Similar Posts
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama: Maria Trisna Selvia
Nim : 856470759
Pokjar : Pelalawan
Menurut saya analisis video tentang “belajar membaca deskripsi tentang benda” diatas
Sebagai seorang guru kelas 1, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai pembelajaran di kelas
1.Menyambut dan menyapa siswa dengan hangat. Guru dapat menyapa siswa satu per satu dan mengajak mereka untuk berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
2. Membangun suasana kelas yang menyenangkan. Guru dapat mengajak siswa untuk bernyanyi, bertepuk tangan, atau melakukan kegiatan pembuka yang menarik perhatian siswa
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran. Guru dapat menjelaskan apa yang akan dipelajari hari ini dan mengapa pelajaran tersebut penting.
4. Melakukan apersepsi. Guru dapat mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan atau pengalaman siswa sebelumnya.
5. Memberikan motivasi. Guru dapat memberikan semangat dan dorongan kepada siswa agar mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
6. Memastikan kesiapan siswa. Guru dapat memastikan bahwa siswa telah membawa perlengkapan belajar yang dibutuhkan.
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa,dengan demikian siswa lebih bersemangat belajar.
NAMA : TSAMARAH SAKIRAH
NIM : 856081918
PRODI : FKIP
JURUSAN : S1 PGSD
UPBJJ : BATAM
Setelah menonton video diatas, saya berpendapat ada beberapa hal yang seharusnya di perbaiki di antaranya:
1. Guru seharusnya membuka pelajaran dengan mengecek kesiapan murid untuk belajar.
2. Guru seharusnya mengabsen murid satu persatu sebagai pembukaan dalam pembelajaran.
3. Guru kurang inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran.
4. Kurangnya penggunaan media/teknologi dalam pembelajaran.
5. Seharusnya anak diberikan waktu beberapa menit untuk membaca buku diawal pembelajaran agar melatih kebiasaan anak membaca.
Untuk solusi yang diberikan di video tentang anak yang belum bisa membaca saya setuju, tapi saya punya opsi lain untuk itu, Menggunakan Metode Multi-sensorik: menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu indra, seperti melihat, mendengar, dan menyentuh. Misalnya, gunakan papan tulis interaktif atau kartu gambar dengan kata-kata untuk membantu memperkuat pemahaman anak.
Nama : Agusmiarti
Nim : 858056411
UPBJJ : PONTIANAK
kelebihan video di atas :
1. guru mampu mengkondisikan siswa dan bisa tertertib dalam pelejaran
2. penyampaian sangat jelas dan mudah di pahami oleh siswa
kekuranagan dari video tersebut
1. Guru tidak menyiapkan siswa secara fisik dan mental mulai dari sebelum ruang kelas sampai mulai pembelajaran seperti berdoa.
2. Kurangnya respon dari guru bagi anak yang belum bisa membaca .
3. dan masih ada beberapa siswa yang masih tidak konsentrasi dalam pembelajaran
Nama : Hanni Kurniawati
Nim. :858542521
Pokjar :Boja
Kelemahan pada vidio pembelajaran diatas diantaranya:
1.Guru tidak melakukan kegiatan awal secara sistematis,tidak berdoa sebelum melakukan kegiatan dan tidak mengabsen peserta didik atau tanya kabar terlebih dahulu
2.Guru langsung menunjuk anak membaca sebaiknya ditawarkan siapa yang akan membaca terlebih dahulu
3.perkenalkan benda-benda didalam kelas terlebih dahulu yang dekat dengan anak
4.Seharusnya guru memberikan pujian bagi anak yang sudah bisa membaca
5.Guru sebaiknya memberikan penguatan dan semangat bagi siswa yang belum lancar atau belum bisa membaca.
Kelebihan
– Guru dalam menyampaikan materi dengan intonasi yang jelas sehingga anak mudah mengerti
Solusi
Sebaiknya guru menempelkan kata pada setiap benda yang ada didalam kelas sehingga lebih memudahkan anak dalam belajar membaca dengan benda
Nama: Ainun zariyah
Nim: 858434851
pokjar : Ut Tunas Mandiri
kelas :8 A
setelah saya menonton video ini pada tayangan pertama,bahwa memang ad kelemahan dalam video tersebut yaitu:
– tidak ad absensi kehadiran siswa .
– pembukaan pembelajaran tidak di awali dengan berdoa terlebih dahulu sebelum masuk ke inti pembelajaran.
– tidak ada motifasi sehingga siswa merasa bosan dalam pembelajaran ,seharusnya seorang guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa malas dan bosan saat masuk pembelajaran.
– siswa tidak di latih membaca terlebih dahulu ,akibatnya ada salah satu siswa yang tidak bisa membaca.
*Dalam solusi video yang kedua,menurut saya sudah bagus.
– penyampaian materinya sudah bagus dan siswanya pun penuh semangat dalam membaca.
siswa kurang aktif dalam menyampaikan pendapat karena materi yang dipelajari sulit bagi siswa. Siswa juga banyak yang tidak bisa memahami materi dalam pembelajaran, hal uni yang saya termui dari beliau dalam mengajar adalah menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswanya sehingga siswa dapat berimajinasi melalui gambar tersebut dan Guru telah menerapkan metode diskusi bersama siswa mengenai pengalamannya, terimaksih
berdasarkan video tersebut reaksi siswa terhadap pembelajaran cukup antusias, guru dan siswa dapat tanya jawab secara aktif namun pada saat awal pembelajaran mereka kesulitan untuk membaca dan menjelaskan, terkait kelemahan guru 1. Guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga anak yang cara belajarnya linestetik kurang tertarik, Karena siswa belum diajari untuk membaca 2. Kurang penggunaan media pembelajaran 3. Pada saat awal pembelajaran guru tidak melakukan doa untuk memulai pembelajaran. Kelebihan yang saya temukan dari video yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, mampu dipahami siswa terlihat dari aktifnya siswa saat melakukan tanya jawab dengan guru dan berari maju ke depan untuk membacakan ciri-ciri benda. Guru sudah melakukan perutpan pembalajaran dengan doa penutup, Kelebihan yang saya temukan dari video yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, mampu dipahami siswa terlihat dari aktifnya siswa saat melakukan tanya jawab dengan guru dan berani maju ke depan untuk membacakan ciri-ciri benda, Guru sudah melakukan penutpan pembelajaran dengan doa penutup, Kelebihan yang saya temukan dari videa yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, mampu dipahami siswa terlihat dari aktifnya siswa saat melakukan tanya jawab dengan guru dan berani maju ke depan untuk membacakan ciri-ciri benda. Guru sudah melakukan perutpan pembelajaran dengan doa penutup Kelebihan yang saya temukan dari video yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, mampu dipahami siswa terlihat dari aktifnya siswa saat melakukan tanya jawab dengan guru dan berani maju ke depan untuk membacakan ciri-ciri benda. Guru sudah melakukan penutpan pembelajaran dengan dos penutupi Kelebihan yang saya temukan dari video yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, mampu dipahami siswa terlihat dari aktifnya siswa saat melakukan tanya jawab dengan guru dan beravi maju ketlepon untuk membacakan ori-on benda. Guru sudah melakukan penutpan pembiolajaran dengan dos penutup Kelebihan yang saya temukan dari video yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, mampu dipahami siswa terlihat dari aktifnya siswa sact melakukan tonya jawab dengan guru den berani maju ke depan untuk membacakan ori-ciri benda. Guru sudah melakukan pehutpon pembolajaran dengan doa penutup Kelebihan yang saya temukan dari vides yaitu guru menjelaskan dengan cukup jelas, maripu dipahami siowa terlihat dari ko saat melakukan tanya jawab dengan guna dan berani moju ke depan wreck membacakan bends Guru sudah melakukan penutpos pentolajaran dengan doo penutup. Upaya yang saya sukan agar kusinas kegiatan pembelajaran meringkat yaitu A dapat menggunakan media lain seperti kotak pensil, pulsen, buku untuk di perlihatkan kepada siswa beserta penjelasan mengapa itu di sebut benda. Jika guru menggunakan metode ceramah, guru dapat menggunakan metode diskusi Bersama sebagai keaktifan
Nama : Fuji lestari
Nim : 857014809
UPBJJ : Ambarawa
1.Video ini menyajikan pandangan yang menarik tentang potensi dampak di masa depan, khususnya terkait dengan pembelajaran mesin (machine learning) dan kemampuan untuk memahami dan membaca berbagai objek.
2. Saran saya, sebaiknya kita mendorong pengembangan teknologi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan memahami berbagai benda. Hal ini dapat bermanfaat dalam berbagai bidang, seperti:
– Bidang pendidikan, untuk membantu siswa belajar membaca dan memahami objek-objek dengan lebih efektif.
– Bidang medis, untuk membantu dokter dan ahli radiologi dalam membaca dan menginterpretasi citra medis.
– Bidang industri, untuk membantu proses inspeksi dan pemeriksaan kualitas produk secara otomatis.
– Bidang penelitian, untuk membantu para ilmuwan dalam menganalisis dan memahami data visual yang kompleks.
3. Edukasi publik mengenai potensi Adalam bidang pemahaman visual juga sangat penting. Masyarakat perlu memahami bagaimana dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami berbagai objek, serta implikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Kolaborasi antara para ilmuwan, pengembang, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan lainnya diperlukan untuk mengarahkan perkembangan di bidang pemahaman visual ke arah yang positif. Diskusi terbuka dan konstruktif harus terus didorong.
5. Selain itu, perlu ada investasi dalam penelitian dan pengembangan yang berfokus pada peningkatan akurasi, keandalan, dan keamanan dalam aplikasi pemahaman visual. Hal ini akan membantu mempercepat adopsi teknologi di berbagai sektor.
Secara keseluruhan, video ini memberikan perspektif yang penting untuk dipertimbangkan. Dengan pemahaman yang baik dan tindakan yang tepat, kita dapat memanfaatkan potensi dalam bidang pemahaman visual sambil memitigasi dampak negatifnya. Saya harap saran-saran ini dapat berguna.
NAMA : FAJRI HAFIDZ AMRULLOH
NIM :855742065
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
KELAS : 6A
Tanggapan saya mengenai video mengajar yang pertama :
Saya mengapresiasi konten tersebut tetapi menurut saya ada yang perlu dibenahi
– Pelajaran dibuka dengan salam, sebaiknya dilanjutkan dengan doa walaupun hanya sebentar
– Melewatkan absensi siswa, sebaiknya melakukan absensi sebelum masuk ke judul materi. Terutama pada kelas 1, supaya guru lebih mengenal lagi setiap peserta didik di kelasnya.
– Melewatkan pertanyaan pemantik, pertanyaan pemantik diperlukan supaya merangsang daya kritis berpikir anak dan menarik minat belajar siswa
– Di setiap proses pembelajaran sepertinya perlu di selingi dengan break bisa dilakukan dengan menyanyi atau streching, supaya menyegarkan pikiran dan meregangkan otot yang kaku.
– Pengaplikasian materi dengan metode mengajar. Guru kelas rendah memang perlu sedikit banyak mempelajari metode mengajar, salah satu dengan bernyanyi. Mengaplikasikan materi benda dengan nada “lihat kebunku” sepertinya cocok.
” Lihat kelasku penuh dengan benda
ada lemari dan ada jendela
setiap hari di jaga bersama
bersih dan rapi semuanya indah”
– Guru menunjukan beberapa murid untuk membaca, tetapi terdapat 1 murid yang belum bisa membaca. Apa solusi dari guru tersebut? belum terlihat solusinya. Solusi saya dibentuk kelompok khusus anak yang belum bisa membaca kemudian diajarkan secara intensif dengan menggunakan metode fonik. Untuk yang masih belum lancar membaca diberikan buku dengan bacaan yang jelas dan bergambar.
Tanggapan untuk video mengajar yang kedua :
Saya mengapresiasi semangat dan kesabaran guru tersebut dalam mengajar tetapi ada beberapa poin yang perlu diperhatikan :
– Setelah menerangkan materi, sebaiknya guru memberi tugas supaya anak mengingat kembali ilmu yang baru saja disampaikan. Tugas tidak harus dengan soal tulis, bisa dengan kuiz atau game. Misalnya :
Guru memberi qlue kata benda yang berawalan huruf J. secara otomatis anak akan berfikir “benda huruf J???? cicak, jeli, Jendela” “jendela bu”. Secara tidak langsung guru merangsang kecepatan daya fikir anak untuk mencari jawaban.
– Memberi kesimpulan diakhir penutup materi. sebaiknya guru memberi kesimpulan tentang apa yang baru saja dipelajari.
Nama : Purnama Sabilla
NIM : 856022265
Prode : S1 PGSD
Kelas : 8-C AKPMM
UPBJJ/Pokjar : Medan/Asahan
Judul video : Belajar membaca deskripsi tentang benda
Berdasarkan pemaparan video diatas, berikut pengamatan saya mengenai pembelajaran yang dilakukan :
1. Guru tidak menginformasikan tujuan pembelajaran serta pemberian motivasi diawal pembelajaran
2. Tidak menggunakan alat peraga, guru hanya fokus pada buku
3. Diakhir pembelajaran, guru tidak menyimpulkan pelajaran
4. Guru tidak memberikan evaluasi kepada siswa
5. Siswa hanya aktif menjawab pertanyaan guru, tetapi tidak aktif untuk bertanya mengenai pelajaran.
Dari beberapa kekurangan diatas, terdapat juga kelebihan yaitu guru memberikan pelajaran dengan penuh semangat, Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan, Guru tidak hanya fokus pada 1 siswa, Memberikan apresiasi kepada siswa seperti ucapan “hebat” “pintar” dan memberi tepukan tangan.
Penyelesaian masalah yang dapat dilakukan guru yang terdapat dalam video yaitu hendaknya tidak hanya terfokus pada buku, alangkah baiknya memanfaatkan benda-benda sekitar untuk di deskripsikan, sehingga pembelajaran tidak monoton dan siswa dapat lebih aktif lagi.