silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Dari vidio tersebut saya sangat setuju Ibu Guru mendampingi anak pada saat kegiatan menggambar, Saat anak tidak bisa melakukannya guru dapat langsung membantunya tanpa harus anak memintanya terlebih dahulu karena terkadang ada anak yang tidak percaya diri walau hanya memanggil atau meminta bantuan dari ibu guru karena masih malu.Guru memberikan pendekatan dan motivasi terhadap anak agar anak semakin percaya diri untuk melakukan sesuatu hal.
Senja Mukti Lilan Sari
NIM 858530312
Ijin menanggapi video yang berjudul “Anak Tidak Percaya Diri”
Dalam video tersebut disampaikan bahwa Anak merasa tidak percaya diri dengan hasil belajar yang dikerjakan. Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. Kondisi ini sebenarnya perlu diperbaiki mengingat anak usia dini adalah periode penting untuk penanaman rasa kepercayaan diri atau selfestimate.
Dari video yang telah saya saksikan menunjukkan bahwa terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengembangkan rasa percaya diri dan kreatifitas pada anak usia dini, antara lain :
1. Guru dapat menanyakan kepada anak didik jika masih ragu atas tugas yang diberikan
2. Guru memberi kesempatan agar anak menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai tema
3. Guru memotivasi kreatifitas anak
4. Guru mencoba eksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema
5. Guru mengajak anak menggambar bebas diluar kelas
6. Guru melakukan pendekatan dan memotivasi anak didik agar mencoba menggambar sendiri sesuai dengan yang disukainya.
Menurut saya materi dalam video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru dalam rangka untuk mengembangkan rasa percaya diri dan daya kreatifitas anak
Izin berkomentar..
Dari video tersebut guru sangatlah baik, guru menunjukkan sebagai motivator dan fasilitator terhadap anak. Hal ini terlihat disaat guru langsung membantu anak yang kesulitan tanpa diminta. Guru juga memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.
Nama : Fathin Nabilah Prameswari
NIM : 858677504
Dari video tersebut guru sudah menggunakan strategi pendekatan kepada anak. melalui pendekatan dengan anak, anak bisa menjadi lebih percaya diri. Kemudian sebagai seorang guru harus memberikan contoh yang baik agar anak bisa menunjukkan kepercayaan dirinya.
dalam video di atas, untuk media belajar harus lebih di perkaya agar anak bisa mengembangkan kelebihan minat dan bakat mereka
Masalah kepercayaan diri pada anak usia dini memang sering terjadi. Pada video ini menjelaskan masalah kepercayaan diri atas hasil belajarnya yaitu gambar. Pada kegiatan menggambar guru telah melakukan tindakan-tindakan yang dapat membantu dalam mendampingi dan mengembangkan kepercayaan diri anak akan hasil gambarnya seperti bertanya pada anak, memberi saran, memotivasi, mengembangkan kreativitas anak, mengeksplorasi hal lain dalam gambar dan meminta anak menjelaskan arti gambarnya. Hal lain yang dilakukan guru tadi juga sangat baik yaitu mengajak anak didik menggambar di luar kelaas. Kegiatan ini dapat memberikan suasana baru kepada anak sehingga anak akan merasa lebih nyaman dalam belajar dan terpicu kreativitasnya. Dengan kenyamanan dan peningkatan kreativitas, tentu akan menambahkan kepercayaan pada anak untuk berkreasi sesuai imajinasinya.
Penerapan yang dilakukan guru pada vidio sungguh luar biasa. Anak yang awalnya tidak percaya diri dan enggan menyelesaikan gambarnya karena takut hasilnya tidak bagus, kini mulai berubah. Guru menanamkan rasa percaya diri pada anak dengan pendekatan yang sangat positif.
Salah satu teknik yang digunakan adalah memberi ruang pada anak untuk menggambar hal-hal yang mereka sukai, meskipun tidak sepenuhnya sesuai tema. Dari sana, guru lalu mengeksplorasi dan mengarahkan karya anak agar tetap terhubung dengan tema tugas. Pendekatan ini bukan hanya memotivasi anak untuk lebih berani dan kreatif, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya bahwa setiap coretan itu bermakna.
Sebuah contoh nyata bagaimana peran guru bisa begitu besar dalam membentuk kepercayaan diri dan semangat berkarya anak. Luar biasa!
Nama : Arifah
NIM : 877311829
Pada vidio tesebut guru sudah melakukan pendekatan yang sudah tepat, memotivasi & menstimulus agar percaya diri anak terbangun. Sehingga anak percaya diri bahwa dirinya mampu melakukan hal yang lebih kreatif & lebih baik
dari video diatas dapat saya simpulkan bahwa anak usia dini cenderung tidak percaya diri, guru menggunakan pendekatan pada anak agar dapat memabntu anak dalam menumbuhkan rasa percaya dirinya. melalui beberapa cara seperti berikut :
1. guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu
2. dapat memberikan pujian meskipun tidak sesuai dengan tema
3. dapat memotivasi kreativitas anak
4. guru mengekplorasi potensi anak
5. lakukan pendekatan pada anak
dari video diatas dapat menambah ilmu bagi saya sehingga saya dapat menerapkannya di kelas tempat saya mengajar.
terima kasih
Nama : Arifah
NIM : 877311829
Pada vidio tesebut guru sudah melakukan pendekatan yang sudah tepat, memotivasi & menstimulus agar percaya diri anak terbangun. Sehingga anak percaya diri bahwa dirinya mampu melakukan hal yang lebih kreatif & lebih baik
anak usia dini cenderung belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi, untuk itu guru perlu melakukan strategi pendekatan pada anak seperti contoh dalam video tersebut. setelah menonton video tersebut dapat menambah ilmu bagi saya, sehingga saya dapat mengguakan cara pendekatan seperti dalam contoh video tersebut pada lembaga tempat saya bekerja.