Similar Posts
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Nama : Indri Pebiyanti
NIM : 857365912
UPBJJ : BOGOR
Setelah melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa:
-Reaksi Peserta didik terlihat semangat dan senang belajar dengan guru. Mereka merasa nyaman di kelas dan berani bertanya. Mereka juga mengikuti semua perintah guru dengan baik
-kelemahan
*Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba membaca pantun
*Penggunaan alat peraga atau media tidak maksimal
*Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa jadi membaca pantun tanpa aturan yang jelas
-kelebihan
*Guru meminta siswa berpasangan untuk mencoba membaca pantun dengan baik
*Guru mengamati siswa saat mereka membaca pantun
*Semua siswa fokus mendengarkan penjelasan guru
-Hal-hal unik
*guru menerangkan cara membaca pantun, seorang siswa memberanikan diri menyarankan agar guru memberikan contoh terlebih dahulu, namun sarannya tidak ditanggapi.
*ketika siswa tampil di depan kelas, mereka membaca pantun dengan nada seperti membaca puisi.
-Solusi
*Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa tidak bingung dalam membaca sebuah pantun.
*Guru dapat menggunaan media atau alat peraga dengan maksimal.
*Guru bisa meningkatkan lagi suasana belajar supaya jadi lebih baik dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan bisa tercapai dengan mudah
*Guru juga sebaiknya menyediakan waktu untuk sesi tanya jawaab agar siswa mampu bertanya tentang materi yang sudah di jelaskan
NIM : 858946617
Kelemahan :
• Kurangnya penjelasan awal dan contoh membaca pantun,
• Kurang menekankan intonasi,
• Tidak memberikan solusi langsung saat siswa kesulitan, dan
• Kurang memberikan motivasi.
Kelebihan :
• Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri pantun dengan baik,
• Memberikan contoh pantun yang baik dan benar,
• Memberikan kesempatan siswa untuk membaca di depan kelas,
• Memberikan koreksi dan saran yang membangun, serta memberikan motivasi.
Hal Unik
• Guru menjelaskan struktur pantun,
• Memberikan contoh cara membaca pantun dengan intonasi yang tepat,
• Meminta siswa membaca pantun berpasangan, dan
• Menekankan pentingnya latihan.
Nama : DARLIYANA APRILIYANTINA
NIM : 857046851
Salut : Banjar Agung
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak berdoa dan tidak mengabsen terlebih dahulu guru langsung masuk ke materi pembelajaran. Pendapat saya dalam video yang saya lihat videonya bagus penyampaiannya juga sederhana dan mudah dipahami, dengan membandingkan secara nyata dapat membuat siswa paham tentang bagaimana membaca pantun yang baik dan benar