silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Komentar Video: Anak Tidak Percaya Diri
Nama: Amirotussuflah
NIM: 878568535
Video ini memberikan wawasan mendalam tentang tantangan yang dihadapi anak usia dini dalam membangun rasa percaya diri, khususnya dalam konteks kegiatan belajar di kelas. Saya menyadari bahwa kurangnya kepercayaan diri pada anak bukanlah semata-mata karena ketidakmampuan, melainkan bisa disebabkan oleh kurangnya dukungan, motivasi, dan pendekatan yang tepat dari lingkungan sekitarnya.
Dalam video tersebut, guru menunjukkan pendekatan yang empatik dan strategis dalam mendampingi anak yang mengalami ketidakpercayaan diri. Dengan memberikan motivasi, menanyakan pemahaman anak terhadap tugas, serta menawarkan alternatif kegiatan yang sesuai dengan minat anak, guru berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menyenangkan. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak, di mana kebutuhan dan minat anak menjadi fokus utama dalam proses belajar.
Saya juga belajar bahwa penggunaan media pembelajaran yang beragam dan evaluasi yang tepat sangat penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak. Memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita tentang hasil karyanya dapat meningkatkan rasa bangga dan kepercayaan diri mereka terhadap kemampuan sendiri.
Sebagai calon pendidik PAUD, video ini menginspirasi saya untuk selalu peka terhadap kebutuhan emosional anak dan menerapkan pendekatan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri mereka. Saya termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan inklusif, guna menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi anak-anak.
Nama : FITRI YANTI
NIM : 859646756
Dari video tersebut dapat kita pahami bahwa terdapat beberapa Teknik untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan kreativitas anak yaitu :
1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika merasa ragu atas tugas yang diberikan
2. Memberi saran untuk menggambar sesuatu yang anak sukai walaupun berbeda dengan tema yang dipelajari saat itu.
3. Guru memotivasi kreativitas anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak
4. Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak
5. Guru melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
6. Pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak
Jika memungkinkan ajak anak untuk menggambar bebas yang mereka sukai diluar kelas untuk menghindari rasa bosan terhadap anak.
Secara keseluruhan, video dengan judul “Anak Tidak Percaya Diri” memiliki potensi yang baik untuk menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi guru PAUD. Dengan beberapa penambahan dan perbaikan, video ini akan menjadi lebih informatif dan praktis bagi para guru PAUD dalam membantu anak didiknya yang mengalami masalah kepercayaan diri.
Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik AUD, dimana vidio tersebut memberikan cara bagaiamana seorang guru untuk mengatasi anak yang memiliki ketidak percayaan diri terhadap hasil belajar nya. Pasa program tersebut menampilkan seorang guru AUD yang sedang menangani anak anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya, terlihat jelas bahwa guru tersebut berusaha mendekati anak, guru tsb memberi motivasi dan semangat kepada anak, dengan bertanya kepada anak jika masih ragu/ tidak mengerti atas yang tercantum. Memberi motivasi atas kreatifitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai oleh anak tapi masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak. Dari tayangan tersebut apa yang dilakukan oleh guru tersebut sangat efektif untuk mengatasi anak yang mengalami kekurang percayaan diri terhadap hasil belajarnya. Dan vidio tersebut sangat menginspirasi saya sebagai pendidik agar kedepan nya bisa menjadi guru yang lebih baik lagi dalam mengatasi permasalahan yang serupa.
Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik AUD, dimana vidio tersebut memberikan cara bagaiamana seorang guru untuk mengatasi anak yang memiliki ketidak percayaan diri terhadap hasil belajar nya. Pada program tersebut menampilkan seorang guru AUD yang sedang menangani anak anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya, terlihat jelas bahwa guru tersebut berusaha mendekati anak, guru tsb memberi motivasi dan semangat kepada anak, dengan bertanya kepada anak jika masih ragu/ tidak mengerti atas yang tercantum. Memberi motivasi atas kreatifitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai oleh anak tapi masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak. Dari tayangan tersebut apa yang dilakukan oleh guru tersebut sangat efektif untuk mengatasi anak yang mengalami kekurang percayaan diri terhadap hasil belajarnya.
Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik AUD, dimana vidio tersebut memberikan cara bagaiamana seorang guru untuk mengatasi anak yang memiliki ketidak percayaan diri terhadap hasil belajar nya. Pasa program tersebut menampilkan seorang guru AUD yang sedang menangani anak anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya, terlihat jelas bahwa guru tersebut berusaha mendekati anak, guru tsb memberi motivasi dan semangat kepada anak, dengan bertanya kepada anak jika masih ragu/ tidak mengerti atas yang tercantum. Memberi motivasi atas kreatifitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai oleh anak tapi masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak. Dari tayangan tersebut apa yang dilakukan oleh guru tersebut sangat efektif untuk mengatasi anak yang mengalami kekurang percayaan diri terhadap hasil belajarnya.
NAMA : RURI RISTI
Dalam video di atas tentang anak tidak percaya diri,dari video diatas dapat di ambil kesimpulan bahwa untuk meningkatakan rasa percaya pada diri anak banyak cara yang bisa di lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak antara lain: memberikan contoh yang baik, mendorong mereka untuk mencoba hal baru, memberikan pujian spesifik, dan membantu mereka menemukan minat dan bakat. Hindari memarahi kesalahan dan fokuslah pada usaha dan proses, bukan hasil akhir.
Nama : RATISA NIM : 856299566 UT PADANG Video ini sangat menginspirasi dalam penanganan anak yang tidak percaya diri. Dalam video tersebut, guru menjelaskan tentang cara-cara yang diberikan agar menumbuhkan rasa percaya diri pada anak., seperti memberikan pujian yang tepat, menciptakan lingkungan yang suportif, dan mengajak anak untuk berpartisipasi aktif, sangat efektif untuk membantu anak mulai percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Semoga lebih banyak guru dan orang tua yang menerapkan metode seperti ini agar anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih berani dan mandiri. Terima kasih sudah membagikan video yang sangat bermanfaat ini
3. Judul video yang saya pelajari dari guru pintar online tersebut adalah : anak tidak percaya diri dengan hasil belajar yang dikerjakannya
a. Aspek / bidang pengembangan yang dikembangkan dalam video adalah sosial emosional
b. Metode yang digunakan guru dalam video antara lain:
1) Guru itu berupaya mendekati anak dengan cara memotivasi anak pasti bisa.
2) Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak
3) Menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya
4) Memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan
5) Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
6) Gambar anak yang berupa coret-coret / garis, guru dapat meminta anak menjelaskan apa yang digambarnya dan kemudian guru menuliskan judul diatasnya karena anak belum mampu menulis sendiri
7) Ajak anak melakukan kegiatan menggambar di luar kelas agar dan biarkan anak menggambar apa yang mereka sukai hal ini sangat baik untuk mengembangkan kreativitas dan untuk menghindari kebosanan.
c. Kelebihan :
1) Guru memberikan solusi yang mudah dan bisa diterapkan di lembaga lain dalam kasus anak yang kurang percaya diri
2) Guru mampu mengenali potensi anak sehingga guru memberikan kegiatan yang sesuai dengan minat mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.
kekurangan pembelajaran tersebut :
1) Guru seharusnya memberikan contoh dengan tindakan tidak hanya sekedar memberikan motivasi
2) Guru tidak memberikan apresiasi saat anak melakukan kegiatan
3) Guru tidak mengelompokkan anak dengan anak-anak yang aktif dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
d. Masukan mahasiswa :
1) Guru seharusnya memberikan contoh dengan tindakan tidak hanya sekedar memberikan motivasi
2) Guru memberikan apresiasi berupa senyum dan acungan jempol saat anak mau melakukan sesuatu yang dapat menambah rasa percaya diri mereka. Hal ini bertujuan agar anak merasa dihargai dan didukung oleh orang lain.
3) Guru mengajak anak untuk bergaul/ satu kelompok dengan teman yang sangat percaya diri, karena semakin sering bersama maka anak anak mengamati dan kemudian menirukan temannya.
4) Guru merancang kegiatan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka
Nama : Gina Faridah Agustini
NIM : 877837836
Menurut saya, video tersebut sangat bermanfaat bagi bagi guru PAUD karena di dalam video tersebut di praktikkan bagaimana cara menangani anak yang tidak percaya diri terhadap karya yang dibuatnya, diantaranya guru memberikan bimbingan ketika anak melakukan kegiatan, menanyakan apa yang disukainya, memberi saran terhadap apa yang dilakukan anak tersebut, memotivasi serta memberi kebebasan kepada anak untuk melakukan kegiatan menggambar bebas diluar ruangan agar anak lebih bisa berkreasi dengan bebas sesuai dengan idenya. Dengan melakukan cara-cara di atas, rasa kepercayaan dirinya akan mulai berkembang dan bisa berdampak pada perkembangan sosial emosionalnya.