silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik
Muchtar M Noor
Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.
Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.
Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.
Drs. Tarhadi, M.Si.
- Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
- Media sudah tepat.
- Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
nama : rina komala sari
nim: 856982933
prodi s1 PGSD
1. Bagaimana reaksi anak/ siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
( anak/ siswa kurang fokus dan tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran )
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
(- guru kurang menguasai kelas, tidak ada apresiasi dari guru,kondisi kelas kurang efektif, proses belajar kurang menarik perhatian dan penggunaan media yang kurang tepat.)
3. Secara keeseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
( guru sangat telaten dalam menyampaikan pelajaran)
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pelajaran?
(dari video yang saya lihat, tidak saya temukan hal yang unik dalam video tersebut)
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video,upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
( menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
– Adanya apresiasi/ motivasi di awal
– Memeberikan game yang menarik
– Menciptakan kehangatan, keantusiasan dan rasa ingin tahu siswa
Nama: Yunita Musfiati
NIM. : 857697725
PROGRAM STUDI: S1-PGSD
Menurut pengamatan saya tentang video di atas yang berjudul “belajar matematika dengan lingkungan sebagai media”
Siswa tidak tertarik sama sekali dengan pembelajaran yang di sampaikan
Siswa justru terlihat asik dengan teman dan ngobrol sendiri.
Dari awal pembelajaran guru tidak memberikan semangat sebelum pembelajaran di mulai.
Kurangnya guru dalam menguasai kelas dan mengajak siswanya untuk berpesan aktif dalam pembelajaran.
Pengalaman di kelas ketika pembelajaran pecahan anak akan antusias jika di berikan alat peraga yang di buat oleh kardus / suruh membawa buah buahan.
Untuk media pembelajaran ke 2 menurut saya kurang antusias karna kurangnya guru dalam membuat suasana kelas lebih menyenangkan.
Pentingnya penguasaan kelas yang harus di kuasai guru
Nama :Thoriqul jannah
Nim : 858911242
Pokjar : Lumajang
program Studi :S1_PGSD
Menurut saya dalam vidio diatas ada kekurangan dan kelebihannya juga
kekurangannya dalam hari pertama Guru kurang memberikan sapaan atau menanyakan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran . tetapi dalam hari berikutnya dari ide guru meminta siswa membawa buah itu akan lebih efektif atau efisien dalam pembelajaran karna siswa tidak akan berbicara sendiri siswa akan lebih tertarik dalam pembelajran sehingga fokus akan intruksi apa yang guru berikan.
NAMA : SITI RAHMA FAUZIR
NIM : 855974919
PRODI : S1-PGSD
Menurut saya mengenai video tersebut dimana, di awal pembelajaran guru sudah tidak mengikuti sebagaimana seharusnya pembelajaran dimulai, harusnya diawali salam dan absensi kepada siswa tidak dilakukan, dan tidak memberi arahan untuk materi yang dijarkan, guru itu langsung masuk pada inti pembelajaran dan tanpa melihat kondisi siswa didalam kelas masih sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing tanpa memperhatikan guru.
setelah guru tersebut mengajak atau mengubah cara mengajar dalam melibatkan siswa itu sendiri dipembelajaran matematika siswa lebih antusias dan senang dalam mengikuti pembelajaran
Nama : Syifa Liana Sari
NIM : 856982879
Semester : 6
Mata kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
Program Studi : PGSD S-1
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
Menurut Hasil Refleksi Saya
1. Bagaimana perilaku siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
– Siswa terlihat tidak perduli dengan guru kelas yang sedang menjelaskan materi pembelajaran di depan kelas, sebab itu terjadi karena siswa sibuk mengobrol dengan temen sebangkunya. Hal ini dikarenakan tidak melakukan kegiatan pendahuluan yaitu :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak mengecek kehadiran murid
– Guru tidak menyampaikan apersepsi
– Guru tidak menyampaikan informasi tujuan pembelajaran dan informasi kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Sebelum memasuki ke dalam kegiatan inti Guru Kelas tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti halnya menyiapkan dan memotivasi para siswa untuk semangat dalam menimba ilmu (belajar) sehingga siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan aktif.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
– Setelah tahu siswanya tidak memperhatikan guru yg sedang menjelaskan materinya di depan kelas , dihari berikutnya guru mengunakan media pembelajaran matematika dengan lingkungan sebagai media yaitu dengan membawa buah buahan yg berbentuk bulat dan panjang. Media sangat cocok digunakan dalam pembelajaran di kelas rendah. Dengan menggunakan media benda konkret akan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
– Siswa pada sibuk dengan teman sebangku nya masing masing sehingga tidak ada yg memperhatikan guru tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Terutama dalam pelajaran matematika pentingnya menggunakan media pembelajaran berupa benda konkret guna mendukung siswa dalam memahami materi pelajaran.
dalam video pembelajaran tersebut pada tahap awal guru tidak memberi salam kepada siswa, mengecek kehadiran siswa dan persiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. dalam video tersebut guru langsung menjurus ke materi matematika dengan bilangan pecahan. dalam menerangkan guru menggunakan metode papan tulis dan ceramah sehingga siswa cepat bosan dan tidak memperhatikan sehingga siswa banyak yang bergurai sendiri. dengan hasil yang tidak kondusif tersebut guru melakukan refleksi pada pertemuan selanjutnya yaitu dengan cara siswa disuruh untuk membawa buah-buahan dan pisau. dari video tersebut siswa terlihat girang tetapi dalam menggunakan benda tajam sangatlah berbahaya.
analisis video pembelajaran :
kelemahan pembelajaran dalam video
guru tidak memberikan salam atau pun sapaan kepada siswa pada saat akan memulai pelajaran.
guru tidak melakukan absensi terhadap siswa
guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
guru memperbolehkan siswa membawa benda tajam seperti pisau
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Guru sabar dalam mmenghadpi tingkah laku anak-anak
guru telah mampu menerapkan teori belajar dari benda2 konkrit ke abstrak contohnya menggunakan buah-buahan seperti apel dan timun
nama : Ardina Intan Fadhilla
NIM : 857028348
Prodi : S1-PGSD
hasil pengamatan saya dari video “Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media” adalah:
1. dengan menggunakan media, anak-anak jadi lebih mudah memahami materi pecahan atau pembagian
2. pembelajaran menjadi menyenangkan
3. dengan media, pembelajaran menjadi lebih inovatif dan bervariasi serta lebih efektif dan efisien
Setelah mengamati videosaya menemukan beberapa hal baik itu kelemahan maupun kelebihan dalam pembelajaran.
Kekurangan yang ada dalam video tersebut yaitu:
1. Guru Tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran seperti mengucapkan salam, mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran, mengecek kesiapan diri dll.
2. Untuk membangkitkan semangat siswa dapat memberikan kegiatan ice breaking.
3. Guru juga tidak melakukan kegiatan apersepsi.
4. Guru tidak meyampaikan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan.
5. Penguasaan kelas yang kurang.
6. Dalam penggunaan media yang digunakan seperti halnya guru tersebut menyuruh siswa untuk membawa buah dan pisau. menurut saya lebih baik menggunakan media pembelajran yang lain misal dalam bentuk visual.
7. Kurangnya perhatian guru terhadap siswa.
9. Tidak adanya kegiatan evaluasi untuk mengukur keberhasilan siswa.
terdapat kelebihan dalam pembelajaran:
Guru menyadari bahwa penggunaan metode ceramah saja tidaklah efektif dikarenakan tidak ada hal yang menarik dari pembelejaran tersebut. untuk itu dapat menggunakan metode pembelajaran yang lain seperti metode pemberian tugas, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan lain sebgainya.
Nama : Latifatul Afifah Romadhoni
Nim : 858750759
Program studi : PGSD BI
Menurut pendapat saya setelah melihat vidio pembelajaran.
Dalam mengajar pelajaran khususnya pelajaran matematika tentunya seorang guru harus menjadi kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.
Ada beberapa kelemahan dalam Vidio ini.
1. Pendahuluan,Guru tidak melakukanya di awal pembelajaran, seperti salam, mengabsen siswa, membaca doa,padahal hal semacam ini bisa menumbuhkan semangat siswa. Selain itu guru juga harus selalu memberi motivasi kepada peserta didik.
2. Kegiatan inti, guru langsung mengunakan metode ceramah dalam menerangkan pecahan di papan tulis. Guru langsung memberi pertanyaan kepada siswa tanpa tau apakah siswa tersebut sudah mengerti faham atau tidak. Guru tidak memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
3. Kegiatan penutup
Guru tidak mengakhiri pembelajaran dengan baik,.
Guru tidak membuat kesimpulan tentang materi yang sudah di ajarkan.
Menjadi seorang guru tentunya harus bisa melakukan proses pembelajaran yang bermakna, interaktif, kreatif dan menyenangkan dengan mengunakan metode metode yang bervariasi, jangan hanya menggunakan metode ceramah,karna siswa akan antusias jika mereka langsung praktek dengan alat peraga seperti yang di lakukan guru di hari ke dua.