silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

126 Comments

  1. Nama : Muhammad Rifqi Alwy, S.Pd.
    NIM : 877635587
    Kode mata Pelajaran : PDGK4209.152
    UPBJJ : Jakarta

    Menurut pandangan saya, alur pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut bersifat empiris walaupun di akhir video tersebut dikatakan bahwa pendekatan tersebut menggunakan pendekatan humanistik.

    Sebelum guru tersebut menjelaskan tata cara menulis cerita, ia menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa dapat menelaah dan mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.

    Namun dari video tersebut kitab isa menilai, bahwa pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut terlihat seperti monoton. Bahkan beberapa siswa menganggap kalau menulis adalah hal yang sangat membosankan sehingga membuat mereka merasa jenuh Ketika diintruksikan menulis. Ditambah lagi guru tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tanpa menyebutkan tujuan pembelajaran.

    Maka dari itu, saya akan membantu menuliskan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut agar kedepannya pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.

    Kelebihan:
    1. Guru mampu membagikan pengalaman baik kepada siswa, sehingga siswa bisa mengambil pelajaran dari pengalaman baik yang dibagikan guru.
    2. Guru menjelaskan Langkah-langkah/tata cara menulis cerita sebelum menugaskan siswa membuat cerita.
    3. Guru dapat melatih kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan literasi melalui pengalaman.

    Kekurangan:
    1. Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai belajaran
    2. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran saat memulai pembelajaran
    3. Metode pembelajaran yang dilakukan guru monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan.
    4. Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
    5. Guru tidak menutup pembelajaran dengan melakukan evaluasi dan doa.

  2. NAMA : SHINTIA DEWI
    NIM : 857363173
    SALUT : EDUKASI MANDIRI

    Menurut pendapat saya dari video pembelajaran tersebut terlihat reaksi siswa, kelebihan, kekurangan serta hal yang unik nya yaitu:

    Reaksi siswa:
    – Reaksi siswa diawal pembelajaran saat guru bercerita semua siswa sangat baik dan tertib.
    – Ketika diberi tugas oleh bapak guru untuk menulis cerita , reaksi siswa ada yang tidak suka, beralasan menulis itu membosankan.
    – Setelah siswa selesai mengerjakan tugas dan membacakan cerita yang sudah dibuat didepan kelas, bapak guru memberikan pujian serta motivas, reaksi siswa pun menjadi gembira.

    Kelemahan:
    – Guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran seperti memberi salam pembuka, berdoa, dan menyapa siswa.
    – Guru langsung memberikan materi tanpa melakukan apersepsi sebelum melakukan pembelajaran.

    kelebihan:
    – Guru tersebut dapat menjelaskan materi dengan baik.
    – Guru tersebut dapat melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, yaitu dengan cara berinteraksi lewat tanya jawab.
    – Guru tersebut dapat membuat siswa senang dengan memberikan pujian dan motivasi terhadap siswa setelah selesai membacakan hasil karangan nya.

    hal yang unik:
    – Cara guru tersebut mampu membuat siswa nya dapat menulis cerita dengan baik dan benar
    – Cara guru tersebut menyampaikan cerita nya sehingga semua siswa dapat dengan tertib mendengarkan.

    menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, sebaiknya isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu, seperti penyampaian salam dan berdoa, review materi sebelumnya (apersepsi), mengajukan pertanyaan pemantik, ice breaking terlebih dahulu agar suasana kelas menjadi bersemangat, dan menyampaikan tujuan pembelajaran lalu menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengkondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnya agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar siswa tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.

  3. Nama : JON LIPERDI
    NIM : 858130761

    Dari video tersebut, menurut saya dalam penyampaian guru tersebut sudah menjelaskan materi pembelajaran dengan baik, dan dapat ditanggapi oleh siswa. Namun seharusnya, sebelum memasuki penjelasan materi, ada baiknya untuk melakukan pembukaan berupa salam untuk memastikan semangat dan kesiapan siswa

  4. Nama : Fadlan Ramadhan
    NIM : 857337906

    Menurut pendapat saya dari vidio pembelajaran diatas cukup menarik, Guru menyampaikan dengan baik, dan murid saat sedang belajar berjalan dengan tertib, Sebelumnya guru tersebut menjelaskan dengan baik cara menulis cerita, guru tersebut menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.

    kelebihan
    -Guru tersebut dapat melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, yaitu dengan cara berinteraksi lewat tanya jawab
    -Guru menyampaika materi dengan baik

    kekurangan
    – guru tidak memberikan tujuan pembelajaran
    -guru tidak memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran

  5. Assalamualaikum wr.wb

    Perkenalkan

    Nama : Rizal Nasser
    Nim : 859937896

    Menurut saya pada video yang sudah saya lihat, dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru diawali dengan menceritakan situasi dan kondisi yang terjadi pada guru tersebut agar siswa dapat menarik dan merespon apa yang terjadi pada cerita guru tersebut. Guru memberikan tugas dengan menuliskan cerita terkait liburan siswa. Kelebihannya pertama, guru dapat mendorong siswa untuk dapat memahami pembelajaran penulisan cerita dengan baik. Kedua, guru membuat sebuah kelompok pada inti pembelajaran yang mana siswa dapat bertukar cerita dengan teman kelompoknya untuk mendaptkan ide. Tetapi ada kekurangan guru yang dilakukan pada saat mengajar. Yang pertama guru tidak memberikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Yang kedua, seharusnya guru memberikan materi secara lengkap pada materi awal sebelum mengerjakan tugas agar siswa tetap fokus untuk menulis. Yang ketiga, guru tidak membuat kesimpulan yang seharusnya dalam akhir pembelajaran bisa merefleksikan siswa pada materi yang sudah dilakukan.

  6. Nama: Ade Virlie Amira
    NIM: 856085621

    Guru memulai pelajaran dengan cerita pribadi, yang membuat siswa merasa lebih dekat. Langkah-langkah untuk menulis cerita dijelaskan dengan jelas, sehingga siswa memiliki panduan awal. Ada komunikasi interaktif melalui tanya jawab dan diskusi yang membuat suasana kelas hidup. Pujian bagi siswa setelah membacakan karya mereka meningkatkan rasa percaya diri. Siswa juga diajak berdiskusi dan bekerja dalam kelompok, meningkatkan kreativitas.
    Tetapi, kegiatan pembuka kurang lengkap, seperti tidak ada doa atau pengantar tujuan belajar. Guru juga langsung masuk ke materi tanpa mengaitkan dengan pengetahuan siswa. Metode pengajaran terasa monoton, dan tidak ada penutup yang jelas untuk memberi umpan balik. Penjelasan materi sebaiknya lebih mendetail.
    Saran untuk perbaikan termasuk melakukan pembuka yang baik, memberikan apersepsi, memvariasikan metode pengajaran, menutup dengan evaluasi, dan memastikan siswa fokus sebelum menulis.

Leave a Reply