penanganan terhadap anak didik yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakan, saya dapat mempelajari beberapa tehnik, yaitu:
    1. Guru dapat menanyakan kepada anak apabila masih ragu dengan tugas yang diberikan
    2. Guru dapat memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang ia sukai sekalipun tidak sesuai dengan tema saat itu
    3. Guru dapat memotivasi kreativitas anak untuk menggambar hal yang anak sukai
    4. Guru dapat mengeksplorasi potensi anak, memberikan pertanyaan pancingan yang sesuai dengan tema saat itu.

    Selain itu, Guru juga harus melihat tahapan perkembangan motorik halus anak saat menggambar. Apabila anak masih menggores bebas, guru dapat menanyakan hasil karya anak dan membantu anak menuliskannya pada lembar hasil karya anak.
    Video pembelajaran ini dapat menjadi bahan refleksi dan referensi saat mengajar.

  4. Nama : Tuti Yuliawati
    NIM : 857467137

    Dalam Video tersebut, dijelaskan beberapa teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak melalui beberapa kegiatan. Antara lain : bertanya pada anak jika anak masih ragu dengan apa yang dikerjakan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, memotivasi anak dan mengekplorasi potensi anak. Di dalam video tersebut, guru mengajak anak untuk memajang hasil karya yang telah mereka buat untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak.

  5. Nama : SALMA HAMIDAH
    NIM : 858572929

    Menurut saya apa yang disampaikan dalam video informatif dan inspiratif. Beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak antara lain:
    1. Guru memahami bahwa anak sedang berproses sehingga tidak memaksa anak untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
    2. Guru menghargai setiap hasil karya yang dibuat anak.
    3. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil karya anak, yang diberikan dengan bahasa positif.
    4. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menghasilkan karya sesuai imajinasinya.
    5. Guru memberikan penghargaan, afirmasi positif terhadap proses belajar yang sudah dilakukan anak.

  6. Nama : Cicik Setianingsih
    NIM : 858532617
    Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul : Anak Tidak Percaya diri

    Kita sebagai Guru sering sekali menghadapi masalah anak yang kurang percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Saya terinspirasi sekali dengan video ini, dimana video ini memberikan strategi-strategi yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, seperti melakukan pendekatan pada anak, memberikan kebebasan pada anak dalam bereksplorasi, dan memotivasi anak. Dengan melihat video ini, saya sebagai guru memiliki peran penting dalam membantu anak-anak dalam membangun kepercayaan diri mereka melalui dukungan, pujian, dan pengalaman positif. Saya juga menyadari bahwa kepercayaan diri anak dapat dipengaruhi oleh lingkunga yang positif dan mendukung. Kita sebagai guru harus bisa menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung untuk anak-anak, sehingga mereka dapat merasa aman dan percaya diri.

  7. Nama: Nurul Isnaini
    NIM :857998067
    Mata kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional

    Seri: Pengenmbangan Sosial Emosional PAUD
    Judul: Anak Tidak Percaya Diri

  8. Nama : Ni Kadek Darmayanti Andriani
    NIM : 859038351
    UPBJJ : Denpasar

    Pada vidio ini menggambarkan seorang guru taman kanak – kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Pada anak usia dini masalah kepercayaan diri sering muncul, anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. Mengingat hal ini begitu penting, untuk itu perlu diperbaiki. Pada vidio ini “Dra, Siti Aisyah, M.Pd” membagikan beberapa Teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak, diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan sebagai berikut :
    1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang dikerjakan
    2. Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
    3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal – hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan pada anak
    5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi sehingga anak bisa menggambar sendiri. Pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak. Pada beberapa kasus, terutama pada anak yang baru masuk sekolah, anak belum dapat menggambar dengan baik karena motorik halus belum berkembang dengan sempurna, maka gambar anak hanya berupa corat-coret atau berupa garis dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk menerangkan hasil coretan yang telah dibuatnya dan menuliskan judul karya anak tersebut di kertas gambarnya, karena anak belum bisa menulis sendiri.
    6. Jika diperlukan ajak anak-anak untuk menggambar bebas di luar kelas atau menggambar di sekitar sekolah dan membiarkan anak menggambar apa pun yang mereka sukai. Hal ini sangat baik untuk mengembangkan daya kreativitas anak dan menghindarkan dari kebosanan.

    Jadi sebagi seorang guru kita harus dapat membangun rasa percaya diri anak didik kita, dengan memberikan motivasi, apresiasi akan usaha dan hasil karyanya, serta memberikan penguatan positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat dalam diri anak untuk terus belajar.

  9. NAMA : NURUL ISNAINI
    NIM : 857998067
    MATKUL : Pemantapan Kemampuan Profesional

    JUDUL : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI

    Mencermati video yang berjudul ” Anak Tidak Percaya Diri “, saya jadi lebih memahami peran penting guru dalam menumbuhkan percaya diri anak melaui kegiatan menggambar / melukis. Kegiatan tersebut mampu merangsang imajinasi anak dan respon anak terhadap lingkungan disekitar anak serta melatih kepekaan visual yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial dan mengasah kemampuan anak dalam menyalurkan gagasan, pendapat, keinginan dan tanggapan anak terhadap situasi serta kondisi di sekitar anak. Guru mampu mendorong anak untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaannya kemudian di ekspresikan dalam wujud gambar maupun lukisan dengan cara anak menggambar secara bebas dan meminta untuk menjelaskan visualisasi yang dibuat oleh anak tersebut. Berdasarkan video tersebut tehnik yang bisa digunakan oleh guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak antara lain memotivasi anak, memberikan saran, melakukan pendekatan untuk lebih memahami pemikiran dan perasaan anak.

  10. Nama : Mei Triani Zega
    Judul : Anak tidak percaya diri

    Menurut saya , video diatas sangat menginspirasi saya. Video ini mengingatkan saya kembali untuk selalu memotivasi anak dan melalui video ini juga saya memiliki dorongan dan semangat untuk belajar dan belajar lagi hal hal baru tentang anak usia dini.
    Jadi sebagi seorang guru kita harus dapat memberikan penguatan positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat dalam diri anak.

Leave a Reply