silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Siti Hajiah
NIM : 858479245
Setelah saya menonton video tentang anak yang tidak percaya diri, saya merasa sangat terinspirasi dan termotivasi. dimana pada video tersebut Sikap guru dalam video tersebut benar-benar menunjukkan bagaimana pentingnya peran pendidik dalam membentuk kepercayaan diri anak. Ketika anak merasa tidak percaya akan kemapuan yang dimiliki pada dirinya sendiri. Di sinilah peran guru menjadi sangat penting. Guru yang memberikan semangat, tidak mudah menyerah, dan terus mengatakan bahwa anak bisa, secara perlahan membantu anak membangun keyakinan dalam anak.
Saya juga sangat menghargai pendekatan yang digunakan guru dalam video tersebut, dimana guru dengan bersikap sabar, memberikan pujian atas usaha anak, dan tidak fokus pada kesalahan. sehingga anak merasa nyaman juga dapat mampu menunujukan rasa percaya dirinya.
Nama : Luh sumiarti
Nim : 859436041
Dalam vidio pengembangan sosial emosional satu menggambarkan anak yang tidak percaya diri dan anak seperti ini cenderung tidak kreatif. Adapun upaya yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan tehnik sebagai berikut:
1. Guru dapat mempertanyakan jika masih ragu pada tugas yang diberikan, guru meyarankan anak untuk membuat gambar walupun tidak sesuai dengan tema
2. Guru memotivasi anak pada saat menggambar
3. Guru meminta anak untuk menggambar sesuatu yang disukai, hal ini sangat baik dilakukan untuk dilakukan untuk anak yang tidak percaya diri.
*trimaksih*
Nama : Heriana
NIM: 859436525
Judul Video ” Anak Tidak Percaya Diri dengan Hasil Karyanya”
Video ini menunjukkan situasi yang sering terjadi di kelas PAUD, dimana anak merasa ragu dan tidak yakin dengan hasil karyanya. Cara guru pada merespon pada video tersebut sangat bijak, dengan mendekati dan bertanya lembut dan memebri semangat. Karena guru paud hadir bukan untuk menilai hasil karya anak tapi menemani anak dan memberi rasa aman agar anak jadi berani mengekspresikan karyanya. Terima kasih atas video isnpiratif ini.
Nama : Heriana
Nim : 859436525
Judul Video :
Anak Tidak Percaya Diri
Video ini menunjukkan situasi yang sering terjadi di kelas PAUD. dimana anak merasa ragu dan tidak yakin dnegan hasil karyanay. Cara guru merespon pada video ini sangat bijak. guru mendekat, bertanya dan memberi semangat. karena guru hadir bukan untuk menilai hasil kerja anak didiknya tapi untuk menamani dan memberi anak rasa aman agar anak berani untuk mengekspresikan karyanya
Terima kasih atas video inspiratif ini. Sebuah contoh yata bahwa peran guru sangat besar dalam menciptakan lingkungan belajar yanga nyaman.
SYAKINAH
NIM 856275202
video anak tidak percaya diri
dalam video ini terlihat bagaimana anak usia dini merasa tidak percaya diri terhadap hasil karyanya dan guru berperan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. beberapa cara yang dilakukan oleh guru tersebut adalah:
1. menanyakan kesulitan yang dihadapi anak
2. memberikan solusi berupa ide lain terhadap karya yang akan dihasilkan walaupun tidak sesuai dengan tema pembelajaran
3. memberikan motivasi dan umpan balik secara positif dengan kalimat pujian terhadap hasil karya anak
4. mengeksplorasi hal lain terkait karya yang dibuat agar anak merasa nyaman, dengan memberikan anak kesempatan untuk menggambar hal yang ia sukai
menurut saya, cara-cara yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik karena tidak membatasi kreatifitas anak dan memvalidasi idenya dalam menghasilkan karya. cara tersebut juga memberikan kepercayaan diri pada anak karena ia akan mampu menerangkan gambar tentang hal yang disukai, sehingga anak tidak merasa terbebani akan hasil karyanya.
Pada video tersebut ada seorang anak yang tidak percaya diri dengan hasil karya tetapi dengan sigap nya guru mendekati bertanya lalu memberikan dukungan atau semangat agar anak lebih percaya diri dengan hasil karya nya
Nama : Naini Sari Purnama Febri
NIM : 857994608
Anak Tidak Percaya Diri
Pada video tersebut membahas tentang anak tidak percaya diri. Adad beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa anak tidak percaya diri. untuk mengatasi hal tersebut guru dapat melakukan beberapa hal, yaitu :
– guru menanyakan kepada anak apabila masih ragu terhadap tugas yang telah diberikan
– guru memotivasi kreativitas anak dengan meminta anak menggambar sesuatu yang hal yang disukai anak
– guru mengeksplorasi potensi anak
– guru memotivasi anak, bahwa anak bisa melakukannya sendiri
Nama : Umi Purnamasari
Nim : 858461755
Judul Video :
Anak Tidak Percaya Diri
Dalam video tersebut adalah anak tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya,dan ada beberapa tehnik yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan percaya diri dan kreatiftas anak
1. guru dapat menayakan apabila murid masih ragu atas tugas yang diberikan,
2. guru memberikan saran untuk menggambar yang anak sukai meskipun tidak sesuai tema pada saat itu,
3.guru memotivasi kreativtas anak dengan cara menggemabar sesuatu yang disukai anak
4. guru mencoba mengekpolrasi potensi anak
5. melakukan pendekatan anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
Kesimpulan dari video tersebut dengan pendekatan yang sabar, empatik, dan strategis ini, guru dapat menjadi pilar penting dalam membantu anak-anak yang tidak percaya diri untuk tumbuh menjadi individu yang lebih mandiri dan yakin akan kemampuannya.
video yang sangat bagus dan sangat menginpirasi untuk menangani anak yang kurang percaya diri, karena saya yakin pada setiap tahun ajaran pasti ada anak yang kurang percaya diri nah disni tugas kita untuk membangkitkan rasa percaya diri kita.
dalam video saya perhatikan guru hanya focus pada satu anak dan anak yang lain tidak ada pengawasan. bagaimana kalau terjadi sesuatu kepada anak? apakah kita hanya focus kepada anak yang bermasalah dan mengabaikan anak yang lainya.
Assalamualaikum,
Nama: Irana amilia
Nim: 856766114
Video ini sangat inspiratif dan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana seorang guru dapat membantu anak yang kurang percaya din dalam proses belajar. Pendekatan yang dilakukan guru dengan cara mendekati anak secara personal, memberikan motivasi positif, serta memberikan kebebasan berekspresi sangat efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. Saya sangat mengapresiasi cara guru mengajak anak untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan minatnya, seperti menggambar sesuatu yang disukai, sehingga anak merasa lebih nyaman dan termotivasi. Hal ini tidak hanya membantu anak dalam mengatasi rasa ragu, tetapi juga merangsang kreativitas dan kemandirian mereka, Saran saya, agar proses pembelajaran semakin optimal, guru dapat memperkaya media pembelajaran dan menambahkan sesi evaluasi yang memungkinkan anak untuk bercerita dan mempresentasikan hasil karyanya. Ini akan semakin memperkuat rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi anak. Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat bagi para pendidik sebagai contoh nyata strategi pembelajaran yang humanis dan efektif dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak