Similar Posts
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Ferdi Wahid
Nim 859546428
Kelebihan:
Guru menggunakan pendekatan humanistik dan membagikan pengalaman pribadi, membuat siswa merasa lebih dekat dan tertarik.
Siswa diberi kesempatan menulis cerita sendiri dan membacakannya, membangun rasa percaya diri.
Kelemahan:
Tidak ada pembukaan seperti salam atau doa; siswa tampak bingung karena tidak ada penjelasan awal yang jelas.
Ada siswa yang merasa bosan saat diminta menulis.
Hal Unik:
Cerita berdasarkan pengalaman nyata guru, digunakan sebagai inspirasi untuk pembelajaran.
Solusi:
Lakukan pembukaan yang baik dan membangun suasana (apresiasi, tanya kabar).
Variasikan metode, misalnya cerita lisan sebelum menulis agar siswa lebih semangat.
Nama : Nur Elda Laeli
NIM : 858572065
Pokjar : Kabupaten Kediri
UPBJJ UT : Malang
Semester : 8 / 118
Judul Video : Bagaimana Menulis Cerita
Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/
Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas adalah sebagai berikut :
1. Guru tidak melakukan pembukaan dengan membaca doa
2. Guru tidak memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran
3. Guru tidak membimbing siswa untuk bertanya jawab tentang resume tentang poin-poin penting apa saja yang baru dilakukan
4. Guru tidak mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
Nama : Yanti Br Situmorang
Nim : 859883107
Setelah menonton vidio pembelajaran tersebut saya dapat menyimpulkan pendapat saya. Bahwa ada kekurangan dan kelebihan dari bapak guru yang sedang mengajar. Kekurangannya, guru seharusnya menjelaskan gagasan utama atau tujuan belajar pada hari itu dan melakukan pendahuluan seperti mengucap salam, berdoa dan menanyakan kabar siswa. Kelebihannya bapak guru tersebut dapat membuat keadaan kelas aktif, dengan tanya jawab siswa yang baik.
Nama siska putri andriyani
Nim 859541056
Pokjar simpang pematang
1.siswa terlihat sangat tidak antusias dan merasa bosan
2.kelemahan bapak guru tidak memberikan arahan yang bisa membuat siswa agar lebih merasa tertarik
3.kelebihannya bapak guru membuat anggota kelompok diskusi kecil untuk menulis cerita
4.hal unik yg terdapat dividio pembelajaran yaitu dengan membuat kelompok kecil
5.hal perlu dilakukan bapak guru harusnya memberi contoh cara menulisnya supaya siswa dapat merasa tertarik dan tidak merasa bosan.
Nama siska putri andriyani Nim 859541056 Pokjar simpang pematang
Judul bagaimana menulis cerita
1.siswa terlihat sangat tidak antusias dan merasa bosan 2.kelemahan bapak guru tidak memberikan arahan yang bisa membuat siswa agar lebih merasa tertarik 3.kelebihannya bapak guru membuat anggota kelompok diskusi kecil untuk menulis cerita 4.hal unik yg terdapat dividio pembelajaran yaitu dengan membuat kelompok kecil 5.hal perlu dilakukan bapak guru harusnya memberi contoh cara menulisnya supaya siswa dapat merasa tertarik dan tidak merasa bosan.
Nama : Mey Wulandari Anggraeni
NIM : 860033101
UPBJJ : UT Bandung
Menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai dengan pendekatan humanis yang diterapkan. Disana ada apresiasi dan motivasi. Mengapresiasi karya siswa dengan penuh bangga serta memberikan motivasi untuk terus belajar dalam menuliskan ide/gagasan sesuai pengalamnnya.
Setelah saya melihat vidio diatas
Saya melihat guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran
Namun dalam vidio tersebut adanya kegiatan tanya jawab yang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan tidak vakum,
Saran saya dalam sebelum pembelajaran dilakukann yang namanya pendahuluan
Pada Vidio yang telah saya tonton saya melihat guru tidak melakukan apresiasi terlebih dahulu yang membuat siswa kurang bErsemangat
dalam Vidio tidak Apanya berdoa untuk memulai aktivitas belajar
Nama : Dea Sri Akhandau
NIM: 856598933
Pokjar : Sarolangun
Setelah mengamati video”bagaimana menulis cerpen” pembelajaran di atas saya merasa bahwa penyampaian guru sudah sangat baik, karena berhasil menggabungkan dan memberikan gambaran mengenai materi yang akan disampaikan.
Nama : Muhammad Rifqi Alwy, S.Pd.
NIM : 877635587
Kode mata Pelajaran : PDGK4209.152
UPBJJ : Jakarta
Menurut pandangan saya, alur pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut bersifat empiris walaupun di akhir video tersebut dikatakan bahwa pendekatan tersebut menggunakan pendekatan humanistik. Sebelum guru tersebut menjelaskan tata cara menulis cerita, ia menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa dapat menelaah dan mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.
Namun dari video tersebut kitab isa menilai, bahwa pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut terlihat seperti monoton. Bahkan beberapa siswa menganggap kalau menulis adalah hal yang sangat membosankan sehingga membuat mereka merasa jenuh Ketika diintruksikan menulis. Ditambah lagi guru tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tanpa menyebutkan tujuan pembelajaran.
Maka dari itu, saya akan membantu menuliskan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut agar kedepannya pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.
Kelebihan:
1. Guru mampu membagikan pengalaman baik kepada siswa, sehingga siswa bisa mengambil pelajaran dari pengalaman baik yang dibagikan guru.
2. Guru menjelaskan Langkah-langkah/tata cara menulis cerita sebelum menugaskan siswa membuat cerita.
3. Guru dapat melatih kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan literasi melalui pengalaman.
Kekurangan:
1. Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai belajaran
2. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran saat memulai pembelajaran
3. Metode pembelajaran yang dilakukan guru monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan.
4. Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
5. Guru tidak menutup pembelajaran dengan melakukan evaluasi dan doa.