Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Nama : Muhammad Rifqi Alwy, S.Pd.
NIM : 877635587
Kode mata Pelajaran : PDGK4209.152
UPBJJ : Jakarta
Menurut pandangan saya, alur pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut bersifat empiris walaupun di akhir video tersebut dikatakan bahwa pendekatan tersebut menggunakan pendekatan humanistik.
Sebelum guru tersebut menjelaskan tata cara menulis cerita, ia menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa dapat menelaah dan mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.
Namun dari video tersebut kitab isa menilai, bahwa pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut terlihat seperti monoton. Bahkan beberapa siswa menganggap kalau menulis adalah hal yang sangat membosankan sehingga membuat mereka merasa jenuh Ketika diintruksikan menulis. Ditambah lagi guru tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tanpa menyebutkan tujuan pembelajaran.
Maka dari itu, saya akan membantu menuliskan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut agar kedepannya pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.
Kelebihan:
1. Guru mampu membagikan pengalaman baik kepada siswa, sehingga siswa bisa mengambil pelajaran dari pengalaman baik yang dibagikan guru.
2. Guru menjelaskan Langkah-langkah/tata cara menulis cerita sebelum menugaskan siswa membuat cerita.
3. Guru dapat melatih kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan literasi melalui pengalaman.
Kekurangan:
1. Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai belajaran
2. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran saat memulai pembelajaran
3. Metode pembelajaran yang dilakukan guru monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan.
4. Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
5. Guru tidak menutup pembelajaran dengan melakukan evaluasi dan doa.
NAMA : SHINTIA DEWI
NIM : 857363173
SALUT : EDUKASI MANDIRI
Menurut pendapat saya dari video pembelajaran tersebut terlihat reaksi siswa, kelebihan, kekurangan serta hal yang unik nya yaitu:
Reaksi siswa:
– Reaksi siswa diawal pembelajaran saat guru bercerita semua siswa sangat baik dan tertib.
– Ketika diberi tugas oleh bapak guru untuk menulis cerita , reaksi siswa ada yang tidak suka, beralasan menulis itu membosankan.
– Setelah siswa selesai mengerjakan tugas dan membacakan cerita yang sudah dibuat didepan kelas, bapak guru memberikan pujian serta motivas, reaksi siswa pun menjadi gembira.
Kelemahan:
– Guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran seperti memberi salam pembuka, berdoa, dan menyapa siswa.
– Guru langsung memberikan materi tanpa melakukan apersepsi sebelum melakukan pembelajaran.
kelebihan:
– Guru tersebut dapat menjelaskan materi dengan baik.
– Guru tersebut dapat melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, yaitu dengan cara berinteraksi lewat tanya jawab.
– Guru tersebut dapat membuat siswa senang dengan memberikan pujian dan motivasi terhadap siswa setelah selesai membacakan hasil karangan nya.
hal yang unik:
– Cara guru tersebut mampu membuat siswa nya dapat menulis cerita dengan baik dan benar
– Cara guru tersebut menyampaikan cerita nya sehingga semua siswa dapat dengan tertib mendengarkan.
menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, sebaiknya isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu, seperti penyampaian salam dan berdoa, review materi sebelumnya (apersepsi), mengajukan pertanyaan pemantik, ice breaking terlebih dahulu agar suasana kelas menjadi bersemangat, dan menyampaikan tujuan pembelajaran lalu menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengkondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnya agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar siswa tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : JON LIPERDI
NIM : 858130761
Dari video tersebut, menurut saya dalam penyampaian guru tersebut sudah menjelaskan materi pembelajaran dengan baik, dan dapat ditanggapi oleh siswa. Namun seharusnya, sebelum memasuki penjelasan materi, ada baiknya untuk melakukan pembukaan berupa salam untuk memastikan semangat dan kesiapan siswa
Nama : Fadlan Ramadhan
NIM : 857337906
Menurut pendapat saya dari vidio pembelajaran diatas cukup menarik, Guru menyampaikan dengan baik, dan murid saat sedang belajar berjalan dengan tertib, Sebelumnya guru tersebut menjelaskan dengan baik cara menulis cerita, guru tersebut menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.
kelebihan
-Guru tersebut dapat melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, yaitu dengan cara berinteraksi lewat tanya jawab
-Guru menyampaika materi dengan baik
kekurangan
– guru tidak memberikan tujuan pembelajaran
-guru tidak memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran