silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Similar Posts

96 Comments

  1. Bismillah…Izin Respon Video

    Nama : Ima Resmawati
    NIM : 857529268
    UPBJJ – UT : Katapang – Kab. Bandung

    Dalam video tersebut alangkah lebih baik jika menggunakan media video tentang bagaimana membaca pantun sehingga peserta didik bisa melihat secara langsung betapa menarik jika bisa membaca pantun dengan intonasi dan penyampaian yang enak dan seru. Dan memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta didik mengenai pantun dengan memberikan contoh tokoh yang pandai dalam berpantun, seperti public figure atau yang sudah peserta didik kenal. Kemudian dalam proses pembelajaran membacakan pantun bisa dibuat per kelompok sehingga akan ada kegiatan berbalas pantun yang dibacakan sehingga bisa membuat semua peserta didik lebih aktif. Adapun mengenai teori tentang pantun bisa dibuat review seperti Fishbone atau infografis yang dibagikan kepada peseta didik sebelum dimulainya kegiatan membaca pantun ataupun setelahnya.

    Terima kasih

    Terima kasih

  2. Nama : Ita Nurhidayah
    Nim : 857875018
    UPBJJ-UT: Surakarta

    Setelah melihat video pembelajaran di atas, menurut saya dari beberapa aspek observasi sudah ada, seperti:
    1. keterampilan membuka salam sudah dilakukan guru
    2. keterampilan bertanya sudah dilakukan guru
    3. keterampilan menjelaskan sudah ada, walaupun pada video menurut saya guru kurang menjelaskan dengan runtut, sehingga anak-anak belum mengetahui dengan jelas apa itu pantun.
    4. Keterampilan mengadakan variasi , di dalam video terlihat anak sudah aktif bertanya , dan maju ke depan untuk membaca pantun.Tetapi akan lebih menyenangkan jika dibuat kelompok dan mengunakan kartu pantun sehingga lebih bervariasi kembali. Lalu kurangnya media pembelajaran, seharusnya guru bisa membuat variasi pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai gaya belajar anak.
    5. keterampilan menutup pelajaran. Menurut saya dalam aspek ini guru belum melakukan penilaian atau evaluasi kepada siswa sehingga kita belum tahu sejauh mana anak faham.
    6. keterampilan menutup pelajaran. Sudah dilakukan guru

    mungkin itu yang dapat saya sampaikan mohon maaf jika ada kekeliruan, semangat belajar dan sukses untuk kita semua.

  3. Nama :Maslianati

    NIM: 858062232

    Setelah menonton video pembelajaran tersebut, saya berpendapat bahwa beberapa aspek observasi telah tercakup, antara lain:

    – Guru telah melakukan keterampilan membuka pelajaran dengan salam.
    – Guru sudah menunjukkan keterampilan bertanya.
    – Guru juga memiliki keterampilan menjelaskan, meskipun menurut saya penjelasannya kurang terstruktur, sehingga anak-anak belum memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan pantun.
    – Keterampilan dalam variasi pembelajaran sudah terlihat, seperti anak-anak aktif bertanya dan tampil di depan untuk membaca pantun. Namun, pembelajaran akan lebih menarik jika dilakukan dalam kelompok dengan menggunakan kartu pantun agar lebih bervariasi. Media pembelajaran juga kurang beragam; – –sebaiknya guru dapat menghadirkan variasi yang sesuai dengan gaya belajar siswa.
    -Dalam keterampilan menutup pelajaran, guru tampaknya belum melakukan penilaian atau evaluasi kepada siswa, sehingga kita belum mengetahui tingkat pemahaman mereka.
    – Keterampilan menutup pelajaran juga telah dilakukan oleh guru.

  4. Setelah melihat vidio di atas, kegiatan belajar tersebut sangat rapi. Anak anak antusias mengikuti kegiatan . Bapak guru memberikan materi sangat mudah untuk di pahami, sehingga anak tidak merasa lelah ataupun mengantuk.
    Namun pada awal kegiatan lebih baiknya pak guru melakukan apersepsi terlebih dahulu untuk untuk melakukan doa atau permainan dengan waktu yang di tentukan. Komunikasi antar dan guru sangat baik. Kegiatan belajar mengajar dalam vidio cukup balik

  5. Nama : pinta wilianis hura
    izin komentari vidio tersebut

    setelah saya menganalisis vidio tersebut saya mendapatkan ada beberapa kekuragan dan hal yang harus di perbaiki dalam vidio tesebut anatara lain, dimana pada kegiatan awal guru tidak memberikan salam sapaan pada sisiwa nya , yang mana guru tersebut hanya menanyakan kabar siswa nya saja , tidak mengajak berdoa bernyanyi atau pun menanyakan kembali materi sebelumnya guru langsung saja mengajak siswa membaca halam buku yang akan di pelajari hariitu juga
    pada kegiatan inti sudah lumayan bagus guru menjelaskan materinya namun kekurangannya guru menyuruh siswa membaca pantun tersebut tanmpa memberikan contoh terlebih dahulu.
    begitu juga dengan kegiatan penutup guru tidak memberikan umpan balik dan kesimpulan kepada siswa nya

  6. Nama : Rio Dippu Hutasoit
    Nim : 856048315
    UPBJJ-UT: MEDAN
    Dari video tersebut diawal pembelajaran guru kurang kondusif dimana awal mulai pembelajaran, guru tidak menggunakan salam pembuka, misalnya tidak menyapa siswa dengan kata salam serta diawal tidak berdoa pada awal pembuka pembelajaran. pada proses pembelajaran inti guru kurang memahami isi materi sehingga siswa cenderung kurang fokus ngobrol sama temannya. pada pembelajaran inti guru tidak memakai media pembelajaran akibatnya proses pembelajaran tidak bagus. Guru harus bisa menggunakan alat peraga tersebut agar hasil pembelajaran yang diinginkan tercapai serta harus bisa mengontrol ketertiban didalam kelas agar kondusif. diakhir penutupan pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran dengan cara berdoa dan mengingatkan siswa supaya materi lebih dipahami dan diasah sejauh mana kemampuan siswa tersebut.

    Namun pada awal kegiatan lebih baiknya pak guru melakukan apersepsi terlebih dahulu untuk untuk melakukan doa atau permainan dengan waktu yang di tentukan. Komunikasi antar dan guru sangat baik. Kegiatan belajar mengajar dalam vidio cukup baik.

Leave a Reply