silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

133 Comments

  1. Ferdi Wahid
    Nim 859546428

    Kelebihan:
    Guru menggunakan pendekatan humanistik dan membagikan pengalaman pribadi, membuat siswa merasa lebih dekat dan tertarik.

    Siswa diberi kesempatan menulis cerita sendiri dan membacakannya, membangun rasa percaya diri.

    Kelemahan:
    Tidak ada pembukaan seperti salam atau doa; siswa tampak bingung karena tidak ada penjelasan awal yang jelas.

    Ada siswa yang merasa bosan saat diminta menulis.

    Hal Unik:
    Cerita berdasarkan pengalaman nyata guru, digunakan sebagai inspirasi untuk pembelajaran.

    Solusi:
    Lakukan pembukaan yang baik dan membangun suasana (apresiasi, tanya kabar).

    Variasikan metode, misalnya cerita lisan sebelum menulis agar siswa lebih semangat.

  2. Nama : Nur Elda Laeli
    NIM : 858572065
    Pokjar : Kabupaten Kediri
    UPBJJ UT : Malang
    Semester : 8 / 118
    Judul Video : Bagaimana Menulis Cerita
    Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/

    Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas adalah sebagai berikut :

    1. Guru tidak melakukan pembukaan dengan membaca doa
    2. Guru tidak memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran
    3. Guru tidak membimbing siswa untuk bertanya jawab tentang resume tentang poin-poin penting apa saja yang baru dilakukan
    4. Guru tidak mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran

  3. Nama : Yanti Br Situmorang
    Nim : 859883107

    Setelah menonton vidio pembelajaran tersebut saya dapat menyimpulkan pendapat saya. Bahwa ada kekurangan dan kelebihan dari bapak guru yang sedang mengajar. Kekurangannya, guru seharusnya menjelaskan gagasan utama atau tujuan belajar pada hari itu dan melakukan pendahuluan seperti mengucap salam, berdoa dan menanyakan kabar siswa. Kelebihannya bapak guru tersebut dapat membuat keadaan kelas aktif, dengan tanya jawab siswa yang baik.

  4. Nama siska putri andriyani
    Nim 859541056
    Pokjar simpang pematang
    1.siswa terlihat sangat tidak antusias dan merasa bosan
    2.kelemahan bapak guru tidak memberikan arahan yang bisa membuat siswa agar lebih merasa tertarik
    3.kelebihannya bapak guru membuat anggota kelompok diskusi kecil untuk menulis cerita
    4.hal unik yg terdapat dividio pembelajaran yaitu dengan membuat kelompok kecil
    5.hal perlu dilakukan bapak guru harusnya memberi contoh cara menulisnya supaya siswa dapat merasa tertarik dan tidak merasa bosan.

  5. Nama siska putri andriyani Nim 859541056 Pokjar simpang pematang
    Judul bagaimana menulis cerita
    1.siswa terlihat sangat tidak antusias dan merasa bosan 2.kelemahan bapak guru tidak memberikan arahan yang bisa membuat siswa agar lebih merasa tertarik 3.kelebihannya bapak guru membuat anggota kelompok diskusi kecil untuk menulis cerita 4.hal unik yg terdapat dividio pembelajaran yaitu dengan membuat kelompok kecil 5.hal perlu dilakukan bapak guru harusnya memberi contoh cara menulisnya supaya siswa dapat merasa tertarik dan tidak merasa bosan.

  6. Nama : Mey Wulandari Anggraeni
    NIM : 860033101
    UPBJJ : UT Bandung

    Menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai dengan pendekatan humanis yang diterapkan. Disana ada apresiasi dan motivasi. Mengapresiasi karya siswa dengan penuh bangga serta memberikan motivasi untuk terus belajar dalam menuliskan ide/gagasan sesuai pengalamnnya.

  7. Setelah saya melihat vidio diatas

    Saya melihat guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran

    Namun dalam vidio tersebut adanya kegiatan tanya jawab yang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan tidak vakum,

    Saran saya dalam sebelum pembelajaran dilakukann yang namanya pendahuluan

  8. Pada Vidio yang telah saya tonton saya melihat guru tidak melakukan apresiasi terlebih dahulu yang membuat siswa kurang bErsemangat
    dalam Vidio tidak Apanya berdoa untuk memulai aktivitas belajar

  9. Nama : Dea Sri Akhandau
    NIM: 856598933
    Pokjar : Sarolangun
    Setelah mengamati video”bagaimana menulis cerpen” pembelajaran di atas saya merasa bahwa penyampaian guru sudah sangat baik, karena berhasil menggabungkan dan memberikan gambaran mengenai materi yang akan disampaikan.

  10. Nama : Muhammad Rifqi Alwy, S.Pd.
    NIM : 877635587
    Kode mata Pelajaran : PDGK4209.152
    UPBJJ : Jakarta
    Menurut pandangan saya, alur pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut bersifat empiris walaupun di akhir video tersebut dikatakan bahwa pendekatan tersebut menggunakan pendekatan humanistik. Sebelum guru tersebut menjelaskan tata cara menulis cerita, ia menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa dapat menelaah dan mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.
    Namun dari video tersebut kitab isa menilai, bahwa pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut terlihat seperti monoton. Bahkan beberapa siswa menganggap kalau menulis adalah hal yang sangat membosankan sehingga membuat mereka merasa jenuh Ketika diintruksikan menulis. Ditambah lagi guru tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tanpa menyebutkan tujuan pembelajaran.
    Maka dari itu, saya akan membantu menuliskan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut agar kedepannya pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.
    Kelebihan:
    1. Guru mampu membagikan pengalaman baik kepada siswa, sehingga siswa bisa mengambil pelajaran dari pengalaman baik yang dibagikan guru.
    2. Guru menjelaskan Langkah-langkah/tata cara menulis cerita sebelum menugaskan siswa membuat cerita.
    3. Guru dapat melatih kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan literasi melalui pengalaman.
    Kekurangan:
    1. Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai belajaran
    2. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran saat memulai pembelajaran
    3. Metode pembelajaran yang dilakukan guru monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan.
    4. Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
    5. Guru tidak menutup pembelajaran dengan melakukan evaluasi dan doa.

Leave a Reply