silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Berliana Nur Mei Riska
NIM : 857622823
UPBJJ : Purwokerto
Pojkar/Salut : Salut Cerdas Kebumen
Prodi : PGPAUD
Video tersebut sangat bermanfaat untuk kita para guru muda ketika di kelasnya ada anak yang kurang percaya diri, kita bisa belajar cara meningkatkan kepecayaan diri anak dan meningkatkan kreativitas anak setelah melihat video tersebut, diantaranya adalah guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu kepada tugas yang diberikan, guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai walaupun tidak sesuai tema pada hari itu, guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai, guru mengeksplorasi potensi anak terkait tema yang sedang ditugaskan pada hari itu, melakukan pendekatan pada anak dengan memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri, dan mengajak anak menggambar di luar kelas atau sekitar sekolah.
Nama : Winarsih
Nim : 867957545
Prodi : PG PAUD
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Perilaku & Kemampuan Dasar Anak Usia Dini
Ijin Berkomentar, menurut pendapat saya video tentang Anak Tidak Percaya Diri, guru selalu mendampingi anak. Guru memberikan saran pada anak dalam kegiatan belajar meskipun tidak sesuai dengan tema. Guru membimbing dan menuntun anak dalam melaksanakan kegiatan dikelas. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara menggambar sesuatu yang paling disukai anak agar anak tetap percaya diri dengan hasil karyanya. guru memberikan pertanyaan kepada anak atas hasil karya anak untuk menggali potensi anak. Guru selalu memberikan dukungan positif kepada anak. Dari video diatas kita sebagai pendidik harus selalu mendampingi, memotivasi serta menumbuhkan rasa percaya diri pada anak agar anak tetap percaya diri dilingkungan sekolah dan dimanapun mereka bertemu dengan orang-orang yang baru mereka kenal, Terimakasih
Nama: isro’in nadiya
Nim :868830444
Prodi : pgpaud
Izin menanggapi
Menurut saya vidio di atas sudah memberikan dukungan positif bagi anak. Dan guru sudah melakukan kegiatan- kegiatan yang mengacu pada permasalah tersebut yaitu tidak percaya diri, setelah anak mengumpulkan tugas guru harus memberi pujian kepada anak biar tambah semangat dan percaya diri
Ketika anak di berikan pujian atau/reward berupa benda anak tersebut merasa di hargai oleh orang lain.
Tetapi di vidio tersebut kekurangannya yaitu keterbatasan mainan edukasi dan APE.
Nama: isro’in nadiya
Nim: 868830444
Prodi: Pgpaud
Assalamu’alaikum
Izin menanggapi.
Menurut saya di vidio tersebut guru sudah memberi kegiatan-kegiatan yang positif untuk anak dan kegiatan tersebut membantu anak untuk melatih kepercayaan dirinya, akan tetapi ada beberapa masukan yang harus di lakukan guru yaitu menyapa dan sering menanyai anak tersebut. Memberi pujian ketika anak tersebut selelai mengerjakan tugas, dan memberi reward benda ketika anak sudah melakukan salah satu pencapaian ketika ank di beri pujian atau reward anak merasa di hargai orang lain.
Kekurangan dalam vidio tersebut kurangnya mainan edukasi dan APE.
Trimakasih.
Saran Perbaikan (jika ingin lebih kuat dan runtut):
Struktur kalimat bisa dirapikan agar lebih mengalir dan efektif. Saat ini kalimat agak panjang dan bertumpuk, sehingga kurang nyaman dibaca.
Bisa ditambahkan kalimat pembuka yang menjelaskan konteks umum program ini, misalnya apakah ini bagian dari pelatihan guru, program harian di kelas, atau bagian dari proyek tertentu.
Menambahkan sedikit penutup atau dampak dari tindakan guru akan memperkuat pesan akhir sinopsis, misalnya:
“Upaya guru ini berdampak positif terhadap semangat dan kreativitas anak dalam menyelesaikan tugas menggambar.”
Nama : Anissaritilawati
NIM : 856339502
Dari video diatas, dapat kita lihat cara guru mengatasi anak sangat efektif. Mulai dari memberi motivasi terhadap anak agar melakukan pilihan aktivitas yang lainnya. Cara pendekatan guru terhadap anak agar anak merasa nyaman sangat baik.
Nama : LENI TRIANA SARAGIH
Nim : 878252061
Prodi : PG PAUD
Mata kuliah : PKP
IZIN MENANGGAPI 🙏
Saya sangat tertarik dengan cara guru menyampaikan materi dalam video ini. Namun saya merasa akan lebih baik jika guru menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik, agar anak lebih antusias dan terlibat aktif dalam pembelajaran dan anak lebih bisa percaya diri akan hasil belajarnya sendiri. Karna kepercayaan diri itu penting untuk lebih di tingkatkan.
Nama : Fitri Marlina Batubara
NIM : 877799768
Pokjar / SALUT : Jakarta
Matakuliah: Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional
Tugas Analisis vidio
pada modul PGPAUD4103 Terdapat pendapat menurut Rachmawati (2025), proses pembentukan atau pendidikan karakter dilakukan melalui tahapan-tahapan tertentu. seperti video di atas dimana terdapat masalah pada kepercayaan diri anak, video tersebut memberikan beberapa tahapan untuk menjadi solusi pada permasalahan yang ada seperti guru
1. menanyakan kembali kepada anak, apakah ada yang masih belum bisa dan perlu bantuan?
2. guru memberikan saran untuk membuat gambar yang diminati walaupun tidak sesuai tema
3. guru memotivasi anak
4. guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat
pada video yang sudah saya tonton, guru terlihat mampu menyelesaikan permasalahan pada anak yang kurang percaya diri, sehingga semua anak mengikuti kegiatan belajajar dengan senang.
terima kasih
Selamat siang
Nama: Fitri Marlina Batubara,S.Pd
Nim: 877799768
pada video diatas menjelaskan beberapa tahapan dalam mengatasi situasi anak yang kurang percaya diri saat melakukan kegiatan belajar. sebagai berikut tahapan yang dilakukan:
1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang dikerjakan
2. Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak
4. Guru mencoba mengeksplorasi hal – hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan pada anak
5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi sehingga anak bisa menggambar sendiri.
pada buku modul PGPAUD4103 Menurut Rachmawati (2025) bahwa proses pembentukan atau pendidikan karakter dilakukan melalui tahapan-tahapan tertentu. bahwa semua anak memliliki tahapan pendidkan dengan beberapa tahap, dan setiap tahapan anak tidak bisa sama.
terima kasih
Nama : Ratna Kurniasari
NIM : 857857969
Prodi : PG PAUD
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar AUD
Ijin berpendapat Bapak Ibu. Video di atas sangat menginspirasi. Penguatan memang sangat dibutuhkan oleh anak usia dini. Dengan menerima motivasi, anak-anak akan merasa didukung sehingga akan timbul atau bertambah rasa percaya diri nya untuk melakukan sesuatu. Dengan pemberian penghargaan atau pujian akan hasil usahanya, anak juga akan merasa bangga dan kemudian menambah rasa percaya dirinya. Terima kasih untuk video ini yang sangat menginspirasi saya.