silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik
Muchtar M Noor
Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.
Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.
Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.
Drs. Tarhadi, M.Si.
- Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
- Media sudah tepat.
- Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Hesti Malinda sari
Nim : 856499338
Judul video : Belajar Matematika dengan lingkungan sebagai media pembelajaran
Setelah melihat video pembelajaran di atas siswa nampaknya belum semuanya siap dalam menghadapi dan menerima pembelajaran, siswa nampak tidak antusias sehingga banyak yang masih bermain di dalam kelas sewaktu guru sudah menerangkan pembelajaran. Guru juga terlihat tidak ada memotivasi siswa untuk kesiapan belajar tiba-tiba guru langsung menjelaskan materi yang akan di pelajari tanpa melihat kesiapan siswa
Kelemahan dari video di atas menurut saya yaitu guru di awal pembelajaran tidak ada kegiatan yang seperti memberikan salam, sapa semangat untuk membantu memotivasi siswa, tidak melakukan absensi sehingga daya tarik siswa untuk belajar tidak ada
Kelebihan video menurut saya guru memakai media pembelajaran dalam mengajarkan siswa yaitu menggunakan buah-buahan yang ada di sekitar untuk media nya
Hal yang menarik menurut saya yaitu meskipun dalam pembelajaran siswa-siswi nya kurang antusias sehingga tidak memperhatikan guru dalam menjelaskan pembelajaran sehingga guru mendapatkan ide untuk menugaskan siswa-siswi nya untuk membawa buah-buahan dan mengenalkan sebagai media pembelajaran
Usulan saya yaitu untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di kelas sebaiknya guru melakukan sesuatu untuk menciptakan suasana kelas yang bagus agar membuat siswa semangat dalam belajar, guru sebaiknya sebelum masuk ke pelajaran dan pembahasan sebaiknya di lakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat belajar siswa juga media pembelajaran sangat penting di sediakan untuk membantu siswa dalam memahami proses pembelajaran
Nama : Salsabila Pinka Adi Cahya
• Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Siswa terlalu sibuk dengan aktifitasnya sendiri tidak mendengarkan guru saat mengajar, pertanyaan pemantik tidak terjawab oleh siswa
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Guru hanya menyampaikan materi tanpa menarik perhatian siswa untuk ikut dalam pembelajaran seperti mengkaitkan materi dengan benda-benda dilingkungan belajar siswa
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Membuat konsep penyampaian materi yang sederhana, guru dapat menganilisa kekurangan dalam penyampaian materi dengan mengaitkan benda-benda di sekitar siswa sehingga siswa tertarik dan aktif dalam pembelajaran, guru membuat kelas lebih bernyawa dengan menggunakan media ajar yang lebih sederhana dan melibatkan siswa sepenuhnya
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Guru memiliki kemampuan menganalisa kekuarangan dalam proses pembelajaran dengan cepat sehingga tercipta solusi kekurangan dalam proses belajar mengajar dengan cepat dan efisien
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Mengatasi kelemahan dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan mengaitkan materi ajar dengan benda-benda di sekitar lingkungan peserta didik, sehingga siswa lebih tertarik dalam materi yang disampaikan, kreatifitas dan inovasi guru dalam proses pembelajran perlu dilakukan dengan meningkatkan soft skill untuk melatih kepekaan guru dalam menemukan solusi dari evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan jalan melakukan observasi kelas secara berkala.
Nama Mahasiswa : Ade Anggraini Syah
NIM : 856472397
Kode/Mata Kuliah : PDGK4209 / PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
UPBJJ : Pekanbaru
Dari Vidio pembelajaran yang saya lihat,. Alangkah baiknya di awal pembelajaran dibuka dengan doa,
apersepsi, atau dapat juga ditambahkan nyanyian atau ice breaking yang dapat menarik perhatian siswa
akan pembelajaran dan menumbuhkan semangat belajar siswa, lalu dapat dilanjutkan dengan pertanyaan pemantik
lalu guru juga diharapkan dapat memeriksa
kehadiran siswa.
Dipertengahan video atau kegiatan inti guru tersebut sudah bagus dalam penyampaian materi guru tersebut selalu
menggunakan benda benda konkret disekitarnya semisal buah buahan , ibu guru tersebut juga melakukan Tanya jawab
kepada siswa yang bertujuan untuk melatih fokus dan daya tarik dalam kegaitan yang berlangsung,
metode mengajar yang digunakan juga bervariasi, namun pada saat pembentukan kelompok seharusnya
kelompok yang menampilkan hasil diskusinya bukan siswa perorangan.
lalu untuk di bagian akhir video yang kurang adalah penguatan materi dari guru, pembahasan materi yang akan di bahas pada pertemuan selanjutnya,dan salam/doa sebagai penutup pembelajaran
Terlihat pada video pembelajaran di atas siswa belum siap untuk menerima pembelajaran, tidak antusias . Didalam video terlihat guru tidak memotivasi siswa untuk kesiapan belajar nya . Guru hanya menjelaskan materi tidak memperhatikan kondisi siswa.
Kelemahannya guru diawal pembelajaran tidak adanya pendahuluan seperti mengucapkan salam , tidak melakukan absensi , tidak memoivasi siswa untuk membangkitkan semangat belajar , hanya menjelaskan tanpa memperhatikn kondisi siswa nya , media pembelajaran yang kurang menarik , penguasaan kelas kurang dikuasai oleh guru .
Kelebihannya guru mendapatkan ide untuk pembelajaran berikut nya yaitu menungaskan siswa untuk membawa buah-buahan sebagai media pembelajaran..
Hal-Hal menarik yang guru lakukan dalam pembelajaran walaupun siswa siswa nya tidak memperhatikan sama sekali . Melihat dari pembelajaraan sebelum nya anak kurang antusias dalam pembelajaran guru mendapatkan ide untuk pembelajaran berikutnya mendapat ide yang menarik yaitu dengan menugaskan siswa membawa media pembelajaran berupa buah-buahan.
upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu Sebaiknya sebelum pembelajaran dilakukan hendak nya guru menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik , dengan cara memotivasi siswa melakukan pembelajaran tersebut , menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk mebangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran , guru juga harus mengontrol seluruh aktivitas siswa agar memperhatikan pembelajarandan terlibat aktif . Menyiapkan media pembelajaran terlebih dahulu . Hendaknya menyiapkan media pembelajaran terlebih dahulu media yang memudahkan anak untuk memahami pembelajaran.
NAMA : YULI APRILIANTI
NIM : 856020096
Setelah saya melihat video di atas, maka dapat disimpulkan kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran tersebut ialah :
1. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah media yang dipakai dalam mengajarkan anak-anak. Yaitu guru memanfaatkan lingkungan, contohnya di atas menggunakan buah-buahan secara langsung. Hal itu membuat anak-anak tertarik dan tidak bosan saat belajar dan memudahkan anak untuk memahaminya.
2. Namun akan lebih baik jika Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.
3. Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan melakukan ice breaking atau cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.
Nama: LARAS SATI
NIM:857003766
Pada kagiatan awal pembelajaran, kelas terlihat tidak kondusif. Akan tetatpi kemudian guru mengubah cara mengajar dengan memakai media yang sesuai, sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.
Nama : Dwi Ayu Andini
NIM : 858902741
Pokjar : Purwoharjo
Setelah saya melihat video di atas, maka komentar saya yaitu :
1. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah media yang dipakai dalam mengajarkan anak-anak. Yaitu guru memanfaatkan lingkungan, contohnya di atas menggunakan buah-buahan secara langsung. Hal itu membuat anak-anak tertarik dan tidak bosan saat belajar dan memudahkan anak untuk memahaminya.
2. Kekurangannya yaitu, pada kegiatan awal guru tidak memberikan salam sapa atau semangat supaya anak fokus dan termotivasi untuk belajar.
Kemudian, guru tidak memberikan contoh bagaimana cara memotong buah menjadi dua bagian yang sama, dan bagaimana supaya alat tersebut tidak melukainya.
3. Solusinya, tentunya dari kekurangan yg saya sebutkan, guru semestinya membiasakan pada kegiatan awal pembelajaran memberikan motivasi sebelum masuk pada materi, dan penjelasannya.
Dan juga pada kekurangan yg kedua, guru juga seharusnya memberikan cobtoh terlebih dahulu cara bagaimana memotong buah menjadi dua bagian yang sama dan cara yang aman supaya pisau tidak melukainya.
Nama : Dwi Ayu Andini
NIM : 858902741
Pokjar : Purwoharjo
Setelah saya melihat video di atas, maka komentar saya yaitu :
1. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah media yang dipakai dalam mengajarkan anak-anak. Yaitu guru memanfaatkan lingkungan, contohnya di atas menggunakan buah-buahan secara langsung. Hal itu membuat anak-anak tertarik dan tidak bosan saat belajar dan memudahkan anak untuk memahaminya.
2. Kekurangannya yaitu, pada kegiatan awal guru tidak memberikan salam sapa atau semangat supaya anak fokus dan termotivasi untuk belajar.
Kemudian ada juga, guru tersebut tidak memberikan contoh bagaimana cara memotong buah menjadi dua bagian yang sama, dan bagaimana supaya alat tersebut tidak melukainya.
3. Solusinya, tentunya dari kekurangan yg saya sebutkan, guru semestinya membiasakan pada kegiatan awal pembelajaran memberikan motivasi sebelum masuk pada materi, dan penjelasannya.
Dan juga pada kekurangan yg kedua, guru juga seharusnya memberikan cobtoh terlebih dahulu cara bagaimana memotong buah menjadi dua bagian yang sama dan cara yang aman supaya pisau tidak melukainya.
Nama:Anjeli mayduri devin
Nim:
UPBJJ: kerinci jambi
1. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah media yang dipakai dalam mengajarkan anak-anak. Yaitu guru memanfaatkan lingkungan, contohnya di atas menggunakan buah-buahan secara langsung. Hal itu membuat anak-anak tertarik dan tidak bosan saat belajar dan memudahkan anak untuk memahaminya.
2. Kekurangannya yaitu, pada kegiatan awal guru tidak memberikan salam sapa atau semangat supaya anak fokus dan termotivasi untuk belajar.
Kemudian ada juga, guru tersebut tidak memberikan contoh bagaimana cara memotong buah menjadi dua bagian yang sama, dan bagaimana supaya alat tersebut tidak melukainya.
3. Solusinya, tentunya dari kekurangan yg saya sebutkan, guru semestinya membiasakan pada kegiatan awal pembelajaran memberikan motivasi sebelum masuk pada materi, dan penjelasannya.
Dan juga pada kekurangan yg kedua, guru juga seharusnya memberikan cobtoh terlebih dahulu cara bagaimana memotong buah menjadi dua bagian yang sama dan cara yang aman supaya pisau tidak melukainya.
Nama : Ari Andika
NIM : 856587916
Pokjar : Kerinci
Reaksi siswa
Pada pembelajaran hari pertama terlihat siswa kurang memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru, ini terlihat para siswa tersebut banyak yang asyik sendiri dengan temannya, ada yang mengganggu temannya dll.
Kekurangan
menurut pendapat saya kekurangan pada pembelajaran hari pertama terlihat dari kurangnya penguasaan kelas oleh gurunya, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang di berikan oleh guru, sedangkan untuk hari sudah terlihat perbaikan dalam segi penguasaan kelas oleh guru, tapi di segi alat peraga saya rasa alangkah baiknya guru tersebut memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar sekolah tersebut, dengan memanfaatkan benda disekitar tersebut akan mengurangi beban biaya ke siswa.
Kelebihan
menurut pendapat saya kelebihan pembelajaran yang diberikan pada hari kedua terlihat dari terlibat lansung dari seluruh siswa dalam pembelajaran, ini terlihat dari seluruh siswa yang terlihat aktif dalam melakaukan aktivitas pembelajaran.
Solusi
solusi yang diberikan guru tersebut adalah dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membawa alat peraga dari rumah,
1. apel
2. timun
# alangkah baiknya bahan prakteknya bisa di ambil di sekitar sekolah tersebut.