silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Noreen
    Nim : 858618328

    video Anak Tidak Percaya Diri, guru menunjukkan pentingnya memberi anak ruang dan waktu untuk berbicara tanpa tekanan, yang efektif untuk membangun rasa percaya diri. Video ini sangat membantu dalam memberi wawasan tentang pendekatan yang tepat untuk menangani anak yang tidak percaya diri, serta memberikan strategi yang aplikatif dalam mendukung pengembangan bahasa anak. Video ini sangat membantu, namun akan lebih baik jika ada ringkasan poin-poin penting di akhir video sebagai pengingat.

  2. Nama : Izzah putri
    Nim :857813635
    UPPBJ:Surakarta
    Setelah saya melihat vidio tersebut dappat disimpulkan bahwa menciptakan kepercayaan diri pada anak sangat sudah .
    Yaitu dengan cara:
    -Mendekati anak yang tidak percaya diri dan memberi motivasi .
    -Menciptakan suasana lingkungan agar tetap aman dan nyaman.
    Dalam vidio tersebut sangat membantu dan memotivasi saya sebagai seorang guru.

  3. Assalamualaikum, Izin berpendapat terhadap video diatas.
    Nama: Rani Kurniasih
    NIM: 878167446

    Karakteristik peserta didik di PAUD tentunya berbeda-beda. Ada yang pemberani, ada juga yang pemalu. Hal ini tentunya menjadi tugas utama guru PAUD untuk memperhatikan karakteristik setiap peserta didiknya. Cara menghadapi peserta didik yang tidak percaya diri sangatlah mudah, salah satunya memberi dia apresiasi untuk setiap hal kecil yang dia lakukan. Anak akan merasa lebih diperhatikan jika kita memberikannya apresiasi di setiap prosesnya. Selain itu, buatlah dia merasa aman ketika proses pembelajaran. Karena didalam realitanya, anak yang tidak percaya diri cenderung akan mendapatkan tindakan tidak mengenakan dari teman-temannya. Oleh karena itu, kita sebagai guru di PAUD harus bisa menjamin semua murid bisa memberi kasih sayang satu sama lain.

  4. Nama: Sri Darsiti
    NIM: 857469123
    Pokjar & Kelas: pokjar Awipari, kelas A
    Mata Kuliah: metode pengembangan sosial emosional
    Nama Tutor: NUR DINI FAUZIAH, S.PD.,M.PD.
    judul Video : Anak tidak percaya diri

    menurut saya kesimpulan dari vidieo diatas menunjukkan ada beberapa point cara mengatasi anak yang tidak percaya diri yaitu :
    – Guru melakukan pendakatan dan memberikan perhatian yang lebih kepada anak yang kurang percaya diri sehingga memberikan rasa nyaman kepada anak tersebut.
    – mengajak anak belajar menggambar diluar kelas dan memberikan kebebasan untuk bereksplorasi. agar suasana belajar tidak membosankan.
    – Memberi motivasi dan penguatan, sehingga menjadikan anak merasa lebih baik dan nyaman.
    – menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada anak.

  5. Nama : Norhayati
    NIM : 858329926

    video ini menunjukkan seorang guru menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. strategi yang dilakukan untuk membantu anak meningkatkan kepercayaan diri, yaitu

    1. guru tersebut mendekati anak dengan penuh perhatian, sehingga anak merasa nyaman dan percaya diri.
    2. guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, dan memberikan motivasi pada kreativitas anak.
    3. guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak.

    guru dalam video tersebut menggunakan pendekatan yang positif dan mendukung untuk membantu anak meningkatkan kepercayaan dirinya. strategi yang digunakan oleh guru tersebut dapat dijadikan contoh bagi guru-guru lain untuk membantu anak-anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya.

  6. Nama : Sumayyah Asysyahidah
    NIM : 857468074
    Pokjar / SALUT : Kab. Indramayu
    kelas : A Tasikmalaya
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional / PAUD4103
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S,Pd.,M,Pd
    Tugas Analisis vidio
    Dalam vidio tersebut ibu guru sudah baik dalam menyampaikan materi kegiatan dengan metode serta strategi-strategi kegiatan pembelajaran untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak didik. Pendekatan kepada anak didik, gaya berbicara dan kesabaran guru sangat terlihat dari vidio tersebut. Guru aktif memberi motivasi dan stimulasi kepada anak didik baru.
    Kelemahan dalam vidio tersebut penggunaan media pembelajaran yang terbatas, perlu adanya tambahan media pembelajaran agar kegiatan belajar anak lebih tereksplor dan perlu adanya evaluasi serta refleksi pada akhir pembelajaran agar anak didik lebih termotivasi dan menumbuhkan kepercayaan diri anak.
    terima kasih..

  7. Nama : LENI INDRIYANI
    NIM : 857468042
    Pokjar / SALUT : Kab. Indramayu
    kelas : A Tasikmalaya
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional / PAUD4103
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah, S,Pd.,M,Pd

    Setelah menonton video “Anak Tidak Percaya Diri”, saya menemukan bahwa guru sangat penting dalam membangun rasa percaya diri anak. Dengan mendekati anak dan mendorong mereka untuk merasa aman dan dihargai, guru menunjukkan kepedulian. Meskipun tidak sesuai dengan tema, anak-anak diajak berpartisipasi dalam kegiatan yang mereka sukai, seperti menggambar, untuk membantu mereka berkomunikasi dan berkembang secara kreatif. Agar kegiatan tidak membosankan, mereka dilakukan baik di dalam maupun di luar ruang kelas. Media seperti krayon dan buku gambar dipilih karena sudah dikenal dan berguna untuk melatih bahasa, emosi, kognitif, dan seni. Kelebihannya adalah guru memberikan penghargaan dan ruang untuk ekspresi. Meskipun demikian, anak-anak harus diberi kesempatan untuk meningkatkan kemandirian dan kreativitas mereka sendiri, karena guru terlalu banyak membantu menggambar dan kegiatan masih kurang bervariasi.
    Terimakasih🙏

  8. Nama : Baiti Jumiyarti
    Nim : 859152745
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini/PAUD4401

    Dalam video pembelajaran tersebut guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Strategi-strategi yang dilakukan oleh guru dalam video pembelajaran tersebut dapat membantu menstimulasi perkembangan anak agar lebih percaya diri untuk tampil dan berani mengemukakan pendapat serta percaya diri saat memperlihatkan hasil karyanya.

  9. Assalamualaikum wr. Wb.
    Saya Ida Wahyuni
    Nim :857619707
    Pkbjj :purwokerto

    Seri pembelajaran PAUD
    Mengatasi anak yang belum percaya diri

    Ada beberapa cara yang telah disebutkan dalam mengatasi anak yang belum percaya diri dalam vidio tersebut diantaranya
    – Guru menanyakan perihal apa yang belum dipahami anak.
    – Guru memberi saran tentang hal yang paling disukai anak , meskipun tidak sesuai tema .
    – Guru memotivasi kekreatifan anak .
    – Guru membantu mengeksplor imajinasi anak .
    – Guru mengajak anak untuk melakukam kegiatan diluar kelas agar tidak membosankan . Hal tersebut perlu dilakukan sewaktu waktu agar belajar anak tidak monoton didalam kelas .

    Mungkin lebih baiknya , ketika anak mengembangkan kreativitasnya dalam menggambar atau mewarnai biarkan anak melakukannya sendiri dengan ciretan sendiri , tidak dibantu oleh guru . Agar hasil karya anak asli dan sesuai dengan imajinasi anak. Baru nanti ketika akan dikumpulkan , anak ditanyai mengenai apa yang telah digambar dan maksud dari gambar mereka masing masing. Dan guru membantu menuliskannya di papan karya anak sesuai apa yanh disebutkan oleh anak. Sehingga dalam proses pengerjaan gambar dan warna real dari apa yang dipikirkan oleh anak. Guru hanya membantu memberi saran dan mengarahkan , tapi tidak perlu menuntun atau ikut menggambar dihasil karya anak.
    Menurut saya..
    Kurang lebihnya saya mohon maaf . Wassalamualikum wr. Wb

  10. Nama : Nur Inayah Arlika Sari
    Nim : 859404339

    Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum alaikum warohmatulohi wabarakatuh Izin mengeluarkan pendapat..

    Menurut saya, video tersebut merupakan cara atau strategi seorang guru untuk membangkitkan rasa percaya diri anak didiknya atas hasil belajarnya. Teknik yang dilakukan guru dalam video tersebut sangat efektif dalam membangkitkan rasa percaya diri anak karena secara holistik menyentuh aspek emosional, kognitif, dan motivasional dalam diri siswa. Menunjukkan kepedulian melalui pertanyaan tentang perasaan anak menciptakan ruang aman dan membangun koneksi emosional, membuat anak merasa dihargai dan didengarkan. Pemberian bimbingan melalui saran membantu anak mengatasi kebingungan, sehingga mengurangi rasa tidak berdaya. Memanfaatkan minat anak dengan membiarkan mereka mengerjakan tugas yang disukai menumbuhkan motivasinya karena anak mengerjakan sesuatu yang mereka kuasai dan nikmati. Mengeksplorasi berbagai kemungkinan terkait tema memperluas pandangan anak tentang potensi dirinya dan mengurangi fokus hanya pada satu hasil tertentu, sehingga kegagalan dalam satu area tidak lantas meruntuhkan seluruh kepercayaan dirinya. Terakhir, penggunaan pendekatan motivasi yang beragam memastikan bahwa setiap anak, dengan preferensi dan kebutuhan yang berbeda, dapat terjangkau dan terinspirasi untuk yakin pada kemampuannya.
    Secara keseluruhan, video tersenut memberikan contoh pembelajaran yang baik dalam membangkitkan rasa percaya diri anak.

    Sekian dari saya terimakasih

Leave a Reply