silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

183 Comments

  1. Nama : Indah PERAMATA Ada Sari
    Nim : 857164017
    Menurut saya tentang vidio ini mengenai belajar membaca deskripsi tentang benda cukup baik dan bagus jadi meningkatkan daya tangkap anak untuk belajar biar mudah dan cepat membaca berupa benda tersebut

  2. Nama : DENI SEPTA ERVANTORO
    Nim : 858893255
    Pokjar : Pokjar Purwoharjo-Banyuwangi.

    Setelah saya melihat dan mengamati video kelas 1 dalam membaca deksripsi benda yang ada di sekitar. Berdasarakan pendapat yang akan saya sampaikan terlihat pada awal video guru membuka dengan cukup baik. pada kegiatan inti pelajaran guru juga langsung memberikan siswa untuk membaca deskripai benda tersebut. sehingga hanya bisa megucapkan obejek benda tersebut dan tidak bisa membaca dalam bacaan deskripsi benda tersebut. ada beberapa masalah yang saya dapati dalam kegitan pembelajaran tersebut anatara lain yaitu :
    – Guru dalam pembukaan pelajaran seharusnya di adakan do’a terlebih dahulu.
    – Pada kegitan pembelajaran pada saat guru menunjuk muridnya untuk membaca, murid tidak bisa membaca dikarenakan guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu.
    -Guru tidak memahi kemampuan setiap siswa dalam kemampuan membaca. dalam hal ini guru harus ada pendekatan yang penuh untuk mengenal kemampuan membaca setiap muridnya. karena pada anak tersebut banyak yang belum paham menggenal huruf.
    -Sebaik dalam pembelajaran tersebut ada media tambahan seperti audio visual sehingga murid bisa paham dengan jelas untuk belajar membaca deskripsi benda sengan memutarkan lagu, dan juga tentunya agar anak belajar dengan senang
    Dan untuk solusinya agar anak bisa mendapatkan peningkatan dalam membaca saya setuju pada ulasan solusi yang terdapat di video tersebut. Tapi guru juga harus memberi perhatian khusus kepada siswa dengan memberikan latihan tambahan kepada anak.

  3. Nama: Nurmala Setianingsih
    NIM: 856982388
    Pokjar : Banjar Agung
    Program Studi : S1 PGSD

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban;
    Anak-anak cukup antusias dan mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga tidak menciptakan kegaduhan di dalam kelas dan Hampir semua anak-anak memperhatikan guru tersebut dalam menyampaikan pembelajaran.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban;
    1. Tidak ada kegiatan pembukaan seperti berdoa, absensi dan motivasi.
    2. Guru tidak memberikan arahan atau melatih siswa yang belum bisa membaca.
    3. Tidak menggunakan media dalam pembelajaran.
    4. Guru hanya menyebutkan ciri-ciri benda yang ada di dalam buku saja.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban;
    1. Suara guru lantang dan jelas.
    2. Guru mempunyai keterampilan bertanya yang cukup bagus.
    3. Mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
    Jawaban;
    Anak-anak kelas 1 sudah mampu memahami macam-macam benda beserta ciri-ciri benda dengan baik.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
    Jawaban;
    Jadi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sebaiknya saat di awal pembelajaran atau kegiatan pembuka guru bisa melakukan kegiatan berdoa terlebih dahulu, mengisi daftar hadir dan sedikit memberikan motivasi supaya anak lebih semangat dalam belajar. Kemudian pada kegiatan inti seharusnya guru mengetahui kemampuan anak karena mereka masih kelas 1. apakah mereka bisa membaca per huruf atau mengeja. di dalam video sudah terlihat beberapa siswa yang belum bisa membaca pada saat ditunjuk oleh guru. Dan guru tersebut tidak memberikan timbal balik atau arahan supaya anak mampu meningkatkan dalam membaca, dalam arti mengabaikan.
    Jadi menurut saya metode yang digunakan kurang tepat harus dirubah misalnya seperti guru menampilkan sebuah video/foto benda, kemudian guru menyebutkan ciri-ciri dari benda yang ditunjukan. Kemudian guru meminta anak-anak untuk berfikir mencari tahu ciri-ciri benda yang yang ada di video/poto. Maka dengan begitu anak-anak yang kurang pandai membaca bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Dan untuk anak-anak yang belum pandai membaca guru bisa mencari waktu luang untuk mengajarkan membaca.

  4. NAMA : Indah Permata Sari
    NIM : 857164017

    Asalamualaikum wr..wb.
    Berdasarkan Vidio yang saya tonton mengenai belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran bahasa Indonesia kelas 2
    Sebelumnya kalo menurut saya siswanya cukup aktif di kelas,namun ada beberapa siswa yang belum mengenal huruf berarti secara otomatis siswa tersebut belum menguasai CALISTUNG.kemudian siswa sesuai kelas 2 atau bisa di katakan kelas rendah kalo menurut saya di sediakan atau di harapkan guru memberikan pelajaran tambahan setelah selesai belajar bagi siswa yang belum lancar membaca ,karena di satu sisi yaitu kemampuan siswa berbeda beda pula ,usia belum menjamin kemampuan siswa
    Maka dari itu dengan adanya solusia kerja sama dan komunikasi antara guru dengan orang tua sangat lah penting sehingga dapat menyelesaikan personal dari anak didik ,diharapkan persoalan seperti di atas dapat terselesaikan
    Sekian pendapat dari saya
    Terimakasih ….

  5. Nama : Fitri Sahrija Aini Pohan
    Nim : 859879232
    Semester: 2 PGSD

    Pada video ini Menurut saya guru seharusnya mengajak siswa bersama-sama dalam membaca teks tentang deskripsi benda dengan memandu siswa membaca karna ada sebagian siswa yang belum bisa membaca. Karena jika guru memandu dalam membaca teks tentang mendeskripsikan benda siswa tidak hanya paham akan bentuk nya namun paham juga akan kegunaannya dan juga akan mampu membaca teks dengan lancar

  6. NAMA : DIANA
    NIM : 859885877
    JURUSAN : S1 PGSD

    Assalamu’alaikum wr..wb
    Izin untuk memeberi tanggapan mengenai video “Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda”

    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut, guru tidak terlebih dahulu menyiapkan siswa, tidak berdo’a, tidak mengecek kehadiran siswa, dan tidak menyanyikan lagu wajib nasional sesuai dengan kurikulum yg diterapkan..
    Saat pembelajaran berlangsung guru hanya memberikan 1 contoh benda dan tidak mendeskripsikan atau menjelaskan keterangan benda tersebut. Siswa diminta untuk mendeskripsikan benda terlebih dahulu tanpa bimbingan guru..
    Terimakasih..

  7. Nama : SIS MUAFIQ
    NIM : 858171251
    Jurusan : PGSD – S1 UPBJJ Surabaya Pokjar Lamongan
    Setelah menonton tayangan vidio diatas dapat saya simpulkan vidio tersebut sebagai berikut?
    1. Hanya sebagian saja siswa yang aktif sedangkan yang lainya tidak begitu aktif.

    Secara keseluruhan ada beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran.
    1. Tidak dimulai dengan membaca doa bersama
    2. Lupa tidak mengabsen siswanya
    3. Guru tidak bertanya tentang kefahaman siswa terhadap materi yang disampaikan
    4. Guru tidak meperhatikan siswa yang belum bisa membaca.

    Adapun kelebihan guru dalam proses pembelajaran tersebut adalah
    1. Guru mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran

    Setelah kita mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang saya amati dari video tersebut upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru sebaiknya lebih meningkatkan kembali kualitas mengajarnya dengan lebih bisa memahami karakter setiap peserta didik.

  8. Nama : sayyidatul mustamiah
    Nim : 857697424
    Prodi : S1 PGSD

    Dari video tersebut menurut saya penjelasan yang disampaikan oleh guru sudah jelas, dan juga guru menyampaikan materi dengan suara yang keras.
    Tetapi kekurangan dari guru tersebut menurut saya adalah:
    – diawal pelajaran guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – diawal pelajaran guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu
    – guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang benda-benda tersebut.

  9. Nama : Rosintan Parhusip
    NIM : 857159269
    Program Studi : PGSD UT Jakarta – BI2-C1

    Belajar membaca deskripsi tentang benda
    Setelah menyimak video belajar di atas, ada beberapa
    kelemahan dari viedo belajar tersebut antara lain:
    1. Guru menyapa namun tidak melakukan presensi dan tidak memotivasi anak untuk belajar terlebih dahulu.
    2. Belum menyimpulkan materi pembelajaran di kegiatan penutup
    3. Hanya memanfaatkan alat peraga seadanya yaitu dengan menunjukkan benda – benda yang ada di kelas, padahal seharusnya bisa menggunakan alat peraga dari media gambar/ slide power point.
    4. Siswa tidak diajak untuk membaca terlebih dahulu untuk mengetahui gambaran mendeskripsikan objek, karena masih belajar di level rendah (kelas 2)

    Kelebihan:
    1. Guru menjelaskan dengan artikulasi yang jelas.
    2. Guru antusias dalam mengajar.
    Terima kasih.

  10. Nama : Kristina Cici Purwanti
    NIM : 826125081
    Program Studi : PGSD UPBJJ UT 50 Samarinda

    Belajar membaca deskripsi tentang benda
    Setelah melihat video belajar di atas, ada beberapa
    kelemahan dari video belajar tersebut yaitu:
    1. Pada awal pembelajaran guru tidak mengajak siswa berdoa terebih dahulu dan tidak mengecek kehadiran siswa
    2. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa
    3. Hanya memanfaatkan alat peraga seadanya yaitu dengan menunjukkan benda – benda yang ada di kelas,

    Kelebihan:
    1. Guru menjelaskan dengan artikulasi yang jelas.
    2. Guru sangat semangat selama KBM
    3. Guru mampu berinteraksi dengan baik kepada siswanya

    Terima kasih.

Leave a Reply