Similar Posts
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bismillah…Izin Respon Video
Nama : Ima Resmawati
NIM : 857529268
UPBJJ – UT : Katapang – Kab. Bandung
Dalam video tersebut alangkah lebih baik jika menggunakan media video tentang bagaimana membaca pantun sehingga peserta didik bisa melihat secara langsung betapa menarik jika bisa membaca pantun dengan intonasi dan penyampaian yang enak dan seru. Dan memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta didik mengenai pantun dengan memberikan contoh tokoh yang pandai dalam berpantun, seperti public figure atau yang sudah peserta didik kenal. Kemudian dalam proses pembelajaran membacakan pantun bisa dibuat per kelompok sehingga akan ada kegiatan berbalas pantun yang dibacakan sehingga bisa membuat semua peserta didik lebih aktif. Adapun mengenai teori tentang pantun bisa dibuat review seperti Fishbone atau infografis yang dibagikan kepada peseta didik sebelum dimulainya kegiatan membaca pantun ataupun setelahnya.
Terima kasih
Terima kasih
Nama : Ita Nurhidayah
Nim : 857875018
UPBJJ-UT: Surakarta
Setelah melihat video pembelajaran di atas, menurut saya dari beberapa aspek observasi sudah ada, seperti:
1. keterampilan membuka salam sudah dilakukan guru
2. keterampilan bertanya sudah dilakukan guru
3. keterampilan menjelaskan sudah ada, walaupun pada video menurut saya guru kurang menjelaskan dengan runtut, sehingga anak-anak belum mengetahui dengan jelas apa itu pantun.
4. Keterampilan mengadakan variasi , di dalam video terlihat anak sudah aktif bertanya , dan maju ke depan untuk membaca pantun.Tetapi akan lebih menyenangkan jika dibuat kelompok dan mengunakan kartu pantun sehingga lebih bervariasi kembali. Lalu kurangnya media pembelajaran, seharusnya guru bisa membuat variasi pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai gaya belajar anak.
5. keterampilan menutup pelajaran. Menurut saya dalam aspek ini guru belum melakukan penilaian atau evaluasi kepada siswa sehingga kita belum tahu sejauh mana anak faham.
6. keterampilan menutup pelajaran. Sudah dilakukan guru
mungkin itu yang dapat saya sampaikan mohon maaf jika ada kekeliruan, semangat belajar dan sukses untuk kita semua.
Nama :Maslianati
NIM: 858062232
Setelah menonton video pembelajaran tersebut, saya berpendapat bahwa beberapa aspek observasi telah tercakup, antara lain:
– Guru telah melakukan keterampilan membuka pelajaran dengan salam.
– Guru sudah menunjukkan keterampilan bertanya.
– Guru juga memiliki keterampilan menjelaskan, meskipun menurut saya penjelasannya kurang terstruktur, sehingga anak-anak belum memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan pantun.
– Keterampilan dalam variasi pembelajaran sudah terlihat, seperti anak-anak aktif bertanya dan tampil di depan untuk membaca pantun. Namun, pembelajaran akan lebih menarik jika dilakukan dalam kelompok dengan menggunakan kartu pantun agar lebih bervariasi. Media pembelajaran juga kurang beragam; – –sebaiknya guru dapat menghadirkan variasi yang sesuai dengan gaya belajar siswa.
-Dalam keterampilan menutup pelajaran, guru tampaknya belum melakukan penilaian atau evaluasi kepada siswa, sehingga kita belum mengetahui tingkat pemahaman mereka.
– Keterampilan menutup pelajaran juga telah dilakukan oleh guru.
Setelah melihat vidio di atas, kegiatan belajar tersebut sangat rapi. Anak anak antusias mengikuti kegiatan . Bapak guru memberikan materi sangat mudah untuk di pahami, sehingga anak tidak merasa lelah ataupun mengantuk.
Namun pada awal kegiatan lebih baiknya pak guru melakukan apersepsi terlebih dahulu untuk untuk melakukan doa atau permainan dengan waktu yang di tentukan. Komunikasi antar dan guru sangat baik. Kegiatan belajar mengajar dalam vidio cukup balik