silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama
Nama: Mila Armista Jamilatin
NIM: 877957492
upbjj: Surabaya
Terimakasih sudah di ajarkan lewat video ini cara menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini dan cara menangani anak yang tidak percaya diri. video ini sangan bermanfaat bagi saya karena banyak saya temukan pada anak didik saya yang tidak percaya diri sehingga saya bisa menerapkannya.
Nama: Dwi Kartika Sari
NIM: 859947912
UPBJJ: Jakarta
Seorang guru perlu menumbuhkan rasa percaya diri anak agar mereka menjadi anak yang kreatif. Dalam video tersebut tampak seorang guru yang sedang menumbuhkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan menggambar. Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak, antara lain:
– menanyakan kembali kepada anak jika ragu dengan tugas yang diberikan.
– memberi saran untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai.
– memberikan motivasi dan meyakinkan anak bahwa mereka bisa melakukan sesuatu dengan baik.
– menggali potensi lain yang dimiliki oleh anak agar mereka lebih berkembang.
– memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi sesuai minat yang mereka miliki.
– memberikan pujian terhadap usaha yang telah anak lakukan.
Nama : luluk Indah Azani
NIM : 858467376
dari vidio di atas apa yang sudah dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak sangat bagus dengan memberikan pertanyaan kepada anak, memberikan saran kepada anak dan memotivasi kreatifitas anak agar rasa percaya diri anak semangin berkembang. selain kegiatan atau cara yang ada di vidio
untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, orang tua dan guru dapat menggunakan beberapa cara, seperti memberikan pujian, menciptakan lingkungan yang positif, mendorong anak untuk berani mencoba hal baru, dan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah sendiri.
1. memberikan pujian dan apresiasi : guru jangan ragu memberikan apresiasi pada pencapaian kevil anak. ini akan membantu anak merasa dihargai dan termotivasi. misalnya : pujilah anak karena mereka berusaha menyelesaikan puzzel bukan hanya puzzel itu selesai.
2. mendorong anak untuk berani mencoba hal baru : berikan anak pilihan dalam hal-hal kecil, ajak anak mencoba hal baru seperti kegiatan ekstrakulikuler atau bergabung dalam kelompok belajar
3. memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah : jangan langsung membantu anak saat mereka menghadapi masalah, berilah kesempatan untuk mencari solusi sendiri. kita bisa memberikan dukungan dan bimbingan jika diperlukan.
dengan menerapka berbagai cara secara konsisten orang tua dan guru dapat membantu anak PAUD menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat dan menjadi pribadi yang lebih berani dan mandiri.
Assalamu’alaikum
Lusiana
856765413
Palembang
Setelah saya nonton video gpo yang berjudul anak tidak percaya diri ini, yang saya lihat tindakan guru dalam menghadapi anak yang kurang percaya diri sangatlah bagus. Karena seorang guru harus tau karakter anak didiknya satu persatu agar kita bisa mengetahui apa yang di butuhkan anak dalam perkembangannya. Yang saya lihat di video gpo ini terdapat beberapa teknik yang dapat di lakukan oleh pendidik PAUD agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak
1.menanyakn kepada anak atas tugas yang di berikan
2.memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang di sukai
3.memotivasj kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang di sukai… Terimakasih ilmunya gpo… Salam sabar
NAMA: DINAR SUA TANTRI
NIM: 858568137
MATA KULIAH: PAUD 4401/ Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini
Video tentang Seri pengembangan Sosial Emosional I
Mohon ijin berdiskusi,
Video di atas menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Guru juga dapat mengajak anak untuk menggambar di lingkungan bebas agar anak tidak merasa bosan selalu belajar di dalam kelas.
Nama : Yindawati
Nim : 878193197
Judul video : anak tidak percaya diri
Tindakan guru sudah benar dengan memberikan kebebasan anak belajar meskipun tidak sesuai tema karena anak yang tidak percaya diri ketika diberi kebebasan maka hormon bahagianya akan muncul dan ini akan baik untuk memotifanya agar lebih percaya diri, guru juga aktif mengajaka anak berbicara karena anak yang tidak percaya diri cenderung pendiam ketika kita sebagai guru aktif mengajak anak bicara akan mendorong anka untuk lebih aktif dan dengan begitu akan menumbuhkan rasa percaya dirinya, dan gurun juga selalu memotifasi anak.
Yuningsih
Assalamualaikum
Setelah saya memperhatikan video ini, guru dapat memberikan contoh konkret bagaimana guru dapat menjadi fasilitator yang mendukung, bukan sekadar pemberi instruksi. Strategi yang digunakan dalam video ini dapat ditiru oleh para pendidik PAUD lain sebagai cara membina kepercayaan diri anak tanpa tekanan. Pendekatan ini sangat penting dalam membentuk lingkungan belajar yang positif, inklusif, dan ramah anak.
Guru dalam video tampak menerapkan pendekatan yang empatik dan konstruktif, dengan tidak langsung mengoreksi atau menekan anak, melainkan:
• Mendekati anak secara personal, membangun rasa aman dan kepercayaan.
• Memberikan penguatan verbal yang bersifat membangun, bukan menghakimi.
• Mendorong anak untuk memilih aktivitas yang masih relevan dengan tujuan pembelajaran namun lebih sesuai dengan minat anak.
• Mengajak anak mengeksplorasi ide lain, sebagai bentuk stimulasi kreativitas dan fleksibilitas berpikir
Nama : Arie Lestari
Nim : 859939266
Menurut saya Video ini sangat inspiratif dan relevan bagi pendidik maupun orang tua yang ingin membangun kepercayaan diri anak usia dini. Saya sangat menyukai teknik-teknik yang ditunjukkan, seperti memotivasi anak untuk menggambar apa yang mereka sukai meskipun tidak sesuai tema, serta memberikan ruang bagi mereka untuk menceritakan hasil karyanya. Pendekatan ini dapat membantu menumbuhkan self-esteem dan kreativitas anak. Selain itu, saran untuk membebaskan anak menggambar di luar kelas atau mengeksplorasi lingkungan sekolah juga sangat bagus, ini tidak hanya melatih motorik halus tetapi juga merangsang imajinasi dan rasa ingin tahu anak. Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat dan perlu diaplikasikan di kelas. Terima kasih telah berbagi strategi yang child-friendly dan penuh empati seperti ini.
Nama : Alisawati
Nim. :818198296
Pokjar : Sindang – Indramayu
Assalamualaikum…
Dengan melihat video ini,guru dapat memberi motivasi atau penguatan kepada anak yang tidak percaya diri dalam menggambar atau guru jg bisa memberikan kebebasan untuk anak menggambar bebas sesuai keinginan anak.