silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,626 Comments

  1. Penerapan yang dilakukan guru dalam vidio sungguh luar biasa. Anak yang awalnya tidak percaya diri dan enggan menyelesaikan gambarnya karena takut hasilnya tidak bagus, kini mulai berubah. Guru menanamkan rasa percaya diri pada anak dengan pendekatan yang sangat positif.

    Salah satu teknik yang digunakan adalah memberi ruang pada anak untuk menggambar hal-hal yang mereka sukai, meskipun tidak sepenuhnya sesuai tema. Dari sana, guru lalu mengeksplorasi dan mengarahkan karya anak agar tetap terhubung dengan tema tugas. Pendekatan ini bukan hanya memotivasi anak untuk lebih berani dan kreatif, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya bahwa setiap coretan itu bermakna.

    Sebuah contoh nyata bagaimana peran guru bisa begitu besar dalam membentuk kepercayaan diri dan semangat berkarya anak. Luar biasa

  2. Menurut pengalaman saya, guru sebagai fasilitator harus dapat membantu anak menumbuhkan rasa percaya dirinya, sejak awal anak masuk sekolah dengan memberikan rasa aman dan sambutan yang hangat, guru juga harus jeli bila anak menunjukkan sikap dan perilaku positif, guru harus memberi pujian atas perilaku atau hasil kerja anak, guru juga dapat menjadi pendengar yanv baik, sehingga anak akan lebih PD mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya, serta guru dapat elakukan evaluasi terhadap kegiatan dan perilaku yang muncul, sebagai apresiasi untuk anak

  3. Dalam video tersebut guru sudah menggunakan strategi pendekatan kepada anak. melalui pendekatan dengan anak, anak bisa menjadi lebih percaya diri. Kemudian sebagai seorang guru harus memberikan contoh yang baik agar anak bisa menunjukkan kepercayaan dirinya.
    dalam video di atas, untuk media belajar harus lebih di perkaya agar anak bisa mengembangkan kelebihan minat dan bakat mereka

  4. Nama: Farihun
    Nim : 859152738
    Judul vidio “Anak tidak percaya diri’
    Vidio ini memberikan inspirasi untuk mengatasi anak yang kurang percaya diri atas karya yang dibuatnya. Seperti memberikan pujian atas karyanya, memberi motivasi belajar dan memberikan pendekatan yang lebih pada anak .

  5. nama: susi gia tika silaban
    Nim: 856466379
    sosial emosional anak (anak tidak percaya diri )
    dalam video saya melihat banyak poin-point yang baik yang dapat saya aplikasikan dalam dunia mengajar saya untuk anak-anak didik yang berada di sekitar saya poinnya adalah guru memberikan saran terhadap kreativitas yang anak-anak lakukan, lalu memberikan motivasi dalam kreativitas-kreativitas yang anak-anak itu lakukan dalam selembar kertas menjadi memiliki gambar yang anak itu inginkan, memberikan wadah bagi anak untuk mengeksplor dunia mereka sekalipun motorik anak-anak itu belum terbentuk sebagai pendidik selalu memberikan wadah dalam imajinasi mereka untuk menggambar dan mewarnai sesuai yang mereka inginkan dan gurunya tetap mengapresiasikan hasil anak-anak tersebut serta bertanya tentang gambar yang mereka tuangkan pada selembar kertas itu. cara gurunya dalam memberikan motivasi dari tiap video itu memberikan inspirasi bagi saya semua anak berhak dalam menuangkan imajinasinya mau itu anak yang sudah mahir dalam memegang pencil warna atau yang masih pemula dalam mewarnai atau memegang pensil warna. terimakasih buat motivasi dari video tersebut

  6. Izin menanggapi video ini🙏
    Armayanti (858437137)
    Pendapat saya, program ini sangat relevan dan bermanfaat bagi para pendidik PAUD. Pendekatan guru dalam menangani anak yang tidak percaya diri menunjukkan pentingnya sensitivitas, kesabaran, dan strategi pedagogis yang tepat. Memberikan ruang bagi anak untuk memilih aktivitas yang diminati serta memberikan penguatan positif adalah langkah yang sangat efektif dalam membangun kepercayaan diri anak. Selain itu, mendorong anak untuk mengeksplorasi kreativitas melalui kegiatan yang masih berhubungan dengan tema juga mencerminkan praktik pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada anak. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak menyelesaikan tugas, tetapi juga mendukung perkembangan emosi dan rasa percaya dirinya. Saya mengapresiasi bagaimana guru dalam program ini tidak langsung menuntut hasil, melainkan lebih fokus pada proses dan perasaan anak. Ini adalah contoh praktik baik yang seharusnya ditiru oleh para guru PAUD lainnya.

    Terimakasih🙏

  7. ijin menanggapi Gpo(anak kurang percaya diri)
    Nama : Binti musyarofah
    Nim : 858568746
    menurut saya dalam vidio yang telah saya lihat,untuk menangani anak yang kurang percaya diri adalah kita memberi pendekatan kepada anak, Pendekatan ini tidak hanya membantu anak menyelesaikan tugas, tetapi juga mendukung perkembangan emosi dan rasa percaya dirinya.memberi dukungan kepada anak dalam segala kegiatan,kita bisa memberikan apresiasi dan pujian kepada anak supaya menumbuhkan percaya diri anak.

  8. nama : binti musyarofah
    nim : 858568746
    dari vidio yang amati ada beberapa teknik/cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak
    – guru dapat memberikan apresiasi dan pujian kepada anak supaya anak merasa dihargai
    – guru memberi hadiah kepada anak yang telah selesei dalam tugasnya
    – guru memberi kebebasan kapada anak dalam mewarnai dan menggambar bebas
    – guru memberikan bintang kepada anak supaya lebih percaya diri.

  9. Nama : Ikhwati arba’atu mar’atin
    Nim : 857727455

    Video ini menjelaskan bahwa rasa percaya diri anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, terutama dari orang tua dan guru. Saya belajar bahwa anak-anak yang sering dibandingkan, dimarahi di depan umum, atau tidak diberi kesempatan untuk mencoba, cenderung kehilangan rasa percaya dirinya.
    Sebaliknya, dengan memberikan pujian yang spesifik, memberi anak ruang untuk mencoba sendiri, serta menunjukkan penerimaan atas kesalahan yang mereka buat, anak bisa belajar untuk lebih percaya diri.
    Sebagai guru TK, saya menjadi lebih sadar untuk tidak langsung membantu anak saat mereka kesulitan, tetapi memberi dorongan agar mereka mencoba dulu, lalu memberikan apresiasi atas usaha mereka, bukan hanya hasilnya.

  10. Video yang disajikan sangat menarik. Kita mendapatkan gambaran tentang bagaimana cara menangani anak yang belum percaya diri.
    Guru bisa menanyakan perasaan anak. Selain itu guru juga bisa memotivasi anak dengan kegiatan yang disukai seperti dicontohkan dalam video yaitu menggambar apa yang disukai. Guru juga bisa mengekplorasi perasaan, pengalaman dan pengetahuan anak melalui komunikasi dengan cara menceritakan gambar yang dibuat anak. Anak bisa juga diajak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan menggambar apa yang dilihat di luar kelas

Leave a Reply