silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,626 Comments

  1. Anak tidak percaya diri
    Pada video sangat lengakap karena dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi anak tidak percaya, dan diberikan cara mengatasinya. Dan dalam video diberikan contoh konkrit sehingga yang melihat video dapat lebih mengerti.

  2. nama : septi putri andriani
    nim : 859683819

    video ini sangat bermanfaat bagi saya karna menginpirasi para guru untuk bisa memahami peserta didiknya yang kurang percaya diri.
    dengan berbagai metode. salah satunya dengan menggambar sesuatu yang paling disukai anak. sehingga anak akan terangsang untuk menggambar apa yang ia ingin kan kemudian guru dapat memeberikan motivasi-motivasi agar anak percaya diri untuk dapat menggambar sendiri . hal ini dapat mengembangakan kreativitas anak dalam berkarya dan tidak membosankan.

  3. Nama : Lia Fitriani Ulfa
    Nim : 859805902
    Izin menanggapi videdo diatas tentang “Anak Tidak Percaya Diri”. Dari video diatas terlihat bahwa guru sudah melakukan beberapa cara dalam membuat anak percaya diri yaitu :
    1. Guru menanyakan pada anak apa kesulitan yang mungkin membuat anak tersebut tidak percaya diri untuk melanjutkan menggambar
    2. Guru memberi saran pada anak apa yang sebaiknya dilakukan sesudahnya untuk mempermudah anak dala melanjutkan kegiatannya menggambar
    3. Guru sebisa mungkin memotivasi kreativitas anak dengan cara memberikan pujian ataupun dukungan terhadap gambar yang telah di kerjakannya maupun yang belum dikerjakannya.
    4. Guru mengeksplorasi potensi anak yang lain tapi masih terkait dengan menggambar, boleh di mulai dengan anak ingin menggambar apasaja yang ia sukai ataupun apasaja yang dia ingin gambar .

    Beberapa cara diatas sudah benar dan juga sering diterapka juga oleh kami sebagai guru ketika menemukan anak yang tidak percaya diri. Dan hal lain yang bisa dilakukan lagi selain hal diatas adalah
    1. Guru sebisa mungkin terus melatih anak tampil ke depan kelasnya menunjukkan hasil karya ataupun hanya sekedar unjuk diri .
    2. Guru juga bisa mengajak orang tua bekerjasama agar menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan cara memberikan tugas rumah yaitu membuat video perkenalan diri anak atau pun tugas berupa kegiatan yang di rekam lalu di kirim pada guru di sekolah.
    3. Guru mencontohkan rasa percaya diri itu sendiri pada anak , supaya anak merasa tidak sendirian.

  4. NURJANNAH
    Nim : 858465516

    Izin mengomentari video “Seri Pengembangan Emosional” (Anak Tidak Percaya Diri)…
    Dalam Video ini, memberikan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru TK dalam menghadapi anak didik saya yang memiliki sifat tidak percaya diri, dengan menonton video ini saya mendapatkan ilmu baru, bahwa dengan menghadapi “Anak yang Tidak Percaya Diri” sebagai seorang guru, saya bisa melatih anak didik saya agar bisa mengerjakan sesuatu, memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu, atau tidak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan pada anak, dan juga membimbing anak dengan pelan tanpa merasa diabaikan karena selalu di lihat perkembangan tugasnya.

  5. Nama : Yeni Yuwita Putri
    Nim : 856824699
    Dari video ini seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

  6. Wahyuni Khairunnisa
    858101248

    Beberapa hal yang dapat guru lakukan untuk meningkatkan percaya diri anak diantaranya:
    – Guru dapat berperan aktif untuk bertanya apakah anak sudah memahami tugas yang diberikan
    – Guru dapat memberi saran bagi anak untuk membuat suatu karya walaupun anak membuat karya yang tidak sesuai dengan tema.
    – Guru dapat memancing keinginan anak untuk berkarya dengan mengajak anak menggambar objek yang mereka sukai.
    – Guru juga dapat menambah projek lain yang berhubungan dengan objek yang disukai oleh anak
    – Guru juga dapat memberikan motivasi anak untuk mencoba
    – Guru dapat mencoba untuk berubah situasi belajar agar anak tidak cepat bosan.

  7. Nama : Ayu Milla Hanif
    NIM : 877953961
    Prodi : PGPAUD

    Dalam video tersebut, guru telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, seperti menanyakan kesulitan yang dihadapi anak saat menggambar, memberikan saran untuk mempermudah kegiatan, memotivasi kreativitas anak dengan pujian, serta mengeksplorasi potensi anak melalui kegiatan menggambar yang sesuai minatnya. Langkah-langkah ini sudah efektif dan sering diterapkan oleh kami sebagai guru dalam menghadapi anak yang kurang percaya diri.
    Selain itu, beberapa strategi tambahan yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak antara lain: memberikan kesempatan kepada anak untuk tampil di depan kelas dan menunjukkan hasil karya mereka, mengajak orang tua bekerja sama dengan memberikan tugas rumah seperti membuat video perkenalan diri anak, serta menjadi contoh teladan dengan menunjukkan rasa percaya diri dalam berbagai situasi. Dengan pendekatan yang konsisten dan penuh kasih sayang, diharapkan anak dapat mengembangkan rasa percaya diri yang kuat.

  8. Nama tutik Haryanti
    NIM 860011897

    Dalam sebuah kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran yang berpusat kepada anak, akan selalu ada hal-hal seperti yang terjadi didalam video tersebut. Kegiatan yang telah dipilih oleh anak dan disiapkan oleh guru tidak membawa keberhasilan untuk semua anak. Pada kegiatan menggambar tersbeut untuk anak yang kurang percaya atau merasa minder dengan kemampuanya akan merasa kesulitan dalam menggoreskan krayon atau sipdol diatas kertas. Disini guru berperan sangat penting. Upaya yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah sangat baik. Mengawali dengan pertanyaan kepada anak kemudian menggali kelebihanya dan kesukaanya kemudian sampai pada memberikan motivasi atau reward berupa pujian sehingga dapat membuat kepercayaan diri anak tumbuh.

  9. Nama : Laelatul Nurul Fadhilah
    NIM : 857632261
    Dalam video tentang “Anak Tidak Percaya Diri” menunjukkan peran guru sangat penting dalam perkembangan sosial emosional anak. pada video tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan guru dalam menstimulasi anak agar percaya diri, yaitu :
    – Menanyakan kepada anak kesulitan apa yang dihadapi
    – Memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat mengekspresikan keinginannya melalui menggambar
    – Memberikan dukungan dan motivasi kepada anak terhadap kegiatan yang dilakukan
    – Memahami dan mengeksplorasi potensi anak dalam menggambar, kita bisa mulai menstimulasi anak untuk mulai menggambar melalui teknik coret-coret kemudian dikembangkan
    – memberikan apresiasi kepada anak atas kegiatan yang telah dilaksanakan

  10. Sri Wirdayanti Winarsih
    855854359

    Pada video tersebut untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak guru dapat melakukan beberapa hal:
    – Memberikan kesempatan kepada anak untuk menggambar apapun yang mereka sukai, untuk mengasah kreativitas dan daya imajinasinya
    – Guru dapat membantu mendeskripsikan hasil gambarnya meskipun hanya berbentuk coretan saja, karena memang baru masuk lingkungan sekolah dan mungkin di rumah sebelum nya motorik halus ananda mmg belum distimulasi dengan baik, sehingga cara memegang krayon pun belum tepat.
    – Dengan adanya kegiatan mewarnai tersebut, guru juga mengetahui bahwa ada yang belum memiliki kesiapan untuk memegang krayon
    – untuk menumbuhkan kepercayaan diri, di video tersebut juga mengajak anak untuk melakukan kegiatan menggambar d luar ruangan yang lebih leluasa untuk meluapkan segala emosi juga apa bisa menuangkan segala apa yang dipikirkan anak melalui kegiatan menggambar tsb, yang tentunya juga bertujuan agar anak tidak bosan, ada suasana baru, ada perasaan baru.
    – Guru juga selalu memberikan arahan saat anak melakukan kegiatan menggambar, guru memastikan agar anak mampu menuangkan segala potensi nya melalui kegiatan menggambar tersebut
    *guru juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan anak, selalu mensupport apa yang dilakukan anak, serta mempersilahkan anak untuk menempelkan hasil karya nya di depan agar tumbuh rasa bangga dan percaya diri.

Leave a Reply