Sinopsis
Pada video ini memperlihatkan bagaimana guru memaksimalkan penggunaan peta sebagai media pembelajaran IPS. Siswa diupayakan dapat menemukan sendiri esensi belajar dengan peta baik secara individu maupun dalam kelompok.
Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba menggunakan metode tersebut dalam pembelajaran IPS yang menjadi tanggungjawab Anda. Namun perlu diperhatikan antara lain (1) langkah-langkah dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif (2) makna esensi peta sebagai media pembelajaran IPS, guru diharapkan benar-benar mengusai hakikat peta (3) pendekatan pembelajaran yang dipilih hendaknya yang mampu merangsang siswa untuk ingin tahu yang lebih banyak dari materi yang disajikan.
Pelajaran IPS, namun sebaiknya Anda dalam mempersiapkan obyek wisata tiruan diusahakan yang menarik dan memuat informasi yang memadai sehingga peserta didik akan mendapat informasi sesuai kompetensi yang diharapkan.
–
Kesan Umum: Video Pembelajaran tentang Belajar Peta sangat menarik dengan bimbingan guru siswa dibagi dalam empat kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang anggota, yang diberi nama sesuai perpetaan yaitu Kota, Sungai, Selat dan Gunung.
Metode Coopertif Learning yang digunakan guru menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif dimana kelompok siswa diberi tugas untuk mencari data/informasi ke Perpustakaan yang dimanfaatkan siswa sebagai sumber Belajar untuk mencari referensi dalam mendiskripsikan isi peta seperti Kota, Sungai, Selat dan Gunung sebagai aktifitas Belajar Peta.
Yang menarik dari tayangan video ini bahwa setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok nya tentang karakteristik Kota, Sungai, Selat dan Gunung dengan penjelasan luas wilayah, batas-batas geografi, tinggi gunung dan manfaat dari masing-masing isi peta tersebut.
Saran: Pembelajaran yang menarik ini sebaiknya perlu dijelaskan oleh guru apa tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa, agar siswa memiliki gambaran kemampauan yang harus dikuasi dalam pembelajaran tersebut.
Belajar peta tidak hanya mengupas konsep-konsep yang ada dalam isi peta tetapi juga perlu menjelaskan manfaat belajar peta dalam geografi di kelas.
Selain itu guru sebaiknya memberikan umpan balik dari hasil kerja kelompok siswa, dan menyimpulkan manfaat belajar Peta tersebut.
Sri Sumiyati
Assalamualaikum wr. wb, nama : fitria martsari, nim : 042493777
tugas praktek 1. 1a
menurut saya proses pembelajaran ini sangat efektif sekali dalam membangun suasana kelas agar tidak bosan hanya di kelas, guru memberikan kesempatan mencari referensi di perpustakaan, sehingga proses belajar mengajar jadi tidak membosankan bahkan membuat suasana mengantuk. guru menjadi fasilitator diskusi yang baik siswa diberikan tugas berkelompok agar siswa aktif mencari dan juga belajar untuk berani melontrkan pendapt dn juga presentasi.
saran : guru perlu menjelaskan terlebih dahulu apa saja tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa sehingga proses pembelajaran agar lebih terarah.
Assalamu’alaikum,
Mohon izin, saya:
Nama : Arinda Qurrota Akyuni
NIM : 501323269
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
ingin menanggapi diskusi pada video pembelajaran dengan judul ” Belajar Dari Peta”.
Menarik sekali topik yang diusung dalam video pembelajaran ini. mata pelajaran IPS yang biasanya terkesan “membosankan”, kini berubah menjadi lebih menarik dan interaktif karena melibatkan keaktifan siswa dalam prosesnya. Dengan pendekatan kolaborasi dimana ada pembagian topik bahasan yang berbeda antar tiap kelompok, membuat tiap kelompok paham dengan topik yang diberikan karena semua anggota kelompok ikut mencari tahu dari berbagai buku yang ada di perpustakaan. Kegiatan presentasi pun menjadi sarana yang baik bagi siswa untuk melatih kepercayaan diri dalam berbicara di depan kelas.
Saran untuk pembelajaran ini:
1. Guru memberi pertanyaan terkait materi yang diajarkan hari secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk menguatkan pemahaman siswa di akhir sesi. Siswa akan antusias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Ditambah, guru juga bisa memberi evaluasi terhadap jawaban siswa.
2. Saat kegiatan presentasi, semua kelompok bisa maju dan bergantian dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
Insyaallah itu tanggapan saya.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum