silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik

Muchtar M Noor

Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.

Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.

Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.

Drs. Tarhadi, M.Si.

  1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
  2. Media sudah tepat.
  3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

909 Comments

  1. Nama : wahyuni
    NIM : 859650494
    Prodi : S1 PGSD semester 6
    Di Adapun kelemahan-kelemahan yang ditemukan di dalam video adalah sebagai berikut :
    awal pembelajaran, guru tidak menyapa peserta didik.
    Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    Tidak ada interaksi antara guru dan peserta didik.
    Adapun kelebihan – kelebihan yang ditemukan adalah sebagai berikut :
    Guru menggunakan media berupa buah-buahan dalam mengajarkan materi pecahan
    terimakasih

  2. Nama : Wahyuni
    Nim : 859650494
    Pokjar : Lambunu
    setelah mengamati vidio pembelajara
    yang pertama guru tidak memberikan salam
    guru kurang mengelolah kelas dengan baik

  3. nama: tata darnita
    nim: 855860417
    prodi: S1-PGSD

    Setelah melihat dan mendengar kan dari video tersebut saya menganalisis kelebihan serta kekurangan nya:
    Kelebihannya:
    1.guru dapat menguasai materi serta menjelaskannya dengan benar dan dapat di mengerti
    2. guru mengajar menggunakan media buah-buahan dan juga murid ikut berperan dalam memotong buah tersebut.
    3.murid sangat antusias dan tertarik dalam praktek memotong buah
    Kekurangan:
    1.sebelum memulai pelajaran tidak adanya bordoa terlebih dahulu
    2.kurangnya interaksi guru dan murid sebelum mengajar
    3.guru tidak menyimpulkan materi yang di ajar
    4.tidak menanyakan kabar terlebih dahulu sebelum mengajar

  4. Nama : Sephia Chornelia
    Nim : 857030265
    Upbjj UT Bandar Lampung

    Pemanfaaat lingkungan hidup sebagai media pembelajaran matematika sangat meningkatkan minat belajar siswa. Mereka bisa dapat lebih mudah memahami materi dibandingkan hanya melalui gambar. Namun keterbatasan sumber daya juga harus diperhatikan, jangan sampai media yang disarankan membuat siswa bingung dan justru menurunkan semangat belajarnya. Dari video diatas, selain belajar matematika pecahan dengan buah buahan yang dibawa mereka juga sekaligus belajar mengelompokkan bentuk dari macam macam buah. Kelemahannya, alat yang digunakan mungkin sedikit membahayakan untuk anak SD, mungkin bisa sebaiknya praktek memotong bisa secara bergantian didepan kelas dengan pengawasan guru

  5. Nama : INGE DWISASTI
    NIM :856022899

    Dari video pembelajaran diatas Adapun kelemahan-kelemahan yang ditemukan di dalam video adalah sebagai berikut :Di awal pembelajaran, guru tidak menyapa peserta didik, Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, Saat guru menjelaskan materi, banyak peserta didik yang mengabaikan guru. Mereka asyik bermain bersama temannya. Bahkan ada yang melamun. Karena guru tidak mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu sebelum pembelajaran. Guru langsung memberikan soal kepada peserta didik, Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan, Guru mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Do’a penutup.

  6. Nama : Tasya Nabila Marpaung
    Nim : 859873492
    Pokjar : Labura

    Dari Video Diatas menurut pendapat saya pada awak pembelajaran dimulai guru sudah menyapa siswa akan tetapi guru langsung ke materi pembelajaran seharusnya guru mengecek kehadiran siswa, mengajak siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran , mengajak siswa untuk ice breaking untuk memusatkan konsentrasi dan perhatian siswa agar lebih semangat dalam belajar sehingga siswa tidak bosan, mengantuk ataupun main-main dengan teman sebangku nya dan guru juga harus mengingat kan kembali pembelajaran yang telah dipelajari semalam agar siswa ingat. Guru juga terlalu fokus kepada materi pembelajaran sehingga siswa kurang diperhatikan.
    Guru juga langsung memberikan soal kepada siswa tanpa membuat kesimpulan dari materi pembelajaran sehingga tidak ada interaksi antara guru dengan siswa.
    Guru menggunakan media berupa buah-buah han untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran pecahan.
    Materi yang disampaikan guru juga sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.

  7. Nama : Ekky Krystyna Dewi
    Nim : 878201223
    Pokjar : Salut Kota Kediri
    Mata Pelajaran : PKM

    Ringkasan Video :
    Proses mengajar dalam video di awal tampak menggambarkan kondisi kelas kurang kondusif dan motivasi untuk belajar berkurang, hal ini terlihat siswa saling berbicara sendiri saat guru menjelaskan. Kemudian guru mulai melakukan kegiatan pendahuluan dengan langsung memberi informasi terkait materi yang disampaikan yaitu materi bilangan pecahan Guru menggunakan media pembelajaran visual yaitu papan tulis sebagai media mendukung saat menerangkan materi. Dalam video juga dilakukan menggunakan media peraga sebagai media bahan ajar agar siswa mudah menangkap materi yang dipaparkan oleh guru. Hal guru mengguanakan media peraga. namun alat peraga yang digunakan membahayakan siswa
    Kelemahan :
    1. Kegiatan awal belum dilakukan terhadap guru, dimana kegiatan awal mulai dari mengecek daftar hadir dan menanyakan kabar kepada siswa.
    2. Kurangnya interaksi dengan memperlihatkan belajar yang gembira
    3. Menerapkan teacher centerd dari pada student centerd dalam video awal
    Kelebihan :
    Metode pembelajaran dengan memanfaatkan bahan yang ada dilingkungan sekitar hal ini membuat imanjinasi siswa semakin terbentuk.

  8. Nama : Mutiara rizki
    Nim : 855867126
    Kelas : A PGSD
    Pokjar : Labuhan batu selatan

    Menurut pendapat saya dari video diatas. Seharusnya seorang guru sebelum menyampaikan pembelajaran guru tersebut harus ada ice breaking supaya siswa semangat untuk menerima pembelajaran nantinya, juga guru harus mempunyai sebuah metode dan ide yang bisa menarik perhatian para siswa supaya siwa tidak bosan dengan pembelajaran yang disampaikan. Apalagi pembelajaran matematika yang pada umumnya banyak sekali anak-anak kurang menati, karena bagi mereka matematika sering kali menggunakan konpsep absatrak yang mungkin sulit dipahami oleh para siswa. Makanya, dari dalam video tersebut pada hari selanjutnya ibu guru tersebut mempunyai ide baru supaya anak lebih tertarik belajar matematika tentanh pecahan dengan menyuruh para siswa untuk membawa buah-buahan. Dengan membawa contoh buah-buahan tersebut maka para siswa lebih senang mengikuti proses belajar mengajar. Dan memamotivasi mereka bahwa belajar matematika itu tidak sulit tetapi belajar matematika ternyata juga menyenangkan dengan memasukkan contoh dengan kegiatan atau barang-barang yang ada pada kehidupan sahari-hari.

  9. Nama: Dyan Dargustin
    NIM : 856086544
    Semester: 6
    UPBJJ: Batam

    Setelah melihat video di atas maka ada beberapa kelemahan ditemukan:
    1. Sebaiknya di awal pembelajaran guru menyapa siswa terlebih dahulu dan memastikan siswa siap untuk memulai pelajaran
    2. Memberikan aturan kelas seperti ketika guru menjelaskan siswa memperhatikan tidak berbicara atau mengganggu teman. Bagi yang melanggar diberi sanksi
    3. Menggunakan media di sekitar siswa contohnya untuk persegi panjang bisa menggunakan media kertas atau kertas origami yang dapat menarik perhatian siswa
    4. Pada hari berikutnya sebaiknya. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru menanyakan materi sebelumnya
    5. Sebaiknya di akhir pembelajaran guru memberikan penguatan kepada siswa

    Pada video ini terdapat kelebihan yang ditemukan yaitu Guru menyediakan media kontekstual yang menarik bagi siswa yaitu buah-buahan yang mudah ditemukan oleh siswa sehingga siswa menjadi antusias dalam pembelajaran pecahan

  10. nama : Tarisa
    NIM : 855737411
    UPBJJ : Bandar Lampung
    pokjar : Baradatu
    program studi : S1 PGSD
    Dari video yang saya analisis ini membahas mengenai “Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media” didalam video ini terdapat kelebihan dan kekurangan. menurut saya, diawal video guru kurang menyampaikan materi pembelajaran dan menyiapkan apa saja yang akan dibawa oleh peserta didik selanjutnya. pada saat pembelajaran guru hanya menjelaskan dipapan tulis sehingga peserta didik kurang fokus belajar masih ada siswa yang berbicara dengan teman sebangku dan sibuk sendiri. seharusnya pada awal pembelajaran guru terlebih dahulu memberikan salam atau ice breaking untuk menumbuhkan semangat belajar dan lebih fokus pada pembelajaran.
    kemudian guru menggunakan benda benda konkret seperti buah buahan, sebaiknya tidak membawa pisau karena itu benda berbahaya. sebagai gantinya guru bisa meminta peserta didik membawa roti yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau atau juga bisa menggunakan benda seperti kertas menjadi potongan pecahan.

Leave a Reply