Similar Posts
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
nama :Putri rahayu
nim:856047811
prodi:PGSD
MENURUT saya Menyimak ialah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh infomasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna,
dalam kenyataan guru terlalu cepat dalam membaca buku tersebut,dan guru juga belum membuat suasana agar siswa semua memperhatikan guru membaca,
Nama : Semarnika Lahagu
NIM : 855989403
Prodi : S1- PGSD
Dalam menyimak yang di butuhkan adalah konsentrasi dan perhatian, oleh karena itu suasana kelas yang kondusif sangat dibutuhkan ketika melakukan kegiatan menyimak sehingga para peserta didik dapat konsentrasi. Sebelum melakukan kegiatan menyimak baiknya seseorang guru mengarahkan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Nama : Semarnika Lahagu
NIM : 855989403
Prodi : S1- PGSD
Dalam menyimak yang di butuhkan adalah konsentrasi dan perhatian, oleh karena itu suasana kelas yang kondusif sangat dibutuhkan ketika melakukan kegiatan menyimak sehingga para peserta didik dapat konsentrasi. Sebelum melakukan kegiatan menyimak baiknya seseorang guru mengarahkan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
NAMA : SITI NUR AZIZAH
NIM : 858936798
PRODI : PGSD BI
Menurut saya pada pertemuan pertama, guru terlalu monoton dalam membacakan cerita dan tanpa ekspresi. membuat siswa bingung dan sulit untuk memahami apa yang guru ceritakan.
hendaknya guru dapat memberikan stimulus ataupun pemanasan terlebih dahulu agar siswa dapat lebih fokus dalam memperhatikan cerita guru. terimakasih
Setelah saya menonton video ini dapat kita simpulkan bahwa
Bagi guru
– sebelum melakukan proses KBM di kelas dengan materi menyimak guru perlu mempersiapkan diri, menyiapkan kompetensi, menyiapkan rancangan pembelajaran, menyiapkan bahan bacaan pendek, mengkondisikan kelas agar kondusif, menguasai kelas, memberikan penjelasan awal tentang materi menyimak, dan mengajak siswa untuk menyediakan alat tulis yg dapat digunakan selama proses menyimak
Bagi siswa, bagaimana materi menyimak ini efektif dgn arahan guru siswa harus siap dgn peralatan menulis, dibutuhkan keseriusan dan konsentrasi penuh dari siswa selama proses menyimak berlangsung. Agar apa yang dibacakan oleh guru bisa ditangkap dengan sangat baik oleh siswa, sehingga siswa dapat memberikan umpan balik ketika ditanya sama gurunya tentang bacaan yang dibaca tersebut.
Nama : Sri murwati
Nim : 857919047
Upbjj: yogyakarta
Prodi:s1-PGSD
Assalammualaikum ,selamat sore ijinkan saya menyampaikan hasil analisis saya berkaitan dengan Vidio ini.di dalam Vidio pembelajaran ini guru kurang memperhatikan kesiapan belajar dan belum mampu mengkondisikan siswa untuk siap belajar.hal ini terlihat dari beliau yang tidak menghiraukan muridnya yang sedang asik sendiri dan terus melanjut ya membacanya , serta kurang persiapan dalam pemilihan dan pembacaan teks (membaca terlalu cepat dan tidak memperhatikan tanda baca) yang akan disampaikan didalam kegiatan menyimak.
Saran saya berkaitan dengan analisis saya yaitu
a. dengan memperhatikan kesiapan belajar ,seperti pemilihan teks yang akan digunakan dalam kegiatan menyimak (jangan terlalu panjang,menarik)
b.menerapkan ice breaking di kegiatan awal pembelajaran atau saat mengetahui murid sedang tidak bersemangat dalam belajar seperti ice breaking tepuk ,peregangan ,bernyanyi ,atau bahkan game yang tentunya dapat mengembalikan konsentrasi siswa.
c.melakukan kesepakatan kelas sebelum pembelajaran dimulai agar siswa terarah seperti anak-anak hari ini kita akan belajar menyimak jadi tidak ada yang bermain sendiri ,atau berbicara sendiri ya jika melanggar pak guru berikan hukuman atau sanksi.tentunya hukumannya tidak memberatkan siswa .
Sekian wasalammualikum.
Dari video bagaimana menyimak efektif terlihat bahwa diawal video cara menbaca guru kurang menarik karena membaca terlau cepat,hanya fokus pada teks bacaan dan tidak memperhatikan apakah murid menyimak atau tidak.
Namun setelah melakukan refleksi dan mengubah pola penyampaian yaitu dengan melakukan penekanan pada informasi yang dianggap penting,menyiapkan siswa untuk siap belajar akhirnya menyimak yang efektif dapat berjalan di kelas tersebut.
Nama : NISA ADDINI
NIM : 856023582
Prodi : S1-PGSD
Judul : Tentang Membaca Untuk Mendapatkan Informasi.
Yang dapat saya tanggapi dari video pembelajaran ini, yang dimana Ibu guru dengan mengajar yang baik serta intonasi juga cukup jelas. Dan disini Ibu guru membawakan materi dengan judul membaca untuk mendapatkan informasi.
Yang dimana Siswa/i di beri waktu 10 menit untuk mencari informasi dari membaca buku, kemudian setelah membaca buku, Siswa/i juga mendapatkan informasi dari membaca. kemudian Ibu guru juga menggajak para Siswa/i untuk belajar di luar, agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tidak membosankan.
Hanya ini dari Saya, Terimah kasih:)
Nama Richarman Anotona Calvin Lahagu
Nim 856026105
Prodi S1-PGSD
Setelah saya mengamati vidio pembelajaran tersebut, saya melihat pada awal pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Guru tersebut sangat kurang efektif. Mengapa demikian, bagaimana seorang murid dapat menyimak dengan efektif jika pembacaan teks saja yang dilakukan sangat cepat dan tidak menggunakan penekanan pada setiap kalimat yang penting. sehingga pada saat guru tersebut meminta feedback dari siswanya yang berupa pertanyaan mereka tidak dapat menjawabnya dengan baik bahkan tidak menjawab sama sekali.
Namun, setelah guru tersebut merefleksikan diri, sehingga melakukan perbaikan. Dan jelas terlihat bahwa siswa yang ada di dalam ruang kelas tersebut mulai memahami serta mencatat hal-hal yang dirasa penting, sehingga terjadilah feedback. Dan dari umpan balik tersebut kita bisa melihat bahwa siswa sudah bisa melakukan kegiatan meyimak secara efektif.
Nama : Safrida Maya Sari
Nim :856022376
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Medan
Menurut Refleksi saya:
Telah saya amati bahwa video mengajar guru tersebut belum efisien dalam menjelaskan kepada siswa karena kurang jelas atau intonasi guru tersebut membacakan berita yang dibaca nya, dan anak anak tidak menertibkan anak anak murid nya dahulu sebelum membaca sehingga banyak anak murid yang tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh guru tersebut.
Namun keesokan hari nya masuk sekolah guru tersebut mengubah metode mengajar menyimaknya dengan menulis sambil mendengar kan sehingga sebagian anak menjadi mengerti dan menyimak dengan benar apa yang dibacakan oleh guru tersebut.