silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Similar Posts

93 Comments

  1. Bismillah…Izin Respon Video

    Nama : Ima Resmawati
    NIM : 857529268
    UPBJJ – UT : Katapang – Kab. Bandung

    Dalam video tersebut alangkah lebih baik jika menggunakan media video tentang bagaimana membaca pantun sehingga peserta didik bisa melihat secara langsung betapa menarik jika bisa membaca pantun dengan intonasi dan penyampaian yang enak dan seru. Dan memberikan pertanyaan pemantik kepada peserta didik mengenai pantun dengan memberikan contoh tokoh yang pandai dalam berpantun, seperti public figure atau yang sudah peserta didik kenal. Kemudian dalam proses pembelajaran membacakan pantun bisa dibuat per kelompok sehingga akan ada kegiatan berbalas pantun yang dibacakan sehingga bisa membuat semua peserta didik lebih aktif. Adapun mengenai teori tentang pantun bisa dibuat review seperti Fishbone atau infografis yang dibagikan kepada peseta didik sebelum dimulainya kegiatan membaca pantun ataupun setelahnya.

    Terima kasih

    Terima kasih

  2. Nama : Ita Nurhidayah
    Nim : 857875018
    UPBJJ-UT: Surakarta

    Setelah melihat video pembelajaran di atas, menurut saya dari beberapa aspek observasi sudah ada, seperti:
    1. keterampilan membuka salam sudah dilakukan guru
    2. keterampilan bertanya sudah dilakukan guru
    3. keterampilan menjelaskan sudah ada, walaupun pada video menurut saya guru kurang menjelaskan dengan runtut, sehingga anak-anak belum mengetahui dengan jelas apa itu pantun.
    4. Keterampilan mengadakan variasi , di dalam video terlihat anak sudah aktif bertanya , dan maju ke depan untuk membaca pantun.Tetapi akan lebih menyenangkan jika dibuat kelompok dan mengunakan kartu pantun sehingga lebih bervariasi kembali. Lalu kurangnya media pembelajaran, seharusnya guru bisa membuat variasi pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai gaya belajar anak.
    5. keterampilan menutup pelajaran. Menurut saya dalam aspek ini guru belum melakukan penilaian atau evaluasi kepada siswa sehingga kita belum tahu sejauh mana anak faham.
    6. keterampilan menutup pelajaran. Sudah dilakukan guru

    mungkin itu yang dapat saya sampaikan mohon maaf jika ada kekeliruan, semangat belajar dan sukses untuk kita semua.

  3. Nama :Maslianati

    NIM: 858062232

    Setelah menonton video pembelajaran tersebut, saya berpendapat bahwa beberapa aspek observasi telah tercakup, antara lain:

    – Guru telah melakukan keterampilan membuka pelajaran dengan salam.
    – Guru sudah menunjukkan keterampilan bertanya.
    – Guru juga memiliki keterampilan menjelaskan, meskipun menurut saya penjelasannya kurang terstruktur, sehingga anak-anak belum memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan pantun.
    – Keterampilan dalam variasi pembelajaran sudah terlihat, seperti anak-anak aktif bertanya dan tampil di depan untuk membaca pantun. Namun, pembelajaran akan lebih menarik jika dilakukan dalam kelompok dengan menggunakan kartu pantun agar lebih bervariasi. Media pembelajaran juga kurang beragam; – –sebaiknya guru dapat menghadirkan variasi yang sesuai dengan gaya belajar siswa.
    -Dalam keterampilan menutup pelajaran, guru tampaknya belum melakukan penilaian atau evaluasi kepada siswa, sehingga kita belum mengetahui tingkat pemahaman mereka.
    – Keterampilan menutup pelajaran juga telah dilakukan oleh guru.

Leave a Reply